iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cak…IWB tahu banyak banget komen dan rasa penasaran sampeyan terhadap keputusan Kawasaki yang masih menjejali Kawasaki new Ninja 250 FI dengan suspensi teleskopik. Disaat tren mengarah pada model inverted teleskopik (USD) geng ijo tetap mengambil jalannya sendiri. Walau sebagai Blogger IWB tidak terkejut karena sudah tahu sebelumnya. Tapi ora afdol cak kalau nggak nanya langsung ke pejabat tinggi Kawasaki. Dan inilah alasan¬†Kenapa Kawasaki new Ninja 250 FI tidak dibekali USD…

Jauh kebelakang sebelum Kawasaki merilis new Ninja 250 FI, IWB sebenarnya sudah tahu bahwa new Ninja 250 FI tidak dibekali USD. Beberapa sinyal sebenarnya telah IWB berikan kesampeyan dalam beberapa artikel. Monggo intip artikel disini berjudul “ Ternyata Kawasaki dilema jika ingin menggunakan suspensi USD pada new Ninja 250 FI facelift”. Artikel lain juga IWB racik berjudul¬†” Berkaca pada Ninja 400, mungkinkah Kawasaki buang suspensi USD pada new Ninja 250 FI facelift ??”. Kuwi hanya dua dari beberapa artikel yang sebenarnya memberikan petunjuk buat sampeyan…

Jika masalahnya cost, kuwi kan analisa IWB. Gosip yang digosok makin sip. Nah, alasan sesungguhnya opo?. Ketimbang banyak berspekulasi, IWB pun langsung bertanya pada pejabat tinggi Jepang Kawasaki Mr. Tanaka. Berikut interview IWB dengan Kawasaki..

iklan iwb

IWB : Apa alasan Kawasaki tetap menggunakan suspensi teleskopik disaat tren sudah mengarah pada suspensi model USD untuk kelas 250cc kebawah?

Tanaka san : Kami melihat suspensi teleskopik adalah yang paling cocok untuk harian. Suspensi USD secara bobot juga lebih berat dibandingkan teleskopik. Bukan kami mengatakan USD tidak bagus. Sebab komponen selalu memiliki plus minus. Namun pada motor yang lebih banyak digunakan untuk harian sebenarnya teleskopik lebih fleksibel…

IWB : Apa kelebihan suspensi teleskopik yang diberikan Kawasaki pada new Ninja 250 FI ?

Tanaka san : Untuk meningkatkan handling dan kestabilan, diameter pipa shock depan kami perbesar dari sebelumnya 37mm menjadi 41mm. Selain itu suspensi belakang juga mengadopsi Unitrack gas charged dengan adjustable preload setingan baru sehingga handling akan jauh meningkat

IWB : Kalau menurut anda, apa ini artinya suspensi USD tidak cocok buat harian?

Tanaka : Ya, dalam pandangan kami suspensi USD lebih cocok untuk untuk race oriented. Suspensi ini bagus untuk turun ditrek karena rigid. Sedang teleskopik lebih fleksibel untuk segala kondisi apalagi ini motor harian. Yang pasti, untuk new Ninja 250 kami memilih balance terbaik. Masing-masing komponen punya weakness dan strength point. Dan kami memilih teleskopik berukuran besar untuk new Ninja 250 FI..

IWB : Itu secara ilmu teknis, tapi gimana kalau tren pasar menginginkan suspensi USD karena tren dan image komponen ini lebih keren. Apakah Kawasaki akan mempertimbangkannya dimasa depan ?

Tanaka : Tentu saja semua mungkin. Namun untuk saat ini spek sekarang adalah balance terbaik untuk new Ninja 250

IWB : Apakah mungkin kedepan bakal ada new Ninja 250 FI yang lebih premium dengan suspensi USD plus mesin berbeda. 4 silinder mungkin ? (ilmu pancing bergerak)

Tanaka : (Tertawa)

Yup, menarik cak. Ilmu pancing terakhir memang tidak dijawab namun dari raut muka IWB melihat rasa optimis. Apalagi tidak ada bantahan perihal isu tersebut….wwwehh, koyone beneran ki isune. Jadi ngono cak lebih kurangnya….kenapa Kawasaki tetap mempertahankan suspensi teleskopik pada new Ninja 250?. Alasannya adalah fleksibilitas digunakan untuk daily use. Ngono pakde…wiss ngerti to jawabane. Dadi ora usah geger…budal kerjo sik rekkkk :mrgreen: ….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!