Iwanbanaran.com – Kangbro….data penjualan sport fairing 150cc, pasar yang paling panas sudah dirilis oleh AISI. Dibulan Juni 2017 kemarin ternyata hampir seluruh pabrikan mengalami penurunan. Namun Honda CBR150R masih leading diikuti GSX-R150 serta new YZF-R15VVA diposisi kedua dan tiga. Wahhh….

Dari penjualan bulan Juni 2017 masing-masing pabrikan untuk sporty fairing 150cc ternyata hampir semuanya mengalami penurunan yang cukup signifikan. Hal ini diduga karena terpotong libur lebaran yang cukup panjang. Hampir dua minggu pakde….lumayan bikin tersendat pasti….

Raport dibulan Juli terlihat, Honda lewat CBR150R berhasil mendistribusikan sebanyak 4,062 unit. Angka ini turun sekitar 3 ribuan dibandingkan bulan Mei 2017 yang mampu melego 7,241 unit. Yang mengejutkan Suzuki GSX-R150 kangbro….

iklan iwb

Fairing Suzuki ini ternyata penjualannya sangat konsisten. Terbukti dibulan tersebut PT SIS sukses menjual 3,779 unit atau hanya terpaut 300-an unit dibandingkan Honda CBR150R. Praktis dibulan Juli GSXR150 ungguli penjualan new YZF-R15VVA yang terjual sekitar 2,932 unit…

Yup….setelah menggenjot distribusi dibulan Mei dengan 8,474 unit, motor terbaru YIMM ini mendulang penjualan 2,932 unit. Dengan sodoran diatas bisa disimpulkan bahwa persaingan dikelas ini ternyata sangat ketat. Yang unik kini nama Suzuki mulai merangsek dan berhasil mencuri perhatian para biker tanah air bersanding dengan Yamaha dan Honda….

Last…dibulan Juli 2017 bisa disimpulkan, walau spek engine paling inferior, Honda CBR150R ternyata masih disukai para biker. Sedang Suzuki, lewat differensiasi engine yang powerful, keyless dan banderol paling miring sukses nyodok kepermukaan. Disisi lain perjuangan Yamaha dikelas ini tidak mudah sebab walau fitur paling lengkap, pricing paling tinggi akan membuat tim marketing harus bekerja keras. Berikut data lengkap AISI untuk kelas sport 150cc fairing semester pertama 2017. Ada komen cak? (iwb)

Sport 150cc
 CBR150R
YZF-R15
GSX-R150
Januari 20177.513 unit2.116 unit*1.552 uniy
Februari 20177.568 unit2.268 unit*4.128 unit
Maret 20175.591 unit1.697 unit*1.954 unit
April 20175.139 unit5.820 unit1.633 unit
Mei 2017
7.241 unit52 unit* +
8.474 unit
3.897 unit
Juni 20174.062 unit2.932 unit3.779 unit

Noted : *Old R15 (data kang Asep), image youngmachine

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

112 COMMENTS

      • Iya, soalnya kebanyakan orang mau ambil motor itu juga bisa faktor budget, jadi, kalau seumpama cbr dan gsx itu jual banyak, karena harga udah pas dengan budget sang pembeli,, yang notabenenya ingin sport 150 terjangkau dan keren

    • Yup. Harga dah hampir tembus 40 Jeti. Sama keg cbr juga disini harga nya hampir 40 Jeti. Cuma design lbh oke R15.

      • Bisa bisa yamaha jual lebih mahal dari cbr mas,, prediksiku seh,,, soalnya yamaha pede sama bandrol harganya

        • hehe… kalau pede, pabikan sebelah juga pede… ujung ujungnya semua pabrikan kepedean naikin harga… ujung ujungnya sport fairing 150 cc dari 28-29 juta thn 2014 jadi 48-51 juta tahun 2019….

  1. R15 kurang promosi, bukti marketing lapangan tetep elek kurang dangdutan.. ???
    Mesakke r n d wes puyeng gawe produk apik apik tapi marketing lapangan kurang goyang.

  2. harga R15 sudah melebihi batas psikologis, meski fitur paling lengkap & mesin powerfull tapi masyarakat udah pintar, realistis dengan kondisi keuangan

    • Disni CBR ma R15 harga nya beti bro dah tembus 37 jt. Tapi kenapa banyak ambil CBR? Krna Honda kah?

      • rata2 pengguna fairing 150 badanya ga gede2… ukuran body cbr lebih proporsional..tapi klo winsildnya mah tetep kurang klop kurng pnjang dikit…cuma ukuran body aja yg pas…buat standar rata2 anak muda orang indonesia

        • Yupz… benar.
          Cerita dikit nih, kemarin habis lebaran touring singkat sama teman lama(ceritanya reunian) kebetulan ada2 user r15 v2. Dan penilaian mereka soal engine dan handling mereka salut. Tapi kendalanya tinggi badan. Yang satu sih orangnya gagah. Tapi yang satu tingginya 160,××cm. Katanya kebesaran untuk motor 150cc dan tinggi badan 160,××.
          Tapi buat saya yang juga 160an,×× gak jadi masalah. Mengingat ini motor saya beli bukan untuk harian. Dan buat penyuka motor bongsor bercc kecil. R15 v3 pilihan pass
          Overall puas dengan r15 v3

        • Nih orang paling smart mempermasalain windshield. Soalnya dia kalo mengendarai motor 150cc dg posisi rebah. Serasa motogp katanya ekekekek

          • Dipikir aja cuy.
            Beli motor fairing biar bisa rebah dan berlindung dibalik windshield.
            Nah,kalo windshield gak begitu berfungsi ya mending naked aja. Lebih murah juga

    • yamaha coba potong harga + benturkan banderol dengan gsx r kalau berani…. baru kita lihat hasilnya

    • Btul itu, karna rata” yg ambil kelas 150cc msh kbanyalan yg kredit, apalagi bulan ini cbr dipotong 1juta, weleh, berdoa aja r15nambah laku,karna fakta lapangan yg beli 150cc itu kbanyakan ortu siswa, dan ortu msh ketanam mindset ngondah

  3. Sebenernya siapa sih yg beli motor bisa sampe 4000 unit. heran ane, kayaknya jarang nemu motor sport fairing tahun 2013-2017 di kota ane. paling sehari cuma nemu 10-20 unit doang, kalo naked emang banyak hampir 100+ setiap hari.

    • Jadi orang jangan gampang heran bro… Ini indonesia … Luass banget.. Jumlah kabupaten + kota tahun 2016 yg ane tahu sekitar 416. Kalau misal laku 4160 an dalam sebulan berarti satu kabupaten dalam 30 hari jualan cuman 10 cbr padahal dalam satu kabupaten dan kota lebih dari 5 dealer honda. Semoga ente faham. Ciaooo

  4. Ya iya lah inden membludak karna kuota terbatas jadi produksinya sedikit alasannya mau libur hari raya

      • Iya kang soal nya sepupu saya waktu pertengahan puasa katanya harus inden stock nya habis ya udah terpaksa harus nunggu sekian sudah lebaran .

          • Iya kang r155 kang katanya kata mainan deler barangan stockyny abis kang . .
            Jadi harus nunggu sampe awal bulan july kang .

          • Sabar kang. Pasti
            Dapat . Gak nyesel lah nunggu r15.
            Punya saya udah ganti ban belakang 160 tambah mantap meskipun baru 900km on going

          • Iya kang tadinya mau pindah ke lain hati tapi saya udah terlànjur dari hati saya di tabung dan awal launching r155 sudah jatuh cinta kliatan lumayn padet kang

          • Punya saya jarang kepakai kang. Niat awal memang buat hobby saja.
            Harian tetap pakai byson. Kesayangan soalnya.
            Ganti ban sama spion ala r1 kang yang ada lampu seinnya. Tapi lumayan harga spionnya

          • Oh gtu ya kang iya ath kang mndingan di pake hobi aja biar awet
            Tapi kalo saya apa daya kang saya niatnya mau ganti sen doang biar ga patah tapi model sein tempel gtu kayak ninja .
            Cuman kalo gantian ama seluruhan ga k mungkin kan uang buat beli ini juga hasil dari keringat saya 2 tahun kang dan akhirnya saya ga menyesal liat r155 baru dan alhamdulilah uang juga udah cukup dengan harga sesuai kang mmm ??

          • Daerah mana dulu . . Saya ama deleer di suruh inden soalnya abis stock . Sepupu saya juga bilang gtu
            Kalo cbr ada kalo gsx ada .

  5. Tetep GSX tuh paling cacat. Jualan juga bukan naik, tapi kompetitor yg sengaja ngurangin stok kena baru siap lebaran.

  6. Gw bilang apa, mau fitur paling lengkap pun R15 akan susah bersaing klo harga & model seperti sekarang.
    Mau yg harga miring ada GSX-R150, disaat bersamaan orang kita masih sangat menyukai model CBR150
    Saat spyshot R15 V3 mulai nampak sisi depannya, penilaian saya ini motor kok seperti kodok mlongo. Mosok dari model lampu belo ala belalang tempur trus berubah jadi kodok mlongo.
    Lupakan fitur & power, walo secara paket itungannya lebih murah drpd ngeteng orang kita tetep liat harga beli awal.
    Mau beli motor guanteng ada CBR150, mau cari motor yg punya power mumpuni orang lirik GSX-R150. Masalah usd tar aja ngumpulin duit dulu. Soal sliper2an ga terlalu krusial, lha wong biasa pake motor 150cc standar yg ga pake alat bantu pindah gigi segala je.
    Solusinya cuma persiapkan facelift atau kasih diskon promo seperti GSX.
    Saya bkn fansboy2an walo 2 motor di rumah merek yamaha.

      • yoi masalah bentuk memang lebih keren cbr …ukurannya pas buat ukuran tubuh rata2 orang indo
        gsx klo berani rombak buritan model cbr atau senyaman cbr juga lebih banyak yg minat…r15 kebongsoran…volume ukuran di samain sama cbr…yakin moncer….

    • Sependapat, desain R15 baru mogenya saja, tapi ada yang kurang cuma susah dikatakan. Mungkin begitulah kira-kira yang kurangnya.

  7. … ‘ secara betuuulll … : di kemaren saya ke dealer Suzuki plus bisa ngelihat si S. GSX – R 150 … nyampe jongkok – jongkok ? Wwaaa … ternyata terkesan ‘ mungil ‘ tapiii … : juoz gandooozzz … bin apik temenan ! Ha ha … 1150 x !

    • iya… pas pertama liat lumayan kaget…. emang bener kalau dibilang beda sama yang di gambar/foto

    • Motor 150 cc ya kodratnya ramping. Buat apa di gempal2in. Malu ah klo ditanya.. Berapa cc motornya? Begitu di kasih tau rata2 bilang oh cuman 150. Motor 150 cc ga perlu banyak doping. Sama2 tau lah speednya ya segitu. 150 cc mustinya tanpa gimmick.. Pure keindahan mesin kecil yg lincah dan bernafas panjang.

    • Intinya aslinya cacat bro. Difoto seolah-olah besar aslinya cuma motor bebek ganti baju ma tambah las pipa dikit tutup delta box palsu.

  8. klo dan andai GSXR150 model buritannya kaya CBR 150 makin nanjak pembeliannya
    lebih klop..sizuki dengarkan permintaan pasar jngan budegg

    • Yap setuju, buritan paling pas emg punya CBR, ehkl fairing jg deh CBR, cm windshield aja emg kpendekan,
      Sorry R15 v.3 ga menarik dliatnya, GSX modelnya penyok2 gtu, lucu kl liat dr blkg buritan kaya penyok gtu, apalagi tangkinya, lucu deh, hsil juni ini udah pas kok, kcuali emg bner GSX mau ngubah tampilan, nah br deh juara bs drebut

  9. padahal yamaha beljar dari buritan yg kejam…eh malah gsx lebih kejam dri yamaha…sizuki sizuki..

    • Yamaha kan ngikutin desain r seriesnya. R1,R6 gak nunggibg amat meskipun mereka kelas supersport. Tapi heran,r15 v2 niru r6 lawas yang gak nungging banget,tapi r15 v2 kenapa nungging gitu?
      Kalau gsx entah aliran desain dari mana

      • Dari gsxr1000 yg baru lah. Oke emang fascia (area muka) gak mirip lampunya, tapi diliat dari samping ada miripnya kok, buritan jg, kalo jeli ngliatnya, mirip. Asal matanya ga ketutupan sama kebencian sama suzie aja. Hehehe

    • Semoga tahun depan bisa naik kelas.
      Minimal 250cc 2sylinder.
      Mau lompat 250cc keatas masih ngerii lihat pajak yang tak kunjung direvisi

      • iya… kalau di amrik moge jepang sudah tegolong murah, ditambah nilai mata uang kuat… disini udah mata uang rendah, kena pajak ini itu…. bisa nyaris 2.5 kalinya… padahal sama sama impor jepang

  10. Ayp marketing yamah semangat, hancurin si gepeng, biar gak malu”in klan cbr dibawah komando ngahaem, biar si gepeng ga laku trus bisa feslip yg overbore

  11. Kayanya honda masih aman… klo penjualan tak terganggu dan masih leading jauh… banderol juga berperan besar disini terlihat suzuki dgn gsx mendadak dangdut merengsek ke 2 sementara r15 dgn gabungan r15vva masih belum bisa menunjukan tajinya dalam penjualan.. strategi honda dan suzuki tampaknya masih akan bertahan lama, tapi ini belum final kita tunggu kedepannya dari yamaha

  12. Betul bro.klo 4 tak 150 cc diatas 30 juta kyk ga waras.diponti cbr n r15 nyntuh 37 jt.bagus + sedikit dpt Rr mono.atau bs dpt r25 2nd n n250 fi.klo n250 karbu mngkin masi ada sisa plus suara merdu 2 slinder.klo gsx 150 wajar2 sj.tpi ini opini saya

  13. Gepeng jelas aja tak terkalahkan krn dealernya paling banyak,menangnya distribusi ke dealer bukan penjualan kekonsumen fakta dilapangan yg pake new gepeng amat sangat langka,beda dgn gsx ataupun r15 v3 yg msh terlihat seliweran…wahhh…wahhhh

    • Ah nggak jg. Di jogja masih lebih banyak si gepeng kok daripada mini cbr600rrXr1 sama mini gixxer satria ?

      • Disini maksud sy gepeng yg ganti kulit terbaru bukan yg taon 2016,itu data penjualan AISI 2017 yg diomongin

  14. Yuk ah segera facelift, tambah lagi fiturnya biar laris lagi. Tambahin gigi mundur, kamera mundur, sensor parkir, meja lipat, mini coolbox, ruang meeting, ac standing, sunroof, meja bilyard, wadah sempak biar tambah value..

  15. Gimana gak turun drastis,karena pembuatan all new r15 bulan ini menurun menurut saya..pengiriman ke diler ponorogo jatim saja perbulan setiap diler hanya dijatah 3 unit all mew r15 saja..bulan depan mestinya produksi sudah normal

  16. Lucu liat komen temen2… hhe
    Mendewa2kan pujaannya… hhe
    Akan ada masanya temen2 semua naik kelas… jd lebih dewasa menyikapi satu merk…apapun motornya… #KeepRespect

  17. Magnet terbesar Gsx ada pada harga promo dan Ledakan tenaga
    DARi segi fitur dan kekar kalah dengan ANR15
    KALO MAU jadi pemncak facelift mutlak dibutuhkan GSX R
    HONda kalo mau bertahan kudu powerlift kayaknya

  18. Untungnya apa?,
    Yah biar makin panas bro komentar2nya,
    Apalagi kl r15 smpe juara, wah makin panas toh, sampean jg mgkn ga akan brkomntar, cm selsih sekian sekian, hahahaa

  19. Ini jadi gambaran.tiap orang beda2 pertimbangannya buat beli motor,jadi jgn lagi ada anggapan pembeli yg gak smart..smart menurut siapa?yg punya duit kan mereka.

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama