Iwanbanaran.com – Kangbro…sebagai anak bangsa, IWB sebenarnya cukup sedih dengan kiprah para pembalap berbakat yang tidak memiliki sirkuit memadai. Fakta hanya Sentul adalah sirkuit Internasional satu-satunya yang kita punya tidak bisa dipungkiri. Namun fakta bahwa kondisi sentul memang makin memprihatinkan juga tidak bisa dibantah. Tidak heran para pembalap asing seperti pada ciut nyali membalap total di Sentul….!

Kasak-kusuk keluhan dari para pembalap luar saat ajang ARRC memang cukup santer mampir kekuping IWB. Tidak jarang komentator berkali-kali menyebut Sentul merupakan special trek dari seluruh kalender ARRC. Special karena kondisi aspal yang tidak normal. Sangat bumpy sehingga sekelas Kagayama (Suzuki) menyebut bahwa Sentul membutuhkan setingan khusus untuk meredam goncangan ketika high speed….

Memang cak..dari hari kehari, waktu kewaktu IWB melihat kondisi aspal sirkuit kebanggaan kita tersebut makin memprihatinkan. Seperti foto aspal yang IWB ambil didekat wall lintasan straight. Aspal sudah mengelupas dan dibeberapa bagian mulai mencekung kedalam karena gradasi. Sewaktu-waktu aspal bisa lepas ketika suhu dan cuaca ekstrim mengguyur permukaan aspal…

iklan iwb

Tidak hanya lintasan lurus, racing line untuk corneringpun sudah lama ditambal semen dibeberapa bagian. Soal itu sih sudah bukan rahasia umum. Awalnya IWB dulu kaget. Tapi karena sudah terbiasa lama-lama biasa saja. Namun makin kesini mungkin karena usia, aspal semakin tergerus dan cekung kedalam. Disebelah kiri dan kanan tidak balance serta dibeberapa bagian rada turun membuat feel ngilu kalau sampeyan menggeber motor pada high speed. Aspal yang harusnya mendapatkan restorasi namun hingga detik ini tidak ada kabar juntrungannya….

Last…kesulitan utama Sentul adalah status yang milik swasta atau pribadi. Selama owner merasa dengan kondisi tersebut masih tetap laku, ngapain susah-susah mengeluarkan duit untuk restorasi?. Kira-kira demikian analoginya. Apalagi biaya restorasi pasti sangat mahal. Sedang kita, mau nggak mau tetap kesana karena tidak ada opsi lain. Yah..semoga pemerintah sudi meracik internasional circuit seperti halnya Malaysia demi mendukung talenta para pembalap muda. Tidak hanya menunggu dan mengandalkan swasta tentunya. Semoga saja kangbro. Aspal Sentul?. Seperti itulah kalau dilhat dari dekat. Piye..wani geber motor ora??? (iwb)

 

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

94 COMMENTS

    • Lho seharusnya bangga, ini sirkuit paling aman sedunia lho, ga ada yg berani geber kenceng2, yg geber kenceng seketika mendekatkan dirinya pada Tuhan, usulan buat pemilik sentul, dikasi polisi tidur aja skalian biar tambah safetynya. Tiap tikungan dikasi poldur 10 biji, jadi pedagang asongan bisa jualan aqua ke pembalap2 yg kehausan.

  1. Wohh parah tenan jebule lek. Jalan di solo aja rusak dkit langsung aspal ulang. Apa krna dipake midik pak jokowi?

    • Itu jalan negara bro…uang negara banyak…lha sentul punya tommy suharto…lha buat apa negara benerin aspal orang…toh itu juga bukan sirkuit negara..indo ga punya sirkuit negara bro…kasian ya…

    • Kabar sirkuit jakabaring sama lombok gimana kang??aduh malu2in dunia aja pemerintah daerah sudah joar2 tapi omong doang???

  2. Bangun jalan ratusan kilo sanggup, membenahi stadion juga sanggup. Ini sirkuit dari jaman bahela sampe sekarang gak ada perubahannya. #Tundukkan_kepala ?

  3. Jalan diponegoro denpasar, masih mulus aja dah diaspal ulang. Perasaan blm lama diaspal..kmrn dah diaspal lagi…
    Poor sentul..

  4. Belum lama ini petinggi negara tertinggi (tak perlu disebut namanya), mengatakan ingin lebih melibatkan swasta untuk proyek negara (artinya yg dipake negara, masyarakat, atau kepentingan umum) misalnya jalan raya, dsb.

    Sekarang begini.. Jika Sentul adalah satu2nya sirkuit permanen yg memadai untuk event internasional yg mana ini berhubungan dengan membawa nama Indonesia. Bukankah ‘melibatkan swasta’ di atas sudah gugur oleh Sentul? Sekarang langkah selanjutnya adalah pemerintah yg harus mau menyumbang. Katakanlah biaya perbaikan aspal dan infrastruktur pendukung lainnya. Dari pada membuat sirkuit baru yg lebih sulit.

    Tak perlu hitung2an soal bagi hasil lah, toh selama ini pihak Sentul yg berjuang sendirian memfasilitasi pebalap2 Indonesia berkembang.

    Sponsor ‘Visit Indonesia’/’Wonderful Indonesia’ bolehlah tempel di gerbang Sentul yg kalo lg bubar acara macetnya naudzubillah itu…

    • Negara akan melibatkan swasta utk proyek infrastruktur yg dipakai masyarakat banyak. Bukan segmented seperti sirkuit. Ngapain pemerintah hrs nyumbang bwt ngaspal sentul sedangkan byk daerah yg jalannya blm memadai. Gak pake itung2an soal bagi hasil pula.

      Sentul berjuang sendirian memfasilitasi pebalap Indonesia? Yang bener aja…noh tim balap yg lebih berjasa mengasah pebalap Indonesia. Pemilik sentul mah dah kepalang tanggung bikin sirkuit, jd mau gak mau klo ada yg mo nyewa ya monggo sewa dgn kondisi apa adanya.Penyelenggara balapan jg mau gak mau sewa sentul, lha wong ga ada yg lain.

      Seharusnya push pemerintah utk bikin sirkuit nasional dgn melibatkan pabrikan besar seperti AHM, YIMM dan grup astra yg lain. Ngapain ngaspal sentul yg pemiliknya jg mpot2an ngurusin sirkuit.

    • melibatkan swasta untuk proyek negara, dalam artian swasta diajak untuk turut serta dilibatkan dalam membangun proyek fasilitas milik negara (bukan ketiban durian runtuh dapet enaknya dibenerin negara), dalam hal ini jelas sentul bukan milik negara.

      anyway pembalap nasional kalo latihan di sentul bayar kok, ngga gratisan. Jadi ngga usah lebay bilang berjuang memfasilitasi pembalap2 indonesia berkembang

  5. btw kok bisa lolos standard keamanan ya?ini sama aspal komplek juga cakepan aspal komplek, padahal keselamatan pebalap adalah hal yg utama…btw moga2 sirkuit di daerah mudah2an cepat jadi deh….kasian kalo pebalap ada napa2

  6. Wong sdh tau kondisi kaya gitu ya dipake race, betul kata mas iwan, selama masih laku dipake race ga bakalan di aspal, tinggalkan saja sentul, malu2in bangsa indonesia aja. Kalo sdh sepi ga ada yg balapan di sana, mungkin akan diperbaiki tapi kalo malah tambah parah berarti yg punya juga wis ga ngurus..

  7. Ya semoga cepet d perbarui. Klo gak ya semoga pemerintah bisa bangun sirkuit baru. Biar gak gembar gembor aja. Semoga cepet terrealisasi. Masalah di mna. Saya pribadi gak begitu peduli. Yg saya harap semoga ada sirkuit yg mumpuni untuk ajang balap internasional. Sukur2 bisa motoGP.

    • Jangan lupa siaran langsungnya, gratis di teve2 swasta nasional, kwalitas gambar exellent. Komentatornya blogger2 papan atas n menengahn kuis2 royal hadiah

  8. Cuma ngaspal 3km aza kg becus gmn ngaspal jln raya yg ribuan km…oh indonesiaku…jln tol yg bayar aza aspalnya compang camping….n mo bikin mobil nasional yg komponennya ratusan…bikin aspal yg bagus aza g pny teknologinya

  9. Lha kok ya pada mau menggunakan? Kenapa ga diboikot aja kalo ga dibenahin terus. Masa sekelas arrc dan irs mau-maunya menggunakan sirkuit yang aspalnya aja ga diurus kaya gitu.

    • Jalan umum juga ada tingkatan bro…
      Jalan nasional
      Jalan provensi
      Jalan daerah
      Kl itu jalan rusak asal dana anggaranya juga beda bro…

  10. Harusnya pihak penyelengara punya standar sendiri lah. Masa sirkuit beginian bisa masuk. Biar sentulnya mikir jangan cuma mikirin duit mulu tp Kualitas diabaikan

  11. Itu orang yg dlu pas kampanye bilang dana nya ada kita tinggal kerja kerja kerja kemana ya. Bangun sirkuit sekelas sepang harusnya bisa.

  12. Bagusan jalan raya yg baru di hotmix kualitas nya..
    Tambal nya pake semen lagi… Dah aja di cor sekalian.. Wkwkwk…
    Semoga ada beberapa pihak ato sponsor yg peduli untuk memperbaiki kualitas sentul

  13. iki jian buah simalakampret…. punya swasta yah apa jare yg punya…. mau diperbaiki yo yen ono duwite lan scr bisnis menguntungkan… yen gak untung lha laopo didandani.. iso buntung….. wong mrotoli yo sek payu lan dadi agenda rutin….. yen sirkuit punya pemerintah yo podo ae….. pengelolane ogah2an… seperti yg lainnya… kalo dikelola pemerintah… yo pemeliharaane rawan di markup………velodrom nang malang ae mangkrak… gawe pacaran gawe indehio… dadine yo wes emboh kudu piye…. wong nang indonesia iki ora ono tunggale… ngene salah ngono gak bener…. aku dewe mumet…. kate maju kok susah men…….. mbohlah…. wkwkwkwk

  14. Pengelola sirkuit cm mau untung, msa udah rusak dr jaman bahola ga ada perbaikan.
    Kmna uang dr sewa sirkuit dr dulu?
    Mirisssss

  15. Tp sirkuit pemerintah jauh coi dari sentul.. makanya dan gw rasa owner sircuit sentul juga cuek bebek.. soalnya yg pake sentul rata2 orang jakarta bogor bandung.. kecuali pemerintah bangunnya deket sentul nah.. baru kalang kabut deh ownernya ada pesaingnya..

    Sekarang coba deh kita bayangin kl kita jadi owner circuit sentul.. buat perbaikin aspal itu gak murah.. dan untuk apa.. toh juga laku2 aja.. pemerintah mau bikin di palembang? Monggo, kalaupun jadi customer gw yg di jakarta bandung bogor juga gak akan ke situ pas weekend.. mau keluar biaya berapa mereka kalo mau cuman fun race doang.. biaya pesawat, biaya logistik, biaya nginep, biaya makan bisa bengkak.. jadi buat ap apa di aspal ulang?

    Ya kita sih cuman bisa berharap bisa di bangunin circuit permanen di pertengahn jakarta bogor bandung kaya sentul, soalnya jauh coi kl mau fun race ke palembang.

    • Sekitar cikarang & karawang cocok tuh bro, msh byk lahan plus akses tol langsung. Pabrikan mobil & motor jg banyak disana jd lebih enak ngadain acara.

    • gag salah memang komentarnya bro.. nah makanya, pemerintah tetap kudu cepat2 bangun circuit international milik negara, biar ajang2 balap international pindah semua ke sirkuit yang lebih baik dan gag malu2in negara ini lah.. Nah, Sentul biar untuk2 rider jabodetabek-Bandung deh yang ingin sekedar funrace.. dari situ aja udah pasti ngurang pemasukan buat sentul terlebih berkurang dari ajang2 international.. dari situ mungkin baru deh owner sentul bakal berbenah diri untuk bersaing dengan sirkuit pemerintah..
      Ohya, belum lagi di Bandung juga kata nya akan bangun sirkuit bukan? berkurang lg lah itu pelanggan sentul yang berasal dari bandung-sukabumi dan sekitarnya…

  16. Mengenaskan…..
    Kalau masih di pakai untuk ajang internasional mah malu2in negara atuh….

    btw kog komen ane kena modelterasi mllu yak belakangan, padahal komen ane slalu positif lho,, ane email kang IWB juga dak ada respon2.. apa Kang IWB sentimen dgn ane? #bapermodeon

  17. Nggak heran, Indonesia memang negara yang aneh. Olahraga dengan prestasi bagus bahkan bisa masuk level Asia nggak difasilitasi (balapan), anehnya yang nggak terlalu berprestasi bahkan di level Asia Tenggara kalah melulu malah difasilitasi terus (sepak bola).
    Lirik sirkuit milik pemerintah 1 pun nggak ada di negara ini, bandingkan sama Stadion bola yang prestasinya cuma (sorry) ecek ecek tapi hampir tiap daerah punya fasilitasnya..
    Nggak usah mengatasnamakan “Sepak Bola peminatnya paling banyak”. Alasan super basi

    IRONI

  18. Bukan sirkuit nya cak yg mmprihatinkan,tapi pemerintahnya .yg pada muka tembok smua.baru klo urusan korupsi pada d barisan depan.

  19. Lho… Jadi selama ini kita tidak punya sirkuit milik negara?miris benar. Padahal banyak di negara kita yg bakat jadi pembalap, termasuk emak2nya.

  20. pengelolaan yang kurang baik kayanya kang iwan sampe bocel2 kek gitu. material yang juga dikorupsi menurut ane, kalo enggak, gak mungkin kek gitu. kok malah mulus2 jalanan penghubung kota bantaeng kang hahahaha

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama