Iwanbanaran.com – Pakdeee….sepertinya sampeyan kedepan harus lebih disiplin berlalu lintas sebab CCTV jalanan terus ditambah, tilang elektronik mengintai. Konfirmasi ini dilayangkan Kepolisian Daerah Metro Jaya yang bertekad ingin segera memberlakukan tilang elektronik sesegera mungkin. Oleh karena itu aparat sekarang sedang berdiskusi dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk menggodok masalah ini. Waaahhh…..

Menurut informasi yang dishare divisi humas polri, Kepolisian Daerah Metro Jaya bersama Dinas Perhubungan DKI Jakarta segera membahas pemberlakuan tindak pelanggaran (tilang) elektronik bagi pengendara yang melanggar aturan lalu lintas. ” Kita (Polda Metro Jaya dan Dishub) akan duduk bersama-sama pengamat transportasi untuk membahas itu,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Halim Pagarra….

Informasi ini cukup menarik cak karena sebenarnya secara kesiapan CCTV belum maksimal. Saat ini ada sekitar 800 unit CCTV biasa dan 14 CCTV speaker dan dianggap masih jauh dari target. Dan semuanya masih dalam tahap uji coba. Padahal jumlah ideal diibukota seharusnya sekitar 6500 CCTV. Selain di Jakarta, beberapa kota besar seperti Surabaya justru sudah lebih optimis cak….

iklan iwb

Dikota Surabaya, sekarang sudah ada 2000 CCTV jalanan yang nantinya akan digunakan untuk memantau jalanan sekaligus uji coba tilang elektronik. Isunya sih uji coba tilang akan coba dilakukan akhir tahun ini. Tapi kayaknya mundur cak. Sedang beberapa kota besar lain juga telah dipasang CCTV yakni Bandung, Makassar serta Yogayakarta. Untuk Makassar mungkin masih lama karena sekarang mereka hanya punya 60 CCTV dari 3000 target….

Dengan konfirmasi diatas sampeyan jangan kaget kalau kedepan tiba-tiba nongol surat tilang datang kerumah dengan bukti foto kita melanggar lalu lintas. Walau semua masih wacana sebab menunggu kesiapan alat, sepertinya semua hanya tinggal masalah waktu. Penyakit celingak-celinguk menghindari polisi nggak akan berlaku cak. Lawong musuhe CCTV 24 jam. Opo ora suwek jal…

Last….surat tilang elektronik baru akan dimulai mungkin tahun 2018. Oleh karena itu persiapan sarana dan alat sedang terus digenjot. Kamera ini tentu membutuhkan biaya besar sebab CCTV harus mampu merekam gambar kualitas HD (minimal) supaya proses zooming plat nomer bisa dilakukan dengan baik. So pakde, siap-siap disiplin dari sekarang. Kalau nggak ntar kaget lho apalagi yang biasa berhenti dilampu merah melewati garis marka. Di Jakarta banyak tuh model kayak gitu. Pede nggak ada apa-apa tiba-tiba besoknya datang surat tilang, lak yo mumet jal :mrgreen: …..(iwb)

 

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

66 COMMENTS

  1. Kang, jika motor kita dipinjam orang pake jaket dan helm fullface lalu melanggar apa kita yg kena denda

    • Setau saya kena om. Karna tilang berdasarkan nopol kendaraan.
      Nah yg jadi masalah kalau orang laen pake nopol kita.
      Apesss deh…

    • Tambah lagi, jika motor dijual blm sempat balik nama lalu melanggar, apes bener si pemilik pertama 🙁

    • Harusnya itu sudah dipikirkan sm bapake mas
      Mesti memikirkan bermacam2 kemungkinan, termasuk yg mas jabarkan diatas dn mungkin masih banyak lg kendala

      Salah satunya jaringannya, mesti benar2 siap

    • Biasa… urusan ngambil duid rakyat ya pemerintah dan aparat semangat gini nih. Pajak kendaraan bermotor naik, masalah macet karena kapasitas jalan tidak sebanding volume kendaraan tidak di serius in, dan ngayal cctv kualitas HD padahal lamer banyak yang mudah rusak aja benerin nya lama..
      Tambah lagi bisnis rental kendaraan dan kendaraan pinjaman, juga kendaraan yang belum sempat diblokir surat nya.
      Sori, kalo ane dianggap apatis. Cuma ngungkap fakta.

    • Ribet nih aturan malah tambah masalah keknya bukan menyelesaikan masalah.
      Tau sendiri kan banyak pengendara yg ngawur, bayangin aja kalo kendaraan dapet rental atau minjam motor teman terus melanggar apa gak memberatkan nantinya buat si pemilik langsung kendaraan tsb.

    • Kalo bisa minta Tuhan, mending mati dalam keadaan tidur aja secepatnya, dan masuk surga aja ya bro…
      Makin pusing hidup di dunia kalo kondisi ekonomi pas-pasan..

  2. Gak papa sih.. Cuma agak sebel aja kalo pas tengah malam, jalan sendirian trus harus taat lampu merah sama garis..

    • Justru malam hari yg harus diwaspadai bro jangan mentang2 di lamer sepi terus situ malah mau gaspol bukannya mengurangi kecepatan buat berhenti.
      Bahaya itu bro kalo situ berpikir tengah malam di lamer aman padahal sudah banyak kejadian fatal di lamer dikala tengah malam karena ya itu orang berpikir seperti situ.

  3. kalo tilang elektronik kameranya bukan yang itu om iwan
    bentuknya kayak jantung pisang ngelantung, warna putih

  4. Tujuane bagus tapi ada efek sampinge kang
    Yang punya niat jahat dan pake nomer sembarang
    Yang kasian yang punya plat aslinya…tau tau nanggung surat tilang
    Intinya kalo buktinya cuma angka plat nomer kok kurang afdol…harus ada data penguat

    • Pikiran pemerintah dan aparat belum sampe situ, brooooo…
      Yang penting ada duid masuk dulu.
      Bukan fitnah dan apatis loh, kecuali ente termasuk aparat yang gampang emosi..

    • Jika yg tercantum nopol ternyata beda merk motor
      Kn udah ada datanya
      Tinggal siap2 aja di tarik itu motor kalo pake nopol palsu

      Saya setuju aja
      Asal jgn kaya kasus e-ktp jdi lahan koruptor
      Yg licin macem Belut Setnovuslolosterus

    • Nanti diusut sampe tuntas termasuk saksi2, kalo buat kaya rental yg kena tetep drivernya yg pas ngelanggar, jadi nanti di tempat rentalnya ditanyain siapa yg lagi nyetir pas kejadian.

  5. Rakyat aja yg d kasih cctv….? Anggota DPR juga kasih donk tiap ruangan biar ktauan yg korupsi.
    Rakyat d peras terus..? Rakyat tuh nyontoh yg di atas. Pemerintah’a ga bener rakyat pasti ngikut……..
    Cerminkan budaya yg baik pada rakyat biar rakyat juga bisa mengikuti……

    • Khusus DPR, ga usah cctv. kursi nya kasih pemicu bom aja, tiap 10 menit harus dipencet biar ga meledak.
      Begitu absen ga ada makhluk nya, atau ketiduran lupa mencet tombol, meledak deh.
      Mereka bukan wakil rakyat, nyatanya rakyat ada yg pemulung dan tukang parkir pendapatan 20-50rb per hari, orang DPR apa mau gaji seperti itu???

  6. Seandainya pengendara punya kesadaran brlalu lintas n punya rasa malu mngkin ga prlu pke sprti itu… Mirissss,,, kemana perginya ‘budaya malu’ itu lek??? Gemes dewe aq lek??…

  7. wah sama ajha di palak dong. orang di anterin surat tilang tapi ngga ada yang ditahan (kendaraan atau surat surat). dan rakyat harus bayar. mungkin lebih enak di sebut ” Denda Pelanggaran”

  8. Ntaappp! kudu hati-hati nih biar gak kena tilang.

    Review | Konsumsi BBM All New Satria F150 FI :
    Klik link : tinyurl.com/y9t6tx6x
    Modifikasi Minimalis Tapi Mewah Satria F150 FI Red Predator :
    Klik link : tinyurl.com/y9o7kwor

  9. Ga yakin sih klo kita dah bisa pake tilang elektronik tahun 2018. Soalnya bukan cuma soal jumlah CCTV, tapi perlu didukung Integrated Artificial Intelligence. Jadi tiap ada pelanggaran, otomatis di capture dan di data oleh CCTV. Soalnya ga mungkin khan 6500 kamera diawasin manual selama 24 jam. Perlu berapa personel coba?

    Masalahnya buat bikin sistem IT selevel itu.. Indonesia sih kayaknya belom sanggup. Bandwidth internet aja masih empot2an kok. Ambisius boleh2 aja.. cuma harus lebih masuk akal dikit lah

  10. GK PENTING BGT..
    pemerintah cuma pokus sama masalah kecil.
    apa coba yg bisa d selesaikan lewat CCTV d lamer?
    paling pelanggaran marka jalan,sama terobos lamer.
    yakin bisa kecatet tuh nopol klo kendaran nrobor lamer dlm kec tinggi?

    drpd masang 6000 CCTV d lamer mending pasang 6000 CCTV d titik rawan begal,mending nangkep 1org begal drpd nilang 100 org.

  11. terima kasih buat yamaha , kawasaki, suzuki, ktm tanpa kalian isi negara ini hanya motor model PALIR seperti SUPRO , LEGENDOL , MEGAPROTOL, PALIR!!!!!!

  12. Hmm.. Kalau pake plat nomor palsu gimana? Misal plat ane diduplikasi orang.. Kasian kan guenya.. Apalagi data penunjang cuma jenis motor ma warna.. Gimana ngelacaknya coba? Atau nanti ada yang mau ngetes.. Kecepatan minimal biar g CCTV g bisa ngrekam plat nomor kita? Hahaha..

  13. Tiap solusi pasti ada kelebihan/kekurangannya:
    1. Jika plat nomor palsu, polisi kan bisa membandingkan dulu nopol dengan motornya cocok nggak. Klo cocok (jenis, merk dll) baru dikirim surat tilang. Klo ternyata nopol palsu / pemilik udah beda, pemilik bisa komplain (emang jadi repot sih pemilik nopol asli)

    2. Nopol dan motor cocok, tp pemilik udah beda –> Nah mulai sekarang penjual mobil/motor mesti disiplin memastikan nopolnya diblok begitu motor terjual. Idealnya dari dulu kan begitu

    Sistem CCTV emang gak sempurna, tapi jauh lebih gak sempurna sistem polantas nyanggong spt sekarang. Gak efektif dan gak efisien (bisa disogok juga).

    Gak perlu semua CCTV termonitor 24 jam dipantengin atau pake mesin sistem auto nopol detection (sistem otomatis), rasio CCTV/petugas cukup (misalnya) 1/20 aja, layarnya switch dari satu CCTV ke CCTV lain. Kehadiran CCTV sendiri udah bikin keder, walaupun mungkin petugasnya sedang mantau streaming CCTV di spot lain

  14. Andai CCTV juga di pasang di dlm gedung DPR dan MASYARAKAT bisa ngeliat kinerja mereka bukan hanya kita terus yg di awasi.

  15. Bagus biar tertib dan taat peraturan.

    Varian warna baru All New Suzuki All New Satria F150 facelift versi 2018.
    Harga :
    Rp 22.200.000,-
    Untuk varian Standard.
    Rp 22.500.000,-
    Untuk varian (High Grade) yg juga dilengkapi fitur seperti :
    “Security Alarm System”
    Pict : intip.in/mPRo
    Rp 22.650.000,-
    Untuk All New Satria F150 Black Predator Special Edition.
    dilengkapi tambahan fitur seperti :
    “USB Charger” Dan “Security Alarm System”
    Pict : intip.in/ESsh
    Harga : OTR JKT, (On The Road DKI Jakarta).
    Pilihan Varian warna All New Satria F150 Injeksi (Fi) Facelift 2018.
    Pilihan varian warna klik-> : intip.in/Rrbo
    Galery Pict klik link : intip.in/xEdG
    Klik juga link pictures berikut :
    : intip.in/RQJK : intip.in/nDBz : intip.in/demC
    : intip.in/cUUX : intip.in/pr0s : intip.in/BGRU
    : intip.in/JZNf : intip.in/4nTM : intip.in/uRcL
    : intip.in/8hkX : intip.in/eaRh : intip.in/42t6
    : intip.in/1Ou6 : intip.in/LcaC : intip.in/zwnh

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama