iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro…dalam setiap pengembangan produk, tiap pabrikan pasti mempelajari kelemahan dan kelebihan produk kompetitor. Namun siapa menyangka mereka melakukan tersebut tidak hanya dari jauh. Namun ada proses yang sebenarnya tidak banyak orang tahu. Proses dimana mereka harus benar-benar mengetahui secara detil apa rahasia produk tetangga. Dan IWB bisa dipastikan di artikel ini bahwa Bedah dan preteli body motor tetangga untuk dipelajari bukanlah hoax !!

Konfirmasi ini IWB dapatkan dari salah satu kenalan internal pabrikan besar yang bisa dibilang memiliki jabatan cukup tinggi. Sebuah informasi yang tentu saja cukup menarik walau sebenarnya kita semua sudah sudah tahu. Akan tetapi ketika informasi Bedah dan preteli body motor tetangga untuk dipelajari tersebut datang dari sosok yang terlibat langsung dalam sebuah program atau Project di dalam pengembangan motor, itulah yang menarik…

Yang menarik tidak hanya secara fisik luar, para engineering akan melakukan Bedah dan preteli body motor tetangga dalam bentuk diurai. Produk yang akan dibidik dibawa pada ruangan khusus. Dipelajari serta sebagai bahan kajian bagi pengembangan produk tandingan. Bahkan bedah poduk ini tidak hanya dilakukan di tanah air. Seringkali produk rival harus dikirim ke Jepang….

iklan iwb

Yang cukup sulit jika produk tersebut merupakan buatan Indonesia dan tidak dipasarkan di luar negeri. Kenapa ?. Sebab proses birokrasi untuk mengeluarkan produk domestik Ke mancanegara tidak mudah. Kelengkapan dokumen yang diminta tidak gampang untuk pabrikan. Harus ada alasan jelas kenapa produk tersebut dikirim ke Jepang….

Proses penyelidikan sendiri cukup banyak. Namun Bedah dan preteli body motor sektor penting yang harus diubek-ubek adalah jerohan mesin, fitur ataupun mekanisme kelistrikan yang digunakan. Seperti apa mekanismenya dan apa keunggulannya dicatat dan dan diserahkan pada bagian engineering untuk diolah. Acuan itulah yang akan digunakan oleh masing-masing pabrikan untuk mengembangkan produk tandingan. Produk disempurnakan jika mereka menemukan kekurangan sehingga pada akhirnya produk mereka lebih superior. Sebab sebenarnya tiap pabrikan mampu melakukannya. lawong tim ahlinya sama-sama Jepang cak. Tinggal siapa yang berinovasi duluan, kiro-kiro ngono pakde…

Last…. proses bedah dan preteli body motor tetangga tidak hanya dilakukan oleh satu pabrikan. Hampir semua melakukannya. Harapannya satu, supaya produk yang akan dirilis oleh pabrikan tersebut bisa mengungguli dari kompetitornya. Jadi cak,?Bedah dan preteli body motor tetangga bukanlah hoax. Fix benar adanya nggak hanya dalam berita atau ulasan media. Kuping IWB denger sendiri soale. Dan ternyata semua melakukannya. So, IWB rasa soal ini tidak perlu lagi diperdebatkan. Wis to yakin mantap jiwa melegenda gessss :mrgreen: …. (iwb)

Noted : Gambar hanya ilustrasi

Follow Iwan Banaran untuk dapat aktivitas terbaru segala tentang motor di Moladin, aplikasi pernak pernik motor

166 COMMENTS

    • Sangat bisa di tebak.
      “Pabrikan besar” mana lg kalo bukan si Anu yg bisanya cuman ngekor, ngejiplak, tanpa pernah bisa berinovasi lbh dulu dr yg lain.

      Di saat yg lain sibuk nyari ide baru, si Anu sibuk preteli produk dr pabrikan lain.

    • Hei fby tolol. Yg biasa buka jeroan untuk di copy lalu di ganti ditambah nama smart siapa? Serius nanya ini.

    • @GSX-R 150 ???100% DOHC??? FBI

      Motor frame alakadarnya apanya yang mau di copy?…emang yamaha mau ikutan gak laku?

    • wes kebiasaan yahompret dari sononya begitu. berkali2 jiplak tetep judul e “gagal maning”. ekekekekkkk

    • Knp harus malu, cina saja dgn terang terang njiplak juga ga pa pa kok, sudah jadi rahasia umum

    • Kan yam yam prnah bikin doch 150cc tp di test malah mleduk rusak
      Berarti bikin sendiri blum bisa itu akhirnya jiplak dan hoax

    • @Rongsok 25 Recalll
      Ora kebalik mbing? Tuh sesembahanmu disuruh bikin CBR250RR malah nyontek mentah Ducati Panigale, dah gitu kata mulut petinggimu CBR250RR diproduksi pakai standar super ketat. Katanya ketat, tapi nyatanya ada CBR250RR yang diakui mekanik AHASS cacat produksi dan nggak bisa dibenerin (Oli Bocor).

      Kata komplotanmu HONDA Tuhannya motor tapi kalau ketahuan cacat kok yang direcall bukan motornya tapi artikelnya?
      Bwahahaha ????

    • @Rongsok 25 Recalll

      Kelebihan Cb/Cbr 150 facelift.
      Lebih irit dari GSX 150 yaitu berikut :
      Irit Oli
      Irit Air Radiator
      Irit Fitur
      Irit Rantai, (Belum O-Ring) alias “Kemroosok” #Fact!
      Irit Material Plastik #Eh
      Irit Material Cat #Waduhh keterusan
      Irit Tenaga (17Ps) #Astaga! mohon maaf keterusan soalnya Klotok2 sih #Haiiissssss!!!

    • Suzuki GSX 250 R dan V Strom 250 terpilih sebagai varian yang mendapat penghargaan desain terbaik dalam ?Good Design Award? yang diadakan oleh Japan Design Promotion Organization, dimana kedua varian sport pabrikan Suzuki itu dianugerahi untuk kategori desain industri dan desain grafis yang inovatif dan advance. Keduanya baik Suzuki GSX 250 R dan V Strom 250 dianugerahi penghargaan, penilaiannya tidak hanya untuk sisi keamanan tapi juga untuk lekuk desain body dan dari sisi stylist setelah melalui beberapa pertimbangan dari sisi handling/ pengendalian yang memberikan kemudahan pengoperasian dan kenyamanan.

      Dalam rilisnya di ajang penghargaan ?Good Design Award? yang disponsori oleh Japan Design Association Promotion Organization, Suzuki Co, Ltd. mengumumkan bahwa pihaknya telah mengembangkan kendaraan roda empat yaitu Wagon R / Wagon R Stingray dan Swift, dan untuk roda dua dengan GSX 250 R dan VStrom 250 dan mesin kapal DF 350 A sebagai yang pertama kalinya menerima Good Design Award 2017 .

    • Yaallah leh…yo pasti lah kalo itu ..ga perlu di buat artikel semua orang pasti tau lah..ga usah koe takok de kenalan internal yamaha dll…di nalar aja bisa. Kenapa HONDA buat RC213 V-s itu hanya 80% teknologi moto gp? Ya karena takut lah…kalo RC213 V-s di buat 100% full prototipe dan di jual ke umum…pabrikan lain dgn gampang beli 1 buah buat di pelajari di mana letak kelebihan RC213V. Makanya yg di jual di umum di downgrade, ngakunya ga pake penumatic engine dan sealmessgear box….pasti masih ada yg di kurangi lagi. Demi menjaga rahasia pabrikan..sui2 koe ma orang awam pinter orang awam lek…opo kakean ndelok bajigur vlog? Wes dadi o TKI ae lek…mbabu o de arab saudi…trus gae vlog…jenenge trewelu vlog…cek ra bujel utek e…wkwkwk

    • Udah udah.. Ga usah saling menuding..!

      Last?. proses bedah dan preteli body motor tetangga tidak hanya dilakukan oleh satu pabrikan. Hampir semua melakukannya. Harapannya satu, supaya produk yang akan dirilis oleh pabrikan tersebut bisa mengungguli dari kompetitornya. Jadi cak, Bedah dan preteli body motor tetangga bukanlah hoax. Fix benar adanya nggak hanya dalam berita atau ulasan media. Kuping IWB denger sendiri soale. Dan ternyata semua melakukannya. So, IWB rasa soal ini tidak perlu lagi diperdebatkan. Wis to yakin mantap jiwa melegenda gessss ?. (iwb)

    • oh maksudnya pabrikan lawan beli produk tetanganya terus di preteli di amati setiap centi partnya toh . tak kira 4 silider itu hoax kekekeke

    • Yg hoax itu yam mau bikin mesin 150cc doch eh nggak jadi
      Adanya soch 155 vva shock. Deltabox

    • Dohc mujaer…betot gas dikit udah ngedennn…kaya kambing di cekek lehernya
      …..mbeeekkkkkkk

    • Gagal paham kenp mereka begitu mencintai DOHC HELO KITY,MEREKA BEGITU MEMUJA,WALAUPUN DIKASIH HARAPAN PALSU, KAYAK LAKI2 DIGOMBALIN PEREMPUAN TAPI HOOH2 AJA,WKWK

    • Seperti kasus ovi maka lahirlah cb lokal gen pertama sayang disaat yg sama lahirlah nvl. Justru sekarang saat new cb lahir miris vixion lahir setengah hati dari desainer yg terkekang secara mesin bolehlah (versi r)tapi desain?????

  1. Motor apa ya yang hanya dijual di indonesia berarti pabrikan itu ya yang biasanya bedah bedah motor tetangga

    • Itu mtor shoc deltabok
      Shoc belakang scorpeot amblessss
      Shoc 155cc vva skok deltabok

      Dunia sudah tau jawabannya

    • Sekarang orang nge BC produk gak ada yg elegan seperti kang udin dulu..
      Malah pada unjuk dungu sama urat

  2. kalo honda ga bakal ngelakuin ini
    Kan mereka cuma bisa Amati Pelajari Tiru dan Modif dikit wkwk

    • satu lagi anak baru lahiran, lu tau kaga motor superbike pertama di dunia itu motor apa .
      kebanyakan makan micin lu tong

    • yahompret memang dari sononya nol bahkan minus inovasi teknologi. gak di prototype, gak di mass-pro, jiplak terus son. tetep ae judul e yahompret “gagal maning, gagal maning.” ekekekekekkk

    • Jlubbbbb…..klo emg brutuwers mah kg usah malu…haha ? ? bejimana lg bisanya begitu…amati tiru modifikasi…

    • @Ryuk
      Emang AHM bisa bikin Superbike? Bikin 250cc saja keteteran oli bocor. Lagipula motor pertama di dunia bukan buatan Honda apalagi AHM.
      Faktanya YIMM bisa bikin motor Supersport justru benar adanya ???
      Fbh songongnya dikondisikan

  3. cie iwbeh nyindir ngohahem….secara iwbeh khan konconya petinggi ngohahem….kalu ngebeha mah cuman kroco,anggep ae laler lewat….ekekekekkk

  4. Disinyalir Ini pasti yg bocorin petinggi2 perusahaan yg di pecat kemarin / BEDOL SESA KE SISUZI

    Kekekek…….ketauan pabrikan yg suka jiplak mesin tetangga

    MuuUUUuuuehehehehe……
    .

    • akhirnya ketok wadine yen tukang jiplak. moso kompetitor arep jiplak suling ? ekekekekkkk

    • @DEALER ANGKRINGAN
      Keminter kowe kang, dan dari omongan ente saja ketahuan ente nggak pernah mreteli sampai daleman atau sekedar punya motor selain Honda sama Vespa… ???
      Bikin malu fbh aja

  5. Jadi g aneh ya klo ada pabrikan besar yg bisanya cuma ngekor… G mau buka pasar baru lebih dulu?

    • tiap2 perusahaan beda2 strategy bisnis nya… buktinya ahm biar ngekor tpi lebih moncer MS nya… ad yg salah?

    • Jiplak kok sama pabrikaan yg suka kasih produk minimalis ngejar murah ujunge sepi peminat eeekekekek

    • Tk tambahi… Motor opo sing metu th 2000 mesin 150cc 4 tak sing bekase ngungguli rega fxr seken?
      Motor opo sing metunan th 99-2005 200-250 cc 4 tak sungle cyl sing regan sekene iso tembus diatas 15jt? Iso ngluwihi rega seken t250??

    • @akang + @honce
      FXR ngejar murah? Ente yakin? Ente tau tapi lupa atau gak tau tapi sok tau? Ngakak ane jadinya….
      Sini coba di sandingin CBR150R yg baru lahir sesembahan ente sama FXR150 yg lahir tahun 2000
      Mulai dari material plastik, cat, mesin, rangka, FXR lebih unggul…
      Tau sendiri kan harganya jaman tahun 2000 an berapa?
      Gak usah ngomongin keluaran tenaga deh malu itu CBR ngomong DOCH kok criiiit 17 ps….

      Kalo ngomongin Kenapa GSX bisa murah karena seharusnya memang harga segitu uda dapet laba,
      CBR aja ambil untung kegedean tapi apa yg dijual selain nama Honda???
      Honda sig bagus, tapi ngahaemnya tau sendiri…. plastik tifis, cat 3 bulan buluk, belum lagi kakaknya 250RR cacat produk….

  6. Wak, tlg jelasin donk beda 3 atau 4 silinder CP crankshaft sama yg 3 silinder 120?sama 4 silinder 180?, dalam hal power delivery & perawatan.
    Jaga2 nanti klo ada ninfi 4 silinder sama r25 3 silinder.
    Thanks wak Haji…

    • Eh maaf Om Iwan, salah kirim…

      Tp klo Lek Iwan sudi jelasin jg, hatur nuhun pisan… Hampura ya Om…

      Kdg2 komen sy dikarungin di blog wak Haji…

    • yen pengen pinter sekalian takok, nopo yak ngondah 4T rc-166 250 cc 6 cyl lewat mike hailwood biso ndugang yahompret 2T sing jare e paling banter ? ekekekekkk

    • Rc 166 produk prototype,pasti pengembangan lebih mahal dari 250 cc 2T dan gak mungkin d prod massa.
      Beha ngg usah ngimpi motor begonoan orang cbr rr cumsn laku 106 unit gakgak

    • Intip aja hijet 1000cc 3 cylinder vs carry 1000cc 4 cylinder.

      3 cylinder jago rpm rendah efisiensi bahan bakar tpi getaran tinggi, 4 cylinder halus tpi jagony rpm tinggi sedikit lebih boros.

      Dikasih nanjak kuat hijet 1000 dibanding carry 1000

  7. ada loh bakat dari lahirnya kek begitu, dkw rt125 gak usah pake dipreteli, cukup ganti emblem dari dkw rt125 langsung jadi deh yamaha ya-1, motor pertama yamaha.

    amati, tiru dan (tanpa) modifikasi alias ditiru mentah mentah, itulah tabiat asli yamaha.

    first mover my @ss!!!!

  8. tapi liat laris manis kan si mbit mbit , dibanding si egal egol peleknya , pelek model jaman firaun masih sadja dipakeek , kalo udah tau dijiplak harusnya bisa bikin lebih baik lagi dong jangan cuma ngatain ekekekek , malah nyungseb alesan kipas kipas dollar kaya kebagian dollar aja ente pada nehh

  9. nyang jiplak engine turunan GL sopo yak ? wes jiplak ae tetep gatot produk e. ngebul bul koyo bakaran iwak. iku motor opo alat fogging ?
    ekekekekkk

  10. Piyee iki kang iwann
    Jiann aplikasi MOLADIN ga iso di douwnload asemmm tenan wes wara wiri di ulang ga iso ae Oalhhhh
    ( item ga tersedia di negara anda ) ko luar negri ga iso oalhhh
    Pdhl wes melbu playstor ..gari douwnload e tok ehhh ga ono go nge Klik e jiannn…

  11. komentar ku ulang.. hmmm padahal gak saru cuma bilang oh motor yang hanya di jual di indonesia pantes .. pabrikan itu to

    • Lah yam yam walaupun ekspor tp kan motor yg di dalam negri nggak dibeli fbY ( yg ktnya jas jos ) doang tp nggak beli
      Hasilnya MS kecil kan ?

  12. Ekekekek

    Dan Kaum Smart/FBY <-(Katanya loh ?) pun mulai berdatangan

    Yg semangat cung kerjaan hari ini blm rampung (Bos salalu mantau)

    ??

    ???

  13. bukan rahasia lagi ya AHM yg tukang ngekor mah…vixion jd cb150, satria jd sonic, mx king jd gtr150, daan baaaaaaaanyak lagi

  14. Beli mbit, awalnya dilihat standswitch nya, kepalang nanggung, jiplakan semua aja…..
    Terus beli cbr 150 thai yg lawas, ambil dah sasisnya. Mungkin sekarang lagi utak atik mesin 150 deohashe untuk ditambah 5 cc dan dilabeli smart……

  15. Warning!!!
    Awasss!!!! Pesawat HA-420 milik HONDA DI jiplak sebelah, kyk kasus GL 100 jd PINGSON & REOT15,5

  16. Sdr ane test d pabrikan Y… Testnya di suruh bongkar CBR Yg lain ada yg suruh merk S juga.

    Lihat aja skrg fitur? yg tadinya cuman hanya ada d merk H sekarang fitur tsb sdh diaplikasikan d merk sebelah juga dgn nama yg berbeda ??

    • Yg pasti bukan skok deltabok brooo….

      Krn dunia sudah tau jawabanyyaa brooo…..

      EeeeeeKkkekeekekekekekekekek

  17. Dari bahasanya keliatan sih siapa yg sering bgitu, berkali-kali disebut itu hal biasa, tp mungkin ada yg levih sering dan jarang, wkwkwkwk digiring biar mikirnya itu hal lumrah bagi si tukang follow, kliatan lah siapa yg jarang buka market baru

  18. Itulah seluruh dunia sudah tau yg :
    Shoc deltabok
    Shoc ambless rompall
    Shoc 155 vva skok deltabok

    Dunia sudah tau jawabanyya brooo…..

    Eeeekekekekekekekekekekekek

  19. Kenapa sih bikin doch 150cc mleduk rusak saat ditest ?
    Akhirnya bikin aja tuh soch 155 vva skok deltabok

  20. Memang bukan hoax bang iwb
    Kalau doch yg 150cc skok deltabok rusak mleduk saat ditest kan nggk jadi dibikin yam yam utk dijual maka hoax nantinya skok deltabok ini dijual baru jadinya berita hoax bang iwb , karena jadinya mesin ganti soch 155 vva deltabok maka berita yg tadi doch 150cc hoax bang iwb yg ditest mleduk rusak saat di test itu lho bang iwb jadi berita hoax mesin yg yam doch 150cc hoax , yg soch 155 skok deltabox bukan hoax

    Begitu bang iwb

    • Ohh seperti ituu.

      Review | Pengeremen, Knalpot, Radiator Suzuki All New Satria F150 FI Setelah 1 Tahun Pemakaian :
      Klik link : tinyurl.com/yaats25r

      Modifikasi Minimalis Tapi Mewah Satria F150 FI Red Predator :
      Klik link : tinyurl.com/y9o7kwor

  21. Skok deltabok
    Skok amblesss
    Skok 155 vva

    Siapakah itu ?

    Dunia sudah tau jawabanyya broooo….

    EEeeeeKKkkekekekekekekekekek

  22. ekekekek

    yg tukang ngekorr pasti malu
    ngekor bikin dohc zaza
    jadi mesin guyon crittt 17ps

    ?????

  23. ekekekekk

    tinggal nunggu klonengan nmax
    bisa gak bikin sohc 4 klep

    ngahh…. ngahh….

    ?????

  24. Sbenarnya dunia sudah tau jawabanyya broo
    Skok deltabok
    Skok ambesss
    Skok 155 vva skok

    Dunia ini sudah tau jawabanyyaa broo

    EeeKkekekekekekekekekekekekek

  25. Suzuki GSX 250 R dan V Strom 250 terpilih sebagai varian yang mendapat penghargaan desain terbaik dalam ?Good Design Award? yang diadakan oleh Japan Design Promotion Organization, dimana kedua varian sport pabrikan Suzuki itu dianugerahi untuk kategori desain industri dan desain grafis yang inovatif dan advance. Keduanya baik Suzuki GSX 250 R dan V Strom 250 dianugerahi penghargaan, penilaiannya tidak hanya untuk sisi keamanan tapi juga untuk lekuk desain body dan dari sisi stylist setelah melalui beberapa pertimbangan dari sisi handling/ pengendalian yang memberikan kemudahan pengoperasian dan kenyamanan.

    Dalam rilisnya di ajang penghargaan ?Good Design Award? yang disponsori oleh Japan Design Association Promotion Organization, Suzuki Co, Ltd. mengumumkan bahwa pihaknya telah mengembangkan kendaraan roda empat yaitu Wagon R / Wagon R Stingray dan Swift, dan untuk roda dua dengan GSX 250 R dan VStrom 250 dan mesin kapal DF 350 A sebagai yang pertama kalinya menerima Good Design Award 2017 .

  26. Yg pasti pabrik Y cuma plonga plongo mau niru mesin mobil Honda & Suzuki,,,

    Itu baru mesin,belom kelistrikan,AC,suspensi,gardan,sterring system,brake system,power window,power sterring,chasis,seat belt,muffler,DLL,,,

    • Keren bro, ymi kelas roda dua otaknya dah inovatif niru mesin roda 4. Emangnya ahm, gt2 doank.

  27. mau ngirim part ke jepang tp terkendala bukan motor global? berarti yg dicontek produknya ngahem dong…yg mreteli siapa dong lek?

    • Lah jangan di tanya,FBY sebetulnya udah tau cuma bingung mau komen apa,,,
      Udah nyampe otak balik lagi ke dubur,,,

  28. maling teriak maling,
    tukang jiplak teriak jiplak,..

    hua hahahahahahaha….

Comments are closed.