iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakdeeee….IWB dalam dua hari ini dihujani banyak pertanyaan dari pembaca warung atas isu new R25 facelift yang dikatakan akan dibekali mesin 3 silinder Crossplane Crankshaft. Sebuah isu yang jelas membuat IWB nyaris seperti tidak percaya. Namun karena gosip ini disuarakan oleh sesepuh wak Haji Taufik, tentu saja kita tidak bisa acuhkan begitu saja. Ediann bin kenthirrrr cakkkkkk…..

Untuk merespon isu adanya Kawasaki Ninja 250 4 silinder, konon Yamaha ternyata sudah menyiapkan sebuah project jangka panjang dengan gebrakan yang tak kalah nggegirisi. Lha piye cak…menurut wak haji, doi mendapatkan sebuah bocoran bahwa Yamaha sekarang sedang riset mesin 250cc 3 silinder crossplane crankshaft. Catet pakde….3 silinder?crossplane crankshaft. Opo ora dlongop jal…

Mungkin Yamaha ingin menawarkan sebuah sensasi berbeda. Maklum cak….3 silinder umumnya memiliki torsi yang padat. Walau atas sedikit “kopong” jika dibandingkan 4 silinder, power low dan middle emang sadiz. Dirange ini ledakan tenaga melimpah sehingga kalau betot-betotan pasti rajanya. IWB bisa ngomong karena karakter 3 silinder ini pernah IWB rasakan pada MV Agusta dari varian 600-800-ccnya. Jika benar keputusan tentu menarik kangbro….

iklan iwb

Sebab R series selama ini belum satupun menggunakan mesin konfigurasi 3 silinder. Sebut saja R6-R1 yang menggunakan konfigurasi 4 silinder. Baru langsung ke R3-R25 (2 silinder) dan R15 serta R125 (satu silinder). 3 Silinder sejauh ini masih hadir pada gen naked MT series yakni MT-09. So…..keputusan Yamaha mengembangkan mesin 3 silinder 250 sangat mengejutkan dan nyaris sulit dipercaya. Kenapa?…

Sebab ongkos produksi jelas jauh lebih mahal dibanding 2 silinder. Apakah ini artinya Yamaha akan mengikuti jejak Kawasaki dengan menelurkan dua varian berbeda sebagai flagship?. Ora mudeng cak.?Sayang…hingga sejauh ini IWB tidak mendapatkan bocoran apapun perihal isu R25 3 silinder. Jadi kalau sampeyan nanya…bener nggak?. Tentu IWB nggak bisa jawab apapun karena memang tidak ada narasumber yang bisa dijadikan acuan…

Last…New R25 facelift yang IWB kantongin tetaplah menggunakan mesin 2 silinder. So…jika bener bocoran wak haji, bisa jadi mesin 3 silinder crossplane crankshaft ini untuk proyeksi dimasa depan. Artinya jangan ngarep dalam waktu dekat cak. Minimal bisa 2-3 tahun kedepan pakde. Sebuah moment waktu yang tentu saja tidak singkat. Btw…Ninja 250 ada 4 silinder, R25 3 silinder….Honda mosok tetap 2 silinder ya kang?. Semoga saja ada kejutan lain. Toh masih sekedar isu, iyo to :mrgreen: …..(iwb)

 

 

96 COMMENTS

  1. Jelas overpriced. 4 silinder 3 silindee 250 cc. Tetep aja itu 250cc. Mereka jual suara atau jual motor. Teknologi honda klaim 2 silimder merrka 38.1 ps. Itu permainan tune insinyur masinh masing pabrik. 4 silinder 250 cc mau berapa hp tenaganya ? 120 hp ? Atau fiturnya dibannyakin ?

    Kalo 4 silinder dan minim fitur ya percuma. Suara sih moge banget. Tapi standarnya jauh dari motor modern.

  2. Kok nunggu 2 atau 3 tahun to mas bro.?.indonesia banyak mekanik handal.jago soal knalpot.lihai soal modif .japstyle.chopper,drag,road race ,motorcross,upgrade power,torsi,ecu racing dusl band,hyperband.. Lha kok modif 3 silinder ae njagakno Jepang,ayo bikin sendiri..tak bisa kah..bikin mesin..?

Comments are closed.