” Perbandingan dimensi roda dua melawan mobil dijalanan…”

Iwanbanaran.com – Kangbro…..seperti yang kita semua tahu, tidak hanya diarea Sudirman dan sekitarnya, pada aturan baru…motor akan dilarang dititik-titik jalan penghubung seperti Rasuna Said serta Gatot Subroto. Tindakan ini menimbulkan keresahan karena dianggap tidak berdasarkan kajian akademis yang dibagikan kepublik. Oleh karena itu, kang Leopold Sudaryono, SH, yang juga Blogger roda dua menggulirkan petisi tolak larangan motor dijalan Sudirman dan Kuningan. Dan baru beberapa jam….kini sudah tembus 2000 biker ikut tanda tangan dalam petisi tersebut. Wihhhh….mantap ki biker !!….

Isi petisi yang dibuat di change.org isinya cukup gamblang dan mewakili seluruh rasa para biker. Berikut isi detilnya….

Pemda DKI mulai tanggal 11 Oktober 2017 melarang sepeda motor melintasi dua jalan protokol: Sudirman-Kuningan. Dengan tujuan untuk mengurangi kemacetan dan meningkatkan penggunaan kendaraan umum.

iklan iwb

Kebijakan ini tidak berdasarkan kajian akademis yang dibagikan kepada publik. Setiap hari faktanya pada jalur cepat Sudirman mengarah ke HI maupun jalan Tol yang tak bisa dilalui motor pun kondisinya macet parah.

Selain itu, Pemda DKI perlu melihat dampak ekonomi dari pelarangan yang akan sangat signifikan terhadap pengendara motor. Khususnya:

  1. Yang mengandalkan motor untuk bekerja ataupun melintas di wilayah ini.
  2. Bagi pekerja jasa angkutan orang (ojek) maupun angkutan barang/dokumen (kurir)
  3. Kelompok masyarakat ataupun sektor ekonomi yang mengandalkan pekerja pada point 2 di atas.

Pemda DKI dalam kebijakan pelarangan mengenyampingkan kepentingan lebih dari 73% pembayar PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) di DKI yang justru adalah pengguna sepeda motor.

Mengapa mobil juga tidak dilarang, atau setidaknya dibuat pelarangan bergantian hari antara mobil dan motor untuk melihat mana yang menjadi sumber kemacetan?

” Suasanan macet diibu kota…dominasi roda dua atau empat ???”

Berdasarkan penjelasan diatas maka kami meminta Pemda DKI untuk menghentikan kebijakan pelarangan ini dengan alasan-alasan sebagai berikut:

  1. Kebijakan pelarangan sepeda motor di ruas Jalan Sudirman- Kuningan menyangkut hajat hidup masyarakat luas baik yang secara langsung menggunakan motor ataupun mereka yang membutuhkan layanan jasa motor.
  2. Ketiadaan ruas alternatif yang paralel dan memadai akan menyebabkan waktu dan biaya yang dikeluarkan pengguna motor menjadi tinggi (high cost).
  3. Tidak ada kajian mendalam terkait dengan Perda/Pergub yang didasarkan pada naskah akademik.
  4. Kebijakan ini tidak melalui proses konsultasi publik dimana dokumen studi bisa diakses dan dipelajari publik.

Yup….itulah petisi yang kita harapkan menjadi pertimbangan serius bagi para pengambil keputusan. Kita sebagai warga negara pasti akan dukung kebijakan yang adil, tepat sasaran serta tidak terkesan penggal bawah tanpa sudi mencari solusi jitu. So kangbro….kalau sampeyan merasa menjadi bagian dari biker yang dirugikan dengan kebijakan tersebut, monggo urun rembug tanda tangani petisi berjudul Tolak larangan motor Sudirman-Kuningan disini cak !! . Semoga tanda tangan sampeyan menjadi salah satu penyumbang berguna buat para biker pada umumnya yang menggantungkan aktifitasnya diatas motor khususnya dalam mencari nafkah seperti kurir ataupun tukang pos. Semoga saja…..(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

47 COMMENTS

    • haiyyaaa trus kalo ttd capai 250jt rakyat inddonesia
      peraturan tsb gugur gt????

      mimpi
      orang merdeka tu kemana mana jln kaki

  1. Mengapa mobil juga tidak dilarang, atau setidaknya dibuat pelarangan bergantian hari antara mobil dan motor untuk melihat mana yang menjadi sumber kemacetan?

    setuju statement itu

  2. Aku wes melu tanda tangan sebagai biker yg tersisih dan di anak tirikan oleh kebijakan pemerintahan…yg terkesan berat sebelah okelah motor tidak boleh masuk tol. Masa sekarang mau di batasi di jalan raya non tol. JLNT motor di larang sekarang di jalan protokol mau dilarang juga. Kenapa ga sekalian aja pabriknya di tutup biar rakyat beli mobil semua biar tambah macey nantinya

  3. … ‘ Semogaaa … si Semarang city ora macam – macaaammm … neng aturan koyok si Jakartaaa … kuwi ! Ho ho … 111 x !

