iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Bro dan sis sekalian….. diakui atau tidak kehadiran CB 150R Thailand membuat para biker tanah air lumayan iri. Hal ini karena Honda melakukan gebrakan yang bisa dibilang mengejutkan atas banyaknya komponen kelas Wahid yang dicangkokkan pada generasi naked sport terbarunya. Tidak heran banyak pertanyaan yang mampir ke warung IWB, apakah model CB150R versi Thailand ini bakal masuk ke Indonesia?. Berikut analisanya….

Untuk menjawab pertanyaan ini kita harus coba menganalisa lebih dalam strategi Honda secara global. Dan kalau sampean jeli memperhatikan, pabrikan  sayap mengepak sebenarnya sudah melakukan mapping berdasarkan selera dari masing-masing region. Intip saja tindakan mereka pada beberapa tahun terakhir. Honda banyak memisahkan antara market Thailand vs Indonesia….

Ada beberapa varian atau produk dimana model tersebut hanya ada di Indonesia dan tidak untuk Thailand. Contohnya CBR150R K45G yang tidak ada di Negeri gajah putih. Sejauh ini CBR150R disana masih mengandalkan model lama Single eyes. Sementara untuk 250/300….CBR yang diproduksi adalah generasi satu silinder dengan desain dual keen ala K45A. Begitu juga untuk CB150R StreetFire….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Thailand tidak memilikinya dan hanya ada di Indonesia sebagai basis produksi. Thailand memang tidak punya sport naked 150 cc seperti halnya Indonesia. Untuk varian sport mereka mengandalkan MSX125 (naked) serta CB300F ( satu silinder). Artinya CB150R ini bisa dibilang segmen baru untuk melengkapi line up yang sudah ada. Maklum cak, di Thailand Yamaha M-Slaz aka Xabre 150 menjamur. Jadi butuh produk wahid untuk menekan penetrasinya….

Melasnya Thailand tidak hanya pada kelas 150cc. Dikelas 250cc fairing, negeri gajah putih juga tidak mendapatkan CBR250RR. Jadi sebenarnya Memang jauh lebih nelongso cak. Hingga pada semester 2 2017 Ini akhirnya Honda memutuskan untuk merilis CB150R dengan desain berbeda dibandingkan dengan tanah air.  Pertanyaannya….. Mungkinkah motor tersebut bakal dibawa ke Indonesia secara CBU seperti halnya PCX 150?….

IWB sih pesimis. Kenapa?. Yang pertama positioning harga CB150R Thailand yang cukup tinggi sehingga motor tidak akan kompetitif jikapun dibawa kesini mengingat mesin hanya 150cc. Yang kedua nama CB150R sudah ada lewat Streetfire. kendatipun dipaksa secara CBU dengan merubah nama misalnya, tentu hal itu akan sulit bagi Honda mengingat pasar di kelas 150cc harga 35 jutaan keatas potensinya sangat kecil. Lawong nang Thailand wae termurah 40 jutaan, disini arepe di dol piro??. Apalagi Xabre disini juga kurang mengkilap…..

Yang kedua adalah minimnya bocoran atau indikasi PT AHM sedang meracik motor sport 150cc naked terbaru kecuali CRF150. Jadi emang minus kangbro aromanya. Dari semua analisa diatas makanya bisa kita katakan kemungkinan new CB150R versi Thailand dibawa ke tanah air cukup kecil. So…. lebih baik kita semua jangan banyak berharap dan mari lebih fokus kepada pacar domestik…..

Last…. Honda CB150R versi Thailand memang tidak datang ke tanah air. Namun IWB yakin di masa depan PT AHM terbuka menggunakan komponen (common part) dari sang kuda besi. Toh dari produk sendiri hal ini memang sangat memungkinkan. Komponen yang bikin ngiler sebut saja suspensi Upside Down, swing arm die cast aluminium serta kaliper Radial 4 Piston. Apalagi hingga detik ini Honda masih mengimpor sebagian komponen suspensi USD CBR250RR dari Showa Thailand…..(iwb)

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!