iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakdeee…..gatal cak, asli gatal. Sebagai Blogger yang juga demen speed….pasti penasaran kecepatan asli kereta Jepang terkencang yakni Shinkansen. IWB cukup beruntung sebab sudah 3 kali nunggang kereta yang kondang diantero jagad karena kecepatan dan ketepatan waktunya. Nah..dilalah ketika balik ke Tokyo dari Nagoya ketika meliput Honda Safety Riding competition di Suzuka, IWB kembali berkesempatan merasakan kereta yang ternyata cukup mahal ini. Tebak cak, berapa kecepatan kereta tersebut saat melaju standart ?. Berikut pengetesan yang dilakukan….

Tiket kereta Shinkansen ternyata termasuk muahal. Dengan jarak sekitar 360 km Nagoya-Tokyo, sampeyan harus merogoh kocek sekitar 11,090 Yen atau kalau dirupiahkan berkisar 1,3 jutaan. Tapi harga ora ngapusi cak. Dengan jarak tersebut sampeyan akan tiba dilokasi hanya 1 jam 45 menit. Padahal kalau sampeyan naik mobil kesana dengan kondisi tanpa macet butuh sekitar 6 jam. Wis kayak Jakarta Semarang mungkin ya jaraknya. Shinkansen?. Mung siji setengah jam. Koq cepet bangettt??…

Speed cak. Kecepatannya emang kethirrrr tenan. Kebetulan IWB bersama wak haji Taufik dan doi punya HP dua, satu merekam dan satunya menghidupkan aplikasi mengukur speed. Disana terasa untuk menempuh dari nol ke 200 km/jam sangat cepat. Yang IWB heran, akselerasi sangat smooth…nggak ada namanya terdorong dan membuat kita terjengkang. Lalu berdasarkan GPS pula….speed kereta saat melaju ternyata tembus 284 km/jam. Kuwi GPS lho cak, Kenthirrr edian njaran. Tahu nggak rasanya pada kecepatan segitu…

iklan iwb

Nyaris tanpa ada vibrasi ataupun guncangan. Kalau sampeyan berjalan diatas gerbong sampeyan akan jalan biasa saja. Bahkan kalau dibandingin kereta reguler ditanah air seperti Gajayana misalnya, goncangan Shinkansen jauh lebih minim serta senyap. Kuncinya adalah rel yang memang sangat bagus serta posisi roda yang konon ngambang dan nyaris tidak menyentuh rel. Rasa salut IWB juga pada saat braking, sampeyan nggak akan merasakan deselerasi berlebihan. Smooth, alussss seperti pipi kembang desa. Werkudoro Gatot Koco tenan ki sepur, uenak canggih tenan !!

Sebagai informasi kereta Shinkansen dibuka tahun 1964. Diawal peluncurannya Shinkansen tentu tidak sekencang sekarang. Untuk melahap jarak Tokyo-Osaka dengan jarak 515 km butuh 4 jam. Kalau sekarang sih nggak nyampe cak, lawong speed tembus 280 an km/jam…sadis tenan. Shinkansen juga terkenal karena ketepatan waktunya. Tidak pernah telat cak, Hanya ada kasus gempa atau bencana yang membuat Shinkansen harus terganggu jadwalnya. Dan soal kemananan Jepang memang luar biasa karena sejak dirilis hingga sekarang nyaris tidak pernah ada kecelakaan fatal yang merekam eksistensi Shinkansen didunia. Salut !!

Last…..teknologi memang dominan di Jepang. Kalau sampeyan berkunjung kesana, hampir semua diatur oleh sensor. Lampu, toilet, pintu dan masih banyak lagi lainnya. Dan Shinkansen adalah refleksi salah satu canggihnya teknologi yang dimiliki negara Jepang. Disaat lainnya masih nunggang kereta yang kita sebut sebagai sepur….dinegeri matahari terbit sudah menyebutnya peluru. Shinkansen ?. Wis buanter gleserrrr rekkkkkkk…(iwb)

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!