iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Bro dan sis sekalian….asli semlengeran cak. IWB bengong saat menonton tayangan crash yang dialami oleh pembalap Amerika Luiz Franchi di belakang Jeremy Whitehurst setelah melintasi garis finish dalam balapan Superstock di New Jersey Motorsports Park di Millville, NJ. Setelah kehilangan kendali atas Yamaha R1-nya, Ranchi terjatuh di atas aspal. Yang IWB sangat terkejut, Helm AGV-nya mencelat dari kepala padahal kecepatan saat crash adalah sekitar 160 km/jam. Wihhh ngerrriiiiiii cakkk….

Balapan memang selalu penuh resiko. Namun jika kejadian diluar wajar, jelas hal tersebut membuat kita semlengeren tenan. Seperti yang dialami pembalap Luiz Franchi. Menggunakan protector lengkap…namun doi nyaris celaka karena helm yang doi kenakan terlepas ketika menabrak Jeremy Whitehurst balapan Superstock di New Jersey Motorsports Park di Millville, NJ…..

Berdasarkan rekaman, sepertinya kesalahan ada pada Franchi yang menghajar Whitehurst. Tapi Whitehurst mengaku bertanggung jawab penuh atas kecelakaan tersebut. Doi menyalahkan dirinya sendiri karena melambat terlalu cepat saat melewati garis finish. Sampeyan lihat setelah masuk garis finish sepertinya Whitehurst langsung mengurangi kecepatan motor. Franchi sepertinya tidak menduga motor akan melambat sehingga ban depan langsung menghajar samping kanan rivalnya….

iklan iwb

Ini kesalahanku,” kata Whitehurst tertulis dicaption video YouTube. “Aku tidak sengaja langsung menutup gas saat masuk garis finish. Aku bertanggung jawab atas apa yang terjadi dan aku mohon maaf kepada Luiz Franchi “ serunya. Yang membuat kecelakaan terasa special karena ada rekaman yang jelas menangkap bagaimana helm AGV K3 yang dikenakan Franchi lepas dari kepala. Ngeri lho cak iki…asli ngilu tenan. Pertanyaannya…kenapa helm iso ucul dengan mudah padahal K3 telah dibekali dengan tali double D ring??…

Menurut Franchi, helm yang dikenakan memang agak longgar. “ Sangat menakutkan. Aku berpikir mungkin ukuran helmku sedikit kebesaran…” serunya via Foxsport. Namun alasan tersebut bagi IWB agak susah diterima sebab double D-Ring sangat kuat cak. Tipe strap ini semakin kena tekanan maka ikatan makin kuat. Artinya kalaupun helm sedikit longgar dikepala dengan minimnya benturan seharusnya tali mampu menahan helm tetap dikepala. Tapi ini tidak….

So..IWB menduga Franchi tidak mengikat helm pada posisi yang benar. Bisa saja posisi strap yang kurang pas atau mungkin saat ngiket tali, doi ingat blekok dan truwelu dirumah yang belum dikasih makan. Mungkin lhooo yaaa :mrgreen: (ojo tegang-tegang rek tiwas kolestorel naik). Btw….setahu IWB, tipe helm AGV K3 sebenarnya memang bukan untuk race oriented dan lebih cocok digunakan untuk harian. Lawong posisine entry level pakde…makanya IWB juga heran dengan cak Franchi….

Apapun itu kangbro…..video ini mengajarkan beberapa pelajaran. Pertama….pastikan perlengkapan riding/race gear terpasang dengan aman sebelum turun. Yang kedua….helm harus cukup nyaman sehingga tidak goyang saat dipakai di kepala. Tapi juga jangan terlalu ketat juga sebab malah berbahaya dan bisa menyempitkan aliran darah. Jika sampeyan tidak yakin dengan ukuran helm yang sudah diboyong mending dijual ke forum dan pinang helm yang lebih pas. Kedua…waspada itu perlu sebab sebagus apapun protector karena buatan manusia, missed itu selalu ada…..

Last…kejadian yang dialami Franchi mau tidak mau membuat kita teringat dengan tragedy Simonceli yang kehilangan nyawa karena helm yang digunakan juga terlepas dibalap Motogp Sepang Malaysia. Analisa saat itu juga agak mirip yakni dikarena rambut Simonceli  terlalu tebal sehingga helm mudah lepas. Apakah ini berarti tali helm tidak bisa dijadikan acuan kekuatannya ketika digunakan dikepala yang kurang fit?. Emboh cak….sulit sebab hingga detik ini tidak ada officially announcement hasil investigasi yang dikeluarkan pihak AGV pada publik perihal lepasnya tali helm Simoncellli. Franchi ??. Asli sik bejo cak kuwi…bener-bener mukjizat posisi jatuhnya bukan dikepala dulu. Kalau nggak, ora iso bayangne rekkkkkk…..(iwb)

Detik-detik kecelakaan Luiz Franchi

Video rekaman detik-detik kecelakaan

HP klik disini

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!