iklan iwb
iklan iwb
” Penjualan Kawasaki Ninja 250 FI susah di dongkel. Fakta ini tentu sangat mengejutkan mengingat Honda CBR250RR bisa dibilang unggul dalam segala hal. Bukti image Kawasaki sangat kuat disegmen ini ?”

Iwanbanaran.com – Horaaa iso ngomong cak….wis IWB angkat tangan dengan performa penjualan Kawasaki Ninja 250 FI. Produk yang status sebenarnya sudah cukup berumur ini ternyata masih kokoh tidak terkalahkan. Penjualan Kawasaki Ninja 250 FI susah di dongkel. Fakta ini tentu sangat mengejutkan mengingat Honda CBR250RR bisa dibilang unggul dalam segala hal. Kecuali image yang memang sudah kadung melekat pada Kawasaki Ninja 250. Ediaaannnn…!!

Dari data AISI pada bulan Agustus 2017, secara menyakinkan Kawasaki Ninja 250 masih menjadi raja di segmen sepeda motor sport fairing 250cc 2 silinder. Penjualan yang sangat konsisten ini membuatnya mampu meninggalkan Honda CBR250RR serta Yamaha YZF-R25. Kondisi ini tentu cukup mengejutkan mengingat di ajang balap sekalipun Ninja tidak mampu berbuat banyak….

Tapi fakta di lapangan memang berbicara lain. Kawasaki Ninja 250 masih menjadi favorit. Intip saja data penjualan pada Agustus 2017 di mana Ninja terjual 457 unit dengan kombinasi 344 junit adalah versi standar dan 223 unit merupakan ABS. Angka ini unggul dari CBR250RR yang mengoleksi penjualan sebanyak 106 unit pada bulan Agustus 2017. Begitu juga untuk R25 yang memang dari awal cenderung stagnan….

iklan iwb
iklan iwb

Yamaha R25 pada bulan Agustus hanya terjual 126 unit. Nah….kalau mencermati dari data Agustus, terlihat Yamaha R25 berhasil mengungguli penjualan CBR250RR. Hanya saja untuk data penjualan total dari Januari-Agustus, maka akan diperoleh angka dimana Kawasaki Ninja 250 FI tetap menjadi raja tak terkalahkan dengan mengoleksi penjualan sebanyak 6.011 unit. Posisi kedua ditempati CBR250RR dengan 5.957 unit dan yang terakhir adalah R25 dengan Raihan 1.096 unit. Wowww, persaingan yang cukup ketat antara Ninja 250 vs CBR250RR kangbro….

Last…..fakta di atas menunjukkan bahwa untuk kelas 250cc sport fairing, Kawasaki Ninja 250 FI memang sangat sulit untuk di dongkel dari Tahta. Hal ini bisa terjadi karena image yang sangat kuat di kalangan para biker ditambah material plus desain yang tak lekang oleh waktu. Sementara CBR250RR walau tidak diragukan keunggulannya, cedera masa lalu dengan mesin 1 silindernya membuat nama CBR250 butuh waktu untuk recovery. Begitu juga dengan Yamaha R25 yang sejak awal memang kurang memiliki daya gedor ampuh di pasar domestik membuat Kawasaki Ninja 250 FI melenggang santai disegmen ini. Apakah kondisi diatas akan membuat kelahiran new Ninja 250 FI mundur?. Semoga saja tidak cak…semoga saja…(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

165 COMMENTS

    • haiyyaaa emang susah waaa klo motor terlanjur ganteng mo dikalahkan
      motor artis (ninfi)
      motor bapak² (cbrrrrrr)

      Smoga Fuaham

    • bawat susah-susah facelift ninja 250fi yg blum tentu laris manis kyag skrang ,buang” uang dan tenaga aja gtu kata petinggi kawasaki.. respon pembeli ninja 250fi sangat bagus lo sayang di facelift yg blum tentu di sukai biker kyag skrang ,,mending nunggu respon pasar ninja250fi sepi peminat baru facelift, sambil nunggu pergerakan r25 facelift ,,ckup dp murah aja udah laris manis

    • padahal dari dulu bbrp motor ahm menang image tp ga ada artikel beginian. misal:
      “penjualan beat susah di dongkel, sangat mengejutkan mengingat suzuki address bisa dibilang unggul dalam segala hal. Bukti image astra sangat kuat disegmen ini?”

    • ekekeekek kambingha shock men, nasib motor alay runcing2an nya lebih parah, selain pnjualan mulai nyungsep nggk di eksport pula hahaha

    • Makannya AHM kalo bisa Ekspor juga CBR250RR ke Benua: Eropa,Australia,Afrika,Amerika Selatan, Amerika Utara dan Asia. Biar masyarakat Indonesia tau bahwa motor buatan AHM tembus regulasi seperti Euro4,Euro5 dan Euro6 tapi hati2 rentan kena wajib “Recall” jadi hanya di sinilah (Eropa) kualitas AHM akan di uji sama regulasi. :mrgreen:

    • ??? CBR250RR, motor kebanggaan FBH makin nyungsep tiap bulan… Ayo petinggi AHM ngeles apa lagi? Mau bilang CBR250RR dibuat terbatas? Teliti? Presisi? Bla bla bla basiii..
      Ane kira yang busuk cuma mulut FBH jas jes josin CBR tapi nggak beli, ternyata petingginya juga sama saja, ngeles nggak sesuai kenyataan…

    • Efek iklan Wan hert yang Penunggang CBR rusun nyanyi bareng n goyang”… Kan gak macho bgt… ????
      Yah, mmg Hasil jerih payah Kawasaki sejak dulu, dmn blom ada segmen 250 twin.
      N memang ane akuin, Body Ninja 250 fi Ever lasting, moge look. Bukan Rusun Look ?????
      Ngah ngah ngah… ????

    • Yaa dari desain juga masih blm kalah mang , masih bisa bejaban tuh klo di rendengin sma r25, cbr 250, asal ngga diajak lari, beratnya berasa boii

    • mohon maklum kevekokan anak gue, ngomongnya nggk nyambung sama artikelnya krn dulu dia hasil kondom bocor jadinya koar2 nggak jelas padahal motornya mbit.

    • ya wajar sih, nama dan image ninja sudah melekat di pikiran masyarakat Indonesia yang gak begitu update soal teknologi “motor sport dan laki banget ya NINJA”
      jangan jauh2 paman dan tetangga saya sendiri sering merekomendasikan beli Ninja biar tambah gagah, katanya…
      begitu saya tanya balik, “gak R25 atau CBR250RR saja?” mereka jawab “motor baru lagi itu ya?”
      gak bermaksud BECE intinya berbagai merk yang ada di pikiran masyarakat Indo itu

      Honda motor irit
      Yamaha motor boros
      Kawasaki motor laki banget
      Suzuki motor harga jual anjlok

      padahal faktanya mau irit mau boros, sport atau harga anjlok sebetulnya sama saja bagi yang melek teknologi

    • Tabahkan hatimu su.. Jangan heran pemirsa. Begitulah tabiat fby. Motornya gak laku dimari tapi cocotnya bc cbr penjualan turun. masih wajar kalau motor nya laku di mari. Lha ini ringsek 25 kaga laku di mari tapi bc cbr ekekekek.

    • lek iwb bahasa nya bulet ra karuan, bilang saja CBR rusun cuma laku 105unit di tabokin sandal swallow sama R25 dan N250.

      NGONO TOK KOK BULET BULET KOYO SUSUR

    • Kasian nasin si ComBeRan d lokal mulai ga laku, mau eksport d tolak sbb kualitas ga layak. R25 d lokal ga laku tp d buru orang ngeropah….

    • Tolong dimaklumin ya mas bro, kakak saya waktu kecil emang suka ngegadoin micin, jadinya ya tholol2 gitu deh, maafin ya

    • llahh nunjuk vekok aja luh @babison silva, montor taon 2014 kok bisa sama2 cepek pnjualannya sama montor motogepehh + usd + 3 mode + throttle koslet wiring yg kluar paling anyar?? lebih laku r25 malah. akui saja jinkkkk ceberuk rompal rongsok mu mulai MADESU hahahaha

    • bacot bacot bacot, sok keren lu mbinggg giliran r25 pnjualannya 24 lu nggk bacot jg ya? hahaha buosok koe.

      #salamkaumsmart
      #mbekhajasjesjosbelinyambit

    • ada masanya men, bukan cuma nama tinja nya, tpi krn desain moge nya jg. dimensi ceberuk rompal rongsok n r25 skrg masih lebih kecil dari tinja fi. tggu aja r25 klo desainnya moge banget n lebih keren cepat ato lambat ninja akhirnya kudu peslip jg.

  1. CepekBeRoo 106biji cuma diindo.
    Ditimor leste dituker kemiri
    Diphilipine dituker kunyiit…

    Rikoll2lusin diindo cuma 126biji,
    2000unit dituker dollar orang ngeropa…

    Ngepbeha tabahkan bathukmu!!!

    • ya wajar sih, nama dan image ninja sudah melekat di pikiran masyarakat Indonesia yang gak begitu update soal teknologi “motor sport dan laki banget ya NINJA”
      jangan jauh2 paman dan tetangga saya sendiri sering merekomendasikan beli Ninja biar tambah gagah, katanya…
      begitu saya tanya balik, “gak R25 atau CBR250RR saja?” mereka jawab “motor baru lagi itu ya?”
      gak bermaksud BECE intinya berbagai merk yang ada di pikiran masyarakat Indo itu

      Honda motor irit
      Yamaha motor boros
      Kawasaki motor laki banget
      Suzuki motor harga jual anjlok

      padahal faktanya mau irit mau boros, sport atau harga anjlok sebetulnya sama saja bagi yang melek teknologi sekarang ini.. fuel injection era

  2. Sebulan 106biji??

    Ntu karyawan satu plant ngapain zaza lek??
    Enak banget, santai poll kerjanya. Sebulan cuma bikin 106biji mongtor doang

  3. Mungkin salah satunya dari tempat penjualan.
    Coba sampeyan ke dealer kawasaki.
    Ninja 250 di jejer jejer sama motor2 gede. Mulai dari ER6 sampai H2.
    Mulai dari pintu masuk, disambut seolah olah mau beli motor gede.
    Mau service pun (walau mahal) bisa sambil cuci mata liat motor motor impian.
    Image ini susah mau dilawan R25 dan CBR250RR.
    Kalau kita mau beli CBR atau R25 sepertinya kayak mau beli beat.
    Belum lagi sales nya sibuk ngelayani orang beli metik metik yang harus kredit ngga boleh kes keras.
    Mending balik kanan ngopi2 ke kafe di dealer kaos kaki….sambil nyawangi motor motor eksotis, sehingga suatu saat tergoda beli N250…

    • Betul juga sih bro, image di mata orang indonesia bahkan yang masih awan soal motor sekalipun udah terbentuk kalau motor sport keren macho idaman cewek ya ninja, kalau honda n yamaha biar sekeren apapun nilai prestigenya ga sehebat kawasaki karena meski keren n wah langsung teringat matik n bebek yg udh terlalu pasaran. Di sini kawasaki menang di sisi eksklusivisme.

  4. mengingat Honda CBR250RR bisa dibilang unggul dalam segala hal. Kecuali image yang memang sudah kadung melekat pada Kawasaki Ninja 250
    ———————————————————————

    Edyan sampeyan lek ivvb cibiar unggul dalam segala hal??? Cibiar250rr kekecilan fairing-bahan plastik tifis-kemrosak gear-TBW mati kena hujan-desain bosenin-harga operprice ciri khas ngangahaem

    • Jiah ini yang namanya framing….yang jadi bahan beritanya Kawasaki tapi sedikit nyolek keterpurukan CEbeer, bahkan sama R25 sekalipun.
      R25 masih bisa napaslah karena ekspornya yang lumayan…
      Meski diframing oleh penulis berita..tetep aja komennya lebih ke arah keterpurukan Cebeer, kenapa?dari awal lahirnya CEbeer sudah dipatron motor dewa tanpa cacat dan diset untuk jadi nomor satu di kelas 250 cc, apapun caranya, liat aja pas gelaran ARRC kemarin..beritanya ngga sepi2 kaya kampanye. Pas awal2 kelahiran CBR pun ada bumbu penyedap ,recall R25…makin kayak terompet tuh jagat blogshpere…tapi ternyata ah..

  5. Nggak Ninja nggak cinta.
    Permisi gan…numpang titip lapak. Tks.

    Yamaha Nmax semakin tinggi penjualannya : wp.me/p6YoqB-1h0

  6. Lek ivvb sebagai bloger sy kasih tw bocoran kenapa ninja250 masih laris dilihat dari kacamata konsumen ninja250 itu
    Desain moge look gak ngebosenin sampe tahun 2025-kualitas ninja diatas cibiar-suara knalpot standar ninja lebih berwibawa, apalagi knalpot racing ninja padet dan bulet tak dimiliki cibiar-motor 250cc dari lahir memang sudah kenceng dari pabrikan manapun jadi rata rata jarang konsumen awam geber motor diatas 150km/h speed maksimum tidak perlu digali untuk pemakai harian cukup lihat di youtube saja kalau bicara adu speed

  7. Di 7leyopold7 uda kemarin2 keluar artikel ginian. Meski gak panjang lebar tapi berbobot,, kental gak encer gitu istilahnya…

  8. Om IWB knapa sih ngak ngikutin YIMM saja bisa kipas kipas dollar walau domestik ngak payu.. Dari pada belum balik modal belum setahun udah cepe rr. Honda udah keluar buat beli mesin produksi cepe rr, biaya R&D, biaya trial and error, biaya sdm , biaya marketing, biaya aftersales, biaya balapan dll. Keluar duit banyak tapi penjualan cuma cepe rr ya bonyyokk mau suntik mati taruh muka dimana fansboynya. Ya paling bijak ikuti strategi YIMM. Lihat tuh YIMM penjualan lokal seret tapi masih bisa bikin pesta nya R SERIES lewat sunday race untuk komunitas selama 5 seri. Minggu ini seri yg ke 3. Duit dari mana padahal penjualan seret ya jawabannya duit dari export global kipas kipas dollar. Ngak usahlah malu ikuti strategi kompetitor toh selama ini terkenal follower

    • Bener sayap sengkleh sudah kadung melekat sebagai brand follower dan penakut dalam segmen motor baru, pelit dan takut rugi dikit tidak loyal terhadap konsumen dalam membuat produk yang value for money dan berkualitas

  9. Kalo di tmcblog artikel ginian ada gambar batang-batang yg berdiri tegak bang, sumpah tegak banget kayak tugu
    Sayang nya gak keliatan urat-uratnya bang…

  10. FBH pea cebong bosok produk gagal lokal dan gagal ekspor masuk jamban jas jes jos blinya mbeat

    FBY KIpas kipas dollar

    FBK tiup tiup rupiah

    Salam 106 unit

    • Pemilik mbit macam lu ga usah bacot..
      Dah, mingkem saza..dan bayar tunggakan mbit mu. Dah 2 bulan. Ntar diangkut debt collector, nangis lu.
      Ekekekeke…

  11. Fbh kegedean congor thok..
    Disembah2 tapi kagak beli..
    Dah di injek r25 tuhh..
    Akirnya orang sadar kayak apa motor2 buatan ahm tuh kaya apa.

  12. gimana mau beli rata rata di dealer honda cmn ada cebong 150 ngahaha. mana tau lek konsumen ada cbr250rr. akhirnya yg dibeli ya cebong 150

  13. Ini jelas datanya yg salah min..
    Sudah jelas2 cebong rompal juara arrc di jadikan keset sama r25..
    Bagaimana kalo r25 ma ninja di paslip..
    Aku ragu apa cbr ini masih di anggap

  14. Aib dan borok yang memalukan keluar paling belakangan, brand volume maker tapi gak laku, hukum sebenarnya Harga mahal sama dengan kualitas gak berlaku buat cibiar, tau sendiri lah kualitas bikin motor alakadarnya

  15. Busyet bamyak banget yg komen ane mah anti BC kayak fansboy cuma mau bilang ngenes banget nih cbr250rr belum ada setahun lahir udah main 100 unit sebulan padahal cuma jual lokal dan ngak diekspor. Apakah udah balik modal karena produk baru lahir ada setup mesin produksi, trial dan error yg makan biaya, biaya sdm , biaya promosi yg jor jor an, biaya setup aftersales , biaya balapan dll. Udah tahu laku cuma 100 unit kenapa sih ngak ikut YIMM kipas kipas dollar jadi basis produk global toh cbr250rr atau bikin 300cc model ini belum ada dibelahan dunia lain. Apakah terkendala kualitas seperti masalah stuck throttle dan bunyi klotok2 kasar atau karena suka overheat? kalau kapasitas produksi sebagai pabrikan kaya penguasa 75% MS seharusnya ngak ada masalah kendala produksi. Apakah memang the party is over ? Atau karena pecintanya lebih doyan matic entry level

    • The party is over, salah bikin motor masih nanggung sektor desain velg wagu dan dikasih ban alakadarnya, palababi rem belakang 1 piston, minus assist & slipper clutch belom lagi ratusan faktor lain yang disebutkan diseluruh isi komen

    • Iya pesta kebencian,, motor ceberuk 250 rr sesembahanmu gak lu beli tong!! Jas jes jos ra dituku ,,, hajajajjajajajajajajahahah
      Salam mbit pario motor dewa

  16. Ini membuktikan bahwa,, desain lebih prioritas
    Buat Ngahaem dan Embekhaa,, silahkan jual matik sajooo,, kalian ga cocok bikin motor2 150cc keatas ,,, ngoahahahahha

  17. Di belahan bumi manapun motor2 honda gak begitu diminati..
    Cuma di indo honda berjaya lewat motor recehan mbit.
    Kalo mbit juga dah gak laku ahm pasti di jual ma pabrikan indihe..

  18. Ninja susah di dongkel Krn desainnya minimalis dan simpel lek,gak terlalu banyak lekukan.klo CBR sama R25 desainnya terlalu banyak lekukan,seperti gak ada beda sama yg 150cc,di pandang juga cepat bosen,

    • Bener bray . desain ninja 250 fi lekukanya selaras + keker low low profile gituh . kalo untuk cbr desainya keren sih cuman ya itu agak kaku + pilihan warnanya bosenin, kecuali ditambah warna baru macam “pure white” asik nih ( tau sendiri lah facelift decal saja bisa berpengaruh ke penjualan ) . kalo r25 tangki sama fairing sampingya aja yang kurang enak di lihat sisanya sih udah keren abis menurut saya .

  19. Kok pada bisa bilang “cbr250rr belum balik modal” tu gimana sih?
    Di blog laen jg geto….. Yakin dech blogger ga ada yg berani jelasin…. atau saya aja yg kurang piknik?
    Ada yg mau cerita ???

    • karna sebulan cuma laku ratusan unit, export juga gak laku. untuk global dipegang thailand lewat CepekBeRoo 300 arar, tau ndiri kualitas yhailand lebih joss.. oe zaza smpet kesengsem sama CepekBeRoo 250zomblo bikinan thailand,

      nah, untuk biaya RnD , testing, kontrak vendor, beli mesin produksi, belum lagi si CepekBeRoo nyang diistimewakan menempati plant khusus cuma laku 106biji, ntuu karyawan mau digaji pakai apa?
      untung zaza mbiit laris, meskipun pada dibarter sama potokopi katepe

  20. 5 plant kok cuma jualan 100 unit ni gmana critanya..
    Fbh cuma sibuk bc yamaha mulu sih..
    Rugi bandar nih critanya..
    Cbr sang juara balap dagelan gak laku dijual di indo yg notabene sarang fbh.

  21. Strategi marketing honda kurang tepat keknya nih. Produk bagus kok laku dikit.
    JANGAN CUMA NGEJAR EKSKLUSIF JD CUMA JUAL DI DEALER BIG WING.. DEALER KECIL KASIH JUGA DONG TUH KAYA KAWASAKI PENYEBARAN UNIT LUAS HAMPIR TIAP DEALER PUNYA.

    • Bener vroh saya pernah lihat di mall matos gak ada wownya kayak motor 150cc kecil bingit coba jejerin ma r15v3 sudah gak ada nilai wahnya

  22. Coba lek Iwan ksh tau AHM.. Suruh upgrade kualitas material body plastiknya.. Coba bandingkan dengan seksama dengan Ninja.. lebih2 dengan suzuki gsx.. Nak jare wong ndeso “motor larang kok miur miur”

    • betul… AHM terlalu kelewatan ngasi harganya.. gk sebanding ma kualitas.. ambil margin nya terlalu tinggi… motor 250cc kok material sama kaya mbit..

  23. Menilik resource kawasaki yg g banyak bikin petinggi kawasaki bernapas lega melahirkan segmen lain selain strategi new ninja 250 yg akan diundur melihat penjualan yg masih positip… Kecuali sebaliknya…

  24. Kualitas masih payah dan apalah-apalah itu yang bikin konsumen kapok, sekarang orang melek internet tau mana yang value dan tau mana yang bagus, yang jualan mahal dan gk bagus kelaut aja

  25. Masyarakat jauh lebih tau soal kualitas , percuma aja fitur segudang tpi penyakitan , kawasaki di lawan
    Dan ngomong” kapan faceliftnya kawa , lama” kesel ane nungguinnya

  26. lek iwb bahasa nya bulet ra karuan, bilang saja CBR di tabokin sandal swallow sama R25 dan N250.

    NGONO TOK KOK BULET BULET KOYO SUSUR

  27. Erselawe biar seret julan domestik tapi masih bisa eksport ke eropa..
    Saran buat ahm jngan malu2 buat recall..bukan aib ko.jangan denger ocehan fanaboymu recall itu buosok.

  28. Mungkin karena peminat Ninja bukan untuk balap sekedar prestis saja. Bisa jadi mengundur all new-nya, dan justru mempercepat all new cbr.

  29. CBR walaupun dgn segala kelebihan masalah harga jadi realistic konsumen terlalu upper alias kemahalan. Kalo R25 seharusnya bisa lebih baik wktu pertama realise dr ninja kayaknya salah warna streaping kurang barang.

  30. Ayo sales fbh ,,, lembur sebar brosurnya,,,
    Sebar juga dipedesa an,, biar laris manis,,
    Hahahha,,sekalian BC dimana2
    Dan bilang kalo honda motor ter awet, irit ,

  31. Mau bilang CBR kesalip R25 berat sekali ya mas? Ini kelas 250cc lho ,harusnya judulnya lebih heboh dari kemarin Supra GTR nyalip MX king. Berat apa berat mas?

  32. Coba kalo makin mlempem ya n250fi, pasti bakal kocar kacir kawasaki, dan berita baiknya untuk konsumen n250 makin dipercepat buat facelift, kalo begini ceritanya kawasaki bisa bisa gantri striping doang taun depan

  33. Disamping design yg gak lebay, dan everlasting.
    Material dan harga yang ditawarkan cukup menggiurkan untuk n250, dibanding rival sekelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here