iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakde….sepertinya balapan Moto2 kedepan bakal makin advance termasuk elektronik yang disandang. Hal ini karena Dorna merombak regulasi sehingga dikelas ini gap dengan Motogp bakal makin dekat. Satu hal yang patut sampeyan ketahui Ride-by-wire dan traksi kontrol juga bakal hadir di Moto2. Wihhh kapan kuwiii…??

Seperti dilansir Crash, bersamaan dengan kedatangan mesin Triumph menggantikan Honda, balap Moto2 juga akan menerima ECU baru pada musim 2019. ECU ini disuplai oleh Magneti Marelli…supplier unified Motogp yang ternyata menang tender di Moto2. Artinya dengan kahadiran Magneti Marelli….elektronik Moto2 kedepan bakal lebih advance secara teknologi. Kenapa?…

Sebab infonya ECU Moto2 yang diracik oleh Magneti Marelli nantinya bersumber dari software yang sama dikelas Motogp. Akan tetapi banyak fitur seperti traksi kontrol tidak akan diperkenalkan ditahun pertama Magneti Marelli gabung. Namun aplikasi elektronik tersebut bakal diperkenalkan ditahun kedua sebagai proses adaptasi….

iklan iwb

Marelli menang tender dan model akan diputuskan. Spesifikasi akan sedikit lebih rendah dari Motogp dengan alasan biaya. Software ini akan diturunkan dari perangkat lunak MotoGP, dengan menghapus banyak hal yang tidak sesuai atau menurut kami tidak sesuai untuk Moto2….

” Kami juga ingin membuatnya sangat sederhana di awal. Sebagai contoh, cukup kita akan mulai tanpa traksi kontrol di tahun pertama. Tapi, cukup masuk akal lagi, kami akan mengenalkannya di tahun kedua…” seru MotoGP Director Technology Corrado Cecchinelli….

Ada pemisah yang harus kita berikan sejak awal sehingga membuat perbedaan 90% pada sisi teknis antara Moto3, Moto2 dan MotoGP. Blok dasar menangani ride-by-wire dan strategi engine braking yang tepat. Mereka akan hadir sejak awal. Selebihnya, rencananya memasukkan Anti-wheelie, kontrol traksi dll….

” Sekarang mereka menggunakan sistem kabel sling biasa di Moto2 dan Moto3. Jadi mereka kehilangan satu hal besar di era balap modern. Bahkan dengan pengaturan sistem ride by wire dasar sekalipun, kamu setidaknya bisa memperkecil kurva torsi mesin. Selain itu ride by wire juga akan membuat kontrol engine braking lebih baik...”tutupnya. Ealahhh ngono to…

Last…kehadiran ride by wire atau biasa juga disebut throttle by wire memang sudah menjadi basic untuk balap era modern. Makanya ketika RBW hadir, lainnya akan mudah untuk mengiringi. So….keputusan Dorna untuk membekali Moto2 dengan perangkat elektronik ECU canggih dari Magneti Marelli cukup bagus. Pertanyaannya…apakah hal ini akan membuat kompetisi Moto2 bakal makin seru atau malah berubah jadi ala turing ? (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!