  4. Ora melek mripate opo yo… mbok ya d kaji ulang sblm buat kputusan.. MREKA2* enak bisa pakai patwal dsb.. lha ini motor jarak 1/2 mtr msh bisa masuk.. hualah jakarta jakarta.. lebih mengerikan dr pd emak2 naek motor..

  5. MOTOR MULU YANG DILARANG…
    COBBAAA DONG SEBALIKNYA…
    MOBIL PRIBADI YANG DI LARANG MASUK …
    GANTIAN…

    YANG BOLEH LEWAT KAWASAN SUDIRMAN…
    MOTOR. OJEK PANGKALAN . OJEK ONLINE . ANGKUTAN UMUM. DAN KENDARAAN ANGKUTAN LOGISTIC.. MOBIL PLAT MERAH ..
    UDAH ITU DOANG YANG BOLEH MASUK…
    KAWASAN ITU…
    BERPIKIR LUAS GITU LOOO.

    JADI LAPANGAN PEKERJAAN BERTAMBAH….
    JANGAN ORANG KAYA MULU DIMANJA… PAKEK MOBIL…. YANG LELUASA…

    COBA OM IWB USULIN
    Trima kasih…

  6. Harusnya itu adil, atau kalau bisa mobil aja, suruh noh orkay manja yg takut kulitnya item suruh dulu rasain penderitaan rakyat biasa yg bawa motor kepanasan, kehujanan sama cium asep diesel, biar mata hati mereka kebuka

  7. Jangan dimensinya yg dibandingkan, tp mentalitasnya …….wahhh, lek iwb kok maleh dadi ngene yooo? Mugo ae ente ora melu nyalon walikota opo nyaleg yo lekkkk 😀

    • Iwb sudah benar, karena kita Negara Pancasila.
      Lihat Makna Sila Ke 2 Yang Berbunyi : Kemanusiaan yang Adil dan Beradab Adalah :

      Menempatkan manusia sesuai dengan hakikatnya sebagai makhluk Tuhan
      Menjunjung tinggi kemerdekaan sebagai hak segala bangsa.
      Mewujudkan keadilan dan peradaban yang tidak lemah.

    • Menambahkan Arti dan Makna Sila Ke 5 Yang Berbunyi : Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia Adalah :

      Kemakmuran yang merata bagi seluruh rakyat dalam arti dinamis dan meningkat.
      Seluruh kekayaan alam dan sebagainya dipergunakan bagi kebahagiaan bersama menurut potensi masing-masing.
      Melindungi yang lemah agar kelompok warga masyarakat dapat bekerja sesuai dengan bidangnya.

    • yakin mentalitas yg mengendarai mobil lebih baik ?
      kalau pun benar, mana bukti nya, udah ada riset mengenai itu lom ?
      jangan hanya asumsi

      nih orang emang mental inlander

  8. mobil jalur cpt mtr jlr lmbt bereskan jgn mng sendiri dishub kan d tgsnya ngtur jln jgn pke ngelarang2 mtr sm byr pjk jg….

  9. Harusnya ada tol motor juga…kalau mobil juga dilarang trus para orang kaya naik apa masak motor…??

  10. Tenang, rezim djarot ahox bentar lagi punah d bln oktbr 2017. Junjungan kita Mr anies akan mencabut peraturan konyol ini….

  11. gak kirone dicabut caakkkk… memange petisi online ono kekuatan hukum e??
    atreh sengsoro nasib e bikers..

    mendingan tahu goreng sing dipetisi cak..
    mak nyusss…

  12. Bener bang ane juga kaga setuju ama tuh peraturan. Nyusahain kita buat ke kantor.. maksa buat naik transport umum. Lah transportasi nya udah memadai blm? Dari kenyamanan aja jauh.. kita naik mtr kan efisien waktu dan biaya.. mudah2an batal deh pelarangan ini

  13. Peraturan aneh… yang bikin macet itu kan mobil, yang badannya lebih gede. Lah kok malah mongtor yang dilarang? Kalo mau, mobil motor dilarang semua. Cuma boleh angkutan umum saja, itu baru waras!

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama