Iwanbanaran.com – Kangbro….mungkin bahasan artikel kali ini lumayan nyleneh karena IWB membahas perkara motor yang notabene sudah lama eksis di pasaran. Namun jangan salah kangbro, sebab barang basi belum tentu atau tidak pantas untuk dijadikan artikel. Faktanya ternyata cukup banyak yang masih bertanya khususnya mengenai sisi teknis ataupun non teknis seperti yang dilontarkan cak Dante. FOM Manajer dihotel Sakura Cikarang ini mengirim pertanyaan ke IWB…..Yamaha new Soul GT125 upgrade ban…berapa maksimalnya?…..

Yamaha new Soul GT125 adalah generasi terbaru yang dirilis Yamaha untuk varian matic Soul. Secara desain jauh lebih agresif dan garang. Namun kadangkala bikers kurang puas dengan part yang diberikan pabrikan. Tujuan biar makin ganteng atau nyaman mungkin?. Dan Cak Dante adalah salah satu yang bertanya ke IWB. Berapa ukuran ban maksimal yang bisa dicangkokkan pada Yamaha All New Soul GT. Apa kerugian serta kelebihan setelah menggunakannya??….

Oke cak, IWB akan coba bahas satu persatu supaya lebih enak dan mudah dicerna. Yang pertama, mari kita lihat ukuran standar ban yang diberikan pabrikan pada All New Soul GT 125. Kalau sampai ngintip ban bawaan pabrik, kita akan menemukan ukuran depan 80/80 serta 100/70 belakang. IMHO…sebenarnya nggak terlalu kecil juga. Tapi bolehlah kita upgrade dengan ukuran yang lebih besar. Secara teknis kita bisa menaikkan ukuran standar pabrikan hanya satu tingkat supaya handling motor tidak banyak terjadi penurunan. Handling disini maksudnya kelincahan cak, bukan kestabilan lho ya….

iklan iwb

Selain itu, dengan menaikkan satu ukuran…secara view tidak akan memberikan kesan mendonat jika masih mengandalkan velg bawaan. So, dengan ban standart depan 80/80 serta 100/70 belakang, sampean bisa menaikkan dengan ukuran 90/80 depan dan 110/70 belakang. Tapi pertanyaan yang dilontarkan adalah…berapa maksimal ban yang bisa dilahap oleh all new Soul GT 125??… Kalau Fokusnya ke sana maka sampean bisa menaikkan dua ukuran di bagian belakang yakni menjadi 120/70. Kenapa?….

” Ban belakang ukuran 120/70…”

Dari pengalaman pribadi cukup sulit mencari ukuran ban dengan profil tipis 70. Rata-rata jika ukuran 110 maka di bagian tengah pabrikan akan memberikan profile 80. Efeknya jelas Kurang cakep jika kita memaksakan di angka 80 sebab akan terkesan gemuk di bagian tengah. Oleh karena itu monggo ban belakang sampeyan bisa pertimbangkan dengan ukuran dua tingkat di atas standar yakni 120/70. Ukuran ini mungkin cukup mepet dan akan memberikan kesan sedikit mendonat. Tapi secara impressi riding akan jauh lebih nyaman kangbro…

Yang patut diingat, referensi ban diatas hanya berlaku pada generasi terbaru yakni All New Soul GT. Sebab jika generasi sebelumnya ukuran pelek sedikit lebih kecil sehingga tidak bisa dipaksa dengan ukuran yang sudah disebutkan. Terus apa kelebihan dan kekurangan setelah dijejali dengan ukuran 90/80 depan serta 120/70 belakang?. Berikut plus dan minusnya…

Pros (+)
– Handling motor jadi jauh lebih stabil saat kecepatan tinggi
– Hentakan saat ban melibas jalan rusak lebih lembut dan jauh lebih nyaman
– Motor jadi telihat lebih gagah dan kekar
– Pengendara tidak banyak merasakan goncangan saat melintas dijalanan buruk

Cons (-)
– Konsumsi BBM akan sedikit lebih boros karena kita harus memutar gas agak dalam untuk mendapatkan torsi yang diinginkan.
– Kelincahan berkurang Khususnya buat manuver zig-zag Namun bukan bukan berarti inferior sebab secara basis Soul GT tetap lincah
– Feeling akselerasi jadi sedikit berkurang akibat bidang tapak ban yang lebih lebar membuat gesekan ke aspal lebih besar…

Jadi lebih kurang demikian yo cak. Tentu semua ada plus minus dan monggo sampeyan perhitungkan secara seksama sebelum memutuskan.  Sebagai informasi, ukuran yang disebut diatas sudah dipraktekkan secara langsung pada Yamaha new Soul GT125 menggunakan ban FDR sport XR Evo dan masih aman (tidak gesek). Saran IWB, monggo survei mendalam sebab dengan merk berbeda takutnya profile juga berbeda. Jadi ngono yo pakdeeee. Wis clear durung ki?. Semoga berguna…..(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

71 COMMENTS

  1. Lha kalo aerox sampe berapa kang lek iwebeh? Dijejali 160 bisa berarti?
    Pengennya sih dijejali ban belakang 160, tapi lumayan susah ternyata cari ban 160-R14.

    Secara ringsek155 udah tak ganti ban ukuran 160 merk nyang dipake di motoGePeh type PS radial.

  2. Ini motor dari depan cakep, dari samping & belakang desaine mbuh.

    Designer’e perlu diajak ngopi iki kayake

  3. Jujur aku rak seneng desain buritane, padahal depannya dah bagus. Punya Soul GT115 muscle yg justru di suntik mati, pernah di gondol maling.

    • Bukannya motor sampah itu sesembahanmu embit ya pek??? ???
      Tiap beberapa meter ketemu terus, cocok disebut motor sampah.

  4. Ceritanya yamaha bikin motor ini sebagai skutik buat laki. Jadi kalo bannya di gedein juga pantas dan tambah laki.

    Tapi ngemeng ngemeng, mengapa kalo iwb mbahas yamaha kok hujatannya cuma sedikit ya? Beda kalo mbahas honda, mesti serangannya luar biasa.

    Apa yang komeng dimari kebanyakan fby ya? Wuehehehe…!!

  5. Salah satu motor ane dibahas, motor cilik tapi bokong semok. ?
    Ane kira cak Iwan nggak suka bahas matic kecil, ternyata dibahas juga. Ini baru juos..
    Alhamdulillah motor ini udah 2 tahun dipakai keluarga wara wiri nggak pernah kena problem, awet cak meski tiap hari libas polisi tidur + jalan lubang, cuma balung geger rodo remuk buat yang nggak biasa naik Yamaha (shock atos glodakan bener adanya) tapi handling matic Yamaha super terbaik dibanding sebelah yg shocknya empuk tapi limbung + nggak lincah apalagi buat yang demen turing pantura motor serasa terbang saking limbungnya.

    • Diatas ada yg komen katanya teman nya punya motor ini juga baru 5 bulan turun dealer sudah harus turun mesin tuh.
      Mungkin nick name nya saja pro susuki tp nyatanya sales syap yg berlindung dibawah payung susuki

    • @GSX-R 150    100% DOHC    FBI
      Keraaaaas??? ????
      Sejak kapan Jok Yamaha keras? Jok Yamaha adalah jok motor terempuk se Indonesia. Ini Fakta bos! Tanyakan ke semua pemilik Yamaha.
      Maka dari itu meski Shock Yamaha atos puol, ane betah lama lama di atas motor coz jok Yamaha setara sofa mobil.
      Turun mesin 5 bulan? Ngibuull… ???
      Paling temen ente aja yg kebanyakan ulah korak korek motor nggak karuan tanpa aturan.. Semua motor kalau dikorek tanpa aturan nggak ada yang tahan lama. Motor yang dikorek sesuai aturan saja belum tentu awet apalagi yg korek tapi asal korek ala alay gendeng.. bwahaha

    • Pffft semok katanya, pantat kegedean ga berbentuk gitu dibilang semok??? Kaki cungkring dan model dari 2004/2005 itu semok darimana bos? Mata lu mines 30 kali ya?

    • @G-Strider

      Perasaan saya kementar “Bongkar Engine” deh?? Wkwkwk……
      Mohon maaf bro! teman saya yg punya Soul Gt 125 hanya untuk wara-wiri ke Masjid ke Rumah begitu juga sebalik nya mengapa?? Karna teman saya se orang Adzan di Masjid tersebut (setiap hari).

      Soal jok Soul Gt 125 saya katakan Fix jok nya Keras dan itu Fact! (Test Ride). Padahal saya sarankan untuk beli Aerox 125 loh tapi dia nya gak mau

      Btw kamu beli Soul Gt 125 dapet kaca Spion Jadul ngak?? Soal nya disini di kasi yang model Jadul bukan Runcing Sporty atau futuristic.

      Btw kayaknya kang Iwb pasti ketawa nih kalo baca komen kita masa Fbs Vs Fbs Wkwkwkw……

    • Terserah ane mau ngomong apa, namanya juga pendapat pribadi. Desain itu selera, kalau ente nggak suka silahkan, bodo amat, nggak ngaruh buat motor ane.???
      Palingan menurut ente yg berbentuk itu sebangsa Vario. Matic nungging nungging yg ngelihatin kolong spakbor super juorooook itu, persis kek pantat ayam minta dikawin + muat buat sarang tikus 1 koloni lagi..

      Nggilaaaniii… ????

    • @GSX-R 150    100% DOHC    FBI
      Laaah, temen ente beli dimana kang? Maaf juga jangan jangan belinya bukan di dealer Yamaha beneran tapi di tempat Calo motor/ motornya bodong tapi rasa baru yang dijual lewat dealer nakal.
      Punya ane pakai Spion model baru (Sporti runcing) sesuai sama iklannya.
      Jok Soul GT125 empuk bos, yang keras shocknya, coba test ride lagi lebih teliti. Ngapain juga ane kasih testimoni palsu? Nggak penting kang.. Sekeras kerasnya jok motor ane, masih lebih keras jok Vario sama Beat, ini fakta coz ane juga sering iseng pinjem motor temen kerja buat dicoba impresinya.

    • @GSX-R 150    100% DOHC    FBI
      Apa temen ente nggak sengaja beli versi custom kang? Kan dealer yamaha sekarang banyak yg kreatif jual produk motor hasil custom mulai dari cat sampai aksesoris yg dah terpasang pas dijual.
      Menurut ane edan banget kalau Soul GT 125 temen ente joknya setara Supra GTR, dah dipastikan itu bukan jok asli bawaan pabrik. Soalnya Supra GTR keras banget joknya itu asli nggak bohong coz ane juga pernah tes sendiri.

  6. Ban lebih susah ngunci juga cak, dengan merk dan kompon yang sama kalo yang nyentuh aspal lebih lebar, gaya gesek lebih besar, efeknya nyengkram aspal lebih baik juga cak.. Imho ya cak

  7. Asal gak ngotak atau ngedonat aman. beda merk sering kali beda profil meski ukuran sama

    redto-black.web.id/2017/09/20/rossi-nyatakan-akan-balapan-di-aragon/

  8. Lek mau tanya,soul gt 125 beratnya 98 kg kalo vario 125 beratnya 109 kg,mesin soul gt 125 non radiator,vario 125 pake radiator,dari spesifikasi di atas apakah ngaruh sama larinya,kok kalo matic Y berat motor ringan ya?apa ada alasan tertentu?

  9. Saya ucapkan terimakasih kepada pembuat artiket di atas, artikel ini sangat bermanfaat dan tentu saja berisi informasi yang sangat bermanfaat untuk semua pembaca di blog ini.Update terus dan tetap semangat.Sukses selalu untuk andakunjungi web kami untuk menambah ilmuAgen Poker Online agenpoker.biz/terima kasih
    Kunjungi web kami di http://www.Agenpoker.Biz
    Sumber : AgenPoker.Biz

  10. Yang jelekin mio fi family pasti lom pernah miara.. miara dari baru ampe dah ganti plat nomer.. gak pernah ada kendala. Jok empuk memang shock keras karena untuk kestabilan. Baru bulan kemarin ganti belt sliding shave plus roller sekalian kampas rem depan belakang oli mesin plus oli gear. Carbon motor stater. Bersihin injector. Habis cuma 700 rebuan setelah 5 taon lbh. Puass.. produk yamaha dan suzuki emang yg paling berkualitas. Ane punya 3 merk soalnya dan ngerasain sendiri.. jd jangan banyak bacot “katanya” lah.. rasain sendiri baru komen.. ngono ae digawe repott su..

  11. Ini motor mau gedein ban aja serba ga bs
    Depan, spakbor nya mepet sama ban
    Belakang, ga bs di lebarin.
    Upgrade Max tampa ada yg dirubah. depan 80/90 belakang 100/80, sama aja kaya ukuran aslinya depan 80/80 belakang 100/70. Nambah tinggi 1step, tp lebar nya sama aja.

    Ini motor bantingan nya keras bgt, tp PD bgt pakai ban tipis. D kaya gerobak klo di jalan jelek.

  12. Plus
    1. Jok empuk
    2. Design depan bagus
    Minus
    1. Shock nya keras pake banget
    2. Lemot, padahal body ringan
    3. Mesin agak sedikit kasar
    4. Ga bs ganti ban besar 110/80, padahal cuma naik satu grade meskipun velg belakang sgt mendukung

    • Saya ganti 120/70
      Gagah tapi nyangkut di sayap.
      Saya akali dengan menaikan tinggi shocknya
      Tapi muncul masalah baru
      Standar tengah jadi rata lantai
      Bagaimana cara mengantisipasinya gan???

  13. Punya bini ane….ban depan irc 80/90 limpahan ban v150.ban blk corsa Sport rain 120/70
    Blk ngedonat tapi efek “bumpy” di 80 kpj keatas hilang.libas jalanan enak.
    29 bln roller,vanbelt masih bagus.
    Jeleknya motor ini komstirnya sering longgar.
    Bearing roda belakang hampir 3 th baru ganti karena “jaran goyang dikit”.semenjak ganti ban ke 120/70
    bbm di 42 kpl dlm kota.luar kota paling irit (eco) 50 kpl.
    Biar tdk mentok sama saringan udara dgn bannya.dibuat kan plat untuk baut saringan udara 3 buah panjangnya 3 cm 2 lubang diameter baut 10.biar boncengan beban berat tdk mentok .
    Sayang dgn ban 120 yg ngedonat ,agak ngeri rebahan.kl kenyamanan ada peningkatan.

  14. dear om IWB, mau tanya kalau ANSGT standar (tidak modif shock depan dan belakang) mau dipasang ban 80/90-14 (Front) dan 100/90-14 (Rear), apakah bisa? Atau harus ada perubahan ya?

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama