iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Record cak….bener-bener record tersendiri kemarin siang. Lha piye pakde….secara total ada 55 Blogger setanah air menyerbu AHM. Dari ujung Sabang sampai Merauke (Lebay sitik :mrgreen: ) berkumpul menjadi satu dalam rangka Blogger visit AHM factory plant 4 Karawang. Pabrik tempat skutik serta Sport Honda diracik sebelum dipasarkan keseluruh penjuru tanah air. Nahhh penasaran to?. Lanjutkan bacanya sambil ngopi cak…..

Selama IWB menjadi Blogger, gebrakan PT AHM mengundang 55 Blogger setanah air adalah record tersendiri kangbro. Sampeyan bakal terkejut sebab nyaris semua berkumpul. Baik dari Batam, Jawa Barat, Jabodetabek, Cirebon, Jateng, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali dan beberapa pulau lain yang nggak bisa IWB sebutkan satu persatu. Makanya ngowoh bin dlomblong tenan….

iklan iwb
iklan iwb

Rasa capek menembus macetnya Tol Cikampek (butuh 3,5 jam jam dari Jakarta) terbayarkan. Ketemu teman Blogger lain…..wisss kayak reuni cak. Apalagi ternyata para karyawan AHM di Plant 4 banyak juga yang kenal IWB. Mulai dari ngajakin foto hingga ngobrol-ngobrol ringan. Nyambung cak. Ramah-ramah semua. Tapi nggak tahu batinnya mungkin dongkol karena IWB yang sering bocorin produk baru Honda. Mohon dimaafkan :mrgreen: ….

” Bu Istiyani Susriyati (bu Isti/HC3) berikan kata sambutan pada segenap Bloggers yang datang…”

Singkat cerita, setelah kata sambutan dari Ibu Istiyani (HC3), kita langsung digelandang melihat proses pembuatan dan perakitan motor Honda di Plant 4-5 AHM. Kendati IWB sudah datang kesana selama 3 kali, bagi IWB tetap menarik melihat kesibukan para mekanik meracik komponen yang masih terurai menjadi bentuk motor. Kebetulan dihari Sabtu (15/7/2017) yang bekerja hanya line up Beat…maka kita lebih fokus kesana….

Pabrikan yang bersih dan tertata dengan baik. Lalu dibagian tertentu kita akan melihat pergerakan robot. Yup…..khusus untuk rangka dikerjakan oleh Robot. Baru saat finishing dilanjutkan oleh manusia. Yang menarik kangbro….Honda ternyata termasuk independent. Hampir semua komponen diproduksi sendiri oleh mereka. Beberapa part yang IWB lihat adalah casing, tanki BBM dan pernik-pernik yang tidak bisa IWB sebutkan satu persatu. Langsung diracik disana. Ealahhh…kirain vendor, edian juga ki kekuatan produksinya…

Khusus casing, proses pengangkatan dari cetakan dikerjakan secara robotic. Sayang kita nggak boleh bawa kamera ataupun mengabadikan foto cak. Jadi sampeyan coba merem dan bayangin wae (haiyahhh :mrgreen: ). Semuanya terukur dan canggih tenan. Lalu perakitan untuk Beat, sampeyan akan terkejut sebab tiap 18-20 detik sudah brojol satu motor. Pengisian oli juga langsung dikerjakan saat asembling. Kemudian proses QC terakhir dibagian mesin dyno hingga ketinggian sorot lampu juga ada standartnya. Semuanya berlangsung sangat cepat….

Setelah dari lokasi produksi line up Beat, rombongan sebanyak 55 Blogger juga dibawa ketempat perakitan new CBR250RR. Sayang untuk Sabtu tidak ada produksi sport dan memang hanya fokus pada Beat karena permintaan membludak. Tapi IWB mendapatkan gambaran betapa setiap ruangan disterilkan sedemikian rupa sehingga rapi serta tersusun secara “well organized”. Profesional tenan cak. Sayang….waktu berjalan sangat cepat. Tidak terasa rombongan sudah sampai dipenghujung tour. Wis jam 4 sore cak….pabrik harus tutup. Sebuah tour yang sangat berkesan karena seluruh Blogger setanah air berkumpul menjadi satu dengan jumlah hingga 55 Bloggers. Luar biasa….

Last…..PT AHM saat ini memang satu-satunya pabrikan yang memiliki kekuatan produksi raksasa. Sampeyan bayangkan….hanya di Plant Cikarang mereka mampu menghasilkan 2,1 juta unit/tahun. Kuwi satu pabrik dari 4 yang mereka miliki…opo ora edian. Dengan luas bangunan mencapai 105.782 meter persegi, pabrik ini mampu memperkerjakan 8.661 karyawan. So…kalau sudah begini rasanya memang cukup sulit mengalahkan dominasi Honda diroda dua. Tim solid, layanan yang profesional, jaringan kuat, SDM mumpuni, produk sesuai keinginan konsumen….well manage dan seabreg strength point yang tidak bisa IWB sebutkan satu persatu. Nah…seperti apa suasana saat tour?. Intip wae foto-fotonya dibawah ini. Juozzz gandozzz ! (iwb)

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

38 COMMENTS

    • Lek bisa di jelaskan 20 detik 1 mbit selese di rakit..itu gimana ya? Kok rasanya kayal ya lek bayangin pasang mesin ke rangka pasang lampu pasang plastik2 masak cuma 20 detik??? Apa dr semua assmebeling fiinalnya di itung per 20detik lahir 1 mbit? Trus dr awal perskitan butih berapa jam lek buat 1 motor?

      • Assalamualaikum
        Jadi motor itu dirakit di atas konveyor cak yg lumayan panjang satu Line/conveyor itu bisa nympe 100 orang cak dan per orang itu punya waktu 22detik untuk matic klau nd salah jadi perorangan masang 1 part /pekerjaan /barang

    • Strategi ahm.. Bloger visit 2017.. Berhari2, berminggu2 akan ada artikel honda dr bloggers senusantara… Efek ga ada berita produk baru thn ini..

      • Yg membingungkan kalo semua diirit tapi kog harga jualnya paling mahal sendiri pdhal secara kualitas paling jelek ?

        • Jelek kan menurut non fbh om, kalau menurut fbh AHM itu kualitasnya superior…
          Ane sempet pernah punya Supra Fit second 10 tahun lalu dah kapok coz tiap minimal 2 minggu dipaksa service terus (baca : dikit dikit rusak). Asli ane rugi bandar hampir jutaan gara gara melihara nih motor padahal umurnya masih 3 tahun kurang.

        • Karena dia pemimpin pasar bro…harus lebih mahal…kayak air itu aqua…harus lebih mahal dr pada club ades dll…cum AHM aja agak curang dgn kulitas part pendukung..kayak plastik cat dll..kalo mesin oasti standart honda jepang…kalo casing dll pasti mereka biarin standart ajm…ya tau sendiri lah ya gimana standart AHM…wkwk

          • Yaahhh..intinya buosok…buosok dan buosok….trus overpret….overpret dan overpreettt..!!!

      • tetap pakai,lampu,kabel body,spul,fly wheel,pully,dsb.tapi kenapa part dari vendor tersebut tidak ada di katalog part ahm?ya untuk keuntungan dari oenjualan partnya lagi.

          • ya seperti itu.tapi kan tetep dalam perizinan.kayamisal kaliper,vendor dari nissin,tapi didistribusikanoleh AHM.kan AHM itu perusahaan motor,bukan part motor.ada beberapa part di katalog,yang dibuat oleh aspira genuine part,itu dibuat untuk motor honda oleh pt astra otopart,masih satu induk dengan AHM.makanyapart asli motor,dengan part asli yang dibeli kadang masih bagusan part asli motor.karna dibuat oleh vendor yang dikhususkan untuk membuat part tersebut.

    • tetapi,di ahm pekerjanya “khusus” memproduksi motor.jikalau sepi,tidak produksi mobil layaknya suzuki ?

      • Suzuki mobil ma motor sama 1 pt yaitu indomobil…1 pabrik…kalo honda beda bro. .motornya di ambil ama group astra (daihatsu-toyota) kalo mobil masih di pegang ama honda sendiri…pake nama honda prospect motor. Royalti tetep ke honda jepang. Gt aja sih..

  1. “Kemudian proses QC terakhir dibagian mesin dyno hingga ketinggian sorot lampu juga ada standartnya.”

    Pertinyiinnyi : Kenapa masi banyak kasus Beat baru beli dari dealer pas dicoba lampu dekat masi banyak keluhan dari konsumen lampu dangak setara lampu jauh??? QC-nya beneran kerja nggak nih secara Beat dirakit kurang dari 20 detik..

    • Silahkan ke grup aerox 155 indonesia
      2 bulan oli skok depan bocor, jedag jeduk skok depan, sreg sreg skok belakang, bunyi ngorok di speed <20kmh
      Yang pengen nyaman haruz ganti skok belakang, da itu ga murah
      Mulai dari test ride sampe QC lapo ae ? Konsumen jadi bahan percobaan

      • Kayak NMAX ane..mau empuk harus beli skok belakang lagi seharga 520rb sepasang…orinya keras amat kayak batu.

  2. sampean ganteng tenan e,aku tadi liat sampean di bagian assembling engine plant 4.btw,bukannya tadi sampean dan rekan rekan berfoto bersama saat di bagian assembling engine?di perakitan pully.oh iya,makasih atas kunjungannya.benar adanya tangki,body,mesin dibuat sendiri.tapi,untuk bagian yang detail kaya bolt,nut,washer,lampu,dsb juga tetep dengan vendor.untuk velg,diproduksi mandiri oleh ahm,di plant cikarang tepatnya

  3. hebat besar canggih bla,bla,bla n bla sayang gk sesuai kenyataan astra mentalnya mental follower gk d mobil n mtrnya sama aj jago fotocopy competitor sebelah hmmmmm

  4. Kira2 berapa persen part yang diproduksi sendiri dibanding part yang disediakan vendor lek?
    Berapa persen kapasitas produksi yg terpakai sekarang ini?

  5. Tapi harga tetap yang termahal di saat MOQ sangat tinggi, dan qualitas boleh dibilang gag bagus2 amat utk motor2 matic kecil nya… Tanya kenapaaaa.. ?

  6. Sayang e body geter, rante kemrosak dan cat buluk masih dipertahanin, coba qualitynya kayak honda global, w zamin kawasaki, and sujuki bakal koit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here