iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro…sebagai anak bangsa, IWB sebenarnya cukup sedih dengan kiprah para pembalap berbakat yang tidak memiliki sirkuit memadai. Fakta hanya Sentul adalah sirkuit Internasional satu-satunya yang kita punya tidak bisa dipungkiri. Namun fakta bahwa kondisi sentul memang makin memprihatinkan juga tidak bisa dibantah. Tidak heran para pembalap asing seperti pada ciut nyali membalap total di Sentul….!

Kasak-kusuk keluhan dari para pembalap luar saat ajang ARRC memang cukup santer mampir kekuping IWB. Tidak jarang komentator berkali-kali menyebut Sentul merupakan special trek dari seluruh kalender ARRC. Special karena kondisi aspal yang tidak normal. Sangat bumpy sehingga sekelas Kagayama (Suzuki) menyebut bahwa Sentul membutuhkan setingan khusus untuk meredam goncangan ketika high speed….

Memang cak..dari hari kehari, waktu kewaktu IWB melihat kondisi aspal sirkuit kebanggaan kita tersebut makin memprihatinkan. Seperti foto aspal yang IWB ambil didekat wall lintasan straight. Aspal sudah mengelupas dan dibeberapa bagian mulai mencekung kedalam karena gradasi. Sewaktu-waktu aspal bisa lepas ketika suhu dan cuaca ekstrim mengguyur permukaan aspal…

iklan iwb

Tidak hanya lintasan lurus, racing line untuk corneringpun sudah lama ditambal semen dibeberapa bagian. Soal itu sih sudah bukan rahasia umum. Awalnya IWB dulu kaget. Tapi karena sudah terbiasa lama-lama biasa saja. Namun makin kesini mungkin karena usia, aspal semakin tergerus dan cekung kedalam. Disebelah kiri dan kanan tidak balance serta dibeberapa bagian rada turun membuat feel ngilu kalau sampeyan menggeber motor pada high speed. Aspal yang harusnya mendapatkan restorasi namun hingga detik ini tidak ada kabar juntrungannya….

Last…kesulitan utama Sentul adalah status yang milik swasta atau pribadi. Selama owner merasa dengan kondisi tersebut masih tetap laku, ngapain susah-susah mengeluarkan duit untuk restorasi?. Kira-kira demikian analoginya. Apalagi biaya restorasi pasti sangat mahal. Sedang kita, mau nggak mau tetap kesana karena tidak ada opsi lain. Yah..semoga pemerintah sudi meracik internasional circuit seperti halnya Malaysia demi mendukung talenta para pembalap muda. Tidak hanya menunggu dan mengandalkan swasta tentunya. Semoga saja kangbro. Aspal Sentul?. Seperti itulah kalau dilhat dari dekat. Piye..wani geber motor ora??? (iwb)

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!