Iwanbanaran.com – Kangbro…..inovasi dan agresifnya grup Astra baik lewat produk dan iklan membuat posisi mereka terus bergeser menjadi pemimpin disegala segmen. Hal ini dibuktikan lewat prestasi mereka diawal 2017. Setelah sukses dan tak tersentuh disegmen tanpa gigi…kini segmen sport pun secara meyakinkan dikuasai Honda dengan 45,3 % market share. Termasuk kelas 250cc dimana CBR250RR kini menjadi raja. Ediann !!…

Raport ini diukir pada semester pertama 2017. Honda mengandalkan beberapa varian sport seperti CB150R, CBR150R, Megapro, Verza, CRF250 Rally, CBR250R plus big bike. Sumbangan mereka membuat Honda sulit dikejar para rival. Sebagai contoh CB150R yang terjual 52.670 unit, CBR150R 37,114 unit…..Verza 150 22.366 unit….Megapro 1,883 unit….CRF250Rally 410 unit….Rebel 500 sebesar 65 unit dan CB500X 58 unit….

Sementara itu fairing sport 250cc Honda juga tampil cemerlang. CBR250RR baru diawal sudah langsung melejit menguasai pasar. Motor dua silinder ini terjual 5,419 unit selama Januari-Juni 2017 dan sukses menjadi raja dikelas seperempat liter menyalip Ninja 250 FI. So…secara total penjualan sport semester pertama Honda mencapai 120,025 unit atau memimpin 45,3 % pangsa pasar nasional….

iklan iwb

Pencapaian AHM di semua segmen ini membuat Honda mampu mempertahankan laju penjualannya di pasar domestik sehingga tidak terlalu turun tajam dibandingkan penjualan pasar motor nasional. Pada semester I/2017, pasar motor domestik turun 8,9% dari 2.962.888 unit yang tercatat pada semester I/2016 menjadi 2.700.546 unit pada periode yg sama tahun ini. Sementara itu, penjualan AHM pada periode yang sama hanya turun 7% dari 2.158.388 unit pada semester I/2016 menjadi 2.005.944 unit pada semester I tahun ini…..

Dominasi AHM di pasar motor nasional tidak hanya di segmen sport. Pada segmen skutik, Honda berhasil menguasai 78.3% pasar skutik nasional dengan total penjualan 1.719.845 unit pada semester I/2017 lalu. Honda BeAT series kembali menjadi penyumbang terbesar pada segmen ini dengan angka penjualan 902.553 unit atau berkontribusi 41,1% terhadap total penjualan motor skutik nasional….

Lalu Vario series menjadi penyumbang terbesar kedua dengan penjualan 540.433 unit, diikuti New Scoopy eSP sebesar 270.569 unit, Spacy 2.588 unit, dan PCX yang terjual sebanyak 3.692 unit. Selain itu, segmen bebek ternyata juga mengejutkan cak. Honda berhasil menjual 166.074 unit moped Tanah Air pada semester I/2017. Praktis AHM memimpin 69,4% pangsa pasar motor bebek nasional….

Terbesar disumbang Revo series dengan 77.876 unit atau berkontribusi sebesar 32,6% terhadap total penjualan motor bebek nasional. Pencapaian ini diikuti Honda Supra series sebesar 67.387 unit, New Honda Sonic 150 R sebesar 14.708 unit dan Honda Blade 6.103 unit. So….dengan raport diatas bisa dipastikan kini Honda menguasai seluruh segmen motor roda dua tanah air baik skutik, sport dan bebek pada semester satu 2017. Kita lihat saja apakah raport ini bisa dipertahankan pada semester kedua nanti. Honda ??. Ngamuk tenan cakkk……(AHM PR edited iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

45 COMMENTS

  1. Ekek…
    Lek skali2 ulas data motor second/leasing kredit macet…
    Wkwk…???
    Sapa tau dpt sponsor dri leasing…
    ???

      • Mudah mudahan si muka meki laris. Supaya gak rugi congor fby nyinyir disini.. Ekekekek

      • Jangan gitu tong, nanti penjualan sesembahan lu gak naik2 tong. Terus klo facelift knp tong? Takut penjualan sesembahan lu makin nyungsep ya tong?

        Jd fby harus optimis tong ??

        • Ternyata fbh dungu emang ???,
          Udh ah capek jelasinnya… Intinya bedain fby/Sales ngahahahahahaha

          Salam smart?

  2. Ya selamat buat honda yang kelamaan akan memonopoli pasar sepeda motor roda 2. Yang lain mendingan tutup/pindah pabrik deh dari negara ini. Biar produk nya gak ada saingan dan pasar pun akan jenuh dengan yang itu2 aja. Horeeee Indonesia keren

  3. Haiyyaaa honda tu ibarat avanza-xenia mobil sejuta umat (OKB)
    Kawasaki tu ibarat rolls royce phantom

    Owner RR GHOST

  4. Kasian cebeer 250, produk baru tapi cuman dapet ampasnya. Unggul sih tapi cuma sakcrit. Sampe plan nya nganggur alibi buat kejar produksi beat padahal memang cebeer banyak numpuk di gudang d makanya plannya stop.

    Kelamaan belajar bikin 2 silinder. Atau mungkin memang fbh nya yg kagak doyan (suka matic). Ml

  5. Selamat sore kang.. saya mw tanya barangkali bisa dijawab…. Ini keresahan pribadi saya saja.. knp di jaman sekarang ini motor motor (terutama matic) saya tidak mw menyebut merek krna ini saya temui di nyaris semua merek dan tipe motor matic.. knp banyak motor masih baru berkeliaran di jalan bahkan ada yg platnya msh baru malahan msh plat sementara tapi saya liat mesinnya sudah mulai keliatan rembesan oli di mesin nya.. ada jga yg saya liat di jalan tali spido nya sdh putus ada yg lampu belakang dan lampu sein sdh putus.. paling extrim kang saya pernah liat motor sport 150 yg laris manis di indonesia ini msh plat bru kang udh ngebul asap putih di jalan… Jadi saya bertanya dalam hati apa kwalitas produk di motor skrg ini material memang kwalitas yg budgeting atau bgmn ya kang krna saya sering temui hal seperti itu di jalan.. tidak semua kendaraan tapi semua merek dan tipe hampir pasti ada yg seperti itu.. kmudia saya pernah jga dengar curhatan dri sebuah bengkel yg blg mereka tdk berani stock spare part utk beberapa tipe motor utk beberapa merek krna katanya 1 merek motor skrg setahun bisa keluarkan beberapa tipe motor jadi kadang motor yg 2-3 tahun lebih umurnya itu kadang sdh susah spare partnya… apa benar bgtu kangmohon pencerahaannya kang..
    Sbgi informasi saja domisili saya di kalimantan timur kang

    • lha itu jaman skrang kan dah ga mengejar keawetan keg jaman dlu. kendaraan sekarang paling cuma punya target 5 tahun langsung ganti.

      kalo kendaraan jaman dlu >10 tahun masih bisa digeber

      • Menurut ane krn motor honda jaman dulu ga ribet perawatannya, skrg ribetnya luar biasa, ganti busi aja susah, beda sm gl tiger cb jaman dulu.

        • Hampir smua motor skarang gtu susah-susah servicenya.
          kebnyakan fitur ga penting. apalagi gara2 kebutuhan untuk tampil trendy sehingga bikin body motor ga sesolid motor jadul

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama