Iwanbanaran.com – Bro dan sis sekalian….asli semlengeran cak. IWB bengong saat menonton tayangan crash yang dialami oleh pembalap Amerika Luiz Franchi di belakang Jeremy Whitehurst setelah melintasi garis finish dalam balapan Superstock di New Jersey Motorsports Park di Millville, NJ. Setelah kehilangan kendali atas Yamaha R1-nya, Ranchi terjatuh di atas aspal. Yang IWB sangat terkejut, Helm AGV-nya mencelat dari kepala padahal kecepatan saat crash adalah sekitar 160 km/jam. Wihhh ngerrriiiiiii cakkk….

Balapan memang selalu penuh resiko. Namun jika kejadian diluar wajar, jelas hal tersebut membuat kita semlengeren tenan. Seperti yang dialami pembalap Luiz Franchi. Menggunakan protector lengkap…namun doi nyaris celaka karena helm yang doi kenakan terlepas ketika menabrak Jeremy Whitehurst balapan Superstock di New Jersey Motorsports Park di Millville, NJ…..

Berdasarkan rekaman, sepertinya kesalahan ada pada Franchi yang menghajar Whitehurst. Tapi Whitehurst mengaku bertanggung jawab penuh atas kecelakaan tersebut. Doi menyalahkan dirinya sendiri karena melambat terlalu cepat saat melewati garis finish. Sampeyan lihat setelah masuk garis finish sepertinya Whitehurst langsung mengurangi kecepatan motor. Franchi sepertinya tidak menduga motor akan melambat sehingga ban depan langsung menghajar samping kanan rivalnya….

iklan iwb

Ini kesalahanku,” kata Whitehurst tertulis dicaption video YouTube. “Aku tidak sengaja langsung menutup gas saat masuk garis finish. Aku bertanggung jawab atas apa yang terjadi dan aku mohon maaf kepada Luiz Franchi “ serunya. Yang membuat kecelakaan terasa special karena ada rekaman yang jelas menangkap bagaimana helm AGV K3 yang dikenakan Franchi lepas dari kepala. Ngeri lho cak iki…asli ngilu tenan. Pertanyaannya…kenapa helm iso ucul dengan mudah padahal K3 telah dibekali dengan tali double D ring??…

Menurut Franchi, helm yang dikenakan memang agak longgar. “ Sangat menakutkan. Aku berpikir mungkin ukuran helmku sedikit kebesaran…” serunya via Foxsport. Namun alasan tersebut bagi IWB agak susah diterima sebab double D-Ring sangat kuat cak. Tipe strap ini semakin kena tekanan maka ikatan makin kuat. Artinya kalaupun helm sedikit longgar dikepala dengan minimnya benturan seharusnya tali mampu menahan helm tetap dikepala. Tapi ini tidak….

So..IWB menduga Franchi tidak mengikat helm pada posisi yang benar. Bisa saja posisi strap yang kurang pas atau mungkin saat ngiket tali, doi ingat blekok dan truwelu dirumah yang belum dikasih makan. Mungkin lhooo yaaa :mrgreen: (ojo tegang-tegang rek tiwas kolestorel naik). Btw….setahu IWB, tipe helm AGV K3 sebenarnya memang bukan untuk race oriented dan lebih cocok digunakan untuk harian. Lawong posisine entry level pakde…makanya IWB juga heran dengan cak Franchi….

Apapun itu kangbro…..video ini mengajarkan beberapa pelajaran. Pertama….pastikan perlengkapan riding/race gear terpasang dengan aman sebelum turun. Yang kedua….helm harus cukup nyaman sehingga tidak goyang saat dipakai di kepala. Tapi juga jangan terlalu ketat juga sebab malah berbahaya dan bisa menyempitkan aliran darah. Jika sampeyan tidak yakin dengan ukuran helm yang sudah diboyong mending dijual ke forum dan pinang helm yang lebih pas. Kedua…waspada itu perlu sebab sebagus apapun protector karena buatan manusia, missed itu selalu ada…..

Last…kejadian yang dialami Franchi mau tidak mau membuat kita teringat dengan tragedy Simonceli yang kehilangan nyawa karena helm yang digunakan juga terlepas dibalap Motogp Sepang Malaysia. Analisa saat itu juga agak mirip yakni dikarena rambut Simonceli  terlalu tebal sehingga helm mudah lepas. Apakah ini berarti tali helm tidak bisa dijadikan acuan kekuatannya ketika digunakan dikepala yang kurang fit?. Emboh cak….sulit sebab hingga detik ini tidak ada officially announcement hasil investigasi yang dikeluarkan pihak AGV pada publik perihal lepasnya tali helm Simoncellli. Franchi ??. Asli sik bejo cak kuwi…bener-bener mukjizat posisi jatuhnya bukan dikepala dulu. Kalau nggak, ora iso bayangne rekkkkkk…..(iwb)

