iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro….mungkin bahasan artikel kali ini lumayan nyleneh karena IWB membahas perkara motor yang notabene sudah lama eksis di pasaran. Namun jangan salah kangbro, sebab barang basi belum tentu atau tidak pantas untuk dijadikan artikel. Faktanya ternyata cukup banyak yang masih bertanya khususnya mengenai sisi teknis ataupun non teknis seperti yang dilontarkan cak Dante. FOM Manajer dihotel Sakura Cikarang ini mengirim pertanyaan ke IWB…..Yamaha new Soul GT125 upgrade ban…berapa maksimalnya?…..

Yamaha new Soul GT125 adalah generasi terbaru yang dirilis Yamaha untuk varian matic Soul. Secara desain jauh lebih agresif dan garang. Namun kadangkala bikers kurang puas dengan part yang diberikan pabrikan. Tujuan biar makin ganteng atau nyaman mungkin?. Dan Cak Dante adalah salah satu yang bertanya ke IWB. Berapa ukuran ban maksimal yang bisa dicangkokkan pada Yamaha All New Soul GT. Apa kerugian serta kelebihan setelah menggunakannya??….

Oke cak, IWB akan coba bahas satu persatu supaya lebih enak dan mudah dicerna. Yang pertama, mari kita lihat ukuran standar ban yang diberikan pabrikan pada All New Soul GT 125. Kalau sampai ngintip ban bawaan pabrik, kita akan menemukan ukuran depan 80/80 serta 100/70 belakang. IMHO…sebenarnya nggak terlalu kecil juga. Tapi bolehlah kita upgrade dengan ukuran yang lebih besar. Secara teknis kita bisa menaikkan ukuran standar pabrikan hanya satu tingkat supaya handling motor tidak banyak terjadi penurunan. Handling disini maksudnya kelincahan cak, bukan kestabilan lho ya….

iklan iwb

Selain itu, dengan menaikkan satu ukuran…secara view tidak akan memberikan kesan mendonat jika masih mengandalkan velg bawaan. So, dengan ban standart depan 80/80 serta 100/70 belakang, sampean bisa menaikkan dengan ukuran 90/80 depan dan 110/70 belakang. Tapi pertanyaan yang dilontarkan adalah…berapa maksimal ban yang bisa dilahap oleh all new Soul GT 125??… Kalau Fokusnya ke sana maka sampean bisa menaikkan dua ukuran di bagian belakang yakni menjadi 120/70. Kenapa?….

” Ban belakang ukuran 120/70…”

Dari pengalaman pribadi cukup sulit mencari ukuran ban dengan profil tipis 70. Rata-rata jika ukuran 110 maka di bagian tengah pabrikan akan memberikan profile 80. Efeknya jelas Kurang cakep jika kita memaksakan di angka 80 sebab akan terkesan gemuk di bagian tengah. Oleh karena itu monggo ban belakang sampeyan bisa pertimbangkan dengan ukuran dua tingkat di atas standar yakni 120/70. Ukuran ini mungkin cukup mepet dan akan memberikan kesan sedikit mendonat. Tapi secara impressi riding akan jauh lebih nyaman kangbro…

Yang patut diingat, referensi ban diatas hanya berlaku pada generasi terbaru yakni All New Soul GT. Sebab jika generasi sebelumnya ukuran pelek sedikit lebih kecil sehingga tidak bisa dipaksa dengan ukuran yang sudah disebutkan. Terus apa kelebihan dan kekurangan setelah dijejali dengan ukuran 90/80 depan serta 120/70 belakang?. Berikut plus dan minusnya…

Pros (+)
– Handling motor jadi jauh lebih stabil saat kecepatan tinggi
– Hentakan saat ban melibas jalan rusak lebih lembut dan jauh lebih nyaman
– Motor jadi telihat lebih gagah dan kekar
– Pengendara tidak banyak merasakan goncangan saat melintas dijalanan buruk

Cons (-)
– Konsumsi BBM akan sedikit lebih boros karena kita harus memutar gas agak dalam untuk mendapatkan torsi yang diinginkan.
– Kelincahan berkurang Khususnya buat manuver zig-zag Namun bukan bukan berarti inferior sebab secara basis Soul GT tetap lincah
– Feeling akselerasi jadi sedikit berkurang akibat bidang tapak ban yang lebih lebar membuat gesekan ke aspal lebih besar…

Jadi lebih kurang demikian yo cak. Tentu semua ada plus minus dan monggo sampeyan perhitungkan secara seksama sebelum memutuskan.  Sebagai informasi, ukuran yang disebut diatas sudah dipraktekkan secara langsung pada Yamaha new Soul GT125 menggunakan ban FDR sport XR Evo dan masih aman (tidak gesek). Saran IWB, monggo survei mendalam sebab dengan merk berbeda takutnya profile juga berbeda. Jadi ngono yo pakdeeee. Wis clear durung ki?. Semoga berguna…..(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!