Iwanbanaran.com – Kangbro…..beberapa pertanyaan masuk ke newsroom IWB perkara sensasi ketika menunggangi Yamaha Xabre150 ataupun Suzuki GSXR/S150. Sensasi yang cukup unik karena sampeyan akan merasakan adanya getaran ketika motor digunakan pada Low Speed. Vibrasi di stang ini akan menghilang ketika motor sudah melaju pada kecepatan diatas kisaran 20-30 km per jam. Pertanyaannya, Ban depan Yamaha Xabre dan Suzuki GSX150 bergetar apakah terjadi kerusakan pada motor??. Eittt, tenang dulu jangan kuatir cak. Berikut analisanya….

Duluuu, dahuuluuu kala (hayahhh), sensasi vibrasi atau getaran yang sampeyan rasakan juga pernah IWB alami ketika ngetes Yamaha Xabre 150 pertama kali. Waktu itu lumayan bingung dan membatin…weehhhh nyapo ki motor. Masalahnya karena Ban depan Yamaha Xabre150 bergetar hanya terasa pada low Speed. IWB waktu itu sempat berpikir telah terjadi cacat pada suspensi, mounting atau laher ban depan. Akan tetapi setelah IWB intip dan cek, jebule semuanya normal. Termasuk suspensi juga tidak ada yang ganjil…

Dilalah sensasi tersebut ternyata kini juga nongol pada Suzuki GSX 150. Gejala yang sangat mirip dengan yang diberikan oleh Yamaha Xabre 150 yakni getaran alus timbul pada stang ketika kita berjalan pelan. Padahal kedua produk menggunakan suspensi berbeda (USD dan Teleskopik) serta merk berbeda. Kondisi yang sebenarnya sudah IWB ketahui masalahnya ini ternyata juga membuat beberapa bikers cukup bingung dan penasaran. Tidak heran mereka mengirim email ke IWB. Mereka kuatir ada sesuatu yang salah dengan kinerja komponen….

Baik penunggang Yamaha Xabre 150 ataupun GSX150, keduanya pernah mengirim pertanyaan yang sama ke warung IWB. Getaran berasal dari mana dan apakah ada yang salah dengan komponen?. Ketimbang bingung, IWB merasa perlu untuk nge-share dalam sebuah artikel agar tidak ada lagi pertanyaan serupa. Terus masalahnya dimana? Apakah betul ada yang cacat komponen atau masalah lain?. Jawabannya tidak cak !!…

Sebenarnya getaran tidak usah sampeyan risaukan karena setelah melalui penyelidikan dan pengecekan, semua produk atau unit Xabre serta GSX150 memang memberikan sensasi yang sama dan tidak ada ditemukan masalah apapun pada komponen. Semua komponen berjalan dengan normal dan Fit 100%. Dan setelah dilakukan penyelidikan, yang membuat nongolnya vibrasi sebenarnya adalah sensasi yang diberikan oleh profil ban OEM yang disandang ketiga produk. Piye Ki maksudnya?….

Yup….profil ban IRC Exato bagian depan memang memberikan sensasi vibrasi pada saat tunggangan berjalan pelan. Dan dilalah Yamaha Xabre 150 ataupun Suzuki GSX juga menggunakan ban OEM yang sama yakni IRC Exato. Bisa jadi karena pattern atau kembangan ban terbalik dari Exato yang memberikan sensasi berbeda. Jadi ora ono masalah. Makanya sampeyan tidak usah kuatir. Memang dari segi kenyamanan agak ganjil. Akan tetapi dari sisi teknis vibrasi lembut ini tidak akan memberikan efek negatif. Toh grip Exato termasuk juozzz to, iyo ora. Wis clear pakde? (iwb)

 

Advertisements