iklan iwb
iklan iwb

” Jika motor kebanyakan aki berada di bawah jok namun untuk Honda CB150R EXmotion berbeda. Video membongkar body Honda CB150R Thailand ini akan menjawab semuanya”

Iwanbanaran.com – Pakdee…. barang baru selalu menarik perhatian. Begitu juga dengan kelahiran Honda all new CB150R X Exmotion Thailand. Menjadi motor yang memiliki desain keren bak moge membuat kita penasaran seperti apa sih kalo bodynya dibongkar?. Dilalah tanpa sengaja IWB menemukan video membongkar body Honda CB150R Thailand. Dari video itulah diperoleh fakta yang cukup menarik yakni posisi aki yang ternyata ditaruh di bawah tangki. Wwooowww…..bikin penasaran to, cekidot cak !..

Tidak seperti posisi aki motor kebanyakan, ternyata Honda CB150R versi Thailand terbilang unik. Jika motor kebanyakan baterai atau aki berada di bawah jok namun untuk Honda CB150R EXmotion berbeda. Fakta ini IWB temukan setelah melihat tayangan video yang dishare oleh salah satu youtube channel dari Thailand. Dan jujur ketika memperhatikan dengan seksama, proses pemasangan atau penggantian aki ternyata termasuk ribet….

Mekanik harus membongkar hampir seluruh cover yang berada dibody atas. Mulai dari jok belakang hingga tengah, lalu cover tangki atau biasa kita sebut kondom serta shroud samping. Langkah bisa sampai intip dari video yang sudah IWB lampirkan dibawah. Namun jangan kuatir jika sampeyan termasuk pembaca yang butuh kuota irit….IWB sudah lampirkan beberapa screen capture atau screenshot supaya mendapatkan bayangan proses pembongkaran….

iklan iwb

Beberapa fakta yang bisa kita lihat dari video membongkar Body Honda CB150R Thailand ini adalah ukuran tangki ternyata memang tidak terlalu besar (kapasitas BBM 8,5 liter). Bentuknya juga agak membulat dan pada bagian ujung depan bisa diangkat ke belakang. Nah…..oleh designer Honda letak aki diposisikan pas di ujung depan bawah tangki atau deket crown handle.  di sana ada cover dari plastik yang bisa sampeyan buka. Posisi aki yang cukup unik ini memiliki keuntungan dan kekurangan…..

Untuk keuntungan jelas posisi aki berada di atas di bawah tangki akan jauh lebih aman dari terjangan genitnya air. Sebab kalau ditarik garis lurus posisi aki memang sedikit lebih tinggi dibandingkan di bawah jok. Praktis ancaman adanya karat ataupun konslet lebih minim. Namun posisi ini juga memiliki kelemahan karena tidak praktis pada saat penggantian baterai…

Lha piye cak…sampeyan harus bongkar semua nyaris dari belakang ke ke depan. Jok wajib dibuka hukumnya karena posisi baut atau maounting tanki berada di bawah jok. Selain itu shroud juga harus dibongkar karena untuk melepas tangki bagian depan posisi baut tersembunyi di bawah shroud. Nah, baru tahu to sampeyan, sama cak. Artinya CB150R ini memang benar-benar desain baru dan juga pengembangan terupdate dari Honda untuk pasar Thailand…

Dengan fakta diatas bisa dipastikan Honda CB150R versi Thailand jauh berbeda dengan tanah air. Termasuk seluruh kesatuan desain serta sasis atau frame yang disandang. Dari sini entah kenapa IWB jadi curiga dengan AP Honda Thailand. Ketika mereka mengembangkan sendiri versi naked dan tidak sama dengan Indonesia, besar kemungkinan pengembangan all new CBR150R dengan basis sasis CB150R eXmotion IMHO seharusnya cukup terbuka…..

Apalagi seperti yang kita tahu Thailand hingga detik ini mereka tidak mendapatkan CBR150R K45G alias masih setia model single headlamp. Logis jika di masa depan Thailand juga meracik all new CBR150R dengan basis common part termasuk suspensi Upside Down, sasis serta Swing Arm Banana dari CB150R Exmotion. Iki hanya prediksi Cak. Bener syukur ora bener yo ojo disampluk sandal. Nah seperti apa sih sosok honda new CB150R Thailand saat dibongkar?. Intip saja videonya di bawah ini pakdeee. Sistem baru ki rek….(iwb)

Video bongkar Honda new CB150R Thailand

HP klik disini

Screen capture

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!