iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakdeee…..mungkin selama ini IWB sudah sering bahas perkara kecepatan puncak Honda NSF250, motor racing yang digunakan untuk balapan diajang ATC, Moto3 serta CEV Repsol. Saat itu IWB sudah berikan bocoran top speed yang tembus 215 km/jam (menurut Gerry Salim). Tapi screen capture video yang dirilis oleh FIM CEV kembali menegaskan bahwa semua bukan omong kosong…..

Dari screen capture video yang dirilis CEV pada saat Andi Gilang berlaga diajang FIM CEV Repsol Moto 3 terlihat, Andi sedang melahap lintasan lurus Ricardo Tormo Spanyol. Andi nunggang Honda NSF250 dan bisa sampeyan lihat diposisi gear 5…..NSF250 dengan enteng sudah nangkring dispeed 189 km/jam. Padahal RPM masih berada direntang 12,790 RPM dari 16,000 RPM yang disodorkan…..

Dan gear baru 5 cak….dari 6 gear sebagai final gear yang dimiliki oleh NSF250. Dan menurut Gerry Salim sebagai pembalap yang pernah nunggang NSF250, motor 250cc satu silinder ini bisa digeber hingga 215 km/jam. “215 km/jam….”seru Gerry saat IWB tanyakan top speed. Itu untuk versi ATC. Sementara NSF250 CEV Repsol kabarnya memiliki power lebih besar. Terbukti pada final gear RPM 13 ribuan,  speed Andi Gilang tembus 224 km/jam…..

iklan iwb

“Motornya kecil dan ringan. Membalap diatas NSF kudu memiliki skill tinggi karena kita harus bisa mengatur RPM dan menjaga kecepatan saat ditikungan. Karena kalau ditikungan tidak kenceng RPM turun lawan-lawan akan gampang menyalip…”tuturnya ke IWB. Pertanyannya kenapa motor ini bisa sebegitu kencang?. 250cc satu silinder lho cak. Itulah racing cak…..racing beda dengan motor kebanyakan…..

Seperti yang kita tahu…engine NSF250 diberi kode MR03 dengan diplacement 249cc DOHC satu silinder. Motor ini mampu berkitir sangat tinggi sebab klep terbuat dari titanium sehingga tahan terhadap pressure dan suhu berlebih akibat rpm tinggi. Untuk menjaga engine tetap kompak terpusat pada satu titik massa maka konstruksi silinder dibuat pada kemiringan 15derajat. Makanya kalau sampeyan intip posisi silinder terkesan nggak wajar. Tidak hanya itu….

Kepala serta dinding silinder dilapisi nikel silikon. Fungsinya sekali lagi untuk reduce friction dan meningkatkan durability mesin. Shaft balancing ditempatkan sedemikian rupa pada crankshaft untuk membantu kekuatan mesin dan konsentrasi massa. Efeknya….rotary maksimal permenit mencapai 14ribu, output tenaga tembus 35,5kw/13,000rpm (setara dengan 47,5hp) . Secara teori cukup ngeri. Terus dengan bobot yang ringan kenapa NSF250 bisa sangat stabil ditikungan??…

Kuncinya frame kangbro. Basis sasis NSF250R sebenarnya sama dengan Honda RS125 (2 tak). Tapi frame dan swing arm dikonfigurasi ulang menyesuaikan karakter mesin 4tak. Begitu pula struktur suspensi….dasarnya identik dengan RS125. Lewat pemilihan sasis serta part ringan yang disematkan pada NSF250, berat kosong sikuda besi bener-bener enteng yakni hanya 84kg….(walah masih berat motor bebek ? ). Wis..sampeyan bisa bayangkan sendiri power to weight rasio output tenaga real NSF250…..

Last….NSF250 memiliki kapasitas tanki 11liter, pengabut bahan bakar fuel injeksi (PGM FI), 6 speed gear, suspensi monoshock Pro-Link serta aluminium twin tube frame. Uniknya…untuk mengendalikan tenaganya yang besar, NSF250 hanya dibekali pelk berukuran sama dengan CBR150r yaitu depan 2,5inch belakang 3,5inch dengan diameter rim 17inch. Kalau sasis nggak ampuh, jelas motor bakal kedodoran merespon speed yang rata-rata bermain diangka 150-160 km/jam ketika rebah. NSF250??. Racing memang beda…sadizzzz !! (iwb)

Video onboard Andi Gilang di ajang CEV Spanyol

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!