iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Bro dan sis sekalian….semua sudah tahu bahwa Kawasaki diam-diam sedang meracik mesin 4 silinder untuk calon Ninja 250 FI kedepan. Spekulasi ini muncul disinyalir untuk membuat nama Ninja tetap kokoh sebagai Raja sport fairing di kelas 250cc. Namun banyak yang bingung sebenarnya akan seperti apa posisi dari mesin Inline pararel 4 silinder ini termasuk harga yang akan dipasang oleh pihak Kawasaki?. Berikut analisanya….

Isu sekarang merebak khususnya persaingan dikelas 250 cc sport fairing. Beberapa selentingan menyangkut manuver Yamaha yang diduga akan merilis new R25 dengan mesin 3 silinder crossplane crankshaft. Sementara Kawasaki juga sudah mempersiapkan proyek jangka panjang dengan mesin 4 silinder pada Ninja 250. Yaaaa….memang tidak dalam waktu dekat kangbro, sebab dari bisikan yang mampir ke IWB butuh waktu paling nggak 2 hingga 3 tahun dengan estimasi tercepat 2021….

Isu tersebut sontak membuat para fans Ninja berharap motor bisa dipasang dengan harga secantik mungkin. Beberapa suara mengatakan supaya Ninja 4 silinder bisa dijual diangka 90 jutaan maksimal. Sebuah harapan yg harus IWB katakan walaupun pahit bahwa kemungkinannya sangat kecil. Kenapa ?? Kita harus melihat dari ongkos produksi. Untuk meracik mesin 4 silinder jelas tidak murah. Itulah alasan Honda pun mencoret opsi konfigurasi ini untuk CBR250RR….

iklan iwb

” Beberapa opsi mesin sudah kita masukkan termasuk konfigurasi tetap satu silinder, 2 silinder atau bahkan 4 silinder. Namun kami melihat yang paling cocok disegmen ini adalah 2 silinder karena mesin cukup powerfull namun efisien ” seru Toshiyuki Inuma (presdir PT AHM) saat sesi wawancara pada peluncuran Honda CBR250RR. Artinya apa ?. IWB yakin Kawasaki pun berpikiran yang sama. Dengan kata lain Ninja 250 FI 2 silinder diduga akan tetap dipertahankan. So…posisi Ninja 250 4 silinder terbuka masuk dalam kategori premiumnya sang seperempat liter gank ijo. Bisa diprediksi hargapun tidak mungkin rendah cak…

Bisa dikatakan Ninja 250 4 silinder merupakan versi flagship untuk menjaga nama Ninja 250 tetap superior. Dan menilik gaya dari Kawasaki yang lebih mengejar image, Kawasaki Ninja 4 silinder terbuka dibanderol pada rentang harga 100 juta keatas. Mahal?. Tergantung dari sisi mana kita melihat. Namanya saja 4 silinder kangbro…. ongkos produksi pun juga jauh lebih tinggi. Apalagi tidak hanya mesin. Perangkat yang digendong disinyalir juga tidak akan sama dengan ninja 250 2 silinder….

Last….salah satu yang IWB juga dengar adalah suspensi depan yang disinyalir sudah menanggalkan versi teleskopik alias menggunakan model Upside Down. By the way…semua memang masih berupa isu yang bisa saja berubah. Apalagi strategi selalu bersifat dinamis. Akan tetapi jika mengacu pada bocoran yang cukup bisa dipercaya akurasinya, IMHO kedatangan Ninja 250 FI ini memang terbuka. Jadi ngono yo cak. Kalo ada yang ngarep banderol dibawah 90 juta mending dikubur jauh-jauh. Bedo kelas rekkkkk :mrgreen: …..(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!