iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cak….dunia memang makin luar biasa. Kalau sampeyan mengamati, informasi datang dari segala penjuru. Hanya perlu ketik…enter dan tulisan sampeyan sudah dibaca ribuan pembaca baik ditanah air ataupun dunia. Tidak hanya lewat Blog. Namun yang paling ngetren dan seolah menjadi biasa adalah mengupas kejelekan orang lain. Lalu secara masif, lainnya ikut mempergunjingkan. Entah secara halus atau makian. Belum lagi para fansboy yang gebuk-gebukan. Mungkin jeleki motor nggak masalah. namun yang sering mereka sudah nyolek fisik atau pribadi. Mentang-mentang nggak didepan muka, cakar-cakaran. Beratnya hidup dijaman digital cakkkkk !

Sosial media memang luar biasa. Informasi digital menjadi raja dan bisa sangat positif jika kita menggunakan dengan baik. IWB sendiri sering menggunakan facebook, IG ataupun Youtube untuk ngeshare info roda dua. Berusaha sekuat tenaga untuk tidak menggunakan untuk mengupas kejelekan orang lain ataupun individu. Pokoke jangan menuliskan wae. Apalagi wis kenal…mending diajak ngobrol langsung. Yah, mungkin dalam prakteknya berat puol..

Kadang tangan juga sangat gatal ingin ikut-ikutan menuangkan satu dua kalimat disosial media biar hot. Ditambah kita merasa paling top. Biar eksis dan terlihat pintar lalu yang disono kelihatan pekoknya. Padahal belum tentu tindakannya tersebut bener-bener membuatnya terlihat pintar. Tapi ora urus cak. Pokoke kudu ditulis disosial media biar makin eksis dan terlihat ahli. Dan jika yang dipergunjingkan dibully, rasane puasss tenan. Bukan hanya sosial media….

iklan iwb

Komentator diwarung atau Blog sekarang juga makin parah. Dengan gampang kata-kata kotor keluar hanya untuk menyerang fansboy saingannya. Yang bikin IWB tepuk bathuk, bahasannya sudah lagi tidak masalah motor. Namun menyerang fisik dengan kalimat sangat tidak pada tempatnya. Wadah yang seharusnya untuk ajang diskusi tidak berjalan. Isine pokoke cakar-cakaran.?Itulah yang sekarang terjadi. Padahal kalau merenung lebih dalam…apa yang kita dapatkan?. Ora ono pakde. Cuma bisikan setan memang luar biasa memperdayakan…

Bisikan yang membuat kita tidak sadar, tiap tindakan tersebut akan memicu yang namanya Dosa Jariyah yakni dosa yang mengalir. Selama tulisan kita tetap ada dan menimbulkan fitnah terhadap sesama, ketika kita meninggal dan sudah dikubur didalam bumi pun, dosa akan terus berjalan. Opo ora ciloko cak. Allah SWT berfirman dalam surat QS Yasin ayat 12..

?????? ?????? ??????? ??????????? ?????????? ??? ????????? ???????????? ? ??????? ?????? ????????????? ??? ??????? ???????

?Sesungguhnya Kami menghidupkan orang-orang mati dan Kami menuliskan apa yang telah mereka kerjakan dan bekas-bekas yang mereka tinggalkan. dan segala sesuatu Kami kumpulkan dalam kitab Induk yang nyata (Lauh Mahfuzh).??(QS. Yasin: 12)

Sampeyan bayangin, tulisan tersebut dibaca banyak orang…ratusan dan mungkin ribuan. Contoh lain melakukan screen capture dan ditaruh disosial media padahal sadar betul bahwa postingan tersebut akan menimbulkan pergunjingan. Termasuk ngeshare video atau gambar porno dll, ampun cak nggak bisa bayangin kuwi alirannya kayak apa. Ngerihhh.?Kalau perbuatan buruk, bekas keburukan akan melekat hingga kealam barzah (kubur) sekalipun. Dan jika bekas yang kita tinggalkan baik…maka amal tersebut akan berjalan dan terus kita peroleh kendati nyawa sudah tidak bersatu dengan raga….

Sebagai muslim, kita semua juga harus tahu…mempergunjingkan, merendahkan atau mentertawakan sesama adalah perbuatan dosa besar. Allah SWT secara tegas berfirman dalam surat Al-Hujuraat : 11 akan perbuatan Ghibah…

??????????? ???????? ????????? ??????????? ??????? ???? ?????? ????? ??? ????????? ??????? ????????? ????????????? ???? ???????? ????? ??? ??????? ??????? ?????????? ??????????????? ??????????? ???????????????? ?????????????? ?????? ????????? ?????????? ?????? ??????????? ????? ????? ?????? ????????????? ???? ????????????? {11

?Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh Jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh Jadi yang direndahkan itu lebih baik. dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan Barangsiapa yang tidak bertobat, Maka mereka Itulah orang-orang yang zalim (Surah Al Hujuraat : 11)

Bahayanya Ghibah juga dipertegas oleh junjungan kita nabi Muhammad SAW lewat hadist yang diriwayatkan?HR Muslim/2589, Abu Daud 4874, Tirmidzi 1935.???Tahukah kalian apa itu ghibah? Jawab para sahabat : Allah dan rasul-Nya yang lebih mengetahui. Maka kata Nabi saw: ?engkau membicarakan saudaramu tentang apa yang tidak disukainya. Kata para sahabat: Bagaimana jika pada diri saudara kami itu benar ada hal yang dibicarakan itu? Jawab Nabi SAW: Jika apa yang kamu bicarakan benar-benar ada padanya maka kamu telah mengghibah-nya, dan jika apa yang kamu bicarakan tidak ada padanya maka kamu telah membuat kedustaan atasnya.?(HR Muslim/2589, Abu Daud 4874, Tirmidzi 1935)

Nahh, gitu cak. Bahkan ketika orang yang kita pergunjingkanpun? sebenarnya benar-benar melakukannya, kita tidak dibenarkan ngomongin karena dosa besarlah yang akan kita peroleh. Belum lagi jika orang tersebut menjadi korban fitnah…wisss makin ciloko tenan kita pakde. Btw, kenapa IWB membahas perkara ini?. Sebagai muslim adalah kewajiban kita semua untuk saling mengingatkan sebab harus kita akui, internet adalah media yang sangat rentan terhadap perbuatan dosa. Termasuk IWB juga harus hati-hati…

?Tiada seseorang yang menutupi cacat seseorang di dunia, melainkan kelak di hari kiamat Allah pasti akan menutupi cacatnya? (HR. Muslim).

Last…media ini luar biasa hebat soal informasi, namun juga mengerikan jika tidak digunakan dengan semestinya. Sebab batas antara perbuatan dosa dan tidak sangat tipis gapnya. Semua tersamar dengan baik. Apalagi diera modern sekarang semuanya seolah sudah menjadi hal yang biasa. So…mari kita bergandengan tangan bersama-sama untuk tidak?membicarakan dan atau mengungkapkan aib orang lain (sekalipun aib itu benar). Apalagi ghibah merupakan dosa besar yang hanya akan diampuni, setelah orang yang kita ghibah memaafkan kita. Semoga kita selalu mendapatkan perlindungannya, Amin YRA. Wisss kono…fansboy wawuhan berjabat tangan, peluk cium kiri kanan. Demen bener cakar-cakaran yak :mrgreen: ….(iwb)

?

151 COMMENTS

    • Tapi memang sekarang beda bgt dengan jaman dulu waktu iwb masih suka bahas si byson kesayangannya ?
      Warung adem benerr.. Diskusi enak, sering di respon langsung yg punya warung
      .
      Sekarang?
      Aduh pasti males bgt kang iwan bales comments

    • Oke kang terima kasih pencerahan nya kang.. saya takut dosa jariyah kang.. mulai sekarang saya anderson Silva cabut dari kolom komentar.. untuk rekan fby atau masyarakat yg marah akibat komentar saya , saya pribadi mohon maaf yang sebesar besarnya nya.. sampai jumpa. Salam senyum

    • Tergantung yg punya warung
      Memang sukanya gini
      Gak perlu pake ayat2 segala
      Pakai diskus pasti lebih adem

    • Dr iwebeh sendiri yg menyediakan kolom komen buat cakar2an.. kemarin pakai discuss bs sedikit adem ayem kok.. sadar ga? Apa takut pengunjung warung sepi?

    • Ekekekek
      Fby paling cuman bully motor
      Fbh malah bully fby
      Lirik nick muke gile dan deler pusat
      Ekekekek

    • saya jga tdk akan memberi masukan lagi jika itu dipandang hanya darisisi negatif nya ,,trimkasih qw pernah dpt hadiah dari ni blog ,,slmat tnggl blog wb

    • @Kink

      Gausah bales dendam, jdi mkin keliatan tabiat ente yg gabeda jauh sama FBH yg lo bilang, meski gua liat fbh yg skrg bersarang di blog iwb dibanding fbeyek yg msh ad bbrp yg waras di blog sblh, meski gue agak kesel ada fby Pinter nuduh gue sales sebut saza miko

    • YAMAHO MONTOR BUOSOK.. wiss ngunu ae..

      Ada asap ada api.

      Ini smw karna FBY ky darmo dkk..

      #JERE KLO BELI MOTOR MEREK SEBELAH ITU ORANG BODOH#.

      KAUM YG NGAKUNYA PALING PINTAR.. DAN SUKA BODOH BODOHIN ORG LAIN.

      SAMPE MASYARAKAT INDONESIA KATANYA MASIH BODOH KARNA AHM LARIS.. KARNA HONDA PALING LAKU..

    • Aku baru tau kalo ada fansboy merk tertentu ya dari blog spt ini, tp dirumah dan dmnpun dunia nyata ga pernah ada fansboy gituan, satu ilmu penting yg aku share ke kalian biar pinter, kalo ada org membawa kabar org lain ke kalian, org itu juga akan membawa kabar kalian ke org lain.

    • SEMUA BLOGER DIBILANG DOLARIAH.
      BLOGER TERNAKAN.
      SAMPE KONSUMEN DIBODOH BODOHIN..

      MIKIR KY SADAR NUDUH2 BLOGER GA NETRAL.. DSB.

      JANGAN NYALAHIN BLOGER DONG.

      SALAHKAN ABIDIEN YG MUSUHI BLOGER..

    • MERASA PALING BENAR.
      SLLU NEGATIF TINGKING.

      NYALAHIN BLOGER.

      NYALAHIN KONSUMEN.

      IWB JUGA PUNYA KERJA BRO..

      NGEBLOG SEKEDAR HOBI..

      LOE ITU CUMA IRI.

      IRI SAMA IWB.

      IRI SAMA AHM.

      MAKANYA OTAK LOE SLLU NEGATIF TINGKING.

    • @fansboy
      Ada kok mas di dunia nyata Fansboy. Misal saja pas lagi asik ngbrolin motor dari situ ketahuan dia puja2in motor yg dipake enaklah enteng lah, mantap lah, kencang lah, bahkan ngeklaim paling kencang top speednya dari pada motor lainnya. Lah giliran pas dapet kesempatan riding bareng dan dapet jalanan sepi (kebetulan ini JLS dan belum resmi dipake krn belum nyambung 100% jalanan aspal, dan posisi kebetulan pinggir pantai, kanan kiri cenderung pasir saja dsn lapang, Jadi malah kayak sirkuit alias blm kepake, so bs dibayangkan jalan tsbt relatif aman kan). Nah pas moment tersebut malah entah sapa yg duluan jadi ajang kebut-kebutan dah. Dari situ keliatan malah ketahuan motornya gk ada larinya. Entah emang gk sip motornya atau emang gbs shiftingnya. Yah emang sih diatas kertas jelas kalah spek dia nya. Yah apapun itu, ane dan kawan2 masih respect aja, krn tiap pabrikan punya formula sendiri dan ini jd plus minus tiap pabrikan. Mudah2an kita bs jadi fannsboy yg baik. Akan lbh baik jg jd pemakai yg taat peraturan tanpa embel2 fansboy. Aamiinn

      Ayo gaes dukung Gerry Salim juara ARRC 2017 @Inews live.

    • keyboard warrior merajalela
      bikerkampung86.wordpress.com/2017/12/02/duta-intika-bali-resmi-liris-kawasaki-ninja-250-r-terbaru-harga-mulai-dari-69-9-juta-on-the-road-bali-sob/

    • @Anderson silva
      Sangaaar, langsung tercerahkan…. ??? Sama sama son, maaf lahir batin..
      Buat IWB ayo kembalikan kolom Disqus, ane lebih suka disqus.

    • Alibi atas ane.. Mana cung komen gue diartikel sebelum*nya kok gak ente bales?

      Kabur dari perang ente.. Ekekeke..

      Zlllluubbzzz…

    • @Gallerion
      Idiiih jijay, penting banget gitu ladeni ente sampai harus niat berulang ulang buka artikel lama IWB? ???
      Ane tiap buka artikel tujuan utamanya tetep baca artikel IWB. Bukan serius ladeni mahluk baperan, caperan, kuperan bin pekok yang doyan ngumpat sana sini. Bahkan Anderson aja tahu kapan Stop pas debat sama ane. Nggak kek ente maksa banget kek bocah kurang perhatian, dipancing dikit ngamuk, jurus ngumpat langsung keluar. Atau aslinya memang kurang perhatian? Cup cup cup (hoeks cuih) ???

      Zluuuubbbh

    • Kembalikan disqus caaakk, lebih enak interaksi antar komentator, dlu saya suka diskusi sama komengtator dan udinsastro, notif klo dibales kn enak cak

    • @g string kancut bencong

      Alah kakean bacooot lu, artikel kemarin suruh ladenin, diladenin malah kabur.. Punya titit ga ente? Potong aja deh, malu bos jadi laki..

      Ekekekeke, zzzllluubbzzz…

    • Rumahmu besar kang..tapi dayohmu kbeh tukaran nk mahmu mbok tokne.. mngkane ak pilih omah “cilik2” nek sebelah sing iso jagongi dayoe.. jozz kang iwan.. sempritmu onekno nk pd tukaran

    • LOE SADAR YG INTROPEKSI DIRI..

      SLLU NEGATIF TINGKING SAMA YG PUNYA WARUNG.

      KLO MW NYALAHIN JD BLOGER… TP SI NGABIDIEN NOHH YG MUSUHI BLOGER..

    • @kanjeng dimas taat bc
      Fbh fby podo wae, tapi bedanya FBY kalau BC lebih lucu, kalau fbh lebih emosian ??? Buat yg sering kena omongan mbah dharmo dia aslinya FBH…

    • Buat semua sekali2 komen yg adem…artikel bagus2…bawahnya komen gak jelas…
      Ya wes mngkn masih jiwa muda menggelora..hehehe…
      Trus yg penting pake data, dan gak usah sungkan bilang motor yg disembah ada kekuranganya…biasain gitu lama2 ya bener sendiri itu otak…gak melulu negatif mulu.

    • Kalo bisa pake satu nick aja bro semua…masak kalah ama yg tua macem ane dr 2008 sampe skrg masih tetep miko.
      Kawan ane Guspur malah udah gak aktif.

  1. Sabaar ae lek… Biasanya org berilmu itu mirip padi..nakin lna mkin nunduk..gj mnunjukkan kalau dia pintar..

  2. Dan yg sya kaget ada blogger yg religius…pandai ekonomi..tpi bikin artikel masih nyrempet2 iwebeh…bukan bhas motor…
    Ish..ish..ish…
    Iwebe dikatakan gongnya pabrikan loh..

    • Karena dulu zaza blongker dibohongi pabrikan
      Bebek irit ditest tp spido mati , dan yg test sampai 5 blongker spido mati zemua , maka dari itu blongker mulai anti pembodohan thd konzumen zaza
      Ekekekekekekekeke

    • Sebenernya yg pertama konflik sama blog mazzzzzapahit itu kang iwan, wak haji, atau mbah dukun cabul sih gan?
      Kalo diantara 3 blogger itu sih menurut ane kang iwan yg paling netral, jd gak ada alasan nyerang kang iwebe.

  3. Real laki > kencang bike
    Laki jammanow > kencang acces
    Kencang mulut > salezzzzzzz
    Kencang koar > fanboy limited budget

    Which one you choose?

  4. Mari semua bersalaman, ga ada lg kalimat2 bc, kalimat2 menyerang….tobat2….sing nduwe warung wis ngawali….nganggo ayat2 suci lhoh kui….

    • Ekekekeke
      Zelama pabrikan mazih membodohi konzumen , zaya tetap haruz BC , karena yg bertobat haruznya pabrikan dulu baru fanzboyz nya
      Ekekeke

    • Di ceramahi lek iwb.. Para fb garis keras podo amoh sitik.. Ra cakar2an maneh.. Tp koyone mung dino iki tok.. Sesuk yo mulai maneh cakar2ane..

  5. Zlub..anderson silva langsung resign..smoga beneran deh biar adem ni warung….ga nongol lg pk nickname baru…ingat Allah maha tahu biar kate nt gnt nickname tp kimennya pedes mulu yabtetep aza dosa jariyah…hiiii?

  6. Sipp mas Iwan…jangan takut gak ada komentar. Silent reader blog inj banyak bahkan sampai ke Bangladesh dan juga sering jadi referensi blog luar negeri. Kolom komentar harusnya di jadikan diskusi untuk nambah wawasan bukan untuk ajang cacian.

  7. Tpi sbnrnya gaperlu bawa ke ranah agama lek gra2 cuma masalah cakar2an fanboyism, cukup bgmn cara memperbaiki kolom komentar, agar lbh baik, memangnya sampeyan gapernah kepikiran bertindak dlm kolom komentar blog sampeyan apa? Sampe2 sampeyan ngebuat artikel kek gni, gk bakal berefek melihat sampeyan pernah membuat artikel kek gni buat menyadarkan fanboy sni, eh besok2nya fanboyism muncul lg tepat sehari stlh terbuat artikel keluhan sampeyan, wes pikiran sampeyan udh mentok, sampe2 mengulangi hal yg pernah sampeyan lakuin yg tidak ada dampaknya pd fanboyism ???

    • Krna agama itu pagarnya bang, smua bisa tertata klo bisa nerapin nilai2 agama. Yg penting lek iwb udah menyampaikan, urusan fb mau jd bner apa gk itu urusan yg maha kuasa

  8. mugo2 podo taubaatan nasuha lek…. sering2 ae dikasih ayat2 peringatan kaya gini..ben podo ngerti lek imam mahdi wes mulai ngapalne Qur’an…

  9. Jaman awal2 pak bambang saya suka. Dua tiga thn yll mungkin. Sekarang kasar2 sa su sa su, goblok pekok mbang mbing keluar semua, dah jebol saringan nya.

  10. Alhamdulillah bang iwan, harus di selingi juga dengan berdakwah blog ini, biar hati lebih adem, bang iwan juga dapat pahala amal jariyah.

  11. Sayange mreka sng cakar2n akan cuma sadar d artikel ini.. Catet cuma artikel ini.. Nanti kl dah ada artikel laen cakar2n akan d mulai.. Itu sudah mjd kebiasaan orang Indonesia…

  12. Si darmo aka aditya si tukang sedot tinja(baca;fby) kemana nih?
    Tukang rusuh ya si aditya itu. 😀

    • Ada yg gagal faham dgn koment aditya,, sebenarnya komentar dia bagus tuk mengkritisi pabrikan superior yg bahkan Blogger saja tidak berani mengkritik & menyebutkan kekurangan produknya.
      Anda sepertinya perlu diruqiah & semoga mendapat hidayah… Aamin yra
      ? ? ? ? ?

  13. Selama masih ada blog netral ( ngakunya) yg selalu nyalahain bloger lain krn review motor pinjaman pabrikan.. FB smart teteo lahir bro…

  14. Sebenernya yg pertama konflik sama blog mazzzzzapahit itu kang iwan, wak haji, atau mbah dukun cabul sih gan?
    Kalo diantara 3 blogger itu sih menurut ane kang iwan yg paling netral, jd gak ada alasan nyerang kang iwebe.

  15. Absen ae lek

    Nah gini donk lek, sekali2 bikin artikel adem, opo meneh nek pas dino jum’at, kan tambah barokah tu warung sampean.. “Sampaikanlah ayatKu meskipun cuma satu”..

  16. pancasila
    1.Tuhan yang maha esa
    2.kemanusiaan yang adil dan beradab
    3.persatuan Indonesia
    4.Kerakyatan yang dipimpin oleh kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan
    5.Keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia

  17. Selama FbY masih ada perang tidak akan berakhir… Honda yang terbaik…. Gak boleh ada merek lain beredar di dunia ini

  18. Haiyyaaa kalean ouwlang yg suka cakal?an byasanya emang kismin dunia akhirat waaa…

    Tp mo cakal?an / bunuh?an ora urus waaaa
    Kita kita lg holiday to tokyo

  19. biarkan kolom komen tetap begini bang IWAN.
    semua bebas BERXPRESI….
    yg pada di ambil hati dengan ketikan kasar dan cacian..sungguh kamu kasihan dek. hehe
    toh yg ngetik malah ketawa ketiwi..

    apalagi saia suka itu agak kreatif tapi lucu menghibur..
    komennya yang

    yarompal silite
    yamodar lambene
    yaprotol sikile
    ya pokonya gitu…. hhhh
    ?.?.?.???

    ?
    ?
    ?
    ?
    ?
    ?

  20. SARAN SAYA AJA LEK IWB, HAPUS KOLOM KOMENTAR!!! LEBIH MENGURANGI DOSA.
    SILENT READER + GOOD VISITOR VS PARA FB2 CAKAR2AN DIATAS ITU PERBANDINGANNYA IBARAT 1JT : 1 ORG PEMBACA..TOH ISINY YG KOMENT YA ITU2 AJA..JGN KAWATIR SEPI WARUNG.. SALAM DRI ARIEF, SILENT READER BLOG IWB HMPIR 7TH

  21. ?? Alhamdulillah Gerry Salim juara Ap250 2017…

    terima kasih Gerry
    terima kasih AHRT
    terima kasih Honda
    terima kasih FBH yang setia Support

    Indonesia bangga berkibar ditempat tertinggi ..

  22. kek nya artikel beginian udeh sering deh, dan seperti yang sudah sudah, i hate to say it, anget anget t@hi ayam, segala sesuatunya akan kembali normal, kembali cakar2an…… dalam waktu yang sesingkat singkatnya, berani taruhan enggak sampe seminggu…..

  23. memang kalau soal keburukan, para fb amatiran demen kali buat nyahut.bawaan lahir sih lek, setidaknya kita-kita yang waras ini marilah menahan diri, gak perlu sibuk apalagi ikut nimbrung. Mbah darmoaja segoblok-goblok fb, masih punya hati dengan tidak terus2an goblok pas lagi komen artikel berita duka. nah ini, fbh fby karbitan kapan mau tobat? selow aja napa bro. wkwkwkwkwk

  24. Ada sebab ada akibat???
    yg punya warung yg nyulut pertengkaran…
    ditambah lagi ane selalu ngasih pencerahan..
    cuma kadang fbh zaza yg g trima klo pabrikannya di kritik…

    Ekekkk

Comments are closed.