iklan iwb
iklan iwb

” CBR250RR yang Gerry pakai dibalap IRS Sport 250 masih standar jadi komponen tidak banyak ubahan. Spek yang digunakan masih ARRC” seru Gerry Salim.

Iwanbanaran.com – Kangbro…. bertemu dengan pembalap idola tanah air Gerry Salim tentu menjadi kesempatan luar biasa bagi IWB untuk menggali seluruh informasi tentang sepak terjang bonex asal Surabaya ini. Beberapa pertanyaan terkait tekadnya di ajang ARRC Madras India tanggal 24 nanti serta yang paling hot pengakuan pembalap AHRT ketika turun di ajang IRS sport 250cc. Siapa menyangka Gerry Salim blak-blakan soal Spesifikasi Honda CBR250RR kejurnas IRS 250. Wah…bikin penasaran ki. Emang piye?. Cekidot pakdeee…

Seperti yang kita tahu di di ajang Kejurnas IRS sport 250cc, AHRT menurunkan beberapa pembalap handal seperti Gerry Salim, Rheza Danica, Awhin Sanjaya serta yang terakhir pembalap berusia sangat belia yakni Mario SA. Bocah asal Magetan Jawa Timur yang finis ke 4 terbaik di usia 13 tahun dengan menggunakan CBR250RR ini menunjukkan paket yang ditawarkan antara rider dan motor emang balance. Terbukti saat ini posisi klasemen sementara rider juga dipegang oleh Reza Danica dengan total nilai 86 poin……

Pertarungan tersebut menunjukkan bahwa performa tunggangan pembalap Astra Honda Racing Team ini memang kencang. Berjibaku melawan pembalap Yamaha seperti Rey ratukore serta Galang Hendra yang juga memiliki skill serta tim sangat tangguh namun beberapa kali pembalap Honda berhasil memenangkan kejuaraan. Sebagai orang awam pasti kita bertanya apakah spesifikasi yang digunakan di ajang IRS kelas sport 250 menggunakan setingan khusus mengingat di ajang Kejurnas ini oprek mesin jauh lebih terbuka. Seperti apa spesifikasi Honda CBR250RR kejurnas IRS 250 ?. Jawabannya ternyata cukup mengejutkan….

iklan iwb

CBR250RR yang Gerry pakai dibalap IRS masih standar jadi komponen tidak banyak ubahan. Spek yang digunakan masih ARRC. Bahkan komposisi gear ratio juga tidak diubah. Termasuk daleman mesin juga tidak dirubah semua bawaan pabrikan...” seru Gerry Salim membuat IWB terperangah. ” Serius Ger?…” uber IWB lagi. “Iya…betul mz…” seru Gerry lagi. Sulit dipercaya. Bukannya apa cak… di ajang Kejurnas IRS 250cc aturan jauh lebih terbuka karena pihak panitia memberikan kelonggaran bahkan dibandingkan dengan balap Eropa SS300 sekali pun….

Di ajang balap Kejurnas IRS sport 250cc, piston dan ring Piston boleh diganti dengan komponen racing aftermarket. Begitu pula untuk Rasio Gearbox termasuk seperangkat rumah kopling dan kampas juga dibebaskan untuk diganti. Desain dan ukuran box filter udara pun tim bisa merubah sesuai keinginan. Termasuk koil, busi serta kabel-kabel produk racing dibebaskan. Sedang ARRC nyaris semua dilarang. Perbedaan hanya pada pelek dimana seluruh tim harus menggunakan cast wheel bawaan pabrik. Namun soal dapur pacu, balap IRS sport 250 sudah bisa dibilang full oprek. Terus gimana sensasi ketika tim AHRT masih menggunakan spek standart ARRC saat melawan Ninja ataupun R25 spek IRS??..

Dengan spek standar yang kita gunakan, CBR250RR hanya kalah akselerasi awal. Tapi pada power mid-high kita berjaban kalau nggak malah sedikit unggul. Itu aja sih bedanya. Jadi hanya pada tarikan bawah tapi bisa dikompensasi ledakan power atas….” tutup Gerry Salim. Weladahhh…ngono to. Iki jenenge wis edian bin kenthir cak. Ternyata CBR250RR tidak perlu oprek-oprekan terlalu ekstrem. Hanya mengandalkan komponen bawaan pabrik sudah mampu berbicara banyak di ajang IRS 250. Bukti bahwa pabrikan lain memang harus segera menelurkan sport fairing 250cc dengan spek yang lebih tinggi….

Gerry Salim juga memberikan konfirmasi bahwa untuk limit RPM, Honda tidak menyeting terlalu tinggi. Dengan komponen bawaan pabrik putaran atas harus dijaga sebab terlalu over Rev malah berpotensi membuat mesin jebol. “ Limit atas dipatok 14,000 RPM maksimal…nggak lebih ” tutup Gerry. Dari penuturan Gerry, Yamaha ataupun Kawasaki emang sudah seharusnya segera menelurkan produk tandingan. Dan jelas kompetisi ini bagus untuk kita semua sebab tiap pabrikan akan berlomba-lomba memberikan produk terbaik. CBR250RR?. Siapa menyangka yang digunakan turun diajang IRS adalah spek ARRC. Kenthirrr kuadrat banter tenan cak berarti ! (Iwb)

 

iklan iwb
Previous articleYamaha kembali panen penjualan X-Max 250…..larisss manis cakkk !!
Next articleKabar dan perkembangan suspensi USD SARP Suzuki GSX-R150
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!