Iwanbanaran.com – Cakkkkk…..dijalanan memang selalu tak terduga. Kadangkala kita menemui pengalaman tak wajar dan tidak mengenakkan. Apalagi jika sudah terindikasi kriminal. Itulah yang dialami cak William. Pengalaman dipepet dan dimintai STNK dijalanan underpass Kemayoran. Waahh, ngeri nih. Seperti apa detilnya ?. Berikut surel cak William…

IWB selalu berusaha ngeshare sesuatu yang bersifat penting dimata IWB. Agar kita semua tetap waspada dijalanan. Dan menurut pandangan pribadi, apa yang terjadi pada cak William patut menjadi bahan renungan dan kewaspadaan kita bersama. Berikut kejadian lengkapnya…

Yth Bro Iwan pemilik warung blog IWANBANARAN.COM

iklan iwb

Malam Bro iwan sekedar sharing pengalaman dan mau tanya nih Bro iwan yang cukup pengalaman di duia otomotif roda 2 :). Kira-kira kurang lebih malam ini sekitar pukul 22.30 saya dari kemayoran lewat underpass mau ke arah lampu merah pasarbaru nih, pas di underpassnya ada orang dia pertama melihat kearah saya dan seperti mau mepet motor saya, kondisi saya waktu sedang boncengin pacar saya, ada 1 motor dia lewat samping saya sambil liatin sinis seperti memperhatikan sesuatu….

Lalu saya dengan santai saya melaju lebih cepat dan melewati dia. Tapi saya agak heran ketika saya uda lewatin dia tiba” dia menyelip motor saya kaya mau jegat arah saya. Lalu saya bertanya kenapa maksudnya kaya gitu?, mohon maaf emang kondisi saya waktu itu saya ga pake helm karena helm saya, saya kasih ke pacar saya. Saya tau itu salah dan saya ga mau melakukan itu juga kalo ngak terpaksa karena saya lebih ingin pacar saya yang aman….

Lalu ada orang itu bilang dia suruh saya minggir dan saya ga mau, dia seperti mepet motor saya seperti mau begal. saya juga takut dong kalo itu begal dan saya bilang suruh berhenti di lampu merah saja yang arah pasarbaru yang jaraknnya hanya 10m. Lalu saya berhenti dan bicara, tapi nada dia itu seperti dia bilang “lu tau salah ga pake helm? gw suruh minggir kenapa ga minggir?”…

Dan saya pun heran dia berlagak seperti petugas tapi dengan berpakaian biasa, padahal didepan saya banyak yang ga pakai helm. Apakah seorang petugas boleh seperti itu? Kenapa agak terlihat sedikit seperti modus begalkah?. saya bersilisih cukup lama dan suara saya agak besar. saya bilang “lu siapa suruh gw minggir? lu kalo mau nodong gw mana tau? mana mau gw minggir lu gila? makannya gw suruh lu berhenti di lampu merah”…

Kondisi saat itu semua orang agak heran dengan orang ini juga dia suruh saya minggir dan mecoba memaksa saya ke pos, tapi saya tetap ga mau karena dia bukan siapa” dia cuman pake helm biasa dan baju biasa dengan motor biasa layaknya warga sipil biasa. yang ada dipikiran saya dia itu modus begal yang saya takutkan…

Pada saat dilampu merah dia juga minta lihat SIM dan STNK. Saya juga bingung dengan orang itu, saya cukup was-was karena membawa pacar. Nggak mau berlama” dengan orang itu pun akhirnya pada lampu hijau saya jalan. Dia tetap maksa mengikuti motor saya sampe arah pasar baru dengan mencoba mepet tapi saya tetap jalan. Saya lebih tidak ingin hal buruk terjadi kepada orang yang boncengin. akhirnya setelah melewati Joni Steak dipasar baru, baru orang itu sudah tidak mengikuti

Jadi menurut bro Iwan apakah hal ini termasuk modus begal baru? yang berlagak seperti petugas dengan baju biasa? Karena saya ingat dia pakai celana jeans dan helm biasa. bukan helm polantas ataupun dishub. Sekedar sharing pengalaman dan minta masukan agar tidak terjadi kepada orang lain. Terima kasih bro Iwan kalau sempat membaca mohon maaf saya jikalau saya ada salah 🙂 Terutama saya ga taat aturan hanya bawa helm 1..

Sama-sama cak William, syukurlah doi sudah tahu bahwa nggak pakai helm salah. Jadi kita akan coba bahas pelaku yang menurut IWB IMHO diluar batas dan sangat mencurigakan. Diluar kewenangan dan jelas tidak wajar. Sebab apapun alasannya tidak ada hak orang sipil memeriksa STNK ataupun SIM kecuali petugas resmi. Dan mengintip kronologis, patut diduga sosok yang memepet adalah pelaku tindak kejahatan. So..keputusan cak William untuk tidak berhenti sudah tepat…

Last…pelaku kejahatan perampasan motor ataupun begal biasanya beroperasi malam hari diatas jam 9 malam. IWB cukup kuatir sebenarnya pelaku tidak hanya sendiri. Ada beberapa yang juga mengawasi dari jauh. Ini yang bahaya. So kangbro, jika sampeyan menemukan gaya atau sosok orang dijalanan dengan gelagat mencurigakan, mending ikuti feeling sampeyan. Usahakan segera cari rute ramai agar terhindari dari aksi pelaku kejahatan. Pelaku kriminal akan mencari celah untuk membidik target. Waspadalah-waspadalah….(iwb)

Noted : Gambar hanya ilustrasi

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

55 COMMENTS

    • fby cerdazzz tapi….
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .

      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      BO’ONG t(‘_’t)

      ekekekekekekekekekekekekeke

  1. Cak, kalo udah terindikasi begal/kriminal apakah bisa kita ambil tindakan sendiri kayak tendang motor si pelaku biar jatuh?

  2. paling itu bukan begal wan..
    tapi pengguna cebonger106 mau tanya ke cewekya??
    bawa pampers g ?
    soalnya motorku bocor..
    nah itu…

    Ekekkk

  3. Kalo dulu saya pernah di boncengin sama om saya yang polisi, waktu itu sedang tidak menggunakan atribut polisi, dan hanya mengingatkan saja pada orang yang tidak taat lalu lintas. tidak sampai nyuruh ke pos, (padahal waktu itu kejadian ada di lampu merah dekat polres) dan tidak meminta menunjukkan SIM/STNK, hanya mengingatkan saja.

  4. wah deket rumah ane itu cakk.. jalan bungur besar raya depan hotel golden..
    emang klo diatas jam segitu sepi cakk.. ane aja selalu bejek gas kalo lewat situ

  5. Paling orang gila itu cak…..

    Dy ngimpi jadi pulici…

    makanya mau nindak org gak pake helm …

    nyuruh ke pos kan ???

    tar joget joget dy… macam boneka Mampang..????

  6. Info nih kisaran tahun 2009 sebenernya udah ada modus seperti ini. Tengah malam ane yang sedang berkendara pelan di lajur bagian kiri, tiba-tiba dipepet oleh 1 orang pengendara motor. Ketika ane mau berusaha kabur, akhirnya dia malangin motornya di depan motor ane dan langsung turun dari motornya sambil teriak “mana SIM dan STNK!”. Ane tanya balik bahwa dia siapa sampai berani2nya meminta ane untuk menunjukkan SIM dan STNK, dia jawab bahwa dia petugas(polisi maksudnya). Lucunya adalah ngaku petugas tapi tidak pakai seragam, dengan demikian ane tanya lagi, kenapa kalo petugas tapi tidak pakai seragam? dia jawab bahwa dia adalah seorang intel sehingga tidak pakai seragam. Hmm…jadi seorang intel juga mengurusi bagian lalu lintas juga ya karena dia hendak menilang ane. Merasa masih janggal, ane kepoin terus kesatuannya di mana dan siapa atasannya. Dia menjawabnya berbelit2 dan ane paksa dia untuk perlihatkan KTAnya. Cuma dilihatkan sekilas langsung ditarik lagi, langsung ane gertak untuk perlihatkan lagi.eehhh…cuma dilihatkan sekilas, langsung ditutupin lagi. Tiba2 dia nanya tempat tinggal ane, berhubung didekat situ ada kodam maka ane ngaku2 saja tinggal disana dan raut mukanya langsung berhubung. Kata2nya mulai melunak dan mulai bersikap baik. Setelah sok bijak dengan memberikan ane sedikit nasihat, dia pergi dari hadapan ane.

    Kesimpulannya adalah, bila bertemu modus seperti ini jangan keburu panik. Usahakan tetap berusaha kabur saja dulu, bila akhirnya tidak bisa juga maka usahakan arahkan tempat sekiranya lumayan ramai. Selanjutnya mungkin bisa pakai cara ane kalau dia ngaku2 petugas.

    *btw2 sepertinya pernah ada artikel seperti ini. mungkin bukan di warung ini kali ya.

    • kenapa gak cerita ke IWB cak. ??!

      sampeyan kan bisa dibikinin artikel…

      tapi pake trik pura” Budeg saza lain kali…

      salam Sehat..?

    • kejadiannya kan udah lama bro, 8 tahun yang lalu. Jadi agak aneh aja kalo dibuatkan artikel.

      oh iya sekalian ngeralat…

      “dan raut mukanya langsung berhubung”
      menjadi…
      “dan raut mukanya langsung berubah”

    • yooo mbro.. masa lalu.. tp buat pembelajaran yang lain…

      Lain kali.. mending sebelum ditanya STNK ..

      kita duluan yang tanya STNK dia nya …
      kita duluan yang tanya SIM diq nya …

      salam sehat ?

  7. trik hadapi macam kejadian diatas…

    #Pura” Budeg saza Cak….

    1) ditanya mana STNK ..?
    ” Pura” budeg ,,. .
    hAh. ?? anak SMK ?? bukan ..gw udah gawe mbro ..

    2) ditanya mana SIM ..?
    ” Pura” Budeg ,,. .
    hAh. ?? koSim ??? ..,bukan .. gw bukan koSim… gw Roynald .. elu siapa ?(nanya balik org tsb)

    Calon begal :
    jawab : .. Barong., bro..

    3) dengernya Garong ..
    “Pura Budeg .. HAH..?? Garong …
    kabur sambil teriak terisak “Garong. Garong …. sambil ngebul ,,ehh ngebut … .. menarik lingkungan sekitar .. ada kejadian Tindak kejahatan…

    semoga gak membantu cak…???

  8. mirip kayak pengalaman ane minggu lalu. kebetulan saat siang ada perlu ke daerah perak Surabaya mo ke bank. karena masih belum tau lokasi bank nya saya agak minggir dan pelan sekitar 20-30km/jam sambil ngamatin lokasi bank

    tau2 ada motor ngikutin, orangnya boncengan naik matik sambil bilang ” plat L39×××× atas nama H Hartoyo ya ?”
    karena gak seberapa denger gk saya reken orangnya bilang “mas mohon minggir sbntar” .saya tnya keperluannya apa ? “bener ini plat L38xxxx atas nama H Hartoyo ya? ” kami dari w*m finance, boleh lihat stnk nya”

    dalam hati mikir nie orang punya maksud gak bener. saya gak mau nyerahin stnk krn mereka bukan pihak berwajib (polisi) dan bilang dulu kalo ambil leasing nya di f*f kbetulan buku cicilannya msh sy bawa . sya serahin itu buku, stnk cuma sya kasih lihat no polisinya dan atas nama saya sendiri (waluyo) jadi mereka gk punya alibi. akhirnya mereka pamit sekilas saya lihat saat jabat tangan mereka terlihat gaguk n gmeteran (saya perhatiin jari2nya).

    lebih hati2 aja buat kawan2 lainnya

  9. Hati2, itu begal bto
    Jangan sampe d tarik d jalan, kalau memang masalah sma leasing selesaikan d kantor, jangan mw d jalan fix begal itu
    Udh 2x kena ane, yg pertama motor beat ane, padahal bli cash, ngotot jga dia, setealh agak rame n ane tantangin nunjukin bpkb, dia jiper
    Yg kedua motor d pke temen, memang nunggak sih ane(jdi maluuu), motor d tarik d jalan,ee minggu depan tetep ada kolektor dteng, artinya tuh motor gak balik k leasing, fix motor ane kena begal
    Hati2 saudara2
    Adek ane jga pernah kena waktu pke motor arah unindra, d pepet d pelototin, suruh minggir, adek ane mlengos aja sambil mlototin, karna badan adek ane super gede, jiper jga kali dia, biasanya mereka berempat dg 2 motor
    Sekali lgi hati2 saudara2
    Kalau motor d ambil d jalan, anda bsa bwt BAP k polisi

  10. kalau jemput atau nganterin orang ya bawa helm 2 lah. atau mungkin itu tidak sengaja ketemu pacar di jalan ?? lalu di boncengin ?!
    kalo emang niat jemput atau nganterin ya siapin dong helm duwa.

  11. Makin ngeri aja berkendara dimalam hari…
    Hadehh lek…. Makin kesini isi kolom komentar saling bully gini…. Sebenernya mereka itu apa yah….

  12. Sepertinya sampean butuh karyawan lek yang khusus jaring sampah. Biar kayak punya wak haji adem. Jangan khawatir berkurang pengunjung, rejeki mah gak akan kemana.

  13. lek, mripatku sepet tenan liat komen2 ra mutu & nyampah, perlu pembersihan ki lek…. sales saling cakar2an disini boleh, tp disensor wae lek nek ana sing keterlaluan & kurang etis cyduk wae

  14. Butuh admin buat ngapus komen ga jelas gitu deh. Aneh artikel bagus2 isi komen nya kaya gituan, ngapain deh atau kerjaannya emang kaya gitu ya.

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama