iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Record cak….bener-bener record tersendiri kemarin siang. Lha piye pakde….secara total ada 55 Blogger setanah air menyerbu AHM. Dari ujung Sabang sampai Merauke (Lebay sitik :mrgreen: ) berkumpul menjadi satu dalam rangka Blogger visit AHM factory plant 4 Karawang. Pabrik tempat skutik serta Sport Honda diracik sebelum dipasarkan keseluruh penjuru tanah air. Nahhh penasaran to?. Lanjutkan bacanya sambil ngopi cak…..

Selama IWB menjadi Blogger, gebrakan PT AHM mengundang 55 Blogger setanah air adalah record tersendiri kangbro. Sampeyan bakal terkejut sebab nyaris semua berkumpul. Baik dari Batam, Jawa Barat, Jabodetabek, Cirebon, Jateng, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali dan beberapa pulau lain yang nggak bisa IWB sebutkan satu persatu. Makanya ngowoh bin dlomblong tenan….

iklan iwb

Rasa capek menembus macetnya Tol Cikampek (butuh 3,5 jam jam dari Jakarta) terbayarkan. Ketemu teman Blogger lain…..wisss kayak reuni cak. Apalagi ternyata para karyawan AHM di Plant 4 banyak juga yang kenal IWB. Mulai dari ngajakin foto hingga ngobrol-ngobrol ringan. Nyambung cak. Ramah-ramah semua. Tapi nggak tahu batinnya mungkin dongkol karena IWB yang sering bocorin produk baru Honda. Mohon dimaafkan :mrgreen: ….

” Bu Istiyani Susriyati (bu Isti/HC3) berikan kata sambutan pada segenap Bloggers yang datang…”

Singkat cerita, setelah kata sambutan dari Ibu Istiyani (HC3), kita langsung digelandang melihat proses pembuatan dan perakitan motor Honda di Plant 4-5 AHM. Kendati IWB sudah datang kesana selama 3 kali, bagi IWB tetap menarik melihat kesibukan para mekanik meracik komponen yang masih terurai menjadi bentuk motor. Kebetulan dihari Sabtu (15/7/2017) yang bekerja hanya line up Beat…maka kita lebih fokus kesana….

Pabrikan yang bersih dan tertata dengan baik. Lalu dibagian tertentu kita akan melihat pergerakan robot. Yup…..khusus untuk rangka dikerjakan oleh Robot. Baru saat finishing dilanjutkan oleh manusia. Yang menarik kangbro….Honda ternyata termasuk independent. Hampir semua komponen diproduksi sendiri oleh mereka. Beberapa part yang IWB lihat adalah casing, tanki BBM dan pernik-pernik yang tidak bisa IWB sebutkan satu persatu. Langsung diracik disana. Ealahhh…kirain vendor, edian juga ki kekuatan produksinya…

Khusus casing, proses pengangkatan dari cetakan dikerjakan secara robotic. Sayang kita nggak boleh bawa kamera ataupun mengabadikan foto cak. Jadi sampeyan coba merem dan bayangin wae (haiyahhh :mrgreen: ). Semuanya terukur dan canggih tenan. Lalu perakitan untuk Beat, sampeyan akan terkejut sebab tiap 18-20 detik sudah brojol satu motor. Pengisian oli juga langsung dikerjakan saat asembling. Kemudian proses QC terakhir dibagian mesin dyno hingga ketinggian sorot lampu juga ada standartnya. Semuanya berlangsung sangat cepat….

Setelah dari lokasi produksi line up Beat, rombongan sebanyak 55 Blogger juga dibawa ketempat perakitan new CBR250RR. Sayang untuk Sabtu tidak ada produksi sport dan memang hanya fokus pada Beat karena permintaan membludak. Tapi IWB mendapatkan gambaran betapa setiap ruangan disterilkan sedemikian rupa sehingga rapi serta tersusun secara “well organized”. Profesional tenan cak. Sayang….waktu berjalan sangat cepat. Tidak terasa rombongan sudah sampai dipenghujung tour. Wis jam 4 sore cak….pabrik harus tutup. Sebuah tour yang sangat berkesan karena seluruh Blogger setanah air berkumpul menjadi satu dengan jumlah hingga 55 Bloggers. Luar biasa….

Last…..PT AHM saat ini memang satu-satunya pabrikan yang memiliki kekuatan produksi raksasa. Sampeyan bayangkan….hanya di Plant Cikarang mereka mampu menghasilkan 2,1 juta unit/tahun. Kuwi satu pabrik dari 4 yang mereka miliki…opo ora edian. Dengan luas bangunan mencapai 105.782 meter persegi, pabrik ini mampu memperkerjakan 8.661 karyawan. So…kalau sudah begini rasanya memang cukup sulit mengalahkan dominasi Honda diroda dua. Tim solid, layanan yang profesional, jaringan kuat, SDM mumpuni, produk sesuai keinginan konsumen….well manage dan seabreg strength point yang tidak bisa IWB sebutkan satu persatu. Nah…seperti apa suasana saat tour?. Intip wae foto-fotonya dibawah ini. Juozzz gandozzz ! (iwb)

 

iklan iwb
Previous articleBos Suzuki Motogp angkat bicara soal performa Andrea Iannone yang kurang cemerlang……
Next articleHoootttt, terendus kode misterius motor baru Honda K75….disinyalir maxi skuter ??. Mrongos tenan ki….
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!