Iwanbanaran.com – Pakdeee….strategi bisnis memang susah ditebak. Setelah sebelumnya santer diberitakan Bajaj siap membeli Ducati dan berakhir dengan pembatalan dari pihak VW Group, kini kabar terbaru malah datang dari pabrikan Triumph Inggris yang memutuskan berkolaborasi dengan Bajaj India. Kerjasama ini jelas mengejutkan mengingat tidak ada isu sama sekali yang menyinggung kedunya bakal bermitra….

Ketika Rajiv Bajaj mengumumkan niat mereka untuk membeli Ducati, tidak satupun akan terbersit dibenak kita ternyata strategi langsung berubah. Yup…..Bajaj secara mengejutkan mengumumkan kemitraan strategis dengan Triumph Motorcycles UK. Seperti dilansir bikeadvice….kolaborasi ini memuat beberapa hal strategis yang sifatnya saling menguntungkan. Yakni…..

  • Kemitraan NON-EKUITAS yang artinya tidak ada uang yang terlibat. Jadi kedua pabrikan akan berkolobarasi dalam memanfaatkan kekuatannya untuk tumbuh bersama.
  • Kolaborasi akan memungkinkan Triumph memperluas jangkauannya ke seluruh market dunia dengan volume tinggi, khususnya pasar negara berkembang (melalui Bajaj).
  • Bajaj akan memiliki akses ke Triumph, meski tidak disebutkan secara khusus, tapi sepertinya menyangkut teknologi pabrikan Inggris!
  • Istilah yang paling penting adalah – ‘mid-capacity’! Kemitraan keduanya memungkinkan untuk menghadirkan motor dengan mesin kubikasi menengah (baru). Bajaj sendiri tidak memiliki motor yang lebih besar dari pada Dominar 400 sedangkan Triumph kebanyakan bermain di segmen yang lebih tinggi. So..diharapkan keduanya bisa memproduksi motor 250-300 cc hingga 700-800 cc motor dari joint venture.

Seperti yang kita tahu Triumph sempat merencanakan meracik motor 250cc berlabel Daytona 250, Street Single. Apakah kolaborasi merupakan jalan untuk memenuhi ambisi mewujudkan cita-cita tersebut?. Bisa iya bisa tidak. Akan tetapi menurut Paul Stroud (Chief Commercial Officer di Triumph), kemitraan belum tertarik membahas motor produksi mid capacity. Dengan kata lain fokus tetap pada cc besar 500-800cc. Infonya lagi, motor racikan Triumph-Bajaj nantinya akan dipasarkan keseluruh dunia tidak terbatas hanya di India. Hhhmm…seru juga ki cak….

Last…kehadiran Triumph merangkul Bajaj diduga untuk mengganggu pasar Royal Enfield di tanah Bollywood. Maklum kangbro…secara genre kedua pabrikan banyak memiliki kesamaan produk. So…dengan menggunakan kekuatan Bajaj, Triumph sepertinya berharap jalan mereka lebih mulus di India. Yang cukup menarik, kabarnya produk koloborasi nanti akan menggunakan brand Triumph bukan Bajaj. Dan estimasi mengatakan produk pertama hasil koloborasi akan hadir 2-3 tahun dari sekarang dengan estimasi sekitar 2020. Bajaj?. Ini pabrikan memang luar biasa. Setelah KTM jatuh kepelukan mereka, pelan-pelan Triumph pun mulai dibidik. Salut tenan strateginya…..(iwb)

Advertisements

76 COMMENTS

  1. Udah lama brita ini… Dulu q pernah komen q bulan yg lalu…
    Ini Baru brojol artikelnya…???
    Baru bangun..???

  2. dimari masih aja perang fby & fbh ….
    bajaj engine lumayan kok cuma itu main kabur aja dimari

    • sama kaya r15 saya dar ,, bengek tapi ngangenin pas 7000rpm keatas sampai 10500 berasa di jambakan cripton dharmo

    • Ya kalo mau jualan di Indonesia (juga negara lain) harus siap 3s nya..bukan hit n run. Jangan kan bajay, sijuki aja kena bumerang, mau nya jualan gak mikir spareparts, dan purna jual..

    • Sebenany bukn kabur tapi importirny yg ogah lagi krn pangsa indonesia lebih suka dr jepang yang notaben dianggap lebih keren.

  3. hahahahaha Selanjutnya giiran Yahaha jatu ke pelukan cino..
    secara motor cino juga menggunakan teknologi yg sama yaitu sohc…
    Honda terlalu superior Jon…..

  4. hahahahaha Selanjutnya giliran Yahaha jatu ke pelukan cino..
    secara motor cino juga menggunakan teknologi yg sama yaitu sohc…
    Honda terlalu superior Jon…..

    • hahahah pens sohc lngsung kalap…
      mocin mna yg pake dohc tong…
      semua motor cino pkenya sohc…
      honda alergi ama yg berbau cino yg mudah nguedennnn…
      honda tidak mungkin di beli aseng cung…

    • Kalap apanya bisa sebutkan secara rinci gak?
      Kalo gak bisa jelaskan secara rinci dong!!
      Yg ane heran cuma satu doang kok yg kata menurut ente honda ahaem superior kok malah ngikut konstruksi mesin SOHC yah?
      Secara kata ente sendiri SOHC engine gak guna buat motor sport batangan 150cc.

      Heran aja ini fbh bisa komen begini dan tak mengakui kelemahan nya..ckckck pantas kalo fbh baca komen situ pasti mangut2 koyok wong puekok

  5. Sebenernya Duit AHM lebih gede dari bajaj. Bahkan Astra sendiri lebih gede dari bajaj. Sayang Astra gak punya ego untuk menyaplok brand yang autentik. Mungkin ada MOU dengan Honda yang tak bisa dilanggar. Kalo Suzuki dalam beberapa tahun terakhir sengaja menurunkan nilai brandnya agar suzuki pusat bisa mencaplok saham di perusahaan-perusahaan nya untuk meningkatkan share kepemilikan(Indomobil Suzuki sudah gak ada hubungannya dengan Indomobil Nissan ataupun Mitsubishi, mayoritas sudah milik Suzuki Jepang) biar bisa bergerak lebih bebas sebagaimana YIMM yang mencaplok Yamaha west Java.
    Kalo Astra kecenderungan mencaplok perusahaan lokal. Kalo melihat tren dan perkembangan teknologi roda dua sekarang, saya berharap Astra mencaplok perusahaan motor listrik seperti Zero atau gogoro. Dan segeralah adopsi, Biar gak bergantung pada Honda toh motor listrik Honda paling cepat keluar 3-5 tahun lagi. Start di 2018 dengan pola marketing Astra saya jamin motor bahan bakar fosil akan segera ditinggalkan.

    • Koreksi: asset AHM laporan keuangan per Maret 2016 adalah 10,9T sedangkan asset Bajaj Auto Ltd dalam laporan akhir tahun 2016 adalah 44,1T

    • Mungkin yg di maksud bro harjono astra group, klo cuma astra motor (ahm) vs bajaj jelas menang bajaj

  6. hahahah pens sohc lngsung kalap…
    mocin mna yg pake dohc tong…
    semua motor cino pkenya sohc…
    honda alergi ama yg berbau cino yg mudah nguedennnn…
    honda tidak mungkin di beli aseng cung…

  7. saya berharap astra mau pisah sama honda, jadi astra motor, mirip hero di india. jadi bibit motor masional

  8. Yamehehehek…
    Juga kerja sama ama indiheeee
    Kualitas y jg mirip2 indihehehe

    MuuUUUuuuehehehehe…..

    • Iya kualitas indihe yang LULUS EXSPORT ke europe, ga kaya yang mentok BANDARGEBANG doang, fbh semuakin thuluulllll didepan

      Kakakakaka

    • Jangan tanggapi komen si kambing fbh coy terlebih menguras tenaga dan menguras isi kepala..
      Krn ya sudah diterangkan faktanya mereka masi bisa berdalih.kan guoblok namanya.

      Kekekke

    • Tapi aneh juga ya sudah dihina masih saja dicontek di ikutin atau apalah namanya yg keren sih katanya folower
      Ekkkkkk itu tuh yg suka kill kill an kill vixion kek kill mx kinglah atau apalah

  9. Judulnya bisa bikin miss leading masbro. Business modelnya ini merupakan kerjasama strategis dalam produksi bukan akusisi, thank you

  10. Gak mengejutkan Cak…lah pabrikan otomotif Eropa rata2 punya rencana jangka panjang untuk pindahin pabrik/perakitan motor bahan bakar fosil ke negara berkembang…dan mereka sudah menuju ke era motor listrik meninggalkan bahan bakar fosil…

Comments are closed.