Iwanbanaran.com – Pakdeee…..mungkin selama ini IWB sudah sering bahas perkara kecepatan puncak Honda NSF250, motor racing yang digunakan untuk balapan diajang ATC, Moto3 serta CEV Repsol. Saat itu IWB sudah berikan bocoran top speed yang tembus 215 km/jam (menurut Gerry Salim). Tapi screen capture video yang dirilis oleh FIM CEV kembali menegaskan bahwa semua bukan omong kosong…..

Dari screen capture video yang dirilis CEV pada saat Andi Gilang berlaga diajang FIM CEV Repsol Moto 3 terlihat, Andi sedang melahap lintasan lurus Ricardo Tormo Spanyol. Andi nunggang Honda NSF250 dan bisa sampeyan lihat diposisi gear 5…..NSF250 dengan enteng sudah nangkring dispeed 189 km/jam. Padahal RPM masih berada direntang 12,790 RPM dari 16,000 RPM yang disodorkan…..

Dan gear baru 5 cak….dari 6 gear sebagai final gear yang dimiliki oleh NSF250. Dan menurut Gerry Salim sebagai pembalap yang pernah nunggang NSF250, motor 250cc satu silinder ini bisa digeber hingga 215 km/jam. “215 km/jam….”seru Gerry saat IWB tanyakan top speed. Itu untuk versi ATC. Sementara NSF250 CEV Repsol kabarnya memiliki power lebih besar. Terbukti pada final gear RPM 13 ribuan,  speed Andi Gilang tembus 224 km/jam…..

iklan iwb

“Motornya kecil dan ringan. Membalap diatas NSF kudu memiliki skill tinggi karena kita harus bisa mengatur RPM dan menjaga kecepatan saat ditikungan. Karena kalau ditikungan tidak kenceng RPM turun lawan-lawan akan gampang menyalip…”tuturnya ke IWB. Pertanyannya kenapa motor ini bisa sebegitu kencang?. 250cc satu silinder lho cak. Itulah racing cak…..racing beda dengan motor kebanyakan…..

Seperti yang kita tahu…engine NSF250 diberi kode MR03 dengan diplacement 249cc DOHC satu silinder. Motor ini mampu berkitir sangat tinggi sebab klep terbuat dari titanium sehingga tahan terhadap pressure dan suhu berlebih akibat rpm tinggi. Untuk menjaga engine tetap kompak terpusat pada satu titik massa maka konstruksi silinder dibuat pada kemiringan 15derajat. Makanya kalau sampeyan intip posisi silinder terkesan nggak wajar. Tidak hanya itu….

Kepala serta dinding silinder dilapisi nikel silikon. Fungsinya sekali lagi untuk reduce friction dan meningkatkan durability mesin. Shaft balancing ditempatkan sedemikian rupa pada crankshaft untuk membantu kekuatan mesin dan konsentrasi massa. Efeknya….rotary maksimal permenit mencapai 14ribu, output tenaga tembus 35,5kw/13,000rpm (setara dengan 47,5hp) . Secara teori cukup ngeri. Terus dengan bobot yang ringan kenapa NSF250 bisa sangat stabil ditikungan??…

Kuncinya frame kangbro. Basis sasis NSF250R sebenarnya sama dengan Honda RS125 (2 tak). Tapi frame dan swing arm dikonfigurasi ulang menyesuaikan karakter mesin 4tak. Begitu pula struktur suspensi….dasarnya identik dengan RS125. Lewat pemilihan sasis serta part ringan yang disematkan pada NSF250, berat kosong sikuda besi bener-bener enteng yakni hanya 84kg….(walah masih berat motor bebek ? ). Wis..sampeyan bisa bayangkan sendiri power to weight rasio output tenaga real NSF250…..

Last….NSF250 memiliki kapasitas tanki 11liter, pengabut bahan bakar fuel injeksi (PGM FI), 6 speed gear, suspensi monoshock Pro-Link serta aluminium twin tube frame. Uniknya…untuk mengendalikan tenaganya yang besar, NSF250 hanya dibekali pelk berukuran sama dengan CBR150r yaitu depan 2,5inch belakang 3,5inch dengan diameter rim 17inch. Kalau sasis nggak ampuh, jelas motor bakal kedodoran merespon speed yang rata-rata bermain diangka 150-160 km/jam ketika rebah. NSF250??. Racing memang beda…sadizzzz !! (iwb)

Video onboard Andi Gilang di ajang CEV Spanyol

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

64 COMMENTS

  1. Motor prototipe sama motor produksi massal itu beda jauh, R1 yg 1000cc aja kalah cepat sama M1 yg 800 cc dulu

    • Ia lah…RC213V-S yg di jual legal tanpa seamless gearbox + penumatic engine aja di indo 6-7M lha cbr1000rr cuma 500juta…wkwk sama sama 1000cc beda harga coy…juta ma Milyard

      • Hadhu, tolong bedain ya, RC213V-S 90% motor prototype, semuanya terbuat dari part-part terbaik, yang di rakit sedetail mungkin. Bukan soal mesin doang yang sama 1L, beda chasi, suspensi, arm, velg, elektronika, fitur, dll…

        ya jelas harganya beda, yg 1 ratusan juta, yang 1 tembus 7M.

        • Lha ia gan…ane nambahin kata2 biker mania…dia bilang R1 1000cc kalah ama M1 yg 800cc dulu…ane tambahin harga honda rcv aja beda jauh…sama2 1000cc tapi 7M vs 500juta…harga beda ya performa kelas beda lah..trus ngapain dinjelasin lagi gan…ane dah paham…

    • Gagal maneh jam 5 warung belum buka..

      Curiga td mlm.. mlm jum’at hmmmmb WB kesiangan..

      Jd gagal pertamax wiss tak belani Subuhan keri jee…

      • CBR250RR spek standart aja sudah 38,7ps ganti knalpot racing paling nambah 1ps malah ada yg bisa nambah 1.5ps sudah berapa bro? 39,7ps ato 40,3 ps.toh limiter di set di 14.100rpm bisa di panjangkan ke 16.000rpm. Silinder cbr250rr sudah di lapisi nikasil bro…liat aja speknya di web resmi…kalo ga di lapisi nikasil ga mungkin bisa tahan sampe rpm 14.100rpm. Red line max sampek 16.000rpm. R25 versi IRRC aja dr standart 35.5ps jadi 43ps… apa lagi cbr250 dr standart 38.7ps ke 45ps aja bisa.

    • Kecuali klep ganti Titanium.. silinder dilapisi nikel..

      Dan bobottt kui sing Gilani 250cc BOBOTE pada karo Mbiitt.. Aneh bin AJAIB..

      • Cbr250rr itu motor 250 paling enteng bro..coba lah naik…serasa naik megapro..handling e uenteng…cbr 165kg r25 166kg ninja 172kg….ngilani dr mana?

    • Abotan mbitt malah mbitt 95kg.. NSF250CC mung 80kg. EDDUUNN..

      BTW YAMAHAL bisa g bikin motor Ginian..

      • Apa urusannya yamaha sama gw?
        Gw pengguna roda 2 buat hajar kemacetan jakarta
        Emang lo sales vekok

        Slama value for money motor merk apa pun gw beli cuk

  2. H2 gear 1 up to 120 km/h tinggal kaliin dg total gear >>>> 120 X 6 = Topspeed 720km/h

    Haiyyaaa cilaaka luwaa waaa

      • Hufftt . Salah ketik bro motor jaman 2tak dulu edan2 ya saya dulu punya nsr150 dapat wasiat dari kakek sekarang di jual soalnya masalah ekonomi dan sekarang alhamdulilah punya beat ama r155 baru beli kemarin2 .
        Sekarang nsr mahal2 harganya bro . Beuuhhh

        • pengejualan ninja rr, semua motor yang ente sebut keliarannya zaman saya masih kecil… saya juga mau beli nsr namun harganya gila-gilaan….

          • Wah kalo beli yang masih bagus susah .ada tapi mahal kang . .tapi kalo yang murah kadang2 cuman rata2 udah full oprek jadi bukan orian lagi kang jadi agak ragu sekarang mh kalo nyantumin harga ga sewajarnya . .

          • Jadi ingat masa 2 tak kang modif suara knalpot nya edan2 beuhh waktu saya sma . .

          • hehehe… sama… zaman saya sma juga masih ada yang pakai motor 2 tak seprti satria dan rx king walau dikit… kalau ninja rr mah biasa… jadi sekarang pingin cari nsr 150 sp

          • iya… rata rata nsr sp nya bukan ori… yang astra atau yang 97 tapi pakai body sp… yang sp ori agak edan harganya… tapi bukan operpret lho ya… wajar untuk barang istimewa

          • Iya kang emng sih rata2 bukan ori kliatannya juga tapi motor hoby kang saya juga pengen ngerasaain rasanya gimana di geber di atas 160 km . Wah kang bukan overpret kang emng dari jaman 90 an kwalitasnya bagus2 kang gak kayak sekarang itu juga penilaian saya kang . . Tpi kalo tzm ama rgr belum pernah merasakan .

  3. Ekek..
    Baguslah buat cetak pmblap bagus…
    Tar klo dlamar jdi pmblap Ktem/dcati/yamha/kwski dg gaji lebih gede..mau y….!!!
    Wkwk…???

    • gapapa… yang penting semuanya diawali dari honda…. begitulah kira kira
      *ane bukan sales atau fbh

  4. Honda pancen oye.. DOHC jozz
    g koyo yahaha.. spesialis soch..
    pembalap e maluu banget..
    balapan kok pke soch… hahahaha

    • ngebangun aja gan, walau tidak sama percis.
      ane ngebangun dari rr mono, untuk ngakalin power bisa bore-up 351.
      sekarang lagi nurunin bobot motornya, pusing d budget (sepertinya bakalan jadi projec jangka panjang).

        • hahahha,,, baru segini aja udah kewalahan bos.
          udah korban 2 motor untuk ngebangun rr mono (NCB150R sama MX King).
          budget terbesar justru abis buat keliling cari barang, keliling sambil wisata bareng istri dan anak.

  5. Inilah kenapa saya bilang ga ada gunanya orang ngincar gambot2an ban.. cuma bikin berat doang.. sedikit sekali manfaatnya buat lean angle / cornering speed.. apalagi buat motor 150cc – 250cc yang notabene tenaganya cuma segitu segitu aja… Mending fokus bikin motor yg handlingnya bagus dan mesinnya powerful. daripada kebanyakan gimmick kyk upside down, velg lebar, ban gambot, dll.. malah jadi konyol doang.

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama