Iwanbanaran.com – Pakdeee…..sebagai Blogger yang berkecimpung diroda dua, IWB melihat banyak komen salah kaprah yang dilontarkan para komentator tentang balap sirkuit. Bahkan hanya karena itu debatpun seperti berseri dan tidak ada habisnya. Asal muasal adalah opini bahwa Kawasaki H2 bakal menjadi raja jika terjun diajang Motogp karena powernya yang tembus 300-an HP. Dengan supercharger yang dimiliki IWB cukup maklum jika ada opini demikian. Tapi balap tidak sesimpel itu. Kunci kemenangan balap disirkuit adalah power?. Salah kaprah dan harus IWB luruskan cak !

Power mutlak…tapi kuwi untuk ajang balap drag race cak. Sementara kalau kita sudah membicarakan mengenai balap sirkuit yang banyak memiliki tikungan-tikungan bervariasi tentu saja power bukan segalanya. Akan tetapi motor yang memiliki balance terbaik lah yang bakal menjadi raja. Ducati adalah raja soal power di Motogp. Tapi mereka memiliki porsi yang paling sedikit soal koleksi juara dunia. Overpower juga menjadi buah simalakama jika tidak di manage dengan baik…

Intip saja bagaimana Honda akhirnya menyerah dengan membuang tipe mesin RC213V Screamer dan diganti dengan Bigbang yang dianggap lebih jinak. Termasuk pabrikan Austria yakni KTM yang pada akhirnya juga mengikuti langkah Honda. Yamaha pada sejarahnya juga sempat menggunakan mesin Screamer sebelum Valentino Rossi memilih mesin yang lembut dan less power diawal kiprahnya di Motogp 990cc…

iklan iwb

Kemampuan berbelok adalah mutlak lagi motor balap sirkuit. Hal ini IWB buktikan sendiri ketika ngetes MV Agusta F4 di Sirkuit Sentul Bogor. Pertama kali megang motor 1000cc racikan Italia ini IWB gembira. Dengan mesin 4 silinder 1000cc… bayangan pribadi, teman-teman blogger lain bakal jauh IWB tinggalkan. Kebetulan Vandra monkeymotoblog pada saat itu turun menggunakan MV Agusta brutale yang notabene memiliki kubikasi sekitar 675 3 silinder….

” IWB ngetes new Brutale 800″

Ternyata apa yang IWB pikirkan meleset. Dengan bobot lebih berat dan ledakan tenaga jauh lebih beringas memaksa IWB masuk tikungan dengan extra effort. Kemampuan berbelok juga lebih inferior sehingga IWB harus rebah ekstrim untuk mendapatkan momentum yang pas pada saat masuk tikungan. Ediannn cak….bener-bener susah pakde. Dan saat IWB bergulat melawan motor, Vandra dengan Brutalenya melenggang overtake IWB dengan santai…

Untung, kurangnya kemampuan berbelok dikompensasi tenaga besar sehingga menuju ke Straight IWB bisa kembali mendekat. Namun kembali ketika masuk tikungan IWB harus mengerem lebih jauh dibandingkan Vandra. Speed lebih tinggi, bobot lebih berat dan wheelbase panjang  benar-benar menguras tenaga. Akhirnya IWB menyerah. Vandra pelan namun pasti mulai menjauh karena IWB kelelahan. Jelas sudah… dalam sebuah sirkuit power bukanlah segalanya….

Kecuali sampeyan membicarakan mengenai drag race. Ajang kompetisi yang murni mengeksplorasi kemampuan mesin…kuwi baru tepat cak. Jadi jangan disama ratakan atau dicampur aduk biar nggak salah kaprah. Contoh diatas hanya ingin meluruskan opini yang selalu mengatakan power besar pasti menang di ajang balap sirkuit. Itulah kenapa Kawasaki fokus pada Ninja ZX-10RR untuk turun di WSBK bukan Ninja H2…..

Selain terbentur regulasi, keduanya memang beda konsep. Yang satu adalah keseimbangan total sementara satunya adalah motor dengan performa kencang lewat supercharger. Power sangat penting namun tidak mutlak. Dan jika ada yang memiliki opini motor menang di sirkuit berarti power paling besar juga tidak benar. Namun lebih kepada balance terbaik, handling…power dan braking paling mantap. Kira-kira demikian. Jadi ngono yo cak kiro-kiro. Wissss ora udah cucuk-cucukan pakdeeee :mrgreen: ….(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

107 COMMENTS

    • TRIBUNJATENG.COM – Seorang pengendara sepeda motor tewas dalam kondisi mengenaskan usai terlindas truk trailer di jalan nasional Dusun Gajah Desa Rejosari Kecamatan Deket Lamongan Jawa Timur, Sabtu (2/12/2017) pagi.

      Sementara seorang penumpang sepeda motor selamat dan mengalami luka parah di kaki kanan karena terlepas dari boncengan.

      Menurut saksi, Muhammad Nafiun Nidom (30), sebelum kejadian korban tewas Yuski Soni Samsudin (23) warga Desa Muneng Kecamatan Purwosari RT 01 RW 09 Kediri mengendarai sepeda motor Honda Beat nopol AG 5788 FK berboncengan dengan Suwaji (42) Desa Gadung Kecamatan Tambaksari RT 05 RW 08 Surabaya berjalan dari arah Timur.

      Dari arah yang sama berjalan truk trailer nopol N 8251 UR yang dikemudikan Misnari (51) Dringu RT 07 RW 03 Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo.

      Posisi truk trailer di jalur kiri dan di depan motor korban.

      Tiba-tiba korban berusaha mendahului truk dari arah kanan.

      Tepat di barat median jalan, sepeda motor yang dikendarai korban terperosok lubang jalan.

      Diduga karena kecepatan tinggi, pengemudi sepeda motor tidak bisa menguasai stir dan oleng hingga terguling ke arah kiri.

      “Begitu oleng, yang dibonceng korban terlepas,” kata saksi Nidom.

      Sementara korban Soni jatuh bersama motornya dan terlindas ban truk bagian belakang kanan nomor dua.

      Korban terluka parah, dua kakinya remuk terlepas dari badan. Sementara sepeda motor korban bagian depannya juga tidak berbentuk.

      Akibat kejadian ini Soni tewas seketika di lokasi kejadian. Sementara korban Muji yang luka kakinya dirawat di Rumah Sakit.

      Pengemudi truk trailer, Misnari ditemui Surya mengungkapkan, ia berjalan pada posisi yang tepat, yakni di jalur kiri.

      “Saya tahu setelah mendengar ada suara ganjil dari belakang. Kemudian dari spion kanan saya lihat ada motor tergeletak,” aku Misnari.

      Menurut Misnari, korban kemungkinan terlindas roda ban belakang.”Roda kedua dari belakang,” katanya.

    • Artikel Lek Iwb …

      sedang menjawab Power ganas GSX & CBR tak berdaya di Sentul saat lawan R15 Sohc..

      Jadi mohon di terima,, coz Honda & Suzuki menerima keuntungan R15 di Sentul bung…. ..

      Selama IRS cuma main di Sentul, juara mustahil berpindah ke GSX & CBR…. ….

      karena DOHC mereka terkebiri oleh sempit & pendek straight nya Sentul itu sendiri…

      Salam Hangat dari Buriram Thailand dari juara AP250 2017, juara Team & Pebalap .. AHRT ( Astra Honda Racing Team) .. Gerry Salim #31 ??

      ???

  1. Lek aku cuma pingin lihat warna cbr 250rr yg di ekspor ahm fersi thailand.
    Apakah ngejreng apa tidak.
    Karna aerox disana ngejreng tapi manis

  2. Piala arrc wes d gowo nang indonesia kr si bonek..
    Masih trsisa 1x race, tp slisih point wes 28. Gary tnggal balapan nyambi ngopi wes pasti juara arrc…

  3. yap bener banget bro power bukanlah segalanya klo di sirkuit…
    tapi kurangnya power bs jd masalah jg kayak kasus doni tata 2008, from zero to hero. TZ salah satu motor familiar di 250cc. tapi power cuma 90an hp (udh stop pengembangan) sementara aprilia-honda 105-110 hp. alhasil di straight kalah 30-35 km/jam hehehh

    • Tznya doni jaduull..wajar mas..beda 4 tahunan ama seterunya..dulu kalo gak salah denger dia pake TZ 2003.
      Lagian skill balap Doni ya gitu2 wae…

    • kasus doni tata, salah satu contoh penghinaan terbesar yamaha kepada indonesia, sesumbar segede gunung dikasih motor jadul, yg ada cuman ngehancurin karir orang!!

