” Baimana progres sirkuit tanah air Jakabaring yang sempat menjadi hot topic di awal tahun 2017?. Sepertinya sirkuit Jakabaring makin jauh dari angan “

Iwanbanaran.com – Bro dan sis sekalian….. musim kalender MotoGP 2018 sudah dirilis oleh pihak Dorna. Secara total ada 19 sirkuit yang akan digelar musim depan. Salah satu pendatang baru di Asia adalah Thailand. Kondisi tersebut membuat kita bertanya…..apa kabar dengan Jakabaring?. Baimana progres sirkuit tanah air Jakabaring yang sempat menjadi hot topic di awal tahun 2017??. Setelah celingak-celinguk kiri kanan entah kenapa sepertinya sirkuit Jakabaring makin jauh dari angan. Waduh….

Jadwal kalender MotoGP 2018 sudah dirilis secara resmi oleh Dorna. Dan penambahan lokasi yang dipastikan akan menjadi tuan rumah ajang balap bergengsi roda 2 ini adalah Thailand. Sirkuit Chang Buriram akan menjadi salah satu sirkuit yang resmi disambangi MotoGP. Jadi musim depan secara total akan ada 19 seri yang harus dilewati oleh para pembalap. Jadwal sendiri sedikit lebih maju di mana untuk Losail Qatar digelar tanggal 18 Maret. Artinya schedule maju satu minggu dibanding tahun ini kangBro…..

Menyimak dari schedule MotoGP yang sudah dirilis oleh pihak Dorna terlampir, nama Indonesia tidak tersebut sama sekali. Beda dengan Finlandia yang tidak banyak berkoar-koar akan tetapi mereka dipastikan bakal masuk jadwal MotoGP di tahun 2019…isu tentang Indonesia malah negatif. Yup….Indonesia sama sekali tidak memperlihatkan sinyal apapun. Termasuk Jakabaring yang sebelumnya begitu getol dikabarkan akan membangun sirkuit internasional….

iklan iwb

Kalau sampeyan pantau berita tentang sirkuit yang kabarnya akan dibangun di Palembang Sumatera Selatan tersebut nyaris tanpa ada kabar. Mungkin yang terakhir sekitar Maret 2017, pembangunan Jakabaring terbentur dengan masalah perizinan yang berkaitan dengan detail engineering design (DED). Setelah itu tidak ada kabar sama sekali cak. Bahkan ketika IWB coba mengumpulkan informasi, di sekitar lokasi Jakabaringpun tidak ada pergerakan mencolok. Artinya proyek ini memang jauh dari angan kangbro….

Sebagai anak bangsa kita memang berharap negeri ini memiliki sirkuit internasional. Akan tetap sebagai anak bangsa pula…. harapan tinggi tersebut jangan sampai membuat kita kecewa. Soalnya wis sering pakde di PHP perkara sirkuit. Jadi mending buang jauh-jauh harapan yang terlalu tinggi. Walau sebenarnya harapan tersebut wajar mengingat negeri ini tidaklah pantas disebut miskin. Lawong garap jalan tol ribuan kilometer wae sanggup, mosok sirkuit ora. Intinya tergantung niat dan sekarang terlihat memang durung niat tenan. Jadi kalau ada yang bertanya….piye Jakabaring ?. Jawabannya…hanya Allah SWT yang tahu cak… :mrgreen: ……(iwb)

Provisional 2018 MotoGP calendar:
Round 1: 18 March Qatar* Doha/Losail
Round 2: 8 April Argentina Termas de Rio Hondo
Round 3: 22 April Americas COTA
Round 4: 6 May Spain Jerez de la Frontera
Round 5: 20 May France Le Mans
Round 6: 3 June Italy Mugello
Round 7: 17 June Catalunya Catalunya
Round 8: 01 July Netherlands TT Assen
Round 9: 15 July Germany Sachsenring
Round 10: 5 August Czech Republic Brno
Round 11: 12 August Austria Red Bull Ring
Round 12: 26 August Great Britain TBA
Round 13: 9 September San Marino & Riviera di Rimini Misano
Round 14: 23 September Aragon MotorLand Aragon
Round 15: 7 October Thailand Buriram
Round 16: 21 October Japan Motegi
Round 17: 28 October Australia Phillip Island
Round 18: 4 November Malaysia Sepang
Round 19: 18 November Valencia Ricardo Tormo-Valencia
* Evening Race

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

70 COMMENTS

  1. Kalah dari thailand, dari situ aja udh kliatan melasnya negara ini, bego2 bgt orgnya, pindah ke amerika aja ah.

  2. Masih kdu sabar cak, mungkin lebih di utamakan bangun infrastrukturnya, jgn sampe sirkuitnya udah jadi, nt di sekitarnya masih jalan makadam, hehe kan repot juga, rossi ajah ngeluh kalo di sekitaran sirkuit ga ada hiburanya.

