iklan iwb
” Spyshot Yamaha Vixion gen 2…”

Iwanbanaran.com – Kangbro….IWB seringkali tersenyum melihat adu debat para fansboy. Cucuk-cucukan, sampluk-samplukan, gepuk-gepukan, kaplok-kaplokan…jejek-jejekan…. tendang-tendangan seperti tiada akhir. Namun beda dengan Suzuki ataupun Kawasaki yang cenderung lebih kalem, Fansboy Yamaha (FBY) vs Honda (FBH) cenderung liar. Kuwi cak…bosone jiann ngeri tenan. Padahal kalau kita merenung secara mendalam, keduanya saling membutuhkan. Dan suka atau tidak…..kita memang harus berterima kasih kepada Yamaha untuk sesuatu hal. Lhoooo…koq iso??…

IWB masih ingat di awal tahun 1999-an bagaimana stagnannya inovasi dari para pabrikan. Masa transisi dari mesin 2 tak ke 4 tak memang cukup berat. Khususnya bagi Yamaha ataupun Suzuki yang saat itu mencoba peruntungan dengan mengeluarkan beberapa motor 4 tak termasuk generasi Shogun serta Crypton….

Di era itu, pasar 4 tak memang dikuasai oleh Honda yang sejak pertama konsisten memasarkan mesin 4 tak di dunia. Memiliki pasar sendiri, eksistensi Honda nyaris tidak tersentuh oleh Yamaha ataupun Suzuki. Sedang Kawasaki mereka berusaha menggebrak pasar lewat motor bebek Kaze-R yang ternyata juga lumayan kesulitan di pasar. Ketika itu mereka lebih sukses memasarkan Ninja 150 series….

iklan iwb

Kondisi market ini membuat pabrikan seperti tidak ada inovasi. Status Honda yang tidak memiliki lawan langsung tak tersentuh oleh siapapun. Jadi jangan heran jika Honda Tiger menjadi motorsport 4 tak terfavorit. Dan memang dalam pandangan IWB desain yang paling cakep dari Honda waktu itu hanya Tiger. Sementara generasi GL Pro digantikan Megapro yang secara desain malah bisa IWB katakan kehilangan karakter sportynya. Lek boso gampange….bapak-bapak style. Embohhh….rek, iki desain paling susah pokoke. Didelok ko ngarep, samping lan mburi ora ono mbois-mboise blas….

” Honda Megapro IWB lansiran 2002……desain standar tapi mesin awettt puoll “

IWB wae waktu itu sampai bingung mau menjatuhkan pilihan. Maklum di tahun 2002 tidak banyak opsi yang bisa kita pilih sebab rata-rata motorsport yang menggunakan mesin 4 tak didominasi oleh Honda. Artinya kita memang tidak ada pilihan lain jika tetap ingin meminang mesin 4 tak Motor laki dengan harga terjangkau. Kendati desain kurang sesuai selera, mau nggak mau tetap kita boyong. Untungnya rekam jejak Honda untuk masalah engine tidak perlu diragukan. Dari pengalaman IWB, rata-rata mesin mereka tetep bandel walau sudah termakan usia. Jadi….walau bentuknya wagu, motor tetap IWB boyong…..

Waktu terus berjalan. Yamaha yang waktu itu dipegang oleh PT YMKI sangat agresif. Beberapa gebrakan mereka terlihat nyata seperti lahirnya Majesty ataupun Nouvo. Di saat lainnya anteng dengan posisinya dan terkesan cenderung mencari aman karena pasar sudah terbentuk….Yamaha seperti bergerilya. Mereka mencari market lain yang belum terjamah. Test and error skutik pun terjadi cak. Seperti Majesty ataupun Nouvo adalah beberapa contoh produk Yamaha yang bisa dibilang gagal mencuri perhatian Bikers…

Herannya mereka tidak pernah kendor. Usaha pun mulai membuahkan hasil ketika mereka melahirkan skutik mungil dengan label Mio di kisaran tahun 2003. Motor ini booming dengan positioning sebagai tunggangan lady Bikers. Honda yang waktu itu memegang market terbesar moped masih terlihat santai tidak menunjukkan reaksi. Akan tetapi dari waktu ke waktu Market Share skutik Yamaha ini makin meluas…..

Serangan skutik belum selesai, pada tahun 2007 serangan keduapun muncul. Yamaha secara mengejutkan merilis motorsport yang melompat dari tren pasar waktu itu yang rata-rata mengusung mesin SOHC 2 katup dengan sasis pola berlian. Diberi nama Vixion (sebelumnya tersiar kabar Viper), mesin yang digendong SOHC 4 katup, water cooled dengan sasis deltabox. Semuanya terperangah. Market Share sport 150cc pun dedel duwel. Pangsa pasar sport Honda langsung digerogoti dengan sangat serius. Beberapa kali Honda melakukan revisi atau Facelift terhadap Megapro namun tidak memberikan Efek signifikan….

” Generasi pertama CB150R K15A….”

Market Share Yamaha terus naik dan pada puncaknya pabrikan garputala sempat menembus nyaris 50% pangsa pasar nasional. Kompetisi yang makin panas membuat Honda merubah strategi. Sebagai pabrikan besar akhirnya tim dirombak. Squad baru dibentuk untuk melakukan gebrakan. Survei riset dan development pengembangan produk baru diintensifkan. Seperti apa keinginan para Bikers tanah air dan seperti apa produk yang akan dipasang untuk menggempur Vixion-pun diracik. Kata kuncinya adalah…mesin harus lebih superior dengan sasis berbeda…..

Akhirnya gebrakan awal mereka di kelas 150cc yang sempat IWB bocorkan dengan label sasis tralis lahir. Mengusung kode produksi K15A, Honda sukses merilis CB150R generasi pertama ditahun 2012. Mengusung mesin dari CBR 150R Thailand yakni DOHC 4 katup…. ikhtiar pertama belum membuahkan hasil. Kenapa ?. Sebab ketika mereka merilis generasi yang disinyalir menggunakan basis pengembangan dari Old vixion, justru Yamaha sudah melangkah dengan New Vixion….

” Yamaha rilis new Vixion…”

Disaat Honda merilis CB150R, Yamaha merilis new Vixion dengan body lebih gahar, ban besar dan segudang perombakan total. Saat itu Yamaha mampu menangkis tekanan Honda dengan CB150Rnya (K15A). Kompetisi yang cukup alot membuat Honda terus terpacu. Tidak banyak yang tahu ketika generasi K15A lahir pada saat itu Honda sudah melakukan pengembangan secara paralel dengan label K15G……

Selang 3 tahun setelah itu atau tepatnya 2015….PT Astra Honda Motor melahirkan sebuah produk mengejutkan. K15G adalah generasi CB150R kedua yang bisa dibilang sebagai “the best design” karena dari desain nyaris tanpa cela. Diintip dari manapun enak cak. Perombakan besar-besaran dengan tetap mengusung fitur yang lebih Advance membuat Yamaha saat itu sedikit tertinggal. Disini Yamaha merespon namun kurang cepat….

” Honda CBR150R K45G vs K45A…”

Proses riset dan development terkesan sedikit lambat dibandingkan dengan sebelumnya. Kondisi ini terbalik dengan Honda yang terlihat agresif serta terus secara konsisten mengeluarkan produk-produk revolusioner. Intip saja lahirnya CBR150R generasi K45G yang juga di luar dugaan. Disaat R15 V2 stagnan tidak disentuh, Honda sudah mengeluarkan dua kali facelift yakni K45A dan K45G. Dan dilalah desainnya ganteng cak. Sementara Yamaha ketika itu hanya melahirkan New Vixion Advance alias versi minor change pada bagian lampu…

Butuh cukup lama bagi mereka untuk melahirkan All New Vixion yang menggunakan mesin VVA. Honda juga tidak terbendung di kelas matic entry yang diisi oleh Beat. Terasa berdarah-darah, kembali Yamaha mencari jalan lain lewat hadirnya Maxi Scooter. Sebuah segmen yang sudah diiisi Honda namun tidak dikelola serius dengan PCX-nya. Yamaha?. Sukses cak. Alhasil Hondapun disinyalir tergelitik untuk terjun ke sana. Bukan hanya PCX CBU, akan tetapi generasi yang nantinya akan dipasang secara head-to-head untuk memukul eksistensi Maxi scooter Yamaha NMax 150…..

” Test Sentul Yamaha NMax 150 saat pertama kali rilis….”

Dari sedikit cerita diatas bisa disimpulkan bahwa mapping atau Jalan alur cerita strategi kedua Rival tersebut sebenarnya sudah bisa dibaca. Kebanyakan Yamaha membuka Pasar baru….setelah itu Honda akan datang dengan segala kelebihan ditawarkan. Revisi dari berbagai fitur serta kekuatan dari produk untuk mengkoreksi kelemahan produk Rival sebelumnya ampuh menyingkirkan lawannya. Mungkin tidak semuanya Honda nyemplung setelah Yamaha membuka jalan…

Contohnya di kelas skutik retro di mana Hondalah yang memulai dengan hadirnya Scoopy. Yamaha pun coba mengikuti kesuksesan Honda lewat Fino. Walau usaha tersebut belum mampu menggeser dominasi Scoopy yang nyaris tidak tersentuh. Apapun itu, kompetisi antara keduanya memang membuat market roda dua tanah air cukup berwarna. Rivalitas abadi baik di market tanah air ataupun di ajang balap MotoGP sekalipun, keduanya seperti musuh bebuyutan. Termasuk fansboy-nya…

Namun harus kita akui, gebrakan Yamaha yang cukup agresif dengan menurunkan produk dan inovasi baru membuat Honda tidak bisa duduk santai. IWB sendiri memiliki keyakinan, seandainya Yamaha tidak menggedor pasar dan membuat Market Share Honda digerogoti secara serius di tahun 2007….mungkin arah dari persaingan roda dua tidak seperti sekarang. Produk disinyalir tidak jor-joran dan mungkin diracik ala kadarnya. Yakinlah cak, inovasi tidak mungkin lahir tanpa ada kompetisi…

” Yamaha R25 prototype……(Tokyo Motorshow 2013)”

Jadi suka atau tidak…..kita memang harus berterima kasih kepada Yamaha. Sebab tanpa mereka, sepertinya mustahil bisa membangunkan “macan” tidur seperti Honda. Ketika tekanan itu datang dengan serius, sudah pasti pemegang kekuasaan tertinggi tidak akan rela dan berusaha merebut kembali hingga titik darah penghabisan. Mungkin jangan pernah berharap Yamaha akan kembali pada posisi sebelumnya di mana Market Share menguasai 50% nasional. Kenapa?…

Selain kekuatan produksi, secara resources Yamaha bukan lawan dari grup Astra. Apalagi dari pengamatan IWB, PT AHM sekarang sudah berubah total. Mereka bukan lagi Honda yang dulu. Namun mereka sudah menjelma sebagai sosok berbeda…cerdas, lincah dan gesit seperti halnya Yamaha diera lawas. Mereka seperti enggan lengah dan kecolongan oleh lawan….

Disisi lain Yamaha saat ini sepertinya masih berusaha mendapatkan identitas aslinya. Proses “tuning” dan sinkronisasi yang seharusnya jangan terlalu lama sebab tiap detik waktu akan berpengaruh besar terhadap market share yang mereka bangun. Tapi sekalinya frekwensinya klop?. Honda seharusnya tidak menyepelekan sepak terjang Yamaha. Dan tanpa Yamaha pula, kemungkinan eksistensi para FBH pun juga tidak akan sesolid sekarang. Mangkane wisss…..wawuh kono berdua. Berpelukan kayak teletubies ngono lho. Piye-piye o sampeyan ki saling membutuhkan lho. Ibarat ABG, ?benci tapi rindu cak. Cie-cie :mrgreen: ……(iwb)

219 COMMENTS

  1. Intinya disini;
    Yamaha : Innovator
    Honda : PENGEKOR namun berhasil
    Kawasaki : Gak Sewot, Gua Punya Jalan Sendiri
    Suzuki : BINGUNG Pengen Ikut Tapi Setengah-setengah….
    TVS : Aku Mah Apa atuh,. Cuma Butiran Debu di Gurun Sahara

    Ayo Suzuki Kejar KetertinggalanMU !!!!!

  2. Ada yg ketinggalan Lex… Inovasi YIMM dengan menelurkan bebek Super Jupiter MX yg mendominasi pasar bebek 150cc, honda mengekor tp g berhasil biarpun akhir” ini mulai ad apeningkatan penjualan, entah strategi pasar atau emang beneran diterima pasar, patut ditunggu 2 bln kedepan penjualan Supra GTR nya.

    • Padahal inovasi honda yang menelurkan mesin bebek 125cc paling bandel dan irit
      Dimana versi karburator bahkan lebih irit dari injeksi nya yamaha
      Yang masih laris sampai sekarang
      Bahkan yamaha pun ga berani ikut2an masuk segmen itu

      1 lagi, inovasi honda matic 150cc, dek rata,
      Mau ditiru tuh sma yamaha, setelah aerox gagal cuma 10rb per bulan

  3. Apapun motorya n mereknya apa pasti nek kene nggo ngusung jagung..lek mbok diomongne kon ngetokne motor niaga sing murah2 ae..penak nggo momot ra model njengking2 nguno kae

  4. jok lali suzuki lek meskipun aq bukan fbs tpi suzuki pernah merajai lewat night rider nya
    spin shogun dan smash
    dan di kisaran tahun 2009 suzuki menelurkan satria fu lokal
    dan membuat honda gk berdaya klo az suzuki di saat itu jg mendatangkan gsx series mungkin artukel samean berbeda lek

  5. waduhh review kang iwan jadi mengingatkan saya pd masa2 pusingnya jaman kuliah.. hehe… hanya saja permulaan jd biker saya dimulai dari suzuki smash dan kecelakaan wkwkwk… yg paling berkesan lanjut beli old vixion lampu bulet… dari modif sampe masalah cewe semua dapet dr kharisma nya old vixion merah tsb… hahahah… jelang masuk thn ke 5 vixi kesayangan sering mogok.. minat naik kelas ke z250.. walahhh duit kerja harus dibayarkan kuliah part 2… yah sudah setidaknya meningkat aja jadi gear 6 CBSF150.. heheh.. skrg butuh yg lebih strong nih buat antar calon istri mudik bandung – cidaun.. hah slesei nih curhatnya.. wkwkwk hatur nuhun kang flashback nya… 🙂

  6. Honda ga berubah lhoo… 1 mesin jadi 4 tipe motor.
    Yamaha yg berubah , nmax, new r15, vixion r, aerox pake satu mesin… R25 main aman tanpa fitur. Xmax tanpa vva.
    Analisa kurang joss, piye iwb?

    • R15 matic dong wa..
      Beda lah ..kalo r15 sama viksen yg d ambil headsilinder sama vva doang dr nmax bukan utuh sama transmisinya
      Mx king dan viksen aja beda dr bak mesinnya jga.
      Kalo honda plek sama satu mesin semuanya.

  7. Yamaha penjualan berantakan …sales upping merajalela … konsumen bukan nomer satu,jadi mesti mendingan mana lah

  8. aku jek setia karo scorpio lek
    wes bertahun-tahun
    cat ijek OKE
    mesin ijek ALUS
    mlayu ijek JOZ

    pokoke Yamaha top lah

  9. Saya mah bertrimakasih ma jepang…. secara jepang tuh world leading technology.
    masyarakatnya begitu civilized, modernisasi and budaya lokal seimbang sama-sama maju. Negara sekecil itu kok mampu mendjadjah indo ya? Berani attack amrik pula…. Ckckckck….. Sangat laik utk dipuja puji nih bangsa kampiun tenan. Sujud sungkem laaagh seharusnya, gak cuman trimakasih

  10. Rivalitas pabrikan menguntungkan konsumen, karna disuguhi produk yg up to date, tapi bisa juga merugikan konsumen. Udah nabung mau beli motor tipe -x, beberapa bulan kemudian nongol tipe -x yg lebih bagus. Jadi galau..

    aradea59.com/2017/09/10/with-great-power-comes-great-brake-pad/

  11. Yang saya tau…..motor matic prtama ya vespa corsa, ada juga kymco
    tpi yang di anggap prtama mio……
    70% vendor honda, yamaha, kawasaki dan suzuki itu sama……jadi ga usah di ributin…..ga ada yg merk salah motor yg hebat…..sama aja…beti..beda” tipis
    Tiap merk motor ada + dan – nya….. Mang ga bakal bisa bikin motor sesuai kemauan minoritas…pasti global karna intinya jualan
    SOHC ama DOHC ga prlu di ributin….tergantung selera.karakter mesinnya beda tinggal kita pilih yg mana
    Toyota(astra) ikut campur tangan di yamaha
    HPM(honda prospect motor) yg bukan astra juga ikut andil di AHM ( astra)
    AHM ama HPM bukan satu grup, lambang honda nya juga beda….jangan salah kaprah bro
    Ibaratnya kalo motor honda itu toyotanya di mobil…dan yamaha motor itu hondanya di mobil
    Motor ya honda…..
    Mobil ya toyota…kira” gtu gambarannya

    Kita sbg konsumen tinggal pilih selera mau yang kaya apa…..

  12. Kebanyakan Yamaha membuka Pasar baru?.setelah itu Honda akan datang dengan segala kelebihan ditawarkan.

    Dan.. Kang IWB pun mengakuinya lho.. 😀 😀 😀

    *kabooorrrr.. selak disawat swalow.. 😀 😀 :p

  13. Lek IWB ki nek gawe kata2 bak komentator bal balan…. menceritakan brand motor yg saling serang… tenan……moco tulisanne seperti nonton bola!!
    hahahaaaaa……………..

  14. Saya sepakat pake banget sama tulisan Kang Iwan.
    Harus ada provokasi positif, biar konsumen mendapatkan opsi/pilihan yang sama – sama bagus.

  15. Cuma satu aja buat gue yg gk enak dari motor honda
    Kalo di ajak cornering gk nurut bgt.
    Dirumah ada buat acuan antara Byson dan CBSF150, tp byson lebih asik dibawa cornering ketimbang cbsf.
    Di Cibodas arah warung jambu kan lewat puncak jd kerasa mana yg enak buat nikung hehehe

  16. 2015 2016 gw punya mio m3 & nmax

    Sekarang udah di jual2in

    Ganti mbit dan vario 125 esp

    Tapi sya FBY gimana dong???

  17. Vario 125 motor limbung, sensasi ban depan kempes n handling kaku

    Tapi aneh kok tetep laku ya???

    Namx motor keren, handling super, enak buat nikung tajem…sock kurang empuk

    Motor ngondah masih dibawah ymaha kalau soal finishing, durability mesin dan handling

    Dah gitu ajah

  18. saya memang penggemar yamaha, tpi dirumah ada honda ada juga suzuki, kalo masalah irit yamaha nggak kaya dulu honda nggak kaya dulu, menurut saya ada beberapa produk dimana yamaha lebih irit, tp semua plus minus, kalo pengen posisi riding enak pilih honda, kalo yang suka nikungnya miring2 ya yamaha, kalo yang suspensinya enak ya suzuki itu kalo pendapat ane semua ada plus ada minusnya sesuaikan selera dan kebutuhan

  19. yamaha ibarat sebuah buruan yg dikejar ingin selamat..sdg honda adalah predator yg mengendao endap mencari celah memangsanya…

  20. itu pun yang saya pahami setelah saya beli CB150R streetfire (Kok Vixion banget) unggul di cakram belakang dan lebih tinggi + lebih kekar sedikit, minusnya blm kelihatan saat new vixie blm muncul. akhirnya memang harus berterima kasih kepada Yamaha, tanpa Yamaha, Honda gak akan serius menggarap barang dagangannya.

    • Honda viksen bro..
      Apakah nnt kalo facelift allnew masih pke kontak d tangki..karn yamaha balik ke kemudi dan fbh pun ngeledek kunci kontak kayak verja.
      Gak nyadar ..

  21. Berdasarkan putusan KPPU, menurut saya adalah blunder jika yamaha justru berkartel dengan honda. Seharusnya fight di pasar malah ikut honda

  22. Suwun yamahaaa

    bikermendowan.id/2017/09/14/%e2%80%8btestimoni-owner-wuling-surabaya-lebih-bagus-mobil-jepang-daripada-china/

  23. Yakinlah Tanpa Ada kompetisi, mungkin supra fit series, fit s, fit x, Dan mesin turunan c100 series produk mesin tahun 1989 mungkin masih tetep dijual hingga skrng.

    Dan Honda masih mempertahankan ciri khas suspensi lembutny, Dan ergonomi berkendaraannya yg Santai.

    Skrng saya kira beda beda tipis antara suspensi Honda Dan Yamaha. Sama sama keras.

  24. Ada apa dengan yamaha lek iwb?
    design motornya kenapa sekarng malah mengalami kemunduran?
    beda ketika zaman mio, vega-r,jupi-z. Itu dulu motor dengan design yang luar biasa bagus.
    Coba tanyakan ini ke petinggi Yamaha lek. Saya kawatir honda kembali tertidur.

  25. image yamaha motor kencang,diwakili oleh RX King pada era pertengahan 80 hingga awal 90an, dipatahkan oleh kehadiran Suzuki RGR ‘sprinter’ pada tahun 1991, sedangkan RXZ yang lahir 1989 kurang diminati dan tidak bisa melawan RGR,begitu pun dengan RZR,iming-iming Yamaha adalah juara dunia GP500 sedjak 1990-1991-1992 dengan poster Wayne Rainey tidak bisa mendongkrak penjualan RXZ dan RZR (la iyalah jaman itu penggenar GP500 sedikit,kalo gak beli tabloid Otomotif ya gak tau jalan ceritanya) kemudian roda berputar, Honda yang terkenal raja 4Tak menyentak kaum speedgoers dengan NSR150, motor 2 tak yang tidak ngebul, langsung RGR melipir,di kalangan liaran pun jadi perbincangan hangat, RGR yang terkenal kencang TATAS oleh NSR !!!
    Kemudian Kawasaki masuk setelah absen 1 dekade pasca bubarnya Binter, masuk dengan Kaze di tahun 1995, kemudian di gelaran ARRC 1995 mereka gerilya dengan nyebar brosur Kawasaki Victor 150, akhirnya keluar juga dengan Ninja 150 di tahun 1996, Ninja 150 desainnya berbau motor turing ala Tiger, tapi ini 2Tak dan mesinnya juga kencang,bobot ringan,gak kayak motor sport jaman sekarang 150cc tapi beratnya 145kg dan gede-gedean ban…
    Yamaha masih terpaku dengan RX series,gak bisa berbuat banyak diajang roadrace..
    Era 1998,Yamaha memasukkan bebek Y125Z dan Yamaha TZM, juga sedikit Yamaha Touch,meski mereka kencang,tapi harganya gak nutut,apalagi saat itu era krismon,biker yang bisa beli memang wong sugih,mungkin tabungannya pake dollar jadi pas rupiah melemah,mereka mendadak sugih…

    Nah Yamaha TZM ini cukup merepotkan Kawasaki Ninja team CMS di ajang road race,juga Honda NSR 150RR team Dunia Motor,saat itu 3 motor, NSR,TZM,Ninja150 (belum RR) ditahbiskan sebagai motor kencang.Sedangkan Y125Z susah berkembang,meski lebih kencang daripada Satria 120R dan lebih murah daripada Honda Nova Dash yang dijual Importir Umum,karena memang saat itu tidak rasional membeli motor bebek seharga 18 juta,sedangkan bebek lain paling mahal hanya 12juta\

    btw, selain Majesty,Nouvo, ada satu lagi produk gagal skutik Yamaha,yaitu YAMAHA GLIDE 2stroke 100cc .. sorry to say,kalo sampean biker tahun 90an ,dan gak tau Yamaha Glide pernah dijual disini,berarti sampean kuper jaman segitu 😀

  26. Karena filosofi HONDA itu ATM (AMATI TIRU MODIFIKASI) FILOSOFI KUPLEE… CILAKALUAWELASSS.. DOCH HELLO KITTY

  27. Mungkin jangan pernah berharap Yamaha akan kembali pada posisi sebelumnya di mana Market Share menguasai 50% nasional. Kenapa??

    Blognya disponsori honhon. Kata2nya pro honhon.. mau komeng aja harus kena clickbait ke situs honda berkali2.. suwek suwek..

  28. Lah, saya punya honda Vario sama Xeon, Mio
    Lah tapi yg jebol duluan Vario saya sampe berkali-kali, nah Mio gue udah sepuluh tahun gak pernah tidur mesin!, Nah Vario baru 3 tahunan dah ringsek gan tak kalo Xeon ane udah 6 tahun masih mulus josss, jadi terbukti siapa yg paling kuat? ??

  29. Kalo ane perhatiin, arah motor skrg ke arah skutik, karena orang udah capek kopling, makanya nmax sedang naik daun dengan dibayang2in sama aerox. Bahkan, vario 150 orang udah jarang melirik. Karena terlalu berat dengan body lebih kecil dari aerox. Bisa jadi yamaha udah nyiapkan facelift untuk nmax saat kelahiran pcx lokal.

    Yamaha juga gebrak pasar motor laki 150 dengan menghadirkan xabre dimana mengutip desain dan model dari KTM duke. Banyak orang minat duke tapi harganya kemahalan. Makanya yamaha ngeluarin xabre dengan harga yg bisa dijangkau. cc motor nomer 2,yg penting desain ?

  30. Bener, Lek. Sekarang tinggal Yamaha yang kudu interospeksi diri. Sebenarnya simple sih… kuncinya begini,

    Selama Yamaha tetap pake suspensi keras,

    Selama komstir yamaha tetap koplak,

    Maka yakinlah,… yamaha tidak akan pernah mampu mendekati penjualan Honda. Camkan itu!!

    Yamaha harus mau jinak pada kemauan pasar, jangan keras kepala kayak para fby.

    Fbynya juga pada koplok. Udah tau merk yang disembahnya ketinggalan, eh bukan dikritik biar maju malah di bela-belain dengan mata tertutup. Ya sudah. Berhala pujaan elu elu pada bakal keok aja selamanya. Koplok kan?

  31. Pernah makek yamaha mio 2010 sampe 2016 kilometer udah jebol mentok, ga pernah turun mesin, enak di ajak nikung, cuma rewel sering jajan gampang aus, mungkin karena makeknya gaspol mulu.

    Ganti suzuki nex, gimana ya, pokoknya enak dipake, motor ga rewel jarang jajan, suspensi enak, lumayan irit, enak di ajak nikung, super kenceng walau 110cc, pokoknya manteb, cuma ya itu bodynya jelek :V

    Lanjut ke honda, gua ga punya motor honda tapi 80% orang terdekat gua makek motor honda,
    Pernah ngetrip dari tangerang ke bogor
    bawa honda beat 2012, ga enak di ajak nikung, suspensi lumayan enak, kurang tenaga di tanjakan,
    Bulan berikutnya ke bogor lagi pake yamaha fino 2012, enak di ajak nanjak, dan ternyata lebih irit yahama fino,
    Yang katanya nih ya, honda beat itu juara iritnya tapi gua ngerasaiin sendiri kalo yamaha fino itu lebih irit,

    Gua ga bisa berkomentar banyak tentang honda karena gua ga punya motor honda dan makek bertahun tahun

    Tapi itu gua cerita berdasarkan pengalaman gua sendiri…

Comments are closed.