    • Siswi SMA Tewas Mengenaskan di Jalur Tengkorak Tabanan, Kepala Kadek Liana Pecah

      bali.tribunnews.com Nov 30, 2017 4:38 PM
      TRIBUN-BALI.COM, TABANAN- Tabrakan menyebabkan korban jiwa terjadi di jalur tengkorak tepatnya di By Pass Denpasar-Gilimanuk pada km 39.700 tepatnya di Banjar Dinas Dangin Pangkung, Desa Antosari, Kecamatan Selemadeg Barat, Kamis (30/11/2017).

      Kejadian nahas itu terjadi sekitar pukul 06.30 wita saat korban berangkat ke sekolah.

      Korban diketahui adalah siswi SMA atas nama Ni Kadek Liana Ebriyanti (14) kelas X asal Banjar Delod Sema, Desa Lumbung, Kecamatan Selemadeg Barat.

      Korban diketahui ditabrak dari belakang oleh truk Hino DK 9526 KP yang dikemudikan oleh I Ketut Suryantara asal Banjar Anyar, Desa Banyar Anyar, Kecamatan Kediri.

      Usai ditabrak, motor Yamaha Mio DK-7843-DQ yang dikendarai korban terpental, korban pun terpelanting ke aspal.

  4. Skil kehebatan pembalap juga berpengaruh.

    Mengalami Kejadian Tragis! Keluarga Pembalap Edison Wardhana Tidak Salahkan “Demian”
    Klik–> bit.do/dVksn

  5. Maksudnya Om Iwan adalah DeltaBox Yamaha R14 V2 lebih baik dari pada Trussframe nya CBR150RR.

    Tapi para ngepbeha selalu membully deltaseng karatan, dan artikel ini adalah bukti bahwa Sassis R15 V2 adalah yg terbaik, ini juga termasuk MX King

    huehehehe

  6. selain balance motor, kemampuan pengendara dalam mengenal dan mengendalikan karakter motornya juga penting..
    karena kalau nggak bisa mengendalikan, ibarat lorenzo di ducati aja..

  7. Tadi artikelnya FBY VS FBH di suruh akur sampe sampe di turunin hadits,sekarang kenyataan kembali rusuh,,,

    FBY maunya apa sih Lek IWB,,,
    punya mata ngga sih Lek,punya hati ngga sih Lek,apa FBY diem diem bipolar,,,

    ????????

  8. Betul bang” bekaos SUZUKI GSX RR mesin mumpuni,dengerin raungan dari kenalpot hanya SUZUKI GSX RR yang seperti pesawat tempur, coba aja kalau jokinya markues atau dhani pedrosa

  9. Saya suka dengan yamaha
    Namun setelah terlalu banyak congor berasap saya malah kurang sreg dengan brand tersebut

  10. yap bener banget…
    tapi kurangnya power bs jd masalah jg kayak doni tata 2008, power TZ cuma 90an hp sementara aprilia-honda 105-110 hp, alhasil di straight kalah 30-35 km/jam hehehh

  11. Buat balap race sirkuit power bukan segalanya …

    S7 sama lek Iwb…

    Fakta nya di IRS GSX & CBR kedodoran lawan R15 yang Sohc. makanya selama IRS cuma main di Sentul tok Gsx & CBR sulit buat menang…. …. … sempittt & Pendek pendek straight nya

    Kalo di adu di ajang ARRC dengan sirkuit yg beraneka ragam ..GSx & CBr sangat semangat … ..karena bisa jadi mereka dapat keuntungan di sirkuit lebar & Panjang..

    Salam JUARA AP250 dari AHRT (Astra Honda Racing Team) juara team & pebalap 2017 ??

    ???

  12. lah mv agusta f4 (supersport) dikata iwb lebih inferior di sirkuit balap dari brutale 675 3 silinder (sport). joss kang!!!
    ini pasti salah motorniya bukan pilotnya, hehe

  13. Artikel Lek Iwb …

    sedang menjawab Power ganas GSX & CBR tak berdaya di Sentul saat lawan R15 Sohc..

    Jadi mohon di terima,, coz Honda & Suzuki menerima keuntungan R15 di Sentul bung…. ..