Detik-detik kecelakaan Luiz Franchi

Video rekaman detik-detik kecelakaan

HP klik disini

 

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

54 COMMENTS

  1. wah,,,,,,lali ngiket kui ra munkin cepot…..(analiza=pada saat helm akan lepas dari kepala kok saya aku lihat ada tali helm yang mengikat di kepala,kalau lepas setidaknya pasti ada yang pating klewer taline.ngunu palingo jarene bosone semar mesem…..hehhehehehe

  2. Kemungkinan ukuran helm yg lebih besar dari seharusnya. Misalnya ukuran M, pakenya L. Atau masa pakai helm sudah kadaluarsa. Jadi longgar, dan kalo kena benturan atau terseret bisa saja lepas padahal tali helm masih terpasang.
    Dulu ane baca di tabloid M+ taun jebot (sekitar taun 2000) ada artikel cara pilih & test helm sesuai ukuran kepala rider.
    Cmiiw.

  3. Tahun lalu, tetangga belakang rumah saya meninggal dunia karena jatuh bersama motor krn jalan licin, mengalami trauma kepala, karena helmnya lepas dari kepala sebab tidak diikat.

    Menurut keterangan safety officer yg ikut mengantar jenazah ke rumah duka, 3 hari sebelumnya ketika masuk yard ditemui dia tidak meng-klik tali helmnya dan sudah diingatkan untuk selalu meng-klik tali helm.

  4. Gila..serem amat. Kurang safety tali pengamannya..

    isalblogger.wordpress.com/2017/09/08/yamaha-yzf-r25-tiga-silinder-yamaha-kembali-memanas-nih/

  5. Makasih bnyk kang share videonya, suka tenan sama rekaman crash kek gini.
    Selalu unik n bisa jadi warning buat saya pas riding mocin gua

  6. Di sinyalir ngiketnya gak mepet ke dagu, tapi longgar, jadi meskipun tali terikat tapi bisa lepas kayak ibu2 pas lagi buka helm tapi kesusahan pas buka talinya..??

  7. Ada yg luput dr pengamatan lek IWB dan komengtator. Yaitu kejadian stlh helm terlepas. Insting dan reflek Franchi termasuk sangat jempolan lek. Dia bs menggunakan anggota badannya agar kepala tidak menyentuh jalan sm skali.pdhl sempet terguling2, tp top franchi top lek, gerakan tubuhna bener2 melindungi kepalana dr benturan, speed 160 jatuh masih bs mikir. Kereeeen

  8. Tali terikat..tp helm mlotrok mulai sisi belakang dg kepala menekan gabus/busa sisi blkg…..
    Harusnya ada tambahan tali ke belakang leher..ato sisi blkg helm dikaitkan ke baju blapnya…sebagai pengaman tambahan.

  9. ini kejadiannya sama dengan AM. Fadli vs Anupap saat di Sentul, saat AM. Fadli sudah Finish lebih dulu dan selebrasi kemenangan dia lupa bahwa Rider dibelakangnya yg masih belum FInish, padahal aturan Balap mengharuskan setelah sampai di garis Finish Raider tak boleh menurunkan kecepatannya di dekat garis Finish karena akan menghalangi pembalap lain yg akan mencapai Finish dengan kecepatan penuh.

  10. Yup, agak aneh klo sekedar ukuran helm terlalu longgar, jd antara salah nyimpul ato dpt produk cacat. Btw, klo Simoncelli bukannya lepas krn posisi tengkuk kena gilas Rossi/Edwards pada kecepatan tinggi ya?

  11. Mulane tuku helm seng ono logo SNI.
    Opo cak?
    SNI cak
    Opo cak?
    SNI cuk
    Opo cak?
    Juooooo**&&&*$-$- SNI
    Laiki leku tuku ndek itali je..
    Karepmu arep tuku itali jepang amrik Kudu ono SNI krungu ora?

  12. Ya emang AGV K3 itu helm ember plastik. Sertifikasinya aja DOT only.. ya sama aja kayak KBC dipake balapan. Bodoh aja orang bela2in beli helm ember plastik sampe jutaan cuma demi sticker AGV.

    Lagian AGV juga bukan helm yg bagus2 amat kayaknya. Inget Sic58? Itu AGV GP tech copot pas dia kecelakaan dan meninggal

    Kalo mau beli helm mahal, belilah yg sertifikasinya snell.. atau minimal dot + e.c.e tapi yang bahannya fiberglass.. jangan thermoplastic.
    Terus jangan suka pake helm yg longgar.. helm harus snug.. seketat mungkin asal gak sampe kepala sakit.

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama