iklan iwb
iklan iwb
” Honda CRF150L bener-bener diuji kekuatan mesin dan sasisnya. So far juozzz !!

Iwanbanaran.com – Cakkkk…balung tuwo serasa prothol. Nafas mau pedot saking beratnya jalanan yang kita lintasi dalam Honda CRF150L fun off road touring. Jangan samakan dengan tes Serpong….ora ono seujung kukunya cak. Apalagi trek termasuk panjang yakni 36 km. Perjalanan menantang untuk membuktikan ketangguhan Honda CRF150L. Dan satu kata untuk motor ini….powernya nggak ada ngedropnya ! 

Honda memang cukup smart. Mereka sepertinya ogah banyak ngomong namun pabrikan ini langsung menyodorkan dua tantangan berbeda. Monggo jajal langsung dan rasakan, baru sampeyan simpulkan…mungkin kira-kira demikian. Terbukti seperti pada artikel sebelumnya kita disodori trek trail buatan di Serpong yang masih motorsiawi. Dilalah level berikutnya naik pangkat dengan trek alam sesungguhnya yang tidak motorsiawi. Lokasi bener-bener kayak “buang anak Jin” saking ekstrimnya. Keren sih buat para terabaser. Tapi buat on roader kayak IWB jian bikin tepuk jidat..

Disini skill jalanan ora kepakai cak. Musnah semua pokoke. Sampeyan jago cornering sirkuitpun pasti nyerah. Jadi lebih kepada balancing, handling dan power bawah. Jangan ngomongin DOHC atau SOHC kalau sudah ditrek alam liar. Tapi bicarakan durability mesin…kuwi sing penting. Lawong RPM dipanteng dan dikocok-kocok hingga tercekik. Yang kepakai hanya gear 1 dan 2. Sesekali gear 3. Itupun kalau sudah nemu trek yang campur batu-batuan. Low speed semua mainnya. Emange kayak apa sih treknya?..

iklan iwb

Honda CRF150L fun off road touring melibas jalanan ekstrim bukit Bintang Bandung rencana awal sejauh 50 km. Namun karena ada longsor direvisi jadi 36 km. Start dari Armor kopi awalnya IWB masih Trengginas. Maklum…treknya campuran jalan batu dan lumpur, jadi cingcai tenan. Apalagi Showa meracik suspensi USDnya dengan sangat baik, rebound lembut saat dibutuhkan namun stiff ketika digunakan melibas aspal dengan kecepatan tinggi. Efeknya motor anteng ora goyang..

Namun pasca istirahat dibukit Moko (pos pertama) dan masuk ke trek berikutnya, disinilah motor dan manusia bener-bener diuji. Menggunakan ban standart…kita dipaksa melahap tanah liar berlumpur yang cukup dalam. Awal pembukaan teman-teman Blogger dan Vlogger yang masuk dirombongan 4 langsung disodori aksi dlosor dari wak Haji Taufik serta kang Asep. Setelah itu…hampir semua merasakan mencium lumpur. Trek jalan tanah liat super lengket ini sekitar 5 km. Namun rasanya jauhhhh bener nggak nyampe-nyampe kayak 100 km. Heran…panitia nemu aja jalan nggilani kayak gini. Badan bener-bener terkuras. ” Di-rail kang, rail aja ” seru kang Dudung sebagai sweeper. Pria bertinggi badan sedang ini padahal menggunakan CRF250 Rally namun doi bisa santai melibas pekatnya tanah liat. Super tenan…

Satu yang harus IWB akui keunggulan dari CRF150L adalah powerbandnya. Honda berhasil menyeting karakter mesin CRF150L dengan sangat baik. Feelnya pas dan tidak ada terasa ngedrop ketika kita up shift atau tambah gigi. Disinilah kekuatan sesungguhnya. Jadi power sambung menyambung dan selalu ada saat dibutuhkan. Hal ini sangat berguna ketika motor terjebak dilumpur yang parah. Sementara itu bobot 122 kg juga memudahkan kita ketika motor roboh. Nggak bikin boyok pedot untuk berdiriin kembali…

Yang mengejutkan lagi adalah lampu seinnya. Pada satu momen ketika roboh dan motor Marlin (Vlogger) nyantol motor IWB lampu sein sampe somplak…jebule lampu sein model knock down. Jadi kalau prothol sampeyan hanya tinggal tekan maka winker akan terpasang kembali….normal seperti sedia kala, ediann ajaib tenan. Overall pengetesan cukup memuaskan. Mungkin hanya satu kekurangan yang cukup terasa ketika dipakai dijalan raya. Karena nafasnya pendek maka motor dipaksa selalu meraung di RPM tinggi sehingga vibrasi mendera dibagian tanki. Kalau ingin membuatnya jadi supermoto sampeyan harus mengganti gear belakang dengan yang lebih kecil biar mesin rileks….

Last…Honda CRF150L fun off road touring sejauh 36 km dengan rute bervariasi memberikan kepastian pada feeling kita bahwa motor ini memang menggoda celengan khususnya untuk para terabaser. Material yang alot dan tahan banting kendati digunakan berdlosor ria, power selalu ada disegala rentang gear…sambung menyambung dan yang jelas irit (terlihat dari bar BBM yang tidak gampang turun). Mumpuni digunakan dilumpur pekat, handling stabil dan nurut digunakan dijalan raya…wis sampeyan jajal sendiri wae cak buat buktikan. Saiki IWB arep pijit lan urut sik biar balung seger kembali. Btw..full video tunggu next artikel ya, sekarang monggo nikmatin dulu foto-foto saat dilokasi Honda CRF150L fun off road touring. Motornya sing sehat wal afiat, jokinya ki sing balungo prothol :mrgreen: ….(iwb)

IWB nomer dua dari kiri

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!