Iwanbanaran.com – Pakdeee….strategi bisnis memang susah ditebak. Setelah sebelumnya santer diberitakan Bajaj siap membeli Ducati dan berakhir dengan pembatalan dari pihak VW Group, kini kabar terbaru malah datang dari pabrikan Triumph Inggris yang memutuskan berkolaborasi dengan Bajaj India. Kerjasama ini jelas mengejutkan mengingat tidak ada isu sama sekali yang menyinggung kedunya bakal bermitra….

Ketika Rajiv Bajaj mengumumkan niat mereka untuk membeli Ducati, tidak satupun akan terbersit dibenak kita ternyata strategi langsung berubah. Yup…..Bajaj secara mengejutkan mengumumkan kemitraan strategis dengan Triumph Motorcycles UK. Seperti dilansir bikeadvice….kolaborasi ini memuat beberapa hal strategis yang sifatnya saling menguntungkan. Yakni…..

  • Kemitraan NON-EKUITAS yang artinya tidak ada uang yang terlibat. Jadi kedua pabrikan akan berkolobarasi dalam memanfaatkan kekuatannya untuk tumbuh bersama.
  • Kolaborasi akan memungkinkan Triumph memperluas jangkauannya ke seluruh market dunia dengan volume tinggi, khususnya pasar negara berkembang (melalui Bajaj).
  • Bajaj akan memiliki akses ke Triumph, meski tidak disebutkan secara khusus, tapi sepertinya menyangkut teknologi pabrikan Inggris!
  • Istilah yang paling penting adalah – ‘mid-capacity’! Kemitraan keduanya memungkinkan untuk menghadirkan motor dengan mesin kubikasi menengah (baru). Bajaj sendiri tidak memiliki motor yang lebih besar dari pada Dominar 400 sedangkan Triumph kebanyakan bermain di segmen yang lebih tinggi. So..diharapkan keduanya bisa memproduksi motor 250-300 cc hingga 700-800 cc motor dari joint venture.

Seperti yang kita tahu Triumph sempat merencanakan meracik motor 250cc berlabel Daytona 250, Street Single. Apakah kolaborasi merupakan jalan untuk memenuhi ambisi mewujudkan cita-cita tersebut?. Bisa iya bisa tidak. Akan tetapi menurut Paul Stroud (Chief Commercial Officer di Triumph), kemitraan belum tertarik membahas motor produksi mid capacity. Dengan kata lain fokus tetap pada cc besar 500-800cc. Infonya lagi, motor racikan Triumph-Bajaj nantinya akan dipasarkan keseluruh dunia tidak terbatas hanya di India. Hhhmm…seru juga ki cak….

Last…kehadiran Triumph merangkul Bajaj diduga untuk mengganggu pasar Royal Enfield di tanah Bollywood. Maklum kangbro…secara genre kedua pabrikan banyak memiliki kesamaan produk. So…dengan menggunakan kekuatan Bajaj, Triumph sepertinya berharap jalan mereka lebih mulus di India. Yang cukup menarik, kabarnya produk koloborasi nanti akan menggunakan brand Triumph bukan Bajaj. Dan estimasi mengatakan produk pertama hasil koloborasi akan hadir 2-3 tahun dari sekarang dengan estimasi sekitar 2020. Bajaj?. Ini pabrikan memang luar biasa. Setelah KTM jatuh kepelukan mereka, pelan-pelan Triumph pun mulai dibidik. Salut tenan strateginya…..(iwb)

Advertisements