  3. dagh gk usab ngimpi motpgp di indo waaa
    tunggu ?️PREDATOR?️ for RI1 n davh gk ad lg KPK
    negeri bwbas korup ???????

  4. sirkuit kurng mnguntungkan barang kali jd pngusaha ogah invest pemmprok cma php doang… pabrikan honda aj yg msnya 75 persen kg ada niat … nasib3….

  5. Klo niat sih siap aja Cak.. Klo ini ya Ujung Ujung nya Duit…
    Kmrn modus itu, bela belain nyamperin Dorna dng kedok approval gmbr desain segala (di zaman sdh email-email an), padahal target nya dpt ikatan/tanda jadi dari Dorna supaya bisa jd dasar cari utangan ke pemerintah/bank/investor/dll.. ternyata gagal sodara…Dorna minta sirkuit jadi dulu..wkwkw.. Beda sama Finlandia, diam-diam persiapan lahan, pembetonan, baru ngajukan diri..

    So..ga ada duit ya ga dibangun.

  6. sejak awal juga udah jelas php, sirkuit motoGP diluar jawa, ngimpi, sponsor mana yg mau danain ?, penduduk terbesarnya juga pulau jawa, yg mau ngesponsorinnya juga mikir, balik modalnya gimana kalo bangun diluar jawa. indonesia emang sabang sampe merauke tp penduduk terbesar itu di jawa, diluar daerah itumah receh.

    • @Nurdin Sorry brader Pencitraan?? Emang doi masih bisa jadi Gubernur lagi??

      Saya cuma kasih tau aja tanah Gunung tempat ane ludes jadi danau, gara2 pembangunan Sumsel apa lagi ada Asia Games 2018 dan menimbunan Circuit Jakabaring yang tetap terus berlanjut kenapa? Karna ada danau di tengah Circuit untuk di gunakan di Asia Games 2018 nanti. Php?? Wkwkwkw….. Sabar subur cak. :mrgreen:

      Salam Bikers Sumsel brader.

  7. Php mh udah biasa….kalo mnjelang pilkada ato pemilu pd obral janji…bgt udh dpt jabatan…lupa sm janjinya….hadeuuuuuh CPD…..wooooi..coba itu yg pny meikarta…bisa ga bikin sirkuit bwt motogp…jgn cm apartemen sm pertokoan aza…

  8. gak ada jalan tol yang dibangun sampe ribuan kilometer selama 2 tahun terakhir, semuanya tinggal gunting pita, buat bayar hutang aja gak sanggup, apalagi bikin sirkuit… ngimpi!!!

  9. Secara celah korup kagak ada masbrodab, yaa mana bisa jalan. Korupsi itu olinya pembangunan….. ngiah ngiah ngiah

  10. Jelas namanya jakabaring
    Ya proyeknya jg berbaring
    Mbok namanya yg tidak identik dgn tidur misal jaka berdiri
    Atau jaka bangun

  11. Petinggi di negeri ini memang seneng koar koar supaya dianggap Super Hero (Aslinya pencitraan), modelnya dah macem-macem mulai dari Pura-pura Super Tegas sampe belagak Super Sederhana, ada yg Start dgn loncat pagar Endingnya ga ada kabar (krn bnyk tenaga kerja asing ilegal masuk sini), ada jg yg masuk gorong” buat cari simpati (pas hujan mah jojong banjir), ada yg mau bangun Sirkuit di Bandung krn bentar lagi Pilgub Jabar, ada yg mau bangun Jakabaring buat nyenengin pemirsa, dulu HEBOH Sentul 2017 ikut Motogp Pemerintah dalam hal ini Menpora Serius ….. endingnya PHP doang.

  12. Gpp kang kan sudah jadi prinsip org indonesia “yang penting niatnya”… Yo wes niat aja dlu kapan jadinya ga ada yg tau “yang penting ada niat baiknya” sudah cukup..

  13. Lebih penting mana jalan tol sama sirkuit, beaya 1 sirkuit bisa bikin puluhan km jalan tol walaupun cuma masuk sekiran ribu sekali masuk gate tol tp kali berapa mobil dlm sehari, wes to tunggu jalan tol selesai baru bangun sirkuit lg pula orng” kita masih nyaman to sirkuit pasar senggol

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama