Iwanbanaran.com – Kangbro…..sampeyan akan terkejut jika mendapati fakta penjualan motor di Jepang. Sebagai produsen motor terbesar di dunia…Jep.ang adalah negara yang memang sangat fokus pada publik transportation. Kondisi ini membuat kendaraan pribadi seperti sulit berkembang. Selain aturan yang ketat…..Jepang memang luar biasa nyaman public transportationnya. Pengaruhnya gimana dengan motor?. Gileee jauh bener dengan tanah airrrrrrrr….

Saat sesi interview dengan Mr. Yoichi Harada (GM Driving Safety Promotion center Honda) diSuzuka Jepang, pejabat tinggi Honda ini membeberkan back ground lahirnya safety riding Honda. Masa dimana tidak satupun yang perduli dengan perangkat safety serta skill riding. DiJepangpun ditahun 1983 juga demikian. Pabrikan menggelontorkan produk kepasar dengan agresif….

Diera tersebut, satu pabrikan bahkan bisa menelurkan 43 model selama satu tahun. Bayangin wae cak…..43 model, bunyaakkk bener. Ditahun itu  Penjualan motor Jepang tembus 1,3 juta selama satu tahun. Namun seiring waktu berjalan, tren tersebut terus turun. Transportasi sangat baik diJepang khususnya kereta membuat motor masuk dalam kategori hoby serta transportasi jarak dekat. Dan tebak berapa penjualan motor di Jepang tahun lalu?…

iklan iwb

” Sekitar 350 ribuan..” seru Mr. Harada membuat IWB terkejut. 350 ribu/tahun cak…setahun lho ya. Jadi kalau dibandingkan penjualan tanah air gileeee jauh bener. 350 ribu sih diIndonesia bisa dilahap hanya sebulan. Btw…Jepang memang beda dengan Indonesia. Populasi dinegeri matahari terbit ini jauh cak. Jangankan Jepang, Malaysia wae cuma 500 ribu/tahun pakde…

Menurut informasinya, penjualan skutik di Jepang memang sedikit lebih unggul dibanding segmen lain. Namun gapnya hanya kecillll nggak kayak di Indonesia. Mungkin bedanya hanya puluhan. Sedang tanah air….wis kayak kacang goreng cak matic Sport ternyata di Jepang juga cukup kuat…

Last….motor sudah seperti istri kedua di Indonesia. Lawong keIndomaret wae nunggang motor. Hal ini beda dengan Jepang. Pada jarak dekat mereka lebih suka jalan kaki atau nunggang sepeda onthel. Tidak heran walaupun sebagai produsen roda dua populasi motor di Jepang tidak semasif disini. Kita ke Indomaret ngonthel?. Ora yakin sampeyan mau. Opo maneh mlaku atau jalan kaki….pasti males. Hayooo ngaku hayoooo :mrgreen: (iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

115 COMMENTS

    • kpan ya indonesia bisa kyag jepang bisa maju transportasi nya ,sadar pentingnya jalan kaki untuk kesehatan dan memakai spda untuk menekan polusi udara ,,,

    • jepang negara kecil gundulmu!

      populasi jepang 126,67 juta, no 10 dunia

      populasi indonesia 261,89 juta, no 4, 2x jepang lebih dikit. penjualan motornya 17x. menurut datanya momox 5.931.285 th 2016

    • @pengabdi setnof

      Japan negara kecil terus ente mau belain Japan. Ingat Japan negara maju yang sangat2 pesat-cepat. Indonesia??

      Coba anda lihat data penjualan kendaran di Cina berapa??? Negara maju dan besar loh!

      Saya nggak bahas populasi penduduk. #Fact!

      Gakgakgakgakgakgakgakgak………….

    • Nah, kabar heboh minggu ini saat Marc Marquez menggunakan topi Valentino Rossi.

      Marquez tercyduck (tertangkap) kamera tengah menggunakan topi Rossi sambil tertawa.

      Posisi tandem Dani Pedrosa ini di dalam sebuah mobil dan dibelakang Marquez nampak seorang pria tengah tertawa juga

    • 28
      Demi meningkatnya ms yamaho. Hari ini ane dapat brosur dari yamaho yes jatim . dp 0 untuk varian yg ada di bawah ini :
      Meong m3 ,cicilan 569rb,
      Meong z , c 612rb
      Soul gt , c 654rb,
      New fino , c 656rb
      All new x ride , c 697rb
      Nmax, c 1.078rb
      All new pigson advance, 958rb

      Demi meningkatnya ms yg menyedihkan dari yamaho fby di mohon menyiapkan kk dan ktp .. Trima kasih

    • Indonesia??? Pufffttttt…

      Pergi gak seberapa jauh zaza naik mobil, sendirian padahal, yang dinaiki mobil kaleng entry level lagi. Belum lagi gayanya yang sok menang sendiri. Naik xenia dah belaga kayak naik vellfire

    • Perbedaan..
      Mereka suka naek sepeda ke kantor atau berpergian.. Ya iya negara dingin… Di indonesia naek sepeda mau pergi ke kantor lu mau mandi lagi di kantor???.. Pagi aja uda sumuk kata org melayu..

      Mereka suka naek trasportasi umum kayak kereta… Ya iya keretanya bagus + biaya nya murah…
      Di indo uda elek+ mahal…mudah2 Mikarta berubah ???
      Pengalaman Perna ikut kerja jadi buruh di jepang jait jok di pabrik..
      Buruh nya hanya boleh berkendara dgn sepeda atau trasportasi umun.. Kendaraan bermotor buruh asing tidak di boleh kan

    • Jepang beda bro. Mereka gk ada yg namanya macet”tan atau orang yg hobi nerobos masuk jalur busway kayak yg biasa terjadi di Indonesia. Plus ontime lagi.
      Pokoknya Indonesia kalah deh kalo soal ini.

  1. Kan sudah gw bilang lek jepun itu kismin-kismin gk punya motor, pada irit medit, makannya tabloid micin muda gk bener selalu melenceng

    • klau d indo ini pejalan kaki sering d anggap (maaf) kurang mampu, mka berbeda dengan negra jepang dan negara2 maju lainny, justru d jepang orang yg jlan kaki atau naik sepeda dayung adlah mereka2 yg SUDAH BOSAN NAIK MOBIL/MOTOR,….

      skrg aja d indo ini khusus ny d kota2 besar orang yg naik speda adlh mayoritas orang2 yg sudah punya mobil/motor klas menengah keatas

    • Kebanyakan org di negara dingin yg doyan naek sepeda berpergian jarak dekat…

      Kita di indo negara panas gini kalo cuma santai si gak apa2 naek sepeda.. Kalo ke kantor biar jarak nya cuma dekat naek sepeda, ente mau di kantor mandi lagi… Pagi aja di kota besar uda sumuk gerah gini..

  2. Sampean ki piye toh kang, di jepang ato di negara eropah, suhu dingin, mlaku po nggo onthel yo enak, adem… Yo ning indo mlaku, sa-blok iso lepek…

  3. Mangkanya cak org indo dihalang-halangi jgn sampe bisa bikin motor/mobil..klo sampe bisa bikin wah ngalamat mau jualan dimana mereka,dinegrinya sendiri aja susah jual motor..

  4. Dijepang dingin..jalan kaki berkilo-kilo juga nyaman udara juga bersih, lah di indonesia keluar rumah 10m aja dah keringetan puanas…debuan pula..pfff

    • Sini maunya moderen tapi instant. Yg didapat cuma kulit doang, mental n karakter primitip, wong cilik suka mbegal wong gede korupsi.
      Biyangane assu tenan

    • Memang karakter terbentuk dari kecil dan lingkungan klo lingkungan sudah membudaya komsumtif mengandalkan orang asing ya susah bgt?wong kita klo punya anak juga beli beli mainan yato?bukan kreatif kayak kak made?

    • Klo bikin motornya bisa om?tp payu ora?iso saingan ra karo pruduk jepun? Yang aku salut pada viar 3 roda?walau kulitas jauh dibawah jepun tp laris buat kalangan usaha karena irit, muat banyak, dan dia main sendiri dikelas ini. Kreatifto?ndak tau klo hondu n yamahu mau masuk kelas ini paling bubar tu viar

  5. Kl jalanan mulus enak buat jalan kaki,cuaca teduh,pemandangan bersih2..sy yakin bnyak org di indo akan pilih jalan/sepeda utk karak dekat…

  6. “Last….motor sudah seperti istri kedua di Indonesia. Lawong keIndomaret wae nunggang motor” yo iyo lek,? ???

    Mungkin klo di Indonesia sistem transpirtasi umum sudah memadai dan masyarakat udah lebih mmemilih transportasi umum ya bukan gk mgkin penjualan mtor di mari bisa kaya di jepang

  7. yang komentar di Indonesia males jalan kaki …kurang ajuaar..

    hidup di dusun kalii…

    hidup dikira besar dong…sekali kali..

    Di dalem mAll orang kota biasa jalan kaki berkilo-kilo kilo kalo diitung.. keliling mAll.. tanpa terasa, cape, tanpa terasa lagi jalan kaki..

    ???

  8. Jadi Mikir kan…

    Kenapa Indonesia Kaga bisa punya merk mobil, motor sendiri…

    pppfffftttttt ??????

    Di jajah Kok Bangga…

  9. Sampeyan yo lucu kok cak bandingno kok karo jepang, wong indonesia negara no 4 terbanyak kok, karo india lah paling gak

    • Yang lucu ya sampeyan.
      Di indonesia itu pangsa pasar motor terbesar dipegang produk jepang. Jadi 7ntuk kendaraan bermotor Jepang itu benchmark dan layak dijadikan pembanding bagi negara lain.
      Sana ngerjain PR dulu…baru komen…

  10. Jepang bangsa cerdas bro, paham lingkungan bersih, budaya bangsa sendiri terkonservasi dgn baik. World leading technology, pokoke civilized tenan, ora mung latah sok moderen sok moralis religis.
    Sungkem saya buat jepang

    • Kalo gtu besok besok…anakku suruh pilih,beli,boyong Yamaha. . . biar cucu cucuku cerdass.. orang pintar ..tujuh turunan…

      masalahnya anak ku pilih Ducati, skrg lagi ngincerr Aprilia…

      Suueeekkkk…. …. …. jadi apa cucu cucuku …dimasa depan…

      coba Yamaha bikin mobil .. biar ku pilih mobil Yamaha.. biar tingkat kecerdasan ku stabil & bertambah .. …

      ????????

  11. di Indonesia dari pada jalan kaki gk bawa apa”..

    dapet apa ?
    panas
    cape
    pegel
    ini Indonesia bung.. negara tropis…

    mending jalan kaki sambil bawa Opak,krupuk,donat, lontong, ..

    lumayan dapet duit… sehat lagi….

    tapiii jangan jalan kaki sambil dorong motor orang. brengseekk namanya. .???

  12. Yg ogah”an jlan kaki itulah yg dimanfaatkn oleh produsen” motor jepang untuk terus meningktkan volume penjualannya…
    Laaaa piyeee… sadar gk kita telah dimanfaatkn olehnya…???

  13. KARENA ORG INDONESIA TERLALU KONSUMTIF DAN TOLOL. GENGSINYA SETINGGI LANGIT TAPI ISI DOMPETNYA COMBERAN, APALAGI FANSBOY MERK, RAJANYA TOLOL.

  14. Disini byk malingnya low bawa sepeda , motor aja bisa hilang pa gi sepeda , berbeda dgn negara jepang di mana angka kriminalnya rendah , makanya disana low jalan kaki ataupun bersepeda ok
    Disini , perhatiin aja di daerah kalian masing”

    • gak usah ngomong dsini banyak maling bung….??!!!!!

      dinegara mana pun Ada maling…. itu lahiriah sifat manusia…mau dari gen manapun..

      punya data Sahih Indonesia Jadi negara terBadjingan, terBanyak Maling di dunia..???? dengan presentase Jumlah penduduk jumlah maling…???

    • Yg bandingin ma dunia siapa ? Elu kan
      Baca dulu sblum komen , tu perbandingan Jepang ma Indonesia , ente mo bandingin ma dunia ya bedalah

    • Lah disini kalo naik sepeda aman bro, kalo naik motor malah gak aman, mau dijepang mau diindonesia kalo naik sepeda tempat sepi make perhiasan mencolok ya kemungkinan besar bakal ada begal, semaju2nya negara pasti ada penjahatnya

  15. Tanda tanya kan? Ada apa dengan Indonesia? Apakah pabrikan motor di Indonesia pada ngamplop ke pejabat biar aturannya nggak dipersulit? Biar transportasi masal nggak dibikin bagus dan nyaman?

    Wallohu a’lam…

    • jangan suudzon bung…

      tapiii emang fakta nya gtu…

      kita dijajah…

      kita mu bikin mobil, motor sendiri berarti ngajak perang dunia ke-3 kasarnya….

  16. Iklimnya beda cak…disana jalan senyuk pakek jaket. Disini jalan kaki siang hari? Mletek ndas rasane. Fuanasss

  17. Negara penjajah ya kaya gitu,ga jajah pake senjata ya pake kendaraan,makanya indo gak maju warganya cenderung konsumtif ?

    • EKEKEKEKEKEKEK

      Nggak ada bukti berarti Hoax! muka jenong SOHC kopong banci di bore up 250cc nggak sanggup sparepart mahal kualitas alakadarnya lirik R15 v3.

  18. 350 ribu itu moge semua yg harganya tau sendiri klo di bandingkan motor lokal di mari
    MuuuUUUuuuuuehehehe…..

  19. Nanti kalo transportasi publik di Indonesia udah senyaman Jepang juga besar kemungkinan kondisinya bakal sama. Itupun kalo belum keburu kiamat.

  20. Bikin merk & produk sendiri ma gampang.. yg susah menerapkannya.. krn yg besar tidak akan membiarkan lahan mereka terancam..

  21. Lagian lebih banyak yamaha jualanya dari honda di jepun.. Honda gak diakui kualitasnya sama jepun.. Dibawah yamaha.

  22. suhu di indonesia panas mas
    pake motor biar adem angin gelebug
    punya uang lebih pasti pengen pake mobil pribadi,adem pake ac
    beda di jepang mh negara 4 musim jauh dari garis khatulistiwa
    makanya orng indonesia hobi pake kendaraan pribadi

  23. Kalau Indonesia benar’ fokus transportasi publik, secara perlahan kendaraan pribadi berkurang dengan sendirinya. Efeknya pabrikan akan berkurang pendapat. PHK bisa terjadi, negara pun akan seret pajaknya….buah simalakama?

  24. itulah kecerdasan japan. sekarang itu mereka alih teknologi ke bangsa kita. kalau dulu pake kekerasan. sekarang pake otak. kalau kita gak beli tu motor japan karyawan kita orang indo makan apa? udah terlanjur kita friendly dr dulu. mau ciptakan motor atau mobil baru pasti pemerintah nya dah dijewer duluan. hayo ngapain ?tercyduk bro

  25. jangan2 diindo sini para petinggi motornya pada rembugan alias do bagi2 strategi masing2 men tetep eksis dan bisa ngalahin merk lokal maupun kompetitor dari eropa. tapi le ketemuan ra neng indo ndak dikiro kartel ha3. nah tercyduk kui cak. ha3…mkne buat pemerintah perbaiki sarana publik dulu dikuatkan baru deh kita bisa bebas polusi dan ketergantungan kendaraan yang bikin muacet. ingat HUMAN POPULATION CONTROL sudah hampir mencapai finalnya dalam beberapa dekade…elit global mulai bersatu keluarkan jurus andalan. makane bangsa indo sekarang mesti belajar beladiri. biar gak kaget ada serangan mendadak…dan sepertinya WAMIL bagi bangsa sendiri perlu dilakukan.

  26. indonesia adalah negeri yang kaya raya, tapi negeri ini selalu didikte oleh kekuatan asing. makanya indo tidak akan diberikan kesempatan untuk menjadi negara maju. that is the fact. jadi coba pikirkanlah masing2 komentator motor/mobil anda dirumah pasti merk asing. elektronik anda pasti merk asing mau kulkas, ac kecuali dispenser,blender,kipas mungkin ada yang lokal tapi mesin asing, so itu kesalahan siapa kita bisa beli produk kayak gitu, jadi gini temen2 kita rakyat sama pemerintah disarankan beli produk asing nah pemerintah bisa minta pinjaman ke negara yang invest ini buat kelola anggaran belanja negara. dibalik sumber daya indo yang kian menipis atau bahkan ada yang belum tergali, pemerintah musti pinjem m org asing imbasnya orang asing minta ini itu mesti gampangin. jadi susah kita kalo mau bebas dari jeruji penjajahan. intinya kita masih dijajah dalam bentuk neo (baru). belajar yuk kawan2

  27. kita mau maju pilar utama kita pada tahun 1945 adalah nasionalisme. tapi kawan2 sekarang cb tanya in satu per satu nasionalisme ki opo rek, boro2 suruh jawab langsung bilang apa loe tanya2 gt ngajak ribut ente. nah kayak gitu aja kita bisa diartikn gak paham nasionalisme. masih suka ribut merk inilah itulah bosoknya inilah itulah. sampai kiamat pun negara ini bakal kayak begitu mental feodalnya ngakar banget. maka dari itu temen2 koreksi diri kita masing2 gak sah jelek2in merk ini itu karena itu adalah kepandaian elite dalam memecah belah persatuan. maka kita kuatkan dulu pondasi kita kalau mau jadi bangsa yang maju.

  28. kita mau maju pilar utama kita pada tahun 1945 adalah nasionalisme. tapi kawan2 sekarang cb tanya in satu per satu nasionalisme ki opo rek, boro2 suruh jawab langsung bilang apa loe tanya2 gt ngajak ribut ente. nah kayak gitu aja kita bisa diartikn gak paham nasionalisme. masih suka ribut merk inilah itulah bosoknya inilah itulah. sampai kiamat pun negara ini bakal kayak begitu mental feodalnya ngakar banget. maka dari itu temen2 koreksi diri kita masing2 gak sah jelek2in merk ini itu karena itu adalah kepandaian elite dalam memecah belah persatuan.

  29. Iklim nya cak, di negara 4 musim, jalan/jogging/sepedaan sejuk, BB tdk terdeteksi. Disini? Gobyos..koyok mari macul..mosok pede lek ngono..
    Btw, knp penjualan motor di jepang sedikit tp kok pny bnyk sirkuit & pembalap level lumayan?

  30. Ooh gitu jadinya Rossi, Pedrosa, Marquez sama vinales bisa balapan duitnya dari jualan beat, Mio, Scoopy, nmax yang tinggi di Indonesia

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama