iklan iwb
iklan iwb
” Suasana lalu lintas motor di Vietnam. Tanpa plat nomer depan….!”

Iwanbanaran.com – Kangbro….. banyak sekali yang bertanya ke IWB, Kenapa plat nomor depan tidak dipasang di luar negeri khususnya untuk kendaraan bermotor?.  Kondisi ini memang berbeda dibandingkan dengan mobil yang tetap terpasang baik di depan dan belakang. Akan tetapi memang untuk kendaraan roda dua hampir mayoritas di dunia ini sudah tidak lagi memasang plat nomer depan. Apa alasannya ?

Plat nomor selalu menjadi sorotan semua bikers tanah air.  Hal ini karena Indonesia termasuk salah satu negara yang masih memberlakukan pemasangan plat nomor depan sebagai aturan wajib yang Harus dipatuhi oleh seluruh pabrikan ataupun pengguna jalan roda dua. Kondisi ini tentu menarik perhatian karena hampir mayoritas negara di dunia ini sudah tidak lagi menggunakan plat nomor depan. Kalau sampean bertanya Kenapa hal itu dilakukan??…

Masalah keamanan Kangbro. Jadi alasan pertama yang membuat plat nomor depan ditiadakan adalah masalah safety. Berdasarkan hasil survei mancanegara dipercaya, plat nomor depan memiliki potensi yang membahayakan bagi pengendara. Pada kecepatan tinggi jika terlepas material plat berpotensi mencederai biker di atasnya. Sampeyan bayangin wae kalau menghantam muka atau leher….

iklan iwb

Tidak heran aturan plat nomor depan ditiadakan dimayoritas negara didunia. Meminimize risiko yang membahayakan jiwa dianggap suatu prioritas. Apalagi petugas Kepolisian tetap bisa mengidentifikasi dari plat nomor belakang. Karena jarang sekali terjadi pengejaran berlawanan arah sehingga akan sangat sulit bagi pengendara roda dua lolos hanya karena tidak ada plat nomor depan. Aturan plat nomor depan tetap berlaku bagi pengguna roda empat karena situasinya berbeda. Pengemudi mobil tetap terlindungi walaupun seandainya terjadi apes plat nomor lepas….

” Plat nomer depan di Malaysia…”

Jadi jangan kaget jika mayoritas negara di dunia ini sudah tidak lagi menggunakan plat nomor depan untuk kendaraan roda dua.  Bahkan kalau sampeyan intip di beberapa negara ASEAN mungkin hanya Indonesia yang tetap kekeh menggunakan plat nomor depan. Sementara Malaysia karena memandang masih perlu untuk melengkapi kendaraan bermotor dengan nomor identifikasi maka mereka mengganti plat dengan stiker biasa ditempel di bagian spakbor sehingga tidak membahayakan…

Last….itulah alasan kenapa plat nomer depan tidak dipasang diluar negeri. Safety adalah prioritas yang tetap diperhatikan oleh para pembuat regulasi. Kita ??. Wiss diterima wae. Malah unik dan masuk kategori langka to sebab menjadi kelompok kecil satu negara yang setia menggunakan plat nomor depan bersanding dengan India. Bedanya India platnya lebih kecil sementara kita gede segajah. Sebagai preventif safety, yang penting sampean kencengin saja plat nomor sekenceng kencengnya biar tidak terlepas. Siapa lagi yang peduli pada nyawa kita selain kita sendiri. Mengharap dari yang lain?. Ngimpi cak judule, iyo to :mrgreen: …..(iwb)

Follow Iwan Banaran untuk dapat aktivitas terbaru segala tentang motor di Moladin, aplikasi pernak pernik motor

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!