iklan iwb
iklan iwb
” Old Vixion cak Dwi sukses dijejali assist & slipper clutch R15VVA…”

Iwanbanaran.com – Kangbro…sopo sing ora ngiler melihat generasi terbaru sport Yamaha sudah dibekali fitur assist and slipper clutch. Fitur yang membuat motor minim engine brake dan meningkatkan keempukan kopling ini sontak membuat pemilik engine lawas seperti old Vixion 3CI gatal untuk mencoba. Dan setelah melakukan eksperimen…siapa menyangka komponen all new R15VVA tersebut PNP pada engine 3CI. Waaahhhh juozz. Nahh…penasaran piro biayanya ?. Berikut tutorial singkatnya….

Engine generasi pertama Vixion yang cukup kondang adalah 3CI. Generasi inilah yang membawa nama Vixion melesat dan membuat Yamaha menguasai pangsa motorsport tanah air selama beberapa tahun. Setelah itu kalau nggak salah sekitar 2013….Yamaha merilis generasi kedua Vixion dengan label Lightning. Perubahan mencolok pada body yang lebih gambot dibanding 1st gen…

Namun sama dengan body, untuk kode engine pada Vixion Lightning pun berubah. Tidak lagi mengusung 3CI….namun gen kedua mengusung kode engine 1PA. Umur 1PA pun nggak lama karena pada tahun 2015…Yamaha merilis generasi ketiga dengan label Vixion Advance. Untuk gen tiga mesin menggunakan kode 1PV. Konon pada gen ketiga ini Yamaha memperbaiki cooling system agar makin sempurna. Kembali soal assist and slipper clutch….

iklan iwb

Kebetulan cak Siti Dwi dengan menggunakan jasa bengkel Jimmie Jimbonk punggawa dari RPM Garage Bogor cukup penasaran. Dengan mesin satu gen….seharusnya bisa dijejali komponen serupa. Dan setelah melakukan experimen…..fix dipastikan sampeyan bisa mencangkokkan assist & slipper clutch pada Vixy lawas. Berikut surel lengkapnya….

Cak Iwan, mau kasih info nih kang, saya berhasil pasang asist dan sliper clucth di old vixion saya, pemasangan PNP cak iwan. Dan beberapa partsnya inden sekitar 2 bulan di Yamaha DDS, dan saya memasang parts ini di bengkel Jimmie jimbonk rpm garage Bogor….

Berikut saya lampirkan video pemasangan dan sistem kerja dari sliper clucth yang dijelaskan dan dijabarkan oleh om jimmie jimbonk dan disertai perkiraan harga yang harus ditebus dan kode parts apa saja yang dibeli. Salam joss gandos buat warung cak IWB yang semakin hari semakin hot bocoran motor anyar. Jos gandosss klotos klototsss cak.​

Nahhhh….juozz tenan. Jadi bisa dipastikan untuk assist and slipper clutch milik new R15VVA ataupun Vixion R bisa sampeyan cangkokkan pada old Vixy. Hal ini sudah dibuktikan oleh cak Dwi langsung. Adapun part yang harus diganti sudah dijabarkan secara lengkap oleh kang Jimmy. Jadi tenang cak….

Walau sampeyan rumah jauh dari Bogor bisa dilakukan sendiri. Sampeyan hanya tinggal cari bengkel yang bener-bener memiliki kredibilitas melakukannya. Kalau diperhatikan dari catatan yang dishare ke IWB, secara total ada sekitar 17 item yang bisa sampeyan intip dalam lampiran dibawah. Estimasi biaya juga ada. Yang paling mahal hanya primary drive comp dimana banderol sekitar 400 ribuan. Yah…budget siapin 800-900 ribuan kangbro…

Last….jika komponen bisa dipasang secara PNP maka bisa dipastikan keamanannya mencapai 95 persen. Kecuali harus dengan modifikasi atau custom, baru IWB nggak menyarankan secara yang diubek-ubek adalah dapur pacu…jadi riskan cak. Btw….assist and slipper clutch ini seharusnya juga bisa dipasang pada mesin 1PA ataupun 1PV. Kudu dijajal dulu emang. So…..penasaran cara pasangnya?. Tenang cak….tutorial sudah IWB lampirkan dibawah. Fix bisa dipasang pada old Vixy yo. Bungah tenan wisss :mrgreen: …..(iwb)

Foto komponen yang dibutuhkan

 

Tutorial instalasi assist and slipper clutch old Vixion

HP klik disini

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!