iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Bro dan Sis sekalian……Indonesia memang luar biasa. Tidak hanya melulu mengenai modifikasi body atau desain, akan tetapi jika sudah musuh Indonesia mesin pun bisa di oprek. Seperti yang dilakukan oleh cak Fajar yang mengirim hasil modifikasinya secara khusus ke warung ini. Dan sampeyan akan terkejut sebab modifikasi yang dilakukan oleh Doi termasuk extreme. Yakni merubah mesin standar Yamaha Jupiter MX 135 LC dengan tambahan VVA serta assist dan slipper clutch. Naahhh….kenthiirrrr to. Berikut gambaran modifikasinya….

Untuk mencangkokkan fitur VVA serta assist dan slipper clutch pada bebek Jupiter MX 135 LC jelas tidak mudah. Banyak sekali proses yang harus dilalui dan butuh  pengetahuan baik bengkel yang bagus ataupun setidaknya ilmu mengenai mesin. Semua langkah juga lumayan menguras tenaga. Sebab Doi harus hunting kiri kanan termasuk di dealer resmi Yamaha. Kenapa ??…

iklan iwb

Sebab prinsip modifikasi adalah menggunakan komponen OEM pabrikan. Judule kudu orisinil cak. Orang main KW-KW-an. Maklum kangbro, hubungannya dengan dapur pacu. Ibarat manusia yang dibeli adalah organ-organ penting sehingga tidak disarankan mencangkokkan material yang belum jelas asal-usulnya. Beberapa komponen yang diburu oleh Cak Fajar adalah….

Satu set blok silinder milik Yamaha NMax 150. Dari sana, bagian wiring atau kabel juga harus diganti untuk menyesuaikan kelistrikan yang juga berubah. Sementara untuk fuel pump cak Fajar nyomot milik Yamaha Mio. Sebagai gambaran supaya sampeyan lebih jelas, Monggo baca saja penuturan Cak Fajar di bawah ini…

Ada yang PNP. Ada yang di modif pakde Iwan. Yang susah buat dudukan spi magnetnya … Jadi di timing light lg. Top magnet di samain seperti Nmax. Dengan cara dudukan spi bulan di magnet. Sama pusing di bikin ulang kabel wiring… Ini juga masih proses. Kemaren sudah ngobrol ngalor ngidul sama mekaniknya. Katanya sebagian biar jadi misteri hehehe…

” Prosesnya yo pertama beli pengapian set.blok set.cylinder head n max beserta isinya.fuel pumpnya bisa pake mio (tanki mx kan kecil) kabel body pake n max juga.sliper clucthnya pakai R15v3. Pertama ya nge buat dudukan spi bulan baru di magnetnya pakai cara timing light atau apa lah istilahnya. Pokoknya ini yg paling rumit..

” Terus otw tukang las bikin dudukan fuel pump di tankinya. Nah tinggal pasang head. Blok cylinder n max ke mesin 30C nya..pemasanganya pnp kok gk ada perubahan. Pemasangan sliper clucth juga pnp. Yang terakhir bikin wiring kabel bodynya (sampe sekarang masih nyari jalur lampu sama saklar ?). Ini mesinya supaya idup dan test jalan udah bisa kok. Mohon maaf videonya gk boleh di upload sama om tonny Djsnya katanya biar gk terkenal :mrgreen:

” Ya paling segitu pakde iwb untuk pemasanganya. Untuk biayanya?. Tenang gk sampe jual sawah sama kebon kok. Kisaran 7 jutaan…” serunya. Nah jadi demikian kangbro, lebih kurangnya sekitar 7 jutaan untuk Yamaha Jupiter MX 135 dijejali VVA dan Slipper clutch. Memang penjabaran masih sebatas kulitnya karena kalau kita oprek dan bedah secara detail pasti tidak cukup menghabiskan 1000 kata. Tapi yang pasti pada intinya adalah mesin Jupiter MX 135 LC pun juga bisa dijejali dengan VVA ataupun fitur dari new R15 yakni assist and slipper clutch…..

Last…Yamaha memang memiliki kelebihan dengan mesin yang gampang di modifikasi. Hal ini karena banyak sekali produk yang menggunakan komponen atau mesin yang sama (common engine). Sisi positifnya dengan menggunakan basis mesin sama maka modifikasi jauh lebih mudah. Artinya baik Jupiter MX 135, Jupiter MX 150, Yamaha Xabre 150 ataupun R15 versi lama seharusnya bisa dijejali dengan fitur VVA ataupun assist dan slipper clutch. Yamaha Jupiter MX 135 dijejali VVA dan Slipper clutch?. Wis clear yo cak, yakin saiki. Budal kono wis :mrgreen: ……(iwb)

Follow Iwan Banaran untuk dapat aktivitas terbaru segala tentang motor di Moladin, aplikasi pernak pernik motor

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!