    Selama IRS cuma main di Sentul juara mustahil berpindah ke GSX & CBR…. …. karena DOHC mereka terkebiri oleh sempit & pendek straight nya Sentul itu sendiri…

    Salam Hangat dari Buriram Thailand dari juara AP250 2017, juara Team & Pebalap .. AHRT ( Astra Honda Racing Team) .. Gerry Salim #31 ??

  14. ?? Alhamdulillah Gerry Salim juara Ap250 2017…

    terima kasih Gerry
    terima kasih AHRT
    terima kasih Honda
    terima kasih FBH yang setia Support

    Indonesia bangga berkibar ditempat tertinggi ..

    ????

    • THANKS TO HONDA GLOBAL,
      -HRC,
      -AHRT,
      -AHM,
      -HONDA RIDERS INDO,
      -DAN FBH SEKALIAN
      KARNA DENGAN DUKUNGAN DAN SUPORT ANDA SEKALIAN ?? DAN HONDA BISA MENGUTAK ATIK BARISAN ARRC,WORLD RACE DAN HASILNA MENJADI JUARA ASIA??????✔ SERTA HONDA BISA REBUT JUARA DI 3 ? SEKALIGUS SERTA TRIPLE CROWN DI MOTO GP.THANKS HONDA???KAMI FBH❤HONDA

  15. Tapi kalo under power ya ga bisa apa2 juga lek, idealnya sih yg punya paket lengkap yaitu motor dan skill sembalap serta keberuntungan.

  16. Benar ini yg dimaksud Iwb di artikel ini…

    GSX & CBR hilang power ganas nya saat lawan R15 Sohc di sirkuit Sentul… …karena sempittt & pendek straight … ..

    Maka itu Suzuki & Honda terlihat acuh tak acuh terhadap ajang IRS yang notabene cuma main di sirkuit Sentul…. …

    tapi jika di ARRC mereka sangat bersemangat… banyak sirkuit … ada harapan mereka bisa raih podium…

    ???

  17. Emang yang gak pernah main main cornering di sirkuit permanen…kurang paham lek … … …

    sabar yooo…..

  18. artikel ini khusus buat fbh waann..
    pengen gali power sigepeng yg paling lemot zaza..
    sampek bannya diganti ban cacing..

    Ekekkk

  19. lek tolong sampaikan ke TWMR .. ARRC biar adakan AP150 saza…

    Suzuki siap dengan GSX nya
    Honda siap dengan CBR versi AHM & AP honda Thai

    ????

  20. Terima kasih Gerry Salim #31

    Berkat Gerry Indonesia bisa pecah telor sebagai juara AP250 .. lepas sudah image indonesia hanya jago underbone ….

    Setidaknya Japan & Thailand bisa memperhitungkan talenta From Indonesia… …

    Setidaknya lepas Gerry di sambut tongkat estafet oleh Reza dhanica ..yang barusan podium 1 di Race 1 Chang Buriram Thai..

    AP250 2017 AHRT

    • THANKS TO HONDA GLOBAL,
      -HRC,
      -AHRT,
      -AHM,
      -HONDA RIDERS INDO,
      -DAN FBH SEKALIAN
      KARNA DENGAN DUKUNGAN DAN SUPORT ANDA SEKALIAN ?? DAN HONDA BISA MENGUTAK ATIK BARISAN ARRC,WORLD RACE DAN HASILNA MENJADI JUARA ASIA??????✔ SERTA HONDA BISA REBUT JUARA DI 3 ? SEKALIGUS SERTA TRIPLE CROWN DI MOTO GP.THANKS HONDA???KAMI FBH❤HONDA

  21. pembalap didikan ngahemmmm cumaa di suruh muter nang arrc zaza..
    menang juga kesannya biasa zaza…
    kelas recehan sih…

    Ekekkk

  22. Gerry salim & Honda CBR250RR cetak sejarah

    – Pebalap Indonesia pertama yang merebut gelar AP250.
    – Pebalap Indonesia pertama yang menjuarai balapan di AP250.
    – Pebalap Indonesia pertama yang menjuarai balapan AP250 di Sentul, Indonesia.
    – Gelar pertama di balap Asia untuk Astra Honda Racing Team.
    – Gelar pertama Honda CBR250RR di balap Asia di tahun pertama diluncurkan di dunia.
    – 7 kemenangan di 8 balapan dengan Honda CBR250RR.

    ?????
    1⃣

    • Tahun pertama dengan CBR250RR sangat sulit pada saat masuk kancah arrc langsung juara race,lalu YAMAHO tidak terima langsung diospek si CBR250RR (cibocor209rr kata fby)tidak terbukti tuduhan YAMAHO dan mesin CBR250RR masih std dan YAMAHO minta ubah regulasi tambah berat 5kg si CBR250RR/fullspek R24.tapi dengan cekalan si YAMAHO CBR250RR mampu menjawab tudingan tersebut dan jadi juara ASIA.MASA YG KATANYA RAJA ARRC KALAH AMA MOTOR BOCOR OLI.GIH SUNGKEM BAGI FBY KE PETINGGI HONDA GLOBAL,AHM,PETINGGI AHM,PEMBALAP DAN MOTORNYA SEKALIAN BRO FBY SEKALIAN!!!!!

    • So pasti bro MASUK GOA ATAU LAGI BRO????? SETELAH SI ROSSIDIN AMA SI NENG VINA TAK JURDUN,(HONDA SABET JURDUN GP,MOTO 2,MOTO 3 SEKALIGUS TRIPPLE CROWN)TAK BERSELANG LAMA SBK,MXGP JADI AMPAS,CUMA JUARA DI WSS 300 AMA 600,DITAMBAH CUMA JADI AMPAS DI ARRC SI YIMIMI LENGKAP SUDAH PENDERITAAN SI YAMAHO BESERTA CUONGOR NYA?????

  23. AHRT (Astra Honda Racing Team)

    crew
    pebalap
    manager
    sponsor

    malam ini bisa bobo nyenyak… … ..

    berkat dukungan para pecinta balap Indonesia…

    ???
    ??1⃣

  24. Pencerahan yang bagus lek….
    Tapi biasanya yang debat tidak henti itu cuma nunggang matic…
    Wakakakakaka

  25. Haiyyaaa h2 kok disamain mv agusta
    Lagian sayang motor test di sentul

    Minimal sepang h2 pecahin fast lap record motogp

    By owner ninja H2

  26. Masih ada juga yg jawab management ban , pembalap , power lebih penting .
    Pembalap naek motor sebuah kesatuan bukan naek ban , naek USD ,naek sasis dll
    Semuanya harus balance joki+motor untuk menang di tiap seri .
    Wes ngono ae Ben ga vekok

  27. Tahun 2018 muncul YAMAHO R25,5/ R26
    Berikut perkiraan spesifikasi dari motor yg memiliki kode mesin(I2-UP251/255SOHC-VVA-UP-STROKE)
    Mesinnya SOHC 255,1CC PLUS VVA DGN BORE 52,4 MM DAN STROKE 58,7MM (UPERSTRUK)
    POWER SEKITAR 45 PS BRO (NGIBUL)
    DESAIN NYA MENGANUT DESAIN BAPAK BAPAK AALA INDIHE YG ELEGAN NAN SANGAR BRO ?????
    KAKI KAKINYA YG DEPAN RUMORNYA PAKAI USD YG REMBEZ DAN RECALL DI R15,5 ITULOH…..?????/TELESKOPIK INDIHE DI BELAKANG PAKAI SWING ARM BANANA YG PROTHOL ITU LOH…..?????
    FITUR ADA MODE RECALL+,STANG UPPERYOKE ALA TURING,LAMPU FULL BOHLAM,SPIDO SEMI DIGITAL (MALAH BISIK BISIKANNYA PAKAI FULL ANALOG?????)VELG GEOL GEOL,NGEBUL (FITUR WAJIB DI SETIAP MOTOR YAMAHO) DLL

  28. inga-inga…yg mencaci maki/ftnah yang mengakomodir fitnahan..semua ada hitungannya…sekedar menginagtkan..
    selain mesin, spare parts dan teknis yang berpengaruh juga non teknis seperti regulasi lah….

  29. Jadi inget maen gran turismo dulu. Pake mobil HKS drag 1000hp, tarikan kenceng tapi pas belok di sirkuit susah dan banyak outnya. Masih mending pake skyline 600-700hp. Atau escudo pikes peak.

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama