iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Dunia wis kenthir??. IWB ora setuju blas. Tapi wonge sing kenthir?. Bisa jadi. Seperti tindakan modifikasi pada motor old CB150R berikut ini. Dishare oleh cak Irhulzx via Iwanbanaran FB fanspage, sampeyan akan bengong melihat modifikasi ngawur berikut ini. Entah merasa keren atau cakep, motor ini menggunakan piringan rem cakram dari gear. Cicak bin kadal truwelu njengat tenan !!

Dishare oleh salah satu pembaca warung Iwanbanaran yakni cak Irhulzx, IWB cukup terkejut dengan sebuah foto yang mempertontonkan modifikasi unik salah satu biker. IWB sendiri kurang paham apakah modifikasi ini dilakukan ditanah air?. Tapi kalau kita mengintip situasi dan ciri motor sendiri sepertinya demikian cak. Prejengane ki motor old CB pakde. Sekilas mungkin tidak ada yang menarik pada motor tersebut. Akan tetapi jika pandangan mata sampeyan fokuskan pada piringan cakram, disitulah keanehan akan terlihat….

Piringan ada geriginya kangbro. Nah….ngeh to. Yup, desain piringan cakram yang digunakan ternyata tidak sewajarnya yang ada di pasaran. Mungkin butuh beberapa saat sebelum kita sadar bahwa piringan cakram yang digunakan sepertinya hasil custom atau modifikasi sproket Gear belakang. Laaahh…koq kurang gawean yo cak. Opo kerennya yak. Tentu saja tindakan tersebut membikin IWB garuk-garuk bathuk, iki sakjane piye maksude?. Sebab Apapun alasannya, material yang digunakan pada Gear jelas berbeda dengan piringan cakram…

iklan iwb
” Rem cakram umumnya diberikan lubang untuk melepas panas….”

Selain itu, desain piringan cakram sudah diperhitungkan sedemikian rupa khususnya hadirnya lubang-lubang pada tiap sisi metal dengan tujuan untuk membantu melepas panas. Bisa dibayangkan dengan material gir yang digunakan, jelas kinerja rem tidak akan maksimal. Sebab ketika piston harus menekan permukaan metal yang cenderung panas biasanya rem cakram tidak akan bekerja dengan baik. Alhasil potensinya nyelonong terbuka lebar…

Pernah nggak sampeyan ngerem kroso ora nyokot saat motor direm. Dengan suhu tertentu, piston biasanya nyerah pakde. Itulah efek overheat. IWB yakin, mereka nggak pernah berpikir perkara safety. Sing penting baginya keren, iso nampang dan dipuji teman wis puas tenan. Padahal nyawa diujung tanduk. Motor nyelonong, untune prothol sik mending. Piye lek irunge sing prothol cak…lak yo nyesel seumur hidup. Cerdaslah jadi biker dan mari melakukan modifikasi yang wajar biar kita selalu aman diperjalanan. Setuju ora kangbro??? (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!