iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro….IWB tahu banyak biker atau pembaca yang cukup bingung dengan beberapa perbedaan spesifikasi Kawasaki Ninja 250 versi 2018. Oleh karena itu pada artikel ini IWB akan coba bedah total spesifikasi lengkap sang Ninin, serta apa saja ubahan yang dilakukan oleh Kawasaki terhadap generasi ketiga dari Ninja 250. Cekidot cakkkk….

Setelah sepuluh tahun umur Kawasaki Ninja250 akhirnya pada tahun 2017 yang disebut sebagai model 2018… Kawasaki secara mengejutkan rilis New Ninja 250 dengan ledakan power yang cukup besar. Bahkan bisa dibilang…. Kawasaki kembali menjadi leader soal performa dengan output tenaga mencapai 39 ps serta bobot paling ringan yakni hanya 167 kg. Dirilis pertama kali pada tahun 2008 Kawasaki Ninja 250R… geng ijo berusaha keras menunjukkan tajinya di kelas 250cc 2 silinder. Emang apa saja yang dilakukan Kawasaki sehingga mesin jadi jauh lebih powerfull??…

Semua cak….. Kawasaki mengklaim semua di renov total. Baik sisi mesin ataupun sasis. Basis mesin yang digunakan memang nyomot dari GPZ250R yang sudah dikeluarkan pada tahun 1985. Namun Tentu saja engine modern adalah hasil pengembangan dari para Insinyur Kawasaki. Dan harus diakui Kawasaki berhasil mendongkrak power dengan cukup signifikan. Sebagai informasi pada generasi terbaru ledakan tenaga tembus 28,5 KW atau setara dengan [email protected] RPM dan torsi 2,4 kg-m atau 23.5 NM. Kalau dibandingkan dengan generasi sebelumnya terjadi kenaikan power hingga 8 ps dan torsi 0.3 kg-m. Artinya secara spek, New Kawasaki Ninja 250 berhasil unggul tipis dari Honda cbr250RR. Luar biasa cak. Btw…resepnya opo sihhh??..

iklan iwb

Untuk mendapatkan letupan tenaga hingga 39PS, Kawasaki merombak jerohan mesin supaya lebih kompak. KAWI juga merubah posisi filter udara dari bawah jok digeser di bawah tangki. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan asupan udara lebih besar (downdraft). Perombakan juga membuat posisi tempat duduk atau jok lebih ramping. Termasuk intake yang pada generasi terbaru lebih pendek. So…bukaan gas akan direspon secara cepat oleh dapur pacu. Sukses melakukan sentuhan pada mesin, Insinyur Kawasaki lalu bekerja pada sisi bobot…..

Untuk mendapatkan bobot yang lebih ringan Kawasaki kabarnya melakukan revisi total pada desain frame. Sasis baru mengadopsi dari teknologi Ninja H2 sehingga light namun rigid. Konon struktur teralisnya direvisi sehingga di beberapa bagian diperkuat dengan pipa khusus akan tetapi di bagian yang tidak diperlukan dibuang. Kawasaki menyebutnya sebagai Advance analysis teknology.  tindakan tersebut sudah mampu membuat bobot berkurang signifikan. Kemudian untuk meningkatkan handling… Kawasaki juga bekerja pada sisi suspensi depan…

Mungkin Secara kasat mata tidak banyak perbedaan sebab suspensi depan masih menganut model teleskopik. Namun ternyata dari beberapa informasi Kawasaki meningkatkan size inner tube dari 38mm menjadi 41mm. Dengan peningkatan ukuran diameter Jelas bakal memberikan respon handling yang jauh lebih stabil. Apalagi main frame dan subframe diberikan semacam plate khusus pada connecting framenya.  Wheelbase New Kawasaki Ninja250 juga lebih pendek sehingga motor lebih lincah. Btw antara versi 250cc dan 400cc sama yo cak. Yang membedakan hanya pada diplacement engine…

Last….mengintip pada sisi lampu Kawasaki Ninja 250 versi 2018 sudah menggunakan LED headlight 4 titik. Namun lampu tanpa highbeam hanya menyala 2 titik. Dan assist serta slipper clutch sekarang menjadi standar untuk seluruh Varian Ninja 250. Kenyamanan juga diperhatikan, Kawasaki mempertebal jok dari sebelumnya 50 menjadi 90 mm. Jadi ora panas cak. Kawasaki menjual Ninja 250 versi 2018 dengan 3 pilihan warna yakni Lime green × Ebony’s KRT edition (top), red × black (medium) dan solid lime green monochrome. Sayang sejauh ini belum tergali berapa harga yang akan dipasang oleh geng ijo terhadap generasi terbaru sang Ninin. Monggo ditunggu saha sebentar lagi. Untuk melengkapi data, berikut spesifikasi lengkap Kawasaki Ninja 250 MY218. Kompetisi makin ketat cak….(iwb)

Sumber : Youngmachine

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!