iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro…….Kawasaki Versys X250 sudah IWB gunakan wira-wiri harian hampir dua minggu lamanya. Pada rentang tersebut IWB telah tes segala aspek mulai dari engine, handling, respon suspensi, kekuatan lampu, braking ability, reliability ketika digunakan pada kemacetan parah hingga komsumsi BBM. Namun diartikel ini IWB akan fokus pada komsumsi BBM dan sampeyan akan terkejut melihat hasilnya karena diluar dugaan. Emange nyapooo ????….

Seperti yang sampeyan tahu, Kawasaki Versys X250 sukses dirilis PT KMI beberapa bulan lalu di Bromo. IWB juga sempat nyicipin kemampuan sang adventure bike dijalanan Bromo. Pasir dan jalanan rusak sukses diembat dengan feel positif. Namun kuwi kan turing dijalur khusus….bukan jalanan umum yang memiliki rintangan berbeda. Oleh karena itu, ketika PT KMI menyodorkan ke IWB untuk ngetes harian sang adventure bike, jelas tawaran tersebut IWB sambut dengan suka cita….

Pengetesan BBM Versys X250 tidak kita lakukan secara manual. Kita mengandalkan teknologi MID yang hadir pada speedometer sang kuda besi. Seharusnya sistem ini lebih akurat sebab sensor membaca tiap semprotan injector yang masuk keruang pembakaran. Jadi komsumsi BBM rata-rata akan terbaca secara real time. IWB sendiri menggunakan BBM jenis Pertamax atau Ron 92. IWB memilih jenis ini karena mayoritas SPBU memiliki Pertamax ketimbang versi Turbo. Dan pengetesanpun dimulai….

iklan iwb

Berawal di jalur sekitar Depok, Gunung Putri dan tempat-tempat lain. Lalu pada keesokan harinya, IWB bersama teman-teman Blogger yang kebetulan cukup antusias melakukan turing akhirnya sukses menempuh jalur puncak. Kelokan disertai cuaca hujan dibeberapa wilayah memaksa mesin bekerja keras. Blogger yang ikut adalah Vandra Monkeymotoblog bersama Mz Moel-nya aka Yamaha Fazer 600 serta juraganWP aka Irwan nunggang Aerox155. Hasilnya ??…

IWB lumayan tercengang atas komsumsi BBM Versys X250. Lha piye cak….MID menunjukkan saat digunakan untuk nanjak dijalur puncak, BBM average bisa tembus 25,9 km/liter. Kuwi nanjak lho cak. Gaya berkendara santai tapi sesekali betot. Sementara ketika dijalanan turunan, terbaik BBM yang bisa IWB raih adalah 27,1 km/liter. Cakep tenan. Piye ketika jalanan macet buat harian yang memaksa mesin stop and go??….

Dari catatan MID meraih 23,9 km/liter. Dan saat lancar jaya dijalanan rata…average komsumsi BBM mencapai 25-26,3 km/liter. Mengejutkan kembali. Praktis IWB nggak pernah meraih dibawah 20 km/liter. Bahkan dibanding Ninja 250 sekalipun, IWB merasa Versys X250 cenderung jauh lebih irit. Pertanyaannya…kenapa bisa begitu?. Pertama, kita analisa dari karakter….

Versys X250 memiliki torsi besar sehingga untuk mengail tenaga bawah kita nggak perlu membuka gas dalam. Makanya keluarnya bensin mung “sak incrit”. Kedua….walau basis mesin yang digendong Versys X250 common engine dengan Ninja250, dapur pacunya adalah racikan terbaru (bore x stroke 62.0 x 41.2 mm). Yang IMHO pasti ada beberapa penyempurnaan yang membuat pembakaran lebih sempurna dan efisien….

Hal ini dibutuhkan karena Versys X250 adalah motor adventure yang butuh keiritan agar tidak sering masuk pom bensin. So….semua terbukti cak. Dengan engine DOHC 249cc, paralel Twin 8 katup (kompresi 11.3:1) serta 28 mm x 2 dual throttle valve digital ignitation….jelas raihan motor bongsor tersebut termasuk irit. Apalagi ledakan tenaga lumayan gede yakni berada dikisaran 33PS dan torsi 27Nm…..makanya ngenyozzz tenan….

Last….pengetesan Kawasaki Versys X250 masih IWB lakukan. Beberapa pengujian dengan cuaca hujan, panas, jalanan mulus atau rusak ada dikantong IWB. Pasti ada plus minus….dan IWB akan beberkan satu persatu agar sampeyan mendapatkan gambaran detil. Lalu bisa menggunakan sebagai acuan kalau nyidam motor adventure khususnya Versys X250. Berikut beberapa jepretan komsumsi BBM average Kawasaki Versys X250. Ngiritttt dompete cakkkkk !! :mrgreen:  (iwb)

Average BBM Kawasaki Versys 250 disegala kondisi

Meraih 25,9 km/liter

Meraih 26,3 km/liter

Terbaik 27,1 km/liter

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!