iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cak, kalau sampean salah satu bikers di era 1990 an pasti tahu kehadiran salah satu motor 2 tak Yamaha berlabel Sigma. Motor ini memang tidak setajam generasi Force One ataupun F1ZR. Akan tetapi Yamaha Sigma sempat mengisi segmen paling bawah bebek 2-tak garputala. Jadi kalau membicarakan mengenai history, jelas Sigma termasuk legendaris.? Dan siapa menyangka bebek ini ditemukan di salah satu dealer Yamaha Cikarang dengan status baru serta dijual oleh mereka. Yup, Yamaha Sigma 100 2-Tak anyar dijual disebuah dealer cak. Wihhhh…hot ikiii…

Informasi datang dari salah satu member Soul GT Club Indonesia yakni cak Idhay. Ketika membeli Part ke beres Yamaha Agung Perkasa, Doi menemukan satu pemandangan menarik yakni kehadiran 1 unit motor legendaris Yamaha Sigma dengan status “baru” yang dipajang di depan dealer. Berikut email lengkapnya….

Permisi kang iwan, saya idhay dari SGCI (Soul GT club Indonesia) chapter cikarang. jadi gini kang, kemarin pada saat membeli part ke BeRes Yamaha Agung Perkasa Tegal gede-Cikarang, saya melihat sosok motor jadul. Usut punya usut ternyata motor tersebut adalah sigma S dan uniknya lagi motor tersebut dijual. Sayang, saya tidak detail bertanya perihal harga ataupun seluk beluk tentang si motor. Mungkin kang iwan bisa lebih memberikan info tentang motor yg terlampir dalam foto yg saya kirim. Salam sejahtera. Wassalam…”

iklan iwb

Waallaikumsalam wr.wb. Luar biasa cak. Tentu saja informasi bro Idhay sangat menarik karena kalau kita membuka sejarah masa lalu, Sigma termasuk motor yang sangat langka. Produksi motor ini tidak terlalu banyak sebab pada era 90-an Yamaha Sigma memang kurang menarik dari sisi penjualan. Bebek Sigma diposisikan sebagai pengganti dari generasi Alfa….

Mengusung desain mirip dengan generasi Force One, Yamaha Sigma sudah dibekali double disc brake. Namun karena masuk sebagai segmen paling bawah bebek Yamaha pada saat itu, Sigma belum diberikan fitur indikator Gear. Sigma sendiri diluncurkan pada tahun 1997,?mesin??2-stroke, air-cooled, reed-valve, 1 silinder berkapasitas 102,1cc…

Ledakan tenaga mencapai 7,9 PS pada putaran 7.000 rpm dan torsi puncak 0,9 kg-m pada putaran 6.000 rpm. Mungkin kalau sampeyan melihat power tidak terlalu istimewa. Akan tetapi yang patut sampeyan tahu bobot Sigma hanya 85 kg. Artinya secara PWR jelas cukup bagus. Sayang karena hadir tertutupi dengan bayang-bayang kesuksesan F1ZR maka Sigma termasuk bebek yang kurang diminati di masanya. Umurnya juga tidak lama cak..

Last…. dengan kehadiran Sigma yang dijual disebuah dealer Yamaha di atas tentu akan menarik perhatian para 2 stroke lovers. Karena Sigma merupakan bebek 2 tak yang sempat mengisi market 2 tak di tanah air. Sayang tidak ada konfirmasi harga sehingga kalau sampeyan tertarik Monggo datang langsung ke dealer yang sudah IWB disebutkan. Sebagai gambaran berikut spesifikasi lengkap Yamaha Sigma yang sedang kita bahas. Tertarik ora cakkk ?? :mrgreen: …..(iwb)

Follow Iwan Banaran untuk dapat aktivitas terbaru segala tentang motor di Moladin, aplikasi pernak pernik motor

Spesifikasi Yamaha Sigma

Dimensi 1.860 x 635 x 1.015 mm
Jarak Sumbu Roda 1.190 mm
Jarak ke Tanah 135 mm
Tinggi Jok 740 mm
Bahan Bakar 4,8 liter
Berat 82 kg
Tipe Rangka Pipa
Suspensi Depan Semi-teleskopik
Suspensi Belakang Swing arm, dual shock
Ban Depan 2,25-14 4PR
Ban Belakang 2,50-17 4PR
Rem Depan Disc brake, double piston
Rem Belakang Tromol
Tipe Mesin 2-stroke, air-cooled, reed-valve, silinder tunggal
Kapasitas Silinder 102,1cc
Diameter x Langkah 50 x 52 mm
Daya Maksimum 7,9 PS @ 7.000 rpm
Torsi Maksimum 0,9 kg-m @ 6.000 rpm
Transmisi Manual, 4-speed
Starter Electric dan Kick

107 COMMENTS

  1. ekekeke
    mbeka lagi pusyinnggg
    majikannya keluar modal buanyak tapi ga laku belum balik modal
    ganti unit pula
    muehehehehe

  2. Motor 2tak oli samping didalam, lah yang 4tak superior ekslusif 70jutaan oli ngompol… mueehehehe

  3. Ngeri! Palu Air Hancurkan Setang dan Piston All New Honda CBR250RR :
    Klik : intip.in/obQe

  4. Ternyata desas desus sok ngoaerox ambles bukan hoax loh…..ternyata saudaraku juga bRu beli 2 bulanan….dah dia juga mengiyakan desas desus sok ngoaerox itu…masa beli motor baru ngoaeeox harus beli sokbreker baru pula…..rasakan pembeli ngoaerox anda menjadi kelinci percobaan yamaha ngoerox ekekekkekekekekkd….THIS IS FACT…..meuehehehehheheheheh

    • ngomong opo koen cung??
      katanya ae kok…
      werox 155 ku aman jaya.
      ringsek 155 aman juga.

      klo ngompol oli emang bneran ada buktinya soalnya.

    • Aerox155 dirumah aman nih bos, yg bawa motor aerox tuh beratnya 92 Kg Tangerang – Cilegon PP, Xabre aman udah setahun (Pake touring terus, biasanya ke arah Ujung Kulon), MT25 tetep sehat luar dalam (Motor Weekend), Kalo Honda, saya cuma punya HRV nya

    • Fbh kalau ide BC mentok ujungnya ngibul.
      Ya persis kek fbh yang ane komentari ini. Nggak punya bukti tapi berani bilang “Ini FAKTA” ????

      Faktanya ane nggak pernah lihat Shock Aerox 155 ambles dijalanan bahkan yang lagi proses reparasi shock yg katanya FBH ambles, di bengkel resmi Yamaha sekalipun nggak pernah ane temuin.

  5. Ternyata desas desus sok ngoaerox ambles bukan hoax loh…..ternyata saudaraku juga bRu beli 2 bulanan….dah dia juga mengiyakan desas desus sok ngoaerox itu…masa beli motor baru ngoaeeox harus beli sokbreker baru pula…..rasakan pembeli ngoaerox anda menjadi kelinci percobaan yamaha ngoerox ekekekkekekekekkd….THIS IS FACT…..meuehehehehheheheheh..uhuuuuyyyyy

  6. ekekekeke
    AHM harus kerja sama dngan perusahaan popok bayi
    agaR CBR 250 yang 70 juta itu ga NGOMPOL OLI lagi !
    muehehehehe

  7. muehehehe
    2 tak oli samping
    CBR 250 yang 70 juta itu oli BOCORRRRRRR
    kek bayi aja
    ekekekekeke

  8. Ngeri! Palu Air Hancurkan Setang dan Piston All New Honda CBR250RR :
    1. Klik : intip.in/obQe
    Setang Seher Pengok dan Piston CBR250RR Pecah Setelah Lewati Banjir Selutut :
    2. Klik : intip.in/M63q
    Keluhan Produk Gagal Honda CBR250RR, Begini Kronologinya :
    3. Klik : intip.in/MkTm HAAaaaadddeeeehhh!!!

  9. Kerennn mas iwan, msih ad yg nyimpan Mtr sigma semulus itu…di daerah q Bengkulu Yamaha Sigma dimodif untuk ngangkut sawit,,sok belakang 4, kiri 2 kanan 2. depan pakai sok rx king,,skali angkut sawit bisa 2 kwintal lebih…

    • Akhirnya ada komen yg nyambung wkwk

      Klo d tmpat paman ane f1zr, supra fit, diprotoli dipake buat ojek kopi kang, skali angkut 150kg

  10. Setau saya Sigma ini tidak diposidikan sbg pengganti generasi alfa…. Tapi lebih keposisi bebek hemat yamaha sesuai namanya…. Pengganti alfa ya F1z..

  11. Sigma motor lejen tapi dulu sepi peminat, gak seperti F1ZR yg lebih tajem desainnya.
    Kok ya masih ada yg baru di dealer, apakah itu stok lawas? Soalnya saya liat di foto bagian sekitar speedometer berdebu..
    Salam 102cc ?

  12. Di solo juga ada dealer yg pajang sigma s NOS warnanya jg ijo gitu, kl g salah kemarin ditawarin 9 juta, sy liat sendiri.

  13. Motor 2 tak memang mantap powernya!

    Varian All New Satria F150 Black Predator Special Edition juga dilengkapi tambahan fitur seperti ?USB Charger? dan ?Security Alarm System?. dibanderol sebesar Rp 22.650.000,- Otr Jakarta.
    Varian warna All New Satria F150 Injeksi Facelift 2018.
    Klik link Utk Lihat Varian Warna-> : intip.in/Rrbo
    Klik Galery Pict-> : intip.in/xEdG

  14. Kengerian itu telah datang yang 70 jt si cebong 106 rr baru jalan 209 km udah bocoorr dan 2 bengkel resmi nyerah ngeriii!!

    • mau dapat oli gratis kalau silinder head tetap bocorr ya ngocorr alhasil daleman kurang cairan akhirnya pada bengkok meledukk duarr

  15. Comment: wah iki motore ibuku Cak.. masih ada sampe skrg dan masih kinclong.. jadi Klangenan skrg.. kalo ngga salah dulu barunya 8jt tahun 2000.. kalau yg ini kyknya tahun pembuatannya lebih tua dr 2000.. karena berdiskbrake..

  16. gua apresiasi buat dealer Yamaha Cikarang yang masih nyimpen and jual Yamaha Sigma 100 tapi itu kenapa berdebu?
    seenggaknya di bersihin atau ga di rawatlah parah banget.

  17. Yamaha sigma ada 2 versi kang.waktu pertama keluar pake discbrake depan,setelah itu generasi terakhir pake rem teromol depan belakang.saya masih ingat waktu sma sy sempat pake motor ini.bensin lumayan irit dibanding saudara nya yg lain

Comments are closed.