iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro….saat ini Suzuki secara konsisten berhasil menjual GSX-R150 dikisaran 3500-4000 unit/bulan. Angka ini seakan tidak mau bergerak walau dari informasi inden masih lumayan banyak untuk GSX-R150 khususnya untuk warna-warna tertentu. PT SIS seakan sulit menggenjot produksi sang fairing. Yang menjadi pertanyaan, kenapa hal itu bisa terjadi?. Dan apa yang membuat kekuatan produksi mereka tidak sekuat Honda ataupun Yamaha ??. Berikut alasannya….

Dalam berbagai kesempatan, IWB seringkali bertanya kepada para pejabat Suzuki kenapa mereka seperti sulit menggenjot produksi GSX-R150. Kendati dibeberapa tempat masih inden khususnya untuk warna tertentu, Suzuki seperti mentok diangka 4000-an perbulan. Setelah mendapatkan keterangan dari mereka, barulah IWB ngeh bahwa memproduksi motor ternyata tidak sesimpel yang kita bayangkan. Lho…..emange piye?. Pertama masalah estimasi produksi…

Untuk memproduksi motor, pabrikan harus melakukan estimasi pemesanan komponen keseluruh vendor. Disini pabrikan biasanya akan melakukan kalkukasi perkiraan part untuk produksi satu tahun kedepan yang dibagi perbulan. Jadi taruhlah pabrikan sudah pesan 4000 unit komponen perbulan, maka akan sulit ditambah secara dadakan. Karena PO dibuka barulah vendor bekerja. Makanya jangan heran pabrikan selalu memiliki proyeksi….produk A untuk 1 tahun kedepan akan diproduksi sekian unit perbulan….

iklan iwb

Yang menjadi masalah….respon pasar terhadap GSX-R150 diluar dugaan sehingga ketika proyeksi tersebut sudah lahir dan official buka PO untuk satu tahun kedepan, tiba-tiba permintaan membludak. So…butuh proses panjang untuk mengkoreksi semuanya karena berhubungan dengan pihak ketiga. Suzuki sendiri tidak menyangka karena proyeksi awal mereka hanya mematok 1500 unit/bulan. Itu kendala pertama. Kesulitan kedua…masalah kekuatan produksi. Setelah sempat tidur panjang, saat ini Suzuki hanya mengandalkan satu line untuk memproduksi GSX-R/S150….

Dengan keterbatasan tenaga kerja, jelas mereka tidak bisa sembarangan menambah jumlah produksi. Kenapa tidak tambah karyawan wae?. Tidak bisa sembrono juga cak. Sebab sekalinya menambah karyawan, PT SIS harus mengikat kontrak selama 1 tahun. Tenaga freelance tidak berlaku untuk “skill people” dibagian produksi. Kudu diperhitungan secara matang, jangan sampai merekrut ratusan atau ribuan orang kedepan malah ada aksi merumahkan akibat ekonomi lesu atau tren GSX turun. Jadi kira-kira demikian….

Praktis dari info yang IWB terima, dengan melejitnya penjualan GSX 150, mereka sekarang hanya mengerahkan line produksi yang ada. Sisi positifnya dengan larisnya GSX150, konon karyawan PT SIS sekarang sering lembur sehingga pendapatan perbulan meningkat. Seneng rek….kerja capek tapi seimbang. Denger-denger sih sekarang karyawan pabrik Suzuki 2 wheels lebih semangat kerja atas kehadiran GSX 150. Lha lemburane gede je…..opo ora seger buger awake rek.?itulah sekelumit alasan kenapa Suzuki sulit nggenjot produksi GSX150 series….

Last…artikel ini IWB buat karena banyaknya komen yang menganggap ngeracik motor kayak menggoreng tahu mendoan didapur. Permintaan banyak tinggal beli tahu sebanyak-banyak dilempar diminyak goreng selesai. Ora ngono cak. So…dengan penjabaran diatas, memang jangan pernah berharap penjualan GSX 150 diatas kertas akan mengungguli Yamaha ataupun Honda. Sebab kendati permintaan banyak, otot mereka cuma segitu saja. Apalagi mengalahkan memang bukan menjadi fokus utama Suzuki. Namun tujuan utama saat ini adalah memperbaiki market, kira-kira demikian cak. Wis paham bin understand??? :mrgreen: …(iwb)

109 COMMENTS

  1. wkwkw iklan nih , di purwokerto gsx ready stock noh mau yang biru lengkap …
    lebih laku cbr sama r15 malah yang lebih mahal

    • Ini artikel bikin lo ketar ketir ya?? Kasian lek. :mrgreen:
      Di di kota saya banyak tu yang Indent GSX-R150 terutama yang warna Merah dan Biru.
      Coba lo lihat di Grup Fb GSX-R150 banyak tu yang nanya dan mau minang GSX-R150 serta postingan unit baru datang langsung ke rumah konsumen. :mrgreen:
      Hemm jangan2 lo di blokir ya di Grup GSX-R150 ?? Kasian, “Sekali bc langsung di blok wkwkw.

    • ya, benar, dan di purwokerto juga dealer suzuki henshin eh, berubah to bengkel lain, bukan bc tapi fakta, sampai-sampai cari komponen sulit. ada sih komponen kw, tapi tetap beda jauh, contoh kampas kopling. kalau kwnya yamaha atau honda, ada merk yang lebih mahal (kualitas lebih bagus). kalau suzuki, sekarang sudah tidak ada. kw yang dipake, kualitas jauh dari ori, seperti kampas kopling kw, malah lebih menggigit kampas ori yang sudah aus. kalau di jogja, masih ada, pesan pun tak sampai seminggu, tapi buat merk agak lama, silahkan rogoh dompet, harga partnya mengalahkan part racing 250 cc. semoga diperhatikan suzuki,

  2. Emangnye bikin motor kayak bikin “tahu bulat, digoreng dadakan, 500an, nyoooyyyyy..
    ” gitu kira kira perumpamaannya..

  3. Kelebihan ini motor ada pada power, keyless, dimensinya yang pas buat yang TB rendah dan harganya. >>> menurut Otomo#tif.net

    • Betul bro gua perna ke pincut, dtng ke suzuki amplas medan, giliran gua duduk tinggi 180 cm BB 85 kg.. Lah kata Binik membisikkan Bang kayak bruang naek speda mini.. Mau nya suzuki bikin rada gedean napa kayak cbr k45 atau R15 v2 atau v3.

    • ekekekekkk
      napak gak pilih si gepeng zaza.
      Fitur paling inferior.
      Power paling inferior.
      Tambah lampu senter dan ganti stiker Harga pun paling inferior.

    • @dealer ngondiah,,
      Ane kepincut r15 bro, padahal sudah tanya2 gsx sampe testride milik karyawan Suzu*ki finance, tapi yang masuk garasi malah r15
      Nguekekekek

    • Ya gak lah bro, masak jual rugi terus. Sis tidak seperti AHM yang bisa push di vendor buat nurunin harga(ibarat cucian deperas sampai gak keluar airnya lagi). Sis lagi membangun image jadi gak mungkinlah down Spec material produknya. Tapi butuh menaikkan brand imagenya, ya jual murah dulu untung dikit dulu.

  4. Sebenernya kenapa gak mau genjot produksi, karena pola marketingnya sangat berbeda dengan YIMM apalagi AHM. Sekarang dealer minta gak langsung dikasih karena harus mengerahkan faktur kepolisian bulan sebelumnya yang menjadi patokan pemberian alokasi dibulan selanjutnya. Jadi kalo dealer minta seratus tapi faktur bulan kemarin cuma 10 ya dikasih 10. Tidak seperti AHM yang dealer mampunya 100 dikasih 200.

  5. Semoga jadi momen kebangkitan Suzuki, bisa meramaikan pasar R2 Indonesia lagi… tapi besok2 jgn budeg lagi ya… hrs inovasi tiada henti…

  6. haiyyaaa ini motor emang warnanya beda waa dibanding hondut n yamaho
    so klo lu ouwlang pgn tampil beda vilih gsx waaa ?????

  7. Jarang banget liat ni motor di jalanan, malah lebih sering liat R15 V3, cbr 150 juga sering liat di bengkel sama toko spare part 😀 ?

  8. Aku ndelok dewe motor’e ning dealer.. Walah, jane yho ra sepiro apik.. plastik’e biasa.. Trus maneh ora rapi blas.. Tak delok mosok lampu indikator keyless’e cepot.. Takon ning sales’e jare asline ngono.. (batinku ngono ko ngendi..).. Sing pingin tuku, yho tukuo.. lek aku wegah..

    • pean konsumen cerdas bro. diler e ae akeh sing kukut gak jelas. mendingan yen pindah lokasi ono pemberitahuan lokasi diler baru. lah yen tiba2 ngilang. wedhus sijuki. ngah ngah ngahhh

  9. kita liat aja dari sisi karyawan, kalo lemburan terus alamat bisa bawa pulang gaji nyaris 3 kali basic salary…wakawakwak..semua senang..

  10. maaf lek iwan secara ane tinggal di tambun berjarak hanya beberapa km dr pabrik suzuki,kalo melihat kesejahteraan karyawan suzuki memang tidak seperti karyawan ahm & yamaha,karyawan suzuki lebih sejahtera kalo,karyawan Kontraknya juga dikit,trus jg kgk ada kontrak setahun di buang tidak seperti ahm n yamaha

  11. Kalo d liat2 dari sampinmemang keren bgt nih motor kyk anak panah
    Paling keren menurut ane dri samping
    Wajar laku, d sekitaran rumah udh banyak sliweran ni motor, malah r15 v3 yg jarang, sering liat d pajang,
    Warna biru gsx keren jga yak
    Cma kecil sih memang ukurannya

  12. Harganya yg murah yg bikin laku..
    Kapan lagi coba FBS katro beli motor fairing, dikasih rangka + kaki2 alakadar gitu aj senang nya bukan main! ???

    • Ahh mosok?? Motor tembus pasar Eropa kenapa kamu bilang alakadar nya??
      Mending coba kamu posting di Grup fb GSX-R150 deh, apa alasan kalian beli GSX-R150.
      Salam Kartel bro! #MenolakLupa :mrgreen:

    • fakta realita diler sijuki pada tutup gak jelas bro. jaminan 3s dipertanyakan. sijuki wedhus, tutup tanpa pemberitahuan

    • @DEALER ANGKRINGAN
      Terus urusane karo kowe apa mbiiing???
      Pabrikan MS kecil masih di BC, fbh uteke ing dengkul kabeh….

  13. 4ribuan perbulan itu sudah porsi yg sangat buat gsx. Kalau terlalu banyak juga blm tentu bisa habis

  14. Artikelmu seperti dejavu lek diulang seperti pernah baca, coba lek ketemui petinggi pembuat peraturan larangan sepeda motor lewat jalan protokol sampeyan bloger pro biker gak sih

  15. ekekekekk
    lucu ya pabrikan 5plant cuma buat mbit ganti kembem .
    ekspor mentor muter muter timor lestong.

  16. mau digenjot gmna lek, wong laku segitu aja udah syukur. harga uda paling murah juga ngos ngosan jualan segitu. wong motore aslinya cilik plus culun. zonk lah pokoke beda ma gambar atau video.

  17. lebih baik pelan dgn kualitas terjaga sehingga produknya benar2 hasil pabrikan Jepang. daripada buru2 dgn kualitas amburadul sehingga produknya terkesan hasil pabrikan China.

  18. Ane udah nyumbang beli satria fu nya gan..
    Gsx pengen sih tp udah punya cbr k45a, udah tested vs r155 msh menang cbr. Kalo cbr led beda lg ya ini motor fashion menurut ane, imho.

    Ayo dibeli dibeli biar suzuki bisa bangkit lg.. juoosss suzuki..

  19. Pada komen dealer suzuki tutup, nih di brebes walaupun kota kecil tapi dealer suzuki masih subur, ditegal juga, dealernya lebih gede dari dealer honda dan yamaha, tolong kalo main agak jauhan dikit ya…

  20. Itu aja masih berbagi dengan GSX125 versi Eropa, jd mungkin 2 shift buat GSX150, satu shift buat GSX125 Eropa atau mungkin GSX125 Eropa jalan 1minggu Full perbulan, 3minggu lain baru GSX150 soalnya mesinnya beda, tp sasis dan bodi sama aja

  21. Comment:
    bikin komponen sulit..karyawan bekerja sesuai target dan lebih baik buat sedikit namun penuh kwalitas mumpuni
    gawe part butuh perhitungan njlimet dadi NGAPURONE yen rodo lambat.

  22. Merekrut tenagakerja siap pakai dan skillful pasti tidak mudah, makanya ada masa kontrak dulu buat penjajakan skill dan attitude……hla klo semua minta lsg fix employee, yaaa repot klo trnyata ntar ada yg asal2an kerja

  23. Frame nya ga jauh beda sama puny ahm, tpi ini unggul di harga+keyless+build quality, moga” suzuki indo bisa minta suntikan modal ke pusatny di jpg utk nambah line up produksi, karna mreka dah dpet resep sukses utk laris dimulai dri gsx ini, sperti biarlah untung sedikit akan tetapi produk semakin laris dipasar

  24. Moga tetep konsisten..soale nyawanya suzuki tinggal gsx r..stlah satria g dilirik dg mesin yg joss..malah pling seret lakunya..drpd mx king n gtr

  25. Bank raksasa asal Amerika itu bangkrut, pabrik mobil asal USA yg pernah jd raskasa mobil dunia bertahun” itu sdh bangkrut dan hanya tinggal kenangan, perusahaan Handphone asal Swedia yg pernah jd raksasa perusahaan HP itu kini sudah bangkrut, Motor asal Inggris jatuh ke tangan Bajaj, Motor Asal Italia yang Powernya terkenal itu nyaris jatuh ketangan perusahaan asal India.
    Intinya bisnis itu bukan Jualannya laku banyak trus raksasa ga bakal bangkrut.
    Bisnis yang baik itu STABIL
    1. Omzat 100 jt, Biaya Pengeluaran 85 jt keuntungan : 15 jt
    2. Omzet 40 jt, Biaya Pengeluaran 25 jt Keuntungan : 15 jt
    Masih mending yang mana……?
    Bagi seorang Interprenuer tentu pilih yg No. 2 meski sama besar keuntungannya karena yang no. 2 tak terlalu menguras SDM terlalu besar.

  26. Bank raksasa asal Amerika itu bangkrut, pabrik mobil asal USA yg pernah jd raskasa mobil dunia bertahun? itu sdh bangkrut dan hanya tinggal kenangan, perusahaan Handphone asal Swedia yg pernah jd raksasa perusahaan HP itu kini sudah bangkrut, Motor asal Inggris jatuh ke tangan Bajaj, Motor Asal Italia yang Powernya terkenal itu nyaris jatuh ketangan perusahaan asal India.
    Intinya bisnis itu bukan Jualannya laku banyak trus raksasa ga bakal bangkrut.
    Bisnis yang baik itu STABIL
    1. Omzat 100 jt, Biaya Pengeluaran 85 jt keuntungan : 15 jt
    2. Omzet 40 jt, Biaya Pengeluaran 25 jt Keuntungan : 15 jt
    Masih mending yang mana???
    Bagi seorang Interprenuer tentu pilih yg No. 2 meski sama besar keuntungannya karena yang no. 2 tak terlalu menguras SDM terlalu besar.

    Klo liat cara bisnisnya sih kayaknya S dan K itu mirik yg no. 2
    S dan K membiarkan H dan Y cakar cakaran cari konsumen toh keuntungannya ga beda jauh.
    S dan K laku dikit pengeluaran dikit.
    Y dan H laku buaaaaannnnnyyyyak tapi pengeluarannya juga besar + biaya iklan cakar cakaran.
    hahahah

  27. Ah ga gitu juga kang, order ke vendor itu kan per bulan, tiap kali order ada forecast 3 bulan kedepan.. justru kalo order dinaikin vendor2 seneng.. ga mungkin kalo setahun forecast nya, terlalu risk buat vendor kalo tiba2 jeblok..

    Ane yakin ini mah internal/line SIS belum bisa maksimal

  28. SIS kan ngga cuma produksi GSX untuk konsumsi lokal doang, tp ini produk global.
    Dengan 2 type mesin dan 2 varian, total ada 4 produk. Kalau cuma pakai 1 line produksi ya udah padet sih jalurnya.

Comments are closed.