iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Sik-sik…iki judule ora salah ki. Mosok Yamaha Scorpio-Z. IWB mabuk kiiii. Bukankah si kalajengking sudah lama tidak diproduksi?. Kenapa motor ini bisa dijual lagi?. Pertanyaan sampeyan 100% betul cak, tidak salah sebab memang Yamaha sudah melakukan discontinue Scorpio-Z. Namun berita tentang Yamaha jual New Scorpio-Z dengan harga 18 jutaan juga benar adanya. Laaahh….mosokkkk?

Siapa yang nggak kenal dengan Yamaha Scorpio. Motor yang memiliki torsi badak dengan kubikasi mesin 225cc ini cukup menarik perhatian di awal perilisan. Dengan bentuk desain tangki seperti RX King pada awal peluncurannya, motor ini memang digadang-gadang akan menggantikan posisi RX King. Namun sangat disayangkan karena perbedaan harga yang cukup signifikan membuat Scorpio tidak lagi pantas disebut pengganti RX King…

“Sebenarnya Yamaha Scorpio pertama kali dibuat rencananya untuk menggantikan RX King tapi ternyata tidak sesuai harapan sebab Harganya terlalu tinggi” seru pak Maskur (mantap pejabat PT YIMM) yang dulunya memegang bagian RND. Waktu berjalan dan Yamaha pun melakukan revisi atau facelift dengan kelahiran generasi kedua. Nah, desain ini cukup mendapatkan tempat di kalangan para Bikers karena bodinya yang memang enak dilihat dan gampang dimodif….

iklan iwb

Ditopang dengan mesin cukup kencang, gen kedua lumayan laris di eranya. Mengusung mesin 225cc 5 speed SOHC 2 katup, Scorpio mampu memuntahkan tenaga hingga 18HP dengan torsi 17,5NM. Sayang Yamaha melakukan blunder dengan melakukan revisi desain yang justru merusak bentuk rupawan dari generasi 2 dengan generasi Scorpio-Z ditahun 2010. Terinspirasi dari bentuk Yamaha Byson, desain gen 3 seperti kehilangan taji. Ketangguhan mesin seperti hilang setelah Yamaha menyodorkan desain Scorpio Z. Ora payu cak…

Mengalami keterpurukan penjualan, akhirnya pabrikan garputala memutuskan stop produksi generasi ini dan fokus pada varian 150cc dan 250cc 2 silinder. Nah, yang kita bicarakan sekarang adalah generasi Z ini. Tahun berlalu siapa menyangka ternyata Yamaha masih menyimpan beberapa unit Scorpio-Z. Konon sisa stock inilah yang dijual oleh Yamaha untuk kalangan internal. Sekali lagi dicatat Cak….untuk kalangan internal. Koq IWB tahu??..

Lawong tetangga IWB orang Yamaha cak. “ Iya Mas ada puluhan unit ditawarkan ke kita-kita. Tapi laris banget kita harus ngantri karena pada mau. Kapan lagi dapat motor 18HP harga 18 juta. Tapi ini rakitan 2014. Harganya 18 jutaan juga bisa dikredit dengan bunga yang cukup rendah. Lagi rebutan nih…” serunya yang sukses memboyong satu ScorpioZ. Ealahhh, jebule masih banyak stok digudang cak. Motor ini memang pantas menjadi kolektor items karena sempat booming dan menjadi raja speed di eranya…

Last….. kelebihan Yamaha Scorpio adalah kecepatan yang memang pada saat pertama kali datang menjadi raja speed. Memiliki bobot cukup enteng torsi besar dengan kubikasi juga diatas dari kompetitornya yakni 225cc, kalajengking disegani. Sayang penyakit dari Scorpio adalah suspensi Monocross gampang ambles sering menjadi bahasan hot waktu itu. Uniknya sampai akhir riwayatnya, penyakit ini tidak juga dibenahi oleh Yamaha. Naksir Yamaha jual Scorpio-Z dengan harga 18 jutaan??. Sampeyan kudu jadi karyawan Yamaha dulu cak kayaknya, mung iso ngowoh lan doweh :mrgreen: …..(iwb)

Follow Iwan Banaran untuk dapat aktivitas terbaru segala tentang motor di Moladin, aplikasi pernak pernik motor

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!