iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Sugeng enjing selamat pagi good morning pakdeee dan budeeeeeeee. Semoga dihari ini kita semua diberikan kesehatan, rejeki melimpah dan yang pasti dimudahkan segala urusan. Aminnnn YRA. Sampeyan pasti bertanya…kenapa warung ini begitu semangat pagi ini. Jelas cak sebab IWB mendapatkan sebuah bocoran maut Ninja 250. Dan dilalah inti dari bocoran bikin klepek-klepek yakni….” Siapa bilang Kawasaki batalkan rencana Ninja 250 4 silinder”. Nahhhhh…opo ora bikin blingsatan cak. Penasaran toooo?. Hayoooo kita bahassss…..

Kawasaki is Kawasaki. Mungkin kata-kata tersebut berlebihan. Namun kalau sampeyan tarik sejarah kebelakang nggak juga cak. Pabrikan ini memang termasuk berani dan nyleneh. Ora perduli namanya pasar…mau laku atau nggak yang penting kita jalan. Geng ijo seakan ingin menegaskan bahwa kami adalah brand berbeda. We are premium dan biarkan kami jalan dengan pemikiran sendiri. Intip wae diera jaman Rano Karno…

Kawasaki berani merilis Binter Merzy disaat pabrikan lain berkutat pada mesin cc kecil. Tren pasar ditabrak lewat sport turing dengan kubikasi 200cc satu silinder membuat semua terhenyak. Lha piye cak….motor waktu itu rata-rata masih bermain diangka 100-125cc alias 150cc kebawah baik 2 atau 4 tak. Dengan mesin 198cc SOHC 2 valve, power Binter Merzy memiliki power [email protected] dan torsi 16,[email protected] Dijamannya?. Sadis wis kayak moge cak….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb
” Kawasaki Binter Merzy 1980….mesin 4 tak terbesar diera itu, 200cc…”

Waktu berjalan dan beberapa tahun setelah kembali ke Indonesia, geng ijo kembali melakukan gebrakan dengan lahirnya mesin 2 silinder 250cc lewat Ninja 250. Pasar premium yang sebelumnya enggan disentuh pabrikan lain digarap ora perduli dengan tren pasar. Payu ora payu urusan keri…kira-kira demikian. Dilalah Kawasaki Ninja 250 langsung mendapatkan respon luar biasa hingga pabrikan lainpun ngiler mengikuti nyemplung dikelas tersebut….

Alhasil Eksistensi Ninja 250 digerogoti. Walau masih kokoh diakui atau tidak Ninja terus melemah. Isu pun menyeruak santer bahwa Kawasaki akan menggebuk dengan Ninja 250 4 silinder. Sebuah isu yang sepertinya terbantahkan atas kemunculan spyshot shooting Ninja 400 di Amerika (engine inline twin). Dari sana kita langsung berpikir, apakah Ninja 250 Fi facelift akan cukup hanya sampai disitu?. Terus apakah Ninja 250 4 silinder hanya hoax belaka??. Jawabannya….

Disinyalir tidak cak. Setidaknya dari olah TKP kiri-kanan arahnya demikian.┬áSiapa bilang Kawasaki batalkan rencana Ninja 250 4 silinder??. IWB mendapatkan bocoran, Kawasaki akan memasukkan 4 silinder dalam project jangka panjang next Ninja 250. Maksude??. Nama Ninja 250 harus tetap berkibar dan masuk sebagai motor 250 premium. Oleh karena itu perlu adanya Ninja 250 dengan status flagship…best of the best 250cc fairing bike in the world. Dan jalan yang paling ideal adalah pencangkokan mesin 4 silinder 250cc. Isunya riset new engine ini konon mulai berjalan di Jepang. Kenthirrr ora jallll…

Last….Ninja 250 FI 4 silinder butuh waktu cukup lama, bisa 2-3 tahun pengembangan terhitung dari sekarang (new engine). Jadi lahirnya nggak dalam waktu dekat (itung wae sendiri). Tapi jangan kuatir, pada rentang sebelum lahirnya Ninja 250 4 silinder, geng ijo sudah menyiapkan new Ninja 250 FI facelift inline paralel dengan mesin baru yang lebih powerfull dibanding current gen. Revisi tidak hanya sisi engine karena Kawi juga merevisi aerodinamika, handling dan paket secara keseluruhan. Kita lihat saja jejaknya diakhir tahun ini paling cepat atau awal tahun depan. Ninja 250 ??. Kawasaki kayaknya serius bener ki cak garapnya…makin mumet euy kelas 250cc…. (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!