iklan iwb

Iwanbanaran.com – Bro dan sis sekalian….. diakui atau tidak kehadiran CB 150R Thailand membuat para biker tanah air lumayan iri. Hal ini karena Honda melakukan gebrakan yang bisa dibilang mengejutkan atas banyaknya komponen kelas Wahid yang dicangkokkan pada generasi naked sport terbarunya. Tidak heran banyak pertanyaan yang mampir ke warung IWB, apakah model CB150R versi Thailand ini bakal masuk ke Indonesia?. Berikut analisanya….

Untuk menjawab pertanyaan ini kita harus coba menganalisa lebih dalam strategi Honda secara global. Dan kalau sampean jeli memperhatikan, pabrikan ?sayap mengepak sebenarnya sudah melakukan mapping berdasarkan selera dari masing-masing region. Intip saja tindakan mereka pada beberapa tahun terakhir. Honda banyak memisahkan antara market Thailand vs Indonesia….

Ada beberapa varian atau produk dimana model tersebut hanya ada di Indonesia dan tidak untuk Thailand. Contohnya CBR150R K45G yang tidak ada di Negeri gajah putih. Sejauh ini CBR150R disana masih mengandalkan model lama Single eyes. Sementara untuk 250/300….CBR yang diproduksi adalah generasi satu silinder dengan desain dual keen ala K45A. Begitu juga untuk CB150R StreetFire….

iklan iwb

Thailand tidak memilikinya dan hanya ada di Indonesia sebagai basis produksi. Thailand memang tidak punya sport naked 150 cc seperti halnya Indonesia. Untuk varian sport mereka mengandalkan MSX125 (naked) serta CB300F ( satu silinder).?Artinya CB150R ini bisa dibilang segmen baru untuk melengkapi line up yang sudah ada. Maklum cak, di Thailand Yamaha M-Slaz aka Xabre 150 menjamur. Jadi butuh produk wahid untuk menekan penetrasinya….

Melasnya Thailand tidak hanya pada kelas 150cc. Dikelas 250cc fairing, negeri gajah putih juga tidak mendapatkan CBR250RR. Jadi sebenarnya Memang jauh lebih nelongso cak. Hingga pada semester 2 2017 Ini akhirnya Honda memutuskan untuk merilis CB150R dengan desain berbeda dibandingkan dengan tanah air. ?Pertanyaannya….. Mungkinkah motor tersebut bakal dibawa ke Indonesia secara CBU seperti halnya PCX 150?….

IWB sih pesimis. Kenapa?. Yang pertama positioning harga CB150R Thailand yang cukup tinggi sehingga motor tidak akan kompetitif jikapun dibawa kesini mengingat mesin hanya 150cc. Yang kedua nama CB150R sudah ada lewat Streetfire. kendatipun dipaksa secara CBU dengan merubah nama misalnya, tentu hal itu akan sulit bagi Honda mengingat pasar di kelas 150cc harga 35 jutaan keatas potensinya sangat kecil. Lawong nang Thailand wae termurah 40 jutaan, disini arepe di dol piro??.?Apalagi Xabre disini juga kurang mengkilap…..

Yang kedua adalah minimnya bocoran atau indikasi PT AHM sedang meracik motor sport 150cc naked terbaru kecuali CRF150. Jadi emang minus kangbro aromanya. Dari semua analisa diatas makanya bisa kita katakan kemungkinan new CB150R versi Thailand dibawa ke tanah air cukup kecil. So…. lebih baik kita semua jangan banyak berharap dan mari lebih fokus kepada pacar domestik…..

Last…. Honda CB150R versi Thailand memang tidak datang ke tanah air. Namun IWB yakin di masa depan PT AHM terbuka menggunakan komponen (common part) dari sang kuda besi. Toh dari produk sendiri hal ini memang sangat memungkinkan. Komponen yang bikin ngiler sebut saja suspensi Upside Down, swing arm die cast aluminium serta kaliper Radial 4 Piston. Apalagi hingga detik ini Honda masih mengimpor sebagian komponen suspensi USD CBR250RR dari Showa Thailand…..(iwb)

 

91 COMMENTS

  1. Konsumen masih pada mikir soal harga dibanding kualitas, maunya keren tanpa cacat tapi kualitas yahuud

    • Motor pasaran yg dipake buat harian memang semestinya pake part yg wajar shg biaya maintenance mjd masuk akal. Motor cb150 thailand ini termasuk limited yg dijejali part yg bagus dengan desain & finishing yg juga berkelas. Utk orang yg suka harga segitu msh wajar.
      Bagi yg gak suka paling cuma jd bahan becean

    • motor pasaran mmng nggak usah usd/abs/underbelly, tpi setidaknya rantenya jangan kemrocak ekekekekek

  2. Jaman CBR 150r first gen (CBU), ning Thailand regone mung 20 juta tekan Indonesia tembus 32 juta, lha Iki 40 juta Ning Thailand terus tekan Indonesia tembus Piro Yo kang? Ngomong ngomong Kuwi sing duwe warung kayane salah ketik, moso pacar domestik

    • “mari lebih fokus terhadap pacar domestik” sepertinya mas iwan punya pacar sekala global hehehehe . hati-hati mas iwan kesambit sendal swallow dari istrinya

  3. Muesti nuanggung desain nya hondhond iki, item udah kliatan suangar ciamik, d kasih kupingan abu2 kuwi opooooo toohh..
    Cb ttupin sm jempol puasti lbh keren, ehh lah dalah malah gak kliatan smua, lha Wong jempole sak gajah..

  4. Ya lah lek,,, mending bikin New Product drpd ngekor dari hasil karya negri tetangga.. bukan begitu Lek Iwan… lebih ada gregetnya klo design dan produksi asli dr sini

  5. haiyyaaa klo msh dibawah 40jt msh masuk akal waaa hrg tu motor secara cbu thailand kualitasnya lehuga

  6. Selera orang berbeda2 sih memang, tapi ngeliat desain CB buatan Thailand lebih oke dari pada runcing2 ala desain CB AHM..
    Mungkin karena part yang gak nanggung di sematkan ke CB buatan Thailand, makanya keliatan lebih oke x ya?

    AHM setengah2 memang kalau untuk kelas 150cc.
    btw ada yg typo nih..
    “jangan banyak berharap dan mari lebih fokus kepada pacar domestik?..”

    pacar domestik memang lebih yahud dari pada pacar international, percaya lah… hehehhehe

  7. AHM juga tidak tertarik dengan CB150R Thailand

    goozir.com/2017/08/ahm-tidak-minat-bawa-honda-150ss-racer-ke-indonesia.html

  8. feeling ane sih kemungkinan untuk next Gen CB/CBR 2018 bakal adopsi swing arm sama USDnya nih.. untuk harga ya di range 28-35juta lah bisa nih AHM,
    harus melompat dr standardnya sekarang kan di kelas 150cc udah ada fitur Keyless, Assist & Slipper Clutch, arm alumunium, inverted fork.. PR buat AHM hayo,, penuhi ekspektasi “pacar” domestik.

  9. berkali kali motor buatan ahm gak diakui sbg “honda”.. nama sama kok barangnya beda.
    trs gimana nasib pcx ahm nantinya? bakal dianggap honda beneran gak ya

  10. Lokalin dong AHM! Gak perlu USD gak papa, gak Usah banana arm gak papa, bisa modif sendiri itumah… Rangka nya itu lho sama desainnya cakep AHM thailand jos!!! Macho ni motor.

  11. Mungkin ini global produknya clan cb150r yg sesungguhnya (bukan yg skrg di jual AHM) krn menurut bocoran yg beredar skrg cb1000r jg bkal menggunakan model yg sprti ini, dan bisa jd cbr150r thailand jg akan upgrade dgn model baru (bkan seperti cbr150r yg skrg dijual AHM) dan dengan semua fitur cb150r(thailand) krn posisi cbr sbgai versi full fairing nya clan cb.

  12. Bagusan ploduk ahm…. pas di ongkos mesin kuwat dan jozz…. cbr250rr dah terbukti..cintailah ploduk dalam negri…

  13. Wihhhh,,mnurut saya klw di bawa kesini blum tentu g laku kang,scra plihan utk sekmen ini cm ada xabre yg mnurut saya kurang greget untk msalah design,sasis pun kayak vxion,,Smga Ahm brni produksi sndiri,,

  14. Headlamp, velg, USD n banana armnya bisa di dapatkan saja sudah untung
    Karena orang indo suka modif n kreativitasnya luar biasa

  15. Photonya sebagian besar dari sebelah kanan… hmmmm sebenernya apa sih yang disembunyiin di sebelah kiri motor ini

  16. Bagus banget…desain sekelas scrambler. Harusnya pake mesin cbr 250rr biar top speed ga jauh beda dg scrambler tp hrgnya terjangkau

  17. Kalau cb ini masuk saya rela jual beat buat dp nih motor.. Soalnya keren n mesinnya juga pakai teknologi dohc…

  18. seandanya cbr 250 rr mau dibuat versi naked mending dibuat seperti ini, soalnya kalo 150 cc dengan aksesoris yang wow seperti itu mindsetnya ya tetep motor 150 cc kok mahal

  19. Kesane padet , lekukan gak lebay, saber pasti cari2 alasan yg subjektip, gak berani komparasi head tho head, yo pora tho gentho

  20. Demen bgt ngeliat desain nya cak, ane jujur fby tp dibanding Xabre mendingan ini, lebih kalem desainnya, tp sayang nya mahal harga nya sih, ya semoga aja klo masuk ke indo harga nya di range 30-40 jutaan, jgn lebih deh wkwkwk

  21. Sebenarnya selera orang sini itu.
    Suka desig yg bau modifikasi asli dari pabriknya.
    Tanpa harus modifikasi sendiri udah keren.
    Beli CBR 250RR aja klo menurut saya ??

  22. Ya minimal lampu bulatnya cocok tuh buat next tiger. Kesan klasik dengan lampu bulat tapi teknologi modern dengan led. Bahkan kalo bisa next tiger comot mesin cbr 250 single cylinder makin maknyus.

  23. menurut saya gak masuk kesini tp ada model spt ini menggunakan mesin cbr250rr 2 silinder…market sini lbh sk 2 silinder 250cc…mkn namanya all new tiger 250..dengan nama stnk cb250f

  24. Rangka/sasisnya ok banget…pengecatan pake powder coating….ga seperti ahm yg kasar dan jelek cat nya…..kalo motor yg bagus bagus emang khusus di buat di thailand,buat produk global….indonesia hanya main di kandang sendiri,lewat AHM yang kualitas nya ala kadar nya.

  25. Ngahaem ga perlu pusing buat motor baru, lah matic ngebul bin mbrodol koyo mbit sama variyem udah cukup buat ngisi kantong pihak ngahaem saking larisnya.

  26. jadi CB150R facelift utk 2018 ajah.. hahah dan harga nya juga jgn keterlaluan lah.. atau naik cc biar jadi tiger harga pasar indonesia kan sajah.. hihi

Comments are closed.