Iwanbanaran.com – Tulang seperti lunglai. Mata menerawang seakan tidak percaya dengan kabar yang datang. Sosok yang dikenal sangat baik, seperti adik sendiri kini meninggalkan alam fana ini untuk selama-lamanya. Kabar duka dari ujung Sumatera, yang mungkin tidak akan pernah dilupakan oleh kang Dirja sebagai salah satu sales Big Wing Honda. Perasaan dan perasaan perih tersebut dilemparkan doi kewarung IWB. Dan inilah surel yang patut kita jadikan renungan kita bersama…..

Assalamualaikum, selamat malam kang Iwan.

Sebelumnya saya mohon maaf, tengah malam begini mengirimkan kang Iwan berita duka. Dimana tadi siang, Jumat 24 November 2017 telah berpulang ke Rahmatullah salah seorang Pelanggan di Wing Dealer Honda tempat saya bekerja, yakni Hayati Pemuda.

iklan iwb

Kabar duka kang, saya tergerak hati untuk mengirimkan ke kang Iwan, dengan harapan semoga kang Iwan dapat membantu share di warung, agar dapat dibaca dan dijadikan pelajaran serta diambil hikmahnya bagi kita semua.

Hari ini salah seorang Pelanggan Premium kami yakni Bro Yoga Putra Prasetia telah berpulang ke Rahmatullah akibat mengalami kecelakaan saat berkendara dengan motornya yang berlokasi di desa Air Bangis Kabupaten Pasaman Barat. Adapun Sdr Yoga ini masih muda usia, seorang Bikers pengguna Honda CBR250RR yang berdomisili di Desa Baru, Silaping Kabupaten Pasaman Barat, sebuah kota kecil di ujung Ranah Minang, perbatasan antara Provinsi Sumatera Barat dengan Sumatera Utara…

Tiada firasat apapun, namun sungguh takdir Allah SWT tiada satupun dapat menerka, apalagi menolak. Remaja yang baru setahun tamat sekolah SMU, harus meregang nyawa setelah mengalami kecelakaan saat berkendara dengan motor kesayangannya. Informasi kronologisnya adalah korban berkendara ke desa Air Bangis yang berjarak sekitar 50 kilometer dari rumahnya, dan mengalami kecelakaan tabrakan dalam perjalanan. Korban mengalami pendarahan di bagian kepala, hingga akhirnya meninggal dunia beberapa saat kemudian….

Kemarin sore kami masih chat di WhatsApp, dan bahkan tadi siang sekitar pukul 2 siang, saya masih mengirimkan chat mengabari bahwasanya plat nomor Motornya sudah jadi, namun tak kunjung dibalas. Ternyata chat kami semalam adalah yang terakhir…

Sedih, remuk, saya merasakan ini nggak nyata. Kami baru kenalan tiga bulan silam, sejak kami serah terima unit motor pesanannya yakni Honda CBR250RR ABS GunPowderBlack. Karena jarak kami yang lumayan jauh sekitar 250 kilometer, kami biasa berkomunikasi via telpon dan messenger. Kami sering berbagi cerita soal motor, modifikasi dan tentu saja balapan….

Jika boleh saya meminta kang, mohon sudilah kiranya kang Iwan juga lebih menggalakan pentingnya keselamatan berkendara di warung, agar dapat menjadi masukan hendaknya oleh semua pabrikan motor di negeri ini. Semoga dapat dibaca dan dijadikan awalan bagi semua produsen kendaraan bermotor juga sehingga pabrikan juga punya tanggung jawab moral hendaknya terhadap setiap Pelanggan….

Zaman makin tua, populasi motor dan mobil makin banyak, rasanya ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk dapat menjadikan pentingnya keselamatan berkendara sebagai kebutuhan. Mungkin untuk pabrikan motor dalam negeri, Honda udah memulai kampanye keselamatan berkendara melalui kampanye #Cari_aMan…

Semoga nanti pabrikan lain juga dapat lebih peduli akan keselamatan berkendara para pengguna produk motornya, terutama melalui program kampanye hingga ke lingkungan sekolahan dan universitas, atau bila perlu ke tingkatan pendidikan le ih dini. Miris kang, ini udah kesekian kalinya saya menerima kabar buruk dari Pelanggan saya….

Maklum sejak perdana jualan motor di tahun 2010 silam, rasanya dalam setahun ada aja kejadian kecelakaan parah. Mulai dari yang lecet2, yang koma di Rumah Sakit, hingga yang meninggal dunia, dan faktanya 90% korban adalah para remaja usia pelajar dan mahasiswa….

Berikut adalah beberapa foto dokumentasi dari musibah yang menimpa seorang Pelanggan Premium di dealer kami, semoga dapat menjadi pelajaran bagi kita semua hendaknya, akan pentingnya berkendara dengan aman dan nyaman. Selalu ingat batas kemampuan diri, dan pastikan berkendara dalam kondisi badan yang fit serta memakai Riding gear yang membantu melindungi diri selama berkendara. Keselamatan berkendara harusnya menjadi harga mati, dimulai dari diri sendiri dan keluarga terdekat hingga ke semua orang yang kita sayangi….

Inna lillahi wainna ilaihi rojiun. Ikut berduka yang sedalam-dalamnya kangbro. Sebuah surel yang sangat menyentuh dan juga membuat kita semua sedih. IWB pribadi sangat setuju dengan kang Dirja bahwa keselamatan berkendara harus menjadi harga mati, dimulai dari diri sendiri dan keluarga terdekat hingga ke semua orang yang kita sayangi. Harga mati disini memang harus didengungkan dari lingkungan keluarga kita cak. Kuwi yang penting….

Melihat dari remuknya Honda CBR250RR yang ditunggangi almarhum, bisa kita simpulkan kecelakaan kemungkinan terjadi pada kecepatan tinggi. Motor dan korban kemudian diduga menabrak object. Sebagus apapun helm, jika pada saat crash terbentur, pasti akan sulit untuk bertahan. Oleh karena itu cak, memiliki motor kencang memang dibutuhkan kontrol emosi yang cukup matang. Fokus dan berdoa agar Allah SWT senantiasa memberikan keselamatan dan perlindungan ketika kita berkendara dijalan….

Last….kecelakaan dijalan sudah terjadi sejak lama. Dulu diera muda IWB pada tahun 1990an….disaat kesadaran helm cukup minim, IWB juga banyak kehilangan teman akibat speed. Apalagi motor dulu lebih kencang dibandingkan sekarang, makanya lebih ngeri cak. Bedanya dulu nggak diekspos karena tidak ada internet. So…dengan kejadian diatas, mari kita senantiasa berhati-hati dijalan, menggunakan pengaman yang lengkap dan jangan pernah meremehkan jalan raya. Karena jalan yang sepi kadang malah lebih berbahaya dibandingkan jalanan padat. So…ikut berduka atas kecelakaan yang menimpa bro Yoga. Mari kita jadikan slogan #Cari_aman bukan hanya sekedar slogan namun praktekkan dalam keseharian kita dijalanan. Semoga seluruh amal ibadah almarhum diterima disisinya. Selamat jalan kawan, Inna lillahi wainna ilaihi rojiun….(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

179 COMMENTS

    • Aku juga berkali2 hampir nabrak mobil maupun org nyebrang, aku suka sport fairing krn sgt cepat manuvernya, tp kalo bukan krn ABS udh tamat.

    • Sebelumnya turut berduka cita, semoga almarhum diampuni segala dosanya, aaminn dn ini bs jd pelajaran buat kita semua

      Perlu sy sorot disini mengenai kalimat “Semoga nanti pabrikan lain juga dapat lebih peduli akan keselamatan berkendara para pengguna produk motornya” sy merasa kalimat ini kurang cocok dilontarkan, alangkah baiknya kalimat pabrikan lain diganti dengan kalimat “semua pabrikan”, dn kampanye yg sudah digalakan oleh pabrikan anda sngat kontras dengan paket safety yg dtawarkan/hadiahkan, maaf buka nyinyir tp helm trx bs jd contoh.
      Pendapat sy sj sih.

    • Prnh aku ditantang rider krr150, wkt aku salip dgn gagah dia ga terima, aku pikir dia pasti mati krn motornya ga ABS, aku kejar dan kami pun balapan, dia punya skill yg cukup bagus dikeramaian, krn motorku lbh besar jd aku mengalah, aku pake cbr1000 wkt itu, dan aku menyesal meladeninya hanya krn ingin membunuhnya.

    • ABS, upside down, dan nama besar CBR tidak menjamin safety!

      Apakah mungkin Krn bocoran oli sehingga rem menjadi slip, atau Krn rangkanya patah Krn tidak kuat menghantam lobang?

      Keep safety riding bro, jangan sombong dijalan, kalo mau ngebut di sirkuit, percuma motor gede tapi sembrono dijalan, mending beli embit di gass paling mentok 90 kurang, lawan mbit pun hanya emak emak berdaster

    • Semoga almarhum Khusnul khatimah.

      Untuk Abang sales big wing: jangan lupa, Tolong KTPnya almarhum dipulangkan, anda juga berdosa sudah membuat almarhum meninggal Krn bujuk rayunya ente..

      Untuk semua bikersdesign tanah air: keep safety riding

    • Sport piring tu ngapain curhat…

      Krr150 atau Ninja 150 rr ini beda.. Di indo KRR asli bisa di hitung dikit..
      Gk mungkin juga Org naek RR150 motong moge pecicilan.. Pasti tau diri oi.. Sealay2 nya org..naek mocil motong moge gk ada yg pecicilan..
      Balapan pula 150 cc vs 1000, kami balapan..( suda jelas cerita sampean hoax)???

    • Sepurane cak Iwan diluar topik. Kalau pean sayang sama kolom komentar sebaiknya dikembalikan pakai Disqus. Emosi ane banyak sales nyamar, sales kloning akun dimana mana gara gara kolom komentar model lama begini. Suwun

    • Jadi intinya.
      Harus beli Cibi ar ar ABS ?
      ?
      Gk jelas inti ceritanya. Kirain Cibi ArAr velg warna hijau stabilo ??
      Kaborrr ??

    • Makasih buat semua doanya, semua karena salah saya sendiri. Motor secara teknis mesin semua baik2 saja.
      Antisipasi saya telat gegara fokus ngail power saja. Jalan dan aspal juga baik. Panik yg buat saya hilang kendali hingga motor crash. Badan saya terbanting dgn kepala bentur aspal lebih dulu. Itulah titik cidera yg fatal. Kulit lecet cuma dikit, tangan tulang pinggul dan leher patah. Pendarahan hebat dalam kepala lah yg tdk kuat utk saya tahan. Istilahnya raga saya sdh tdk kuat lagi utk singgah nyawa/roh saya. Saya ikhlas saya bahagia. Suwun semuanya

    • Atas ane malu*in fby, lihat??? Komandan lo aja si dharmo masih punya perasaan bos!
      Bc silahkan tapi lihat kondisi pekok!

      Dasar ga punya otak! Lu pasti sd ga lulus kan? Ga diajarin tata krama sama ortu lo?

    • Serius mau kasih tanggapan soal safety riding, entah itu honda, yamaha, kawasaki, suzuki dll

      Kampanye memang bermanfaat tp alangkah lebih bagus u pembelian motor sekelas 250cc “u harga kan tdk main2” bs sepaket dengan kostum safety riding nya “helm dn pelindung2 diberikan yg benar2 kualitas bagus” PR jd tugas pabrikan ngatur harganya agar tdk terlalu mahal dn paket safety ridingnya tetep ada.

    • ane beli cbr 250rr nabung, dari 2011 sampe 2017 (awalnya nabung buat ninja 250 klo gak 300) eh keluar cbr 250rr, mbokyo dieman toh ya, ga semua orang bisa beruntung, ngebut seneng2 di sirkuit, salam 1 hati

    • Turut berduka Lek
      bikerkampung86.wordpress.com/2017/11/28/aprilia-rs-125-2tak-eropa-tenaga-menggila-idaman-para-speed-junkie/

    • Alhamdulillah sekali semoga pengebut2 gaguna and knlpot brisik ngengalamin hal serupa tanpa bawa korban pihak laen yg ga bersalah. Aamiin

    • Makasih buat semua doanya, semua karena salah saya sendiri. Motor secara teknis mesin semua baik2 saja.
      Antisipasi saya telat gegara fokus ngail power saja. Jalan dan aspal juga baik. Panik yg buat saya hilang kendali hingga motor crash. Badan saya terbanting dgn kepala bentur aspal lebih dulu. Itulah titik cidera yg fatal. Kulit lecet cuma dikit, tangan tulang pinggul dan leher patah. Pendarahan hebat dalam kepala lah yg tdk kuat utk saya tahan. Istilahnya raga saya sdh terlalu rusak dan tdk memungkinkan lagi utk singgah nyawa/roh saya. Saya ikhlas saya bahagia. Suwun semuanya

    • gayanya.. balapan tapi ban roadwinner, plat belom turun udh bikin klub.
      User mocil jangan belagak lebih tinggi dari kendaraannya, bahkan mobil paling rendah diri saat ini (ayla d) masih lebih mahal.

    • Otak* dangkal, liat atas ane,

      Belagak banget lu naik lcgc doang cung! Mending naik motor yg harganya 70 juta tapi ngisi bbm slalu pertamax turbo, daripada naik lcgc tapi ngisi cuma premium/pertalite, situ waras???

      *ini bukan bc, tapi fakta!

    • Sory lcgc ada logonya min ron92…ayooo kamu belum punya mobil…
      Isi premium atau pertalite melintir mesinnya lohh…itu stelan kewajiban dari pemerintah…

    • Sales gobloggg sihhh…sok sokan counter argumentasi orang …padahal oonn….apa bae disela…tiap orang ngmg nyela…berasa paling yess aja….. Mndingan dengerin pahamim maksudnya….

  1. Innalillahi wa innailaihirojiun… Seharusnya semakin kencang motor semakin dewasa ridernya, jangan cuma nafsu yg digedein

    • Semoga arogan bikers and knalpot brisik ngengalamin hal serupa tanpa bawa korban laen yg ga bersalah. Aamiin.. Aamiin.. Allahuma aamiin

  2. Semoga amal ibadahnya diterima disisi Tuhan, keep safety lah. Motor makin kenceng makin deket ke maut, pintar2 lah jaga emosi

    • Doi selalu ngerasa sendiri. Cuma motorlah yg bisa nemenin.(keluarga ga dianggep? Doi beli sendiri tu motor? Kerjanya apa?)
      Balapan bikin semua tau siapa doi. Pembalap? Nomornya berapa?
      Moga kamu tenang disana nak.
      Moga bnyk temen di alam kubur and kenal elo itu biker macho speedfreak tulen n total fearless

  3. With great power comes great responsibility. Turut berbela sungkawa, yang lain jangan sembrono, kita semua selalu punya pilihan mau bawa motor seperti apa. Ngebut atau santai itu pilihan kalian ?

  4. Comment:ya ini penting nya SIM berjenjang…SIM C…C1 ..dll ..dan GK bisa langsung ambil SIM untuk 1000cc sebelum memiliki SIM motor dibawahnya…

  5. turut berduka cita, semoga amal dan ibadahnya di terima sama Tuhan YME

    pelajaran buat kita semua, safety nomor 1, ingat masih ada keluarga yg menunggu kita pulang di rumah jadi harus jaga emosi dan keselamatan diri

    • Doi selalu ngerasa sendiri. Cuma motorlah yg bisa nemenin.(keluarga ga dianggep? Doi beli sendiri tu motor? Kerjanya apa?)
      Balapan bikin semua tau siapa doi. Pembalap? Nomornya berapa?
      Moga kamu tenang disana nak.
      Moga bnyk temen di alam kubur and kenal elo itu biker macho speedfreak tulen n total fearless

    • Semoga arogan bikers and knalpot brisik ngengalamin hal serupa tanpa bawa korban laen yg ga bersalah. Aamiin.. Aamiin.. Allahuma aamiin

  6. Semoga dterima sisinya..

    Keluarganya dberi ketabhan, dan jg kesadaran klo motor H gk aman d jln..amiinn ya tuhan….

  7. Innalillahi wa inna ilaihi rojiun…
    Semoga menjadi pembalajaran bagi kita semua dan untuk keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan keikhlasan ?
    Usulan buat Kang Iwan sekiranya sudi bikin artikel tentang pentingnya riding gear serta tata cara berkendara dan berlalu lintas yang aman, setidaknya sebulan sekali lah Kang!!!

    • Tiap minggu satu artikel kek gini kang. Saban jumat petang.
      Lha yg sering dibahas topspeed, jengat jaran, jambakan setan,
      Omongin septi reding tapi produk massal saling klaim power. Biyangannya kabeh

  8. kayaknya saya gak setuju sama pernyataan lek iwan. “motor dulu lebih kencang dari motor sekarang.”
    ini maksudnya gmna kang. kata2 ini kurang spesifik menurut saya.

    • Suzuki RGR 150cc 26ps/98kg top speed GPS 150kph (VM26SS)
      CBR250RR 250cc 38ps/160kg top speed GPS 165kph (TB 32mm)
      NSR SP 39ps/125kg top speed on Speedo 180kph (PE28)
      RG Gamma 37hp/125kg top speed on Speedo 180kph (Mikuni 30mm)

      Coba om di cek PWTR nya…
      Di youtube ada TZM vs Ninja 250 FI menang TZM om, padahal Ninja nya lari duluan… Klo CBR250RR ya bisa saja dengan top speed kira2 sama dengan PWTR lebih joss apa yakin CBR250RR lebih kencang dr NSR SP/TZM/RG Gamma?

      Itu ukuran TB/Karbu antara RGR vs CBR250RR selisih 6mm, coba RGR di kasih PWK 32mm dan spesifikasi di ksih sama dengan CBR250RR… Sekali betot langsung loncat yg naek nya…

      Eniwei itu kok gak ada FBY yg BC ya… padahal waktu R155 kecelakaan langsung di BC shock USD nya…

      hmmm

    • era 2 tak dan gak ada euro 4 euro 3, power motor jaman dulu lebih sadis. bobotnya jg ringan karena mesin 2 tak tidak memiliki banyak komponen dan ukurannya kecil

    • beda bro,fhy punya hati..yg suka bc kn fbh sales yg lg curhat noh di atas..ngerasa produk plg bener n safety aja…

  9. Inalillahi wainailihirodziun….btw itu halaman depan dealer kok kumuh amat ya…pasang pavling blok kek biar rapih

  10. Yang suka bikin rider berimajinasi tentang motor spec tinggi dan ber power tinggi itu siapa sih? Nah ini skg akibatnya.

  11. edukasi calon buyer “premium” cbr250rr sangat dibutuhkan, karena motor ini track oriented yg dipakai di jalan raya. sudah banyak korbannya dis surabaya 2 kali. bs merusak brand image cbr250rr sendiri kalo tidak ada solusi dr AHM

  12. Belum lama, gue kmren pengen komen, kang kok ga da berita crash motor 250cc?
    Jadi seneng aja dech, alhamdulillah bangetz, coz tiap hari gue weruh ninfi r25, arogan di jalan.
    Klo anak2, ibu, mbak tabrakan dah tiap hari ada di opera news.

  13. itulah kalo motor buatan dari tepung terigu..
    jatuh langsung ambyar…
    jangan jangan itu efek rem celeng ditambah mesiinnya suka pipis sembarangan..

    Ekekkk

    • Woi bangsat, otak di silit lu ya ? Ni artikel duka, sempat2nya BC, seles kere bodoh lu ya ? mudahan keluarga lu kena kejadian kayak gini,

    • justru ane menyayangkan dan sangat kasihan karena sudah banyak memakan korban yg tak berdosa hanya karena ulah si bocor106..
      udah selayaknya pabrikan bikin motor yg standar eropa bkn hanya mengejar banyak untung.
      misal rem celeng + mesin suka pipis sembarangan itu juga faktor penyebab kecelakaan…

      Ekekkk

    • Mas Kribo, sy ngerti si mas bermaksud mengkritisi tp momennya kurang tepat mas, tuh liat banyak yg nyinyir
      Dn buat mas Kimpet, bahasanya itu loh mas, bo yo dikasih teguran aja, bisa ngatain tp sendirinya ngomong kasar
      Wis ah ditegur sj

  14. ada apa dengan sibocor106.
    banyak banget menelan korban jiwa.
    dulu di suramadu ambyar mesinnya.
    sekarag pun begini..
    kualitasnya perlu di pertanyakan..

    Ekekkk

    • Kesalahannya ada pada kepelitan user cibiar to fifty arar, pelit modif di semua user lihat jalan raya fakta.

    • ane bicara fakta bung.
      faktor kecelakaan bukan hanya tergantung rider tapi juga tunggangan…
      dan kasus sibocor106 udah banyak memakan korban..

      Ekekkk

  15. terobsesi kecepatan ..
    edukasi safety riding jga percuma kalo gak ada kesadaran dalam dri masing2.
    untung motor gue cuma 110cc 2 tak

  16. Smoga amal N ibadah beliau di terima di sisi Allah SWT
    Amin
    Stop dulu guys BC” mending kita berdoa bersama sesuai kepercayaan masing” buat beliau N sbg sesama pengguna jalan raya smoga di berikan keselamatan di jalan ????????

  17. Turut berduka…
    Semoga para orang tua d sini sadar untuk tidak membelikan mainan yg berbahaya bagi nyawa anak2ny…

  18. Motor kencang perlu tanggung jawab besar.

    Semakin berumur semakin sadar kalo aspal itu tak selembut spring bed.

  19. Turut berduka cita, semoga almarhum diampuni segala dosanya dan diterima disisinya.. aamiin.
    Pelajaran buat kita, semakin kencang motor kita, semakin hati2 kita mengendarainya…

  20. Turut berduka. Hati2 utamakan keselamatan diri dan orang lain.
    Berita duka masih sj para fb dan sales saling bc,kasian bnr hidup kalian dpt jatah otak bodoh. Sodara sebangsa celaka kalian seneng. Pantas sj penjajah krasan di sini smpe 3 abad lebih, karena orang nya suka perang sodara sndiri. Kalian para fb dan sales klo hidup di jaman penjajahan fix peran kalian jadi antek2 penjajah demi rebutan makan ,jadi anjing nya penjajah, dan saling cakar2an , saling jatuhkan, seneng sodara celaka demi dapat jatah dari majikan. Yang tersinggung harap saling koreksi diri

  21. beberapa kali menemui si raja jalanan yang keluar dari gang kecil, tanpa babibu langsung ‘nylonong’ lah yang di belakang ‘klabakan’ bro….

    wislah sehebat apa pun motornya, jaga diri dan hormati pengendara yang lain.
    kalau mau balapan? ya di RACE lah kagak di jalan raya yang muacettttt….

    • Semoga arogan bikers and knalpot brisik ngengalamin hal serupa tanpa bawa korban laen yg ga bersalah. Aamiin.. Aamiin.. Allahuma aamiin

  22. Giliran yang kecelakaan sayap sayap patah, jarang BC. Giliran garpu karatan, getol banget BC. Makin ketauan kan mana yang sering bikin onar dijagat roda dua ini.

    Sama kayak kejadian ce’eref cupe gohcap, jarang tuh yg BC ngecap mesin SOHC dijual diatas Rp 30 jutaan itu operpret. Apalagi mpe banding2in sama Mbak Perjah. Makin ketauan kan mana yang sering bikin onar dijagat roda dua ini.

    Btw2, turut berduka cita atas kecelakaannya. Moga diterima amal ibadahnya dan diampuni dosanya plus makin tinggi juga kesadaran masyarakat mengenai keselamatan, aamiin.

    • Semoga arogan bikers and knalpot brisik ngengalamin hal serupa tanpa bawa korban laen yg ga bersalah. Aamiin.. Aamiin.. Allahuma aamiin

    • @tolet teblum bener banget sampeyan mas, sy nickname kayak gini karena jengah dengan kebodohan sales hunda nge bc fbh budak bc

  23. Di negara yg lengang aja ada aturan maks cc motor per umur pengendara nya, kayanya di Indo perlu nih. Semoga bro yoga diterima amal ibadahnya, dan kejadian ini menjadi pelajaran bagu seluruh rider

  24. Makasih buat semua doanya, semua karena salah saya sendiri. Motor secara teknis mesin semua baik2 saja.
    Antisipasi saya telat gegara fokus ngail power saja. Jalan dan aspal juga baik. Panik yg buat saya hilang kendali hingga motor crash. Badan saya terbanting dgn kepala bentur aspal lebih dulu. Itulah titik cidera yg fatal. Kulit lecet cuma dikit, tangan tulang pinggul dan leher patah. Pendarahan hebat dalam kepala lah yg tdk kuat utk saya tahan. Istilahnya raga saya sdh tdk kuat lagi utk singgah nyawa/roh saya. Saya ikhlas saya bahagia. Suwun semuanya

  25. Mungkin kedepannya setiap proses spk motor sport firing diperlukan formulir tambahan, salah satu isinya menyebut usia calon user. Kemudian dilanjutkan coaching clinic kilat…calon user wajib hadir….setidaknya ada penyuluhan…..

  26. Innalillahi wa innaillaihi raaji’uun..
    ” zaman kesini motor semakin banyak ”
    Makanya jualan mbeot ma waria jgn dimudahin, yg ada juga pemakainya anak SD/SMP dan emak2 yg asal bisa tp ngebut, sruntulan.. Ngelempar ke pabrikan lain, ya pabrikan elu yg harus peduli yg jualannya banyak.. Fbhnya lg pekok, maling teriak maling, giliran di BC kagak mau alasannya ini itu, tp sebaliknya produk lain di BC lu lu diam aje..

  27. dari kejadian ini semoga para fbh sadar bahwa BC produk itu tidak baik, semoga para fby menahan emosi untuk tidak BC produk ini (walau kenyataan tidak bagus), biarkan saja fbh saja yang bc… fby tidak usah balas, bila perlu balas mereka dg kata2 santun… berbuat baik kepada pendengki itu ibarat menempalkan bara di atas kepalanya

  28. yang ga bisa nahan emosi di jalan kaya saya, emang paling cocok pake motor embit sih. wkwkwkwk betot gas insyaallah masih aman karna msh under 100 km/h

  29. Waduh CBR 250cc ABS pake ban IRC RW?? Ga salah tuh?? pabrikan sebelah aja pake batlax… overprice banget + not safety

  30. Innalillahi wa innailaihi rajiuunn.. keep safety.. kesadaran safety riding dimulai dari diri sendiri. Hargai jalanan milik bersama..

  31. innalilahi….

    HELM MAHAL aja bisa fatal…
    apaaaaa lagi H E L M ??? ? ?

    TIDAAAAAK…!!!

    sudah cukup tetangga saia menjadi korban
    setelah melihat ??? ? ?

  32. Turut berduka… Tapi kalo dilihat itu motor ban nya masih standard.. Apakah masih kontrol kalo seandainya dipakai cornering atau tiba tiba hard braking dalam kecepatan tinggi??
    Tolong mas Iwan kalo bisa dibuatkan artikel tentang komponen pendukung bukan hanya untuk safety gearnya saja. Melainkan komponen penting penunjang dalam motor,

  33. Dari postingan die udeh ketauan die suke balapan,kebanyakan orang yang bawe motor diatas 200cc tu ora ade yang pelan,padahal tau maut lagi ngintai dimane pun.

  34. Mestinya itu sales cbr ngaca sama produknya, nyaranin pabrik lain buat safety, tapi ngasih orang bli cbr250 helm trx yg jauh dr kata layak buat motornya, situ waras? Pabrik lain sering kasi bonus jaket riding bzukan sekedar jaket parasut buatan dealer kok

    • Salesnya picik….udah ada kejadian mlh belaga nyentil orang laen….bilang cari aman…ngasih helm bawaan trx sukro…. Tp yaudah lah… Epbeha nya juga blaguuuuuu….sokk sih….klo ada yg kritik helmnya kelengkapannya…pada nyap nyap sendiri…. Dibilangnya epbeha itu kaya kaya….beli cbr mampu ga btuh helm pabrikan… Butuhnya helm sekelas nolan….nahhhh looo….sekarang terima sajalah…. Nikmati lah….paling ga yg laen udah pernah ngingetin…..

  35. rest in peace bro yoga.

    menurut inyong, aman tidaknya saat berkendara, pada dasarnya tetap bergantung dari faktor pribadi rider masing-masing.
    tidak perlu di jalan raya, yg namanya balapan, masi o di sirkuit jg resiko tinggi. gak perlu balapan pun, kalo memang sudah “saatnya” tidak bisa mengelak.
    tunggangan apapun tergantung dari bagaimana cara rider ngendarainnya bagemana.
    pake motor cc kecil kalo ngendarainnya ugal-ugalan jg ujung-ujungnya pasti terkapar kang.
    makanya kalo ada rider ugal-ugalan mengalami kecelakaan, biasanya gak akan ditolong. di massa rame-rame iya.
    mau aman atau tidak, pilihan di tangan masing-masing.

    Itu

    • Semoga arogan bikers and knalpot brisik ngengalamin hal serupa tanpa bawa korban laen yg ga bersalah. Aamiin.. Aamiin.. Allahuma aamiin

  36. Yahh…namanya ajal gak ada yang tau…. tapi klo kenceng bawa kendaraan apa lagi usia masih labil ya sama aja ngejar ajal… usia muda udah ikut2an club motor pasti deh knalpot bising trus di jalan arogan… untung motorku cuma matic… mudahan amal ibadahnya diterima

  37. Gini nih kalo pabrikan cuma seneng adu mesin power gede tanpa mikirin yg laen

    Yg penting punya hp paling gede sama moge look kualitas yg lain nanti dulu

  38. makanya jangan kebut-kebutan di jalanan umum. mentang2 motornya kenceng ….
    memang nyawa sudah ada yang ngatur tapi kita juga wajib berusaha menjaganya.

  39. CBR250RR lagi, bocah lagi….. yang salah siapa klo gini………

    mungkin memang sudah sebaik nya ada penjenjangan SIM… dan yang pasti, test nya pun harus jujur, ga boleh tembak2an SIM.. klo ngga keadaannya akan bgni terus, orang2 yang gag layak naik motor akan terus berkeliaran di jalan dan membahayakan dirinya sendiri juga org lain di jalan….

  40. turut berduka cita,
    kecepatan tidak perlu tinggi untuk menghasilkan fatality,
    ketika kecepatan 40 km/jam, menabrak obyek diam keras, misalkan dinding, sudah sangat berbahaya. jadi salah jika mengatakan motor yang lebih pelan lebih aman, yang lebih kencang tidak aman. yang membuat aman atau tidak adalah perilaku dari pengendara. bisa saja cuma berkendara 20 km/jam, namun karena ceroboh, terkena imbas dari kendaraan lain. jika kecepatan lebih tinggi tentu memerlukan antisipasi yang lebih pula.

  41. Oleh Karena itu kita harus bisa menguasai Downshift/Rev Matching pada motor apa saja selain matic(gk bisa dikontrol giginya)
    . Dan fokus harus selalu dijaga.
    Saya juga bercita-cita Punya CBR 250 RR ABS Red Racing

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama