iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Tulang seperti lunglai. Mata menerawang seakan tidak percaya dengan kabar yang datang. Sosok yang dikenal sangat baik, seperti adik sendiri kini meninggalkan alam fana ini untuk selama-lamanya. Kabar duka dari ujung Sumatera, yang mungkin tidak akan pernah dilupakan oleh kang Dirja sebagai salah satu sales Big Wing Honda. Perasaan dan perasaan perih tersebut dilemparkan doi kewarung IWB. Dan inilah surel yang patut kita jadikan renungan kita bersama…..

Assalamualaikum, selamat malam kang Iwan.

Sebelumnya saya mohon maaf, tengah malam begini mengirimkan kang Iwan berita duka. Dimana tadi siang, Jumat 24 November 2017 telah berpulang ke Rahmatullah salah seorang Pelanggan di Wing Dealer Honda tempat saya bekerja, yakni Hayati Pemuda.

iklan iwb

Kabar duka kang, saya tergerak hati untuk mengirimkan ke kang Iwan, dengan harapan semoga kang Iwan dapat membantu share di warung, agar dapat dibaca dan dijadikan pelajaran serta diambil hikmahnya bagi kita semua.

Hari ini salah seorang Pelanggan Premium kami yakni Bro Yoga Putra Prasetia telah berpulang ke Rahmatullah akibat mengalami kecelakaan saat berkendara dengan motornya yang berlokasi di desa Air Bangis Kabupaten Pasaman Barat. Adapun Sdr Yoga ini masih muda usia, seorang Bikers pengguna Honda CBR250RR yang berdomisili di Desa Baru, Silaping Kabupaten Pasaman Barat, sebuah kota kecil di ujung Ranah Minang, perbatasan antara Provinsi Sumatera Barat dengan Sumatera Utara…

Tiada firasat apapun, namun sungguh takdir Allah SWT tiada satupun dapat menerka, apalagi menolak. Remaja yang baru setahun tamat sekolah SMU, harus meregang nyawa setelah mengalami kecelakaan saat berkendara dengan motor kesayangannya. Informasi kronologisnya adalah korban berkendara ke desa Air Bangis yang berjarak sekitar 50 kilometer dari rumahnya, dan mengalami kecelakaan tabrakan dalam perjalanan. Korban mengalami pendarahan di bagian kepala, hingga akhirnya meninggal dunia beberapa saat kemudian….

Kemarin sore kami masih chat di WhatsApp, dan bahkan tadi siang sekitar pukul 2 siang, saya masih mengirimkan chat mengabari bahwasanya plat nomor Motornya sudah jadi, namun tak kunjung dibalas. Ternyata chat kami semalam adalah yang terakhir…

Sedih, remuk, saya merasakan ini nggak nyata. Kami baru kenalan tiga bulan silam, sejak kami serah terima unit motor pesanannya yakni Honda CBR250RR ABS GunPowderBlack. Karena jarak kami yang lumayan jauh sekitar 250 kilometer, kami biasa berkomunikasi via telpon dan messenger. Kami sering berbagi cerita soal motor, modifikasi dan tentu saja balapan….

Jika boleh saya meminta kang, mohon sudilah kiranya kang Iwan juga lebih menggalakan pentingnya keselamatan berkendara di warung, agar dapat menjadi masukan hendaknya oleh semua pabrikan motor di negeri ini. Semoga dapat dibaca dan dijadikan awalan bagi semua produsen kendaraan bermotor juga sehingga pabrikan juga punya tanggung jawab moral hendaknya terhadap setiap Pelanggan….

Zaman makin tua, populasi motor dan mobil makin banyak, rasanya ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk dapat menjadikan pentingnya keselamatan berkendara sebagai kebutuhan. Mungkin untuk pabrikan motor dalam negeri, Honda udah memulai kampanye keselamatan berkendara melalui kampanye #Cari_aMan…

Semoga nanti pabrikan lain juga dapat lebih peduli akan keselamatan berkendara para pengguna produk motornya, terutama melalui program kampanye hingga ke lingkungan sekolahan dan universitas, atau bila perlu ke tingkatan pendidikan le ih dini. Miris kang, ini udah kesekian kalinya saya menerima kabar buruk dari Pelanggan saya….

Maklum sejak perdana jualan motor di tahun 2010 silam, rasanya dalam setahun ada aja kejadian kecelakaan parah. Mulai dari yang lecet2, yang koma di Rumah Sakit, hingga yang meninggal dunia, dan faktanya 90% korban adalah para remaja usia pelajar dan mahasiswa….

Berikut adalah beberapa foto dokumentasi dari musibah yang menimpa seorang Pelanggan Premium di dealer kami, semoga dapat menjadi pelajaran bagi kita semua hendaknya, akan pentingnya berkendara dengan aman dan nyaman. Selalu ingat batas kemampuan diri, dan pastikan berkendara dalam kondisi badan yang fit serta memakai Riding gear yang membantu melindungi diri selama berkendara. Keselamatan berkendara harusnya menjadi harga mati, dimulai dari diri sendiri dan keluarga terdekat hingga ke semua orang yang kita sayangi….

Inna lillahi wainna ilaihi rojiun. Ikut berduka yang sedalam-dalamnya kangbro. Sebuah surel yang sangat menyentuh dan juga membuat kita semua sedih. IWB pribadi sangat setuju dengan kang Dirja bahwa keselamatan berkendara harus menjadi harga mati, dimulai dari diri sendiri dan keluarga terdekat hingga ke semua orang yang kita sayangi. Harga mati disini memang harus didengungkan dari lingkungan keluarga kita cak. Kuwi yang penting….

Melihat dari remuknya Honda CBR250RR yang ditunggangi almarhum, bisa kita simpulkan kecelakaan kemungkinan terjadi pada kecepatan tinggi. Motor dan korban kemudian diduga menabrak object. Sebagus apapun helm, jika pada saat crash terbentur, pasti akan sulit untuk bertahan. Oleh karena itu cak, memiliki motor kencang memang dibutuhkan kontrol emosi yang cukup matang. Fokus dan berdoa agar Allah SWT senantiasa memberikan keselamatan dan perlindungan ketika kita berkendara dijalan….

Last….kecelakaan dijalan sudah terjadi sejak lama. Dulu diera muda IWB pada tahun 1990an….disaat kesadaran helm cukup minim, IWB juga banyak kehilangan teman akibat speed. Apalagi motor dulu lebih kencang dibandingkan sekarang, makanya lebih ngeri cak. Bedanya dulu nggak diekspos karena tidak ada internet. So…dengan kejadian diatas, mari kita senantiasa berhati-hati dijalan, menggunakan pengaman yang lengkap dan jangan pernah meremehkan jalan raya. Karena jalan yang sepi kadang malah lebih berbahaya dibandingkan jalanan padat. So…ikut berduka atas kecelakaan yang menimpa bro Yoga. Mari kita jadikan slogan #Cari_aman bukan hanya sekedar slogan namun praktekkan dalam keseharian kita dijalanan. Semoga seluruh amal ibadah almarhum diterima disisinya. Selamat jalan kawan, Inna lillahi wainna ilaihi rojiun….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!