iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro…bocoran menarik dibeberkan Nikkei Asia yang berbasis di Jepang atas rencana besar Yamaha di Indonesia. Rencana yang pastinya akan membuat posisi Yamaha di Indonesia makin meroket sebab Iwata Jepang mempercayakan mereka memproduksi mesin besar yang terindikasi sebagai moge dimasa depan. Wihhh mantaappp !….

Seperti di lansir Nikkei Asia….Yamaha sedang merencanakan menggunakan fasilitas produksi Indonesia untuk menghasilkan mesin besar dan kendaraan segala medan. Bahkan Yamaha berencana siap menginvestasikan miliaran yen atau puluhan juta dolar, antara 2017 dan 2019 untuk menyiapkan jalur dengan kapasitas sekitar 10.000 hingga 20.000 mesin besar setahun. Wihhh…..serius tenan ki koyone cak…

Sebagai informasi…Yamaha Iwata Jepang sendiri saat ini mampu merakit sekitar 200.000 mesin per tahun dan 50.000 mesin per tahun untuk ATV. So…dari sana mereka berencana menggeser sebagian produksi mesin 700cc keatas ke Indonesia. Yamaha ingin menggunakan fasilitas di Indonesia untuk membuat mesin motor mulai tahun ini. Sementara mereka akan membuat suku cadang untuk mesin ATV dan diharapkan perakitan penuh bisa berjalan di tahun 2019…..

iklan iwb

Tidak hanya itu cak. Upaya untuk meningkatkan produktivitas dikatakan juga akan terus berlanjut. Yamaha berencana untuk menambahkan lebih banyak model motor di tahun 2018 namun pada saat yang sama bermaksud untuk menggunakan sekitar 20% lebih sedikit jenis mesin dibandingkan dengan tahun 2015. Sik…sik, maksude piye ki?. Jadi ngene pakde. Dengan mesin yang sama kemungkinan bisa brojol 2 atau 3 varian. Contohnya seperti yang sudah mereka lakukan dikelas cc kecil…

R15, Vixion serta Xabre common engine….dan itu yang kemungkinan mereka juga lakukan pada moge kedepan. Menurut Nikkei lagi, goal Yamaha dalam rencana bisnisnya adalah membuat 60-70% mesin ATV juga bisa digunakan untuk kendaraan salju ataupun watercraft. Dengan adanya sharing part lintas produksi diharapkan akan meningkatkan profit Yamaha dimasa depan….

Keterangan dari Nikkei tersebut sebenarnya selaras dengan beberapa bocoran lawas bahwa geliat peracikan suku cadang big bike Yamaha sudah berjalan. Masih ingat artikel IWB dimasa lalu?. Artikel yang menemukan kode BU 3 divendor lokal yang awalnya kita duga sebagai versi facelift dari 1WD (R25)?. Namun Yamaha BU 3 ini ternyata memiliki karakter berbeda dengan R25. Salah satu yang kentara adalah profile diameter piston yang cukup gambot yakni kisaran 79mm. Ukuran segitu jauh lebih besar dibandingkan dengan R25 ataupun R3 sekalipun…

Sebagai informasi, Yamaha R25 yang mengusung kode 1 WD menggunakan ukuran piston kisaran 60 mm. Sementara YZF R3 adalah 68 mm. So….jika kita komparasi head to head dengan R3 sekalipun…..BU 3 ini tetap jauh lebih besar. Bayangin cak…piston 68mm vs 79mm. Artinya apa ?. Bu-3 IWB prediksi adalah motor dengan kapasitas cukup besar atau moge. Analisa IWB arahnya adalah MT 07 dan rasanya sudah cukup untuk menyimpulkan bahwa berita di Nikkei sebenarnya sudah mulai berjalan….

Last…..geliat Yamaha yang dipastikan akan menggeser sebagian produksi mesin besar ketanah air memunculkan spekulasi bahwa moge Yamaha terbuka akan diracik di Indonesia dimasa depan. Tentu jika keputusan gol, kondisi ini membanggakan kita semua sebab tulisan ‘Made in Indonesia” bakal tercetak pada big bike Yamaha didunia. Semoga saja benar cak. Juozzzz ! (iwb)

Referensi : Nikkei Asia

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!