Iwanbanaran.com – Pakde….sepertinya balapan Moto2 kedepan bakal makin advance termasuk elektronik yang disandang. Hal ini karena Dorna merombak regulasi sehingga dikelas ini gap dengan Motogp bakal makin dekat. Satu hal yang patut sampeyan ketahui Ride-by-wire dan traksi kontrol juga bakal hadir di Moto2. Wihhh kapan kuwiii…??

Seperti dilansir Crash, bersamaan dengan kedatangan mesin Triumph menggantikan Honda, balap Moto2 juga akan menerima ECU baru pada musim 2019. ECU ini disuplai oleh Magneti Marelli…supplier unified Motogp yang ternyata menang tender di Moto2. Artinya dengan kahadiran Magneti Marelli….elektronik Moto2 kedepan bakal lebih advance secara teknologi. Kenapa?…

Sebab infonya ECU Moto2 yang diracik oleh Magneti Marelli nantinya bersumber dari software yang sama dikelas Motogp. Akan tetapi banyak fitur seperti traksi kontrol tidak akan diperkenalkan ditahun pertama Magneti Marelli gabung. Namun aplikasi elektronik tersebut bakal diperkenalkan ditahun kedua sebagai proses adaptasi….

iklan iwb

Marelli menang tender dan model akan diputuskan. Spesifikasi akan sedikit lebih rendah dari Motogp dengan alasan biaya. Software ini akan diturunkan dari perangkat lunak MotoGP, dengan menghapus banyak hal yang tidak sesuai atau menurut kami tidak sesuai untuk Moto2….

” Kami juga ingin membuatnya sangat sederhana di awal. Sebagai contoh, cukup kita akan mulai tanpa traksi kontrol di tahun pertama. Tapi, cukup masuk akal lagi, kami akan mengenalkannya di tahun kedua…” seru MotoGP Director Technology Corrado Cecchinelli….

Ada pemisah yang harus kita berikan sejak awal sehingga membuat perbedaan 90% pada sisi teknis antara Moto3, Moto2 dan MotoGP. Blok dasar menangani ride-by-wire dan strategi engine braking yang tepat. Mereka akan hadir sejak awal. Selebihnya, rencananya memasukkan Anti-wheelie, kontrol traksi dll….

” Sekarang mereka menggunakan sistem kabel sling biasa di Moto2 dan Moto3. Jadi mereka kehilangan satu hal besar di era balap modern. Bahkan dengan pengaturan sistem ride by wire dasar sekalipun, kamu setidaknya bisa memperkecil kurva torsi mesin. Selain itu ride by wire juga akan membuat kontrol engine braking lebih baik...”tutupnya. Ealahhh ngono to…

Last…kehadiran ride by wire atau biasa juga disebut throttle by wire memang sudah menjadi basic untuk balap era modern. Makanya ketika RBW hadir, lainnya akan mudah untuk mengiringi. So….keputusan Dorna untuk membekali Moto2 dengan perangkat elektronik ECU canggih dari Magneti Marelli cukup bagus. Pertanyaannya…apakah hal ini akan membuat kompetisi Moto2 bakal makin seru atau malah berubah jadi ala turing ? (iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

47 COMMENTS

        • Sdh banyak komentar pembalap legend bahwa teknologi mengurangi peran pembalap dalam mencapai kemenangan. Namun bagaimana lagi, balapan adalah sarana iklan pabrikan, haha

          • … ‘ Ya, setidak – tidaknyaaa … itu : bisa pulang dengan selamat … mandiii … ngopi – ngopiii … sembari nonton TV 32 inch … deh ! Ha ha … yo opo ora, om ‘stro ? Wk wk wk … ( anak Bebek berenang )

          • Betul kang, biar resiko bagi pembalap berkurang, sdh dibikin sangat aman saja masih makan nyawa. Meski kita tdk bisa lg melihat bagaimana bagusnya belok sambil sliding dg asap mengepul 😀

          • … ‘ Spiiinnn … super yo, kang ‘stro ? Ha ha … plus asuransi : BPJS Supeeerrr … banget ! Hi hi …

          • … ‘ plus RS. specialist khusus untuk para pembalap yang ‘ terguling – guliiing ‘ … or saltooo … secara hebat ‘ mencekam ‘ … ya, bro ? Ha ha …

        • … ‘ semakin manjaaa … kayak Kucing mahaaalll … yo ? Gyiahahahaha … 4 x ! ( balapan lemeeesss … )

        • Dengan satu dalih: keselamatan pembalap (mereka pingin mastiin biar pembalap selalu pulang dalam keadaan hidup)

      • Lekk SY dkk FBH baru Aja berpesta ko artikele cepet temen lek..

        Artikel Pelipur lara FBY beruk meratapi MS.. YAHAHA..

    • Notif email saya telat mulu.
      Masih mending,kemarin2 gak ada notif sama sekali.

      Selamat atas petromaxnya.

    • Shrsnya thomas luthi direkrut repsol honda menggantikan pedrosa, dgn begitu marquez bisa dilawan.

    • wkwkwk… ecu pirelli, ban brembo, velg motul dan knalpot alpinestar, helm sc project….

  1. … ‘ semogaaa … : semakin rapeeettt … pet … pet … plus bergerombol – gerombooolll … ria ? He he … koyok iwak neng kolam bapa’e peternak di kalaaa … waktu kasih makan tiba ! Hi hi … 300 x !

    • biar makin seru, musim 2020 tambah satu kelas lagi di antara moto 3 (250) dan moto 2 (750)… atau moto 3 jadi 300-350 cc biar nggak gitu jauh gapnya… biar balapan makin seru lah…

      • … ‘ makin seru ? Undang si pak RT … RW … pak Camat … : nonton balapan Motogp bareng di rumahmuuu … ya ? Ha ha … 2000 x ! ( kabuuurrr … )

          • … ‘ Alhamdulillaaahhh … si saya lucu ya, bro D. Supriadiii … ! Ha ha … 249 x ! Ya, sudaaahhh … saya ngopi – ngopi dahuluuu … yang sebungkus kopinya di Rp. 1500 rupiah … saja, ya ? Hi hi … ( gubernurnya : kelupaaannn … )

          • … ‘ terasa hidup ituuu … : adem yo, cak ? He he … ngopi sambil begadaaang … dst – nya ! Ng … si Om boss … ya : … Wk wk wk … asli, baru ini ‘ panggilan ‘ yang lucuuu … super tak maaannn … ! He he … ( top )

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama