iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakdeee…..diakui atau tidak, Yamaha saat ini terlihat sangat fokus pada scooter premium mereka. Baik Yamaha X-Max 250, NMax 150 ataupun Aerox 155. Untuk yang terakhir mungkin kategori sedikit berbeda sebab desain juga tidak bisa kita katakan seperti skutik Dek rata pada umumnya. Kesibukan mereka seolah melupakan eksistensi skutik low entrynya Mio. Pertanyaannya Kenapa mereka bisa begitu santai??…

Pertanyaan ini sebenarnya banyak dilontarkan beberapa pengunjung warung yang sepertinya berharap Yamaha mengeluarkan skutik entry level dengan desain lebih fresh. Bukan berarti sekarang buruk cak, akan tetapi Mio seolah tanpa gaung ditekan oleh rival utamanya yakni Honda. Yang unik beberapa kanal iklan kita justru tidak banyak menemukan Mio ataupun Soul coba diangkat oleh Yamaha. Ada apa gerangan?…

Tentu saja jawabannya hanya Yamaha yang tahu. Namun jika kita mengintip pergerakan strategi yang berkembang sekarang, Yamaha sepertinya memang sengaja untuk fokus pada segmen yang tidak digarap serius oleh rivalnya yaitu maxi skuter atau premium skutik. Intip saja segmen Maxi Scooter di mana Honda saat ini masih belum banyak bergerak. Grup Astra hanya mengandalkan PCX 150 versi CBU yang notabene bukan lawan NMax karena terlalu mahal….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

IWB sendiri melihat Yamaha seperti enggan menghabiskan energi bertarung di kelas  low entry skutik. Maklum cak, cukup berat melawan Honda di segmen ini. Pasar yang berdarah-darah dibutuhkan tenaga lebih. Untuk memukul posisi Honda yang saat ini mengandalkan Beat series dibutuhkan energy cukup besar. Tidak heran Yamaha begitu fokus di segmen Maxi scooter yang saat ini masih menjadi lumbung padi buat PT YIMM….

Tidak benar jika Yamaha santai terhadap penjualan skutik entry levelnya. Jelas mikir cak, dodolan kurang nendang koq santai. Yamaha sebenarnya tidak tinggal diam di segmen ini sebab dari beberapa rumor yang masuk pabrikan garputala sebenarnya sudah bergerak mengembangkan Mio baru sejak beberapa tahun yang lalu. IWB cukup yakin bahwa Yamaha akan coba menggedor pasar disegmen low skutik. Mungkin dari sisi marketing betul, akan tetapi jika yang kita bicarakan adalah departemen riset dan development, prediksi kita salah….

Yang justru menarik adalah….akan seperti apa new Mio nanti mengingat usaha Yamaha dimasa lalu seperti kandas ditengah jalan. Walau mereka sudah menggerojok berbagai varian mulai dari Mio J-Z hingga new Soul GT, usaha mereka seperti mentah ditengah jalan dalam upaya menggebuk musuh bebuyutannya, Honda. Nah…kalau dari sampeyan sendiri piye cak. Punya opini supaya pada segmen low skutik Yamaha bisa tajam kembali dan sisi apa yang perlu dibenahi oleh YIMM?. Monggo share opininya dikolom komentar. Siapa tahu komen sampeyan dibaca pabrikan. Geberrr cakkkk….(iwb)

Follow Iwan Banaran untuk dapat aktivitas terbaru segala tentang motor di Moladin, aplikasi pernak pernik motor

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!