” Suasana lalu lintas motor Hanoi Vietnam….”

Iwanbanaran.com – Pakde…IWB nggak tahu sampeyan udah baca atau belum perihal ini. Namun yang pasti negara Vietnam sudah mengetukkan palu akan melarang motor diibukotanya yakni Hanoi. Pelarangan roda dua karena dianggap membuat kemacetan sehingga resmi pertahun 2030 roda dua dilarang hadir di Hanoi. Terus piye dengan Indonesia??…

Keputusan kontroversial dilemparkan Vietnam yang akan melarang roda dua hadir diibukota mereka Hanoi pertahun 2030. Background keputusan karena mereka menganggap motor membuat kemacetan dan memicu padatnya lalu lintas serta polusi. Sebuah keputusan yang jelas cukup mengejutkan. Kenapa?…

Sebab dari pengalaman IWB, apapun alasannya kalau kita telisik lebih dalam…..roda empatlah yang sering membuat kemacetan. Kebetulan IWB juga pakai dua-duanya dan memang demikian. Harus IWB akui, berapapun jumlah roda dua yang hadir dijalanan, jarang terjadi kemacetan. Namun sekalinya ada roda empat….suasana langsung berubah. Memang benar kalau dihitung secara volume unit motor jauh lebih masif….

iklan iwb

Namun monggo dihitung diameter baik panjang serta lebar kendaraa…..motor jauh lebih ringkas. Hanoi sendiri tidak menjabarkan secara gamblang apakah dengan pelarangan roda dua maka transportasi masal yang menjadi ujung tombak atau mobil pribadi?. Tidak jelas. Btw…bagaimana dengan Indonesia?. Apakah akan mengikuti langkah Vietnam??…

Beda negara beda pandangan. Di Hanoi saat ini memang sudah termasuk semrawut dan timpang. Syukurlah disini tidak cak. Roda dua dianggap sebagai pilihan utama mobilitas di Jakarta. Lincah, efisien dan irit. So…fokus pemerintah bukan melarang namun akan lebih condong untuk mengatur karena saat ini transportasi umum masih terus dalam proses pembenahan….

Kendaraan roda dua tampaknya masih akan menjadi salah satu pilihan utama moda transportasi di ibukota Jakarta. Sehingga sulit tampaknya untuk melarang penggunaan sepeda motor di sini. Pemerintah justru memilih untuk fokus membenahi transportasi umum daripada menyetop penggunaan sepeda motor. ” Ya lebih baik kita memperbaiki transportasi umum..” seru menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi via detik…

Last…seringkali motor dijadikan kambing hitam setiap kemacetan. Dibutuhkan penelitian mendalam jika benar demikian. Sebab IWB berani bertaruh….kalau motor dibuatkan jalur khusus seperti tol roda dua, kemacetan tidak akan terjadi seperti halnya tol roda empat sekarang. Artinya harus ada balance menyikapi kemacetan yang juga disumbang mobil-mobil murah dijalanan. Untunglah pejabat Indonesia sadar betul akan hal itu. So….pelarangan motor seperti halnya di Hanoi?. Tanah air kayaknya nggak tertarik cak..amannn. Ada komentar soal ini? (iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

56 COMMENTS

    • Motor& mobil usia diatas 10 tahun pajak lebih mahal&dilarang lewat jalan protokol..pajak mobil & motor baru lebih murah…imho

      • Saya lebih suka akses transportasi umum yg layak, murah dan menjangkau wilayah yg luas, jd kemana-mana gampang. Contohnya diadakan Trem

      • Wah, gk bisa gitu bro kalo kendaraan umur tua pajak di mahalin…
        (bnyk mobil tua di atas 10 tahun lebih sehat dari mobil umur yg kurang 5 thn),,
        Saya berani adu kesehatan , mobil saya w202 yg uda 20 thn kilometer masi 32 ribu, berani tanding sama mobil 2015 ke atas soal kesehatan Kendaraan…

      • Terus fasilitas transportasi umum masih minimalis gini, dipulau jawa yg pelosok aja angkutan umum jarang, disini luar jawa malah angkot antara ada dan tiada. Orang pilih kendaraan pribadi karena praktis dan hemat, apalagi daerah pelosok kyk gini, wajib ada kendaraan pribadi, min motor

      • Klo modelnya begitu itu namanya memperkaya pabrikan motor dan mobil dan memiskinkan masyarakat, pabrikan motor sama mobil klo dibuat peraturan seperti itu langsung OK tanpa jeda..ente mikire piye kang

        • bonceng cak…

          klo di bikin tol motor apa nggak bakal kebut kebutan yah… kecuali tol yg lebarnya cuma cukup 1 motor… ahahaha tambah ruwet…

        • Klo gitu pajak mobil & motor dimahalin aja baik baru maupun lama. Masyarakat kebanyakan mau ga mau pakai transportasi umum, produsen mobil & motor jg ga dituduh diuntungkan. Adil tho….syaratnya transportasi umum dibenahi dulu. Jgn mikirin yg pelosok, ini khusus di daerah yg kemacetannya sdh parah.

    • Ga papa Ko..

      HONDA kan Punya mobil…

      Klo berlaku diIndonesia.. ya yg tepuk Jidat Yamaha..

      • Sales bosok yang ada diotak cuma BC, bulan ini target berapa, bonus berapa. Dasar otak MISKIN

        • Ko BC sih.. kan fakta Klo g jualan motor honda masih bisa jualan mobil.

          Klo yamaha yaa kembali lg jualan suling bambu..

      • Astra Honda Motor dan Honda Prospect Motor di indonesia beda manajemen, jd pelarangan motor di indonesia bakal merugikan AHM, dan tidak pengaruh ke HPM..
        Yamaha anak perushaan TMC, tp dsini jg beda atpm dgn TAM, ya intinya klo sama2 dilarang baik karyawan AHM dan YMH sama2 nganggur

  1. Saya malah dukung transportasi antar daerah berbasis rel kaya trem atau monorel dalem kota

  2. Makanya SEHARUSNYA dari 20 tahun lalu SUDAH dibