iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cak, kalau sampean salah satu bikers di era 1990 an pasti tahu kehadiran salah satu motor 2 tak Yamaha berlabel Sigma. Motor ini memang tidak setajam generasi Force One ataupun F1ZR. Akan tetapi Yamaha Sigma sempat mengisi segmen paling bawah bebek 2-tak garputala. Jadi kalau membicarakan mengenai history, jelas Sigma termasuk legendaris.  Dan siapa menyangka bebek ini ditemukan di salah satu dealer Yamaha Cikarang dengan status baru serta dijual oleh mereka. Yup, Yamaha Sigma 100 2-Tak anyar dijual disebuah dealer cak. Wihhhh…hot ikiii…

Informasi datang dari salah satu member Soul GT Club Indonesia yakni cak Idhay. Ketika membeli Part ke beres Yamaha Agung Perkasa, Doi menemukan satu pemandangan menarik yakni kehadiran 1 unit motor legendaris Yamaha Sigma dengan status “baru” yang dipajang di depan dealer. Berikut email lengkapnya….

Permisi kang iwan, saya idhay dari SGCI (Soul GT club Indonesia) chapter cikarang. jadi gini kang, kemarin pada saat membeli part ke BeRes Yamaha Agung Perkasa Tegal gede-Cikarang, saya melihat sosok motor jadul. Usut punya usut ternyata motor tersebut adalah sigma S dan uniknya lagi motor tersebut dijual. Sayang, saya tidak detail bertanya perihal harga ataupun seluk beluk tentang si motor. Mungkin kang iwan bisa lebih memberikan info tentang motor yg terlampir dalam foto yg saya kirim. Salam sejahtera. Wassalam…”

iklan iwb

Waallaikumsalam wr.wb. Luar biasa cak. Tentu saja informasi bro Idhay sangat menarik karena kalau kita membuka sejarah masa lalu, Sigma termasuk motor yang sangat langka. Produksi motor ini tidak terlalu banyak sebab pada era 90-an Yamaha Sigma memang kurang menarik dari sisi penjualan. Bebek Sigma diposisikan sebagai pengganti dari generasi Alfa….

Mengusung desain mirip dengan generasi Force One, Yamaha Sigma sudah dibekali double disc brake. Namun karena masuk sebagai segmen paling bawah bebek Yamaha pada saat itu, Sigma belum diberikan fitur indikator Gear. Sigma sendiri diluncurkan pada tahun 1997, mesin  2-stroke, air-cooled, reed-valve, 1 silinder berkapasitas 102,1cc…

Ledakan tenaga mencapai 7,9 PS pada putaran 7.000 rpm dan torsi puncak 0,9 kg-m pada putaran 6.000 rpm. Mungkin kalau sampeyan melihat power tidak terlalu istimewa. Akan tetapi yang patut sampeyan tahu bobot Sigma hanya 85 kg. Artinya secara PWR jelas cukup bagus. Sayang karena hadir tertutupi dengan bayang-bayang kesuksesan F1ZR maka Sigma termasuk bebek yang kurang diminati di masanya. Umurnya juga tidak lama cak..

Last…. dengan kehadiran Sigma yang dijual disebuah dealer Yamaha di atas tentu akan menarik perhatian para 2 stroke lovers. Karena Sigma merupakan bebek 2 tak yang sempat mengisi market 2 tak di tanah air. Sayang tidak ada konfirmasi harga sehingga kalau sampeyan tertarik Monggo datang langsung ke dealer yang sudah IWB disebutkan. Sebagai gambaran berikut spesifikasi lengkap Yamaha Sigma yang sedang kita bahas. Tertarik ora cakkk ?? :mrgreen: …..(iwb)

Follow Iwan Banaran untuk dapat aktivitas terbaru segala tentang motor di Moladin, aplikasi pernak pernik motor

Spesifikasi Yamaha Sigma

Dimensi1.860 x 635 x 1.015 mm
Jarak Sumbu Roda1.190 mm
Jarak ke Tanah135 mm
Tinggi Jok740 mm
Bahan Bakar4,8 liter
Berat82 kg
Tipe RangkaPipa
Suspensi DepanSemi-teleskopik
Suspensi BelakangSwing arm, dual shock
Ban Depan2,25-14 4PR
Ban Belakang2,50-17 4PR
Rem DepanDisc brake, double piston
Rem BelakangTromol
Tipe Mesin2-stroke, air-cooled, reed-valve, silinder tunggal
Kapasitas Silinder102,1cc
Diameter x Langkah50 x 52 mm
Daya Maksimum7,9 PS @ 7.000 rpm
Torsi Maksimum0,9 kg-m @ 6.000 rpm
TransmisiManual, 4-speed
StarterElectric dan Kick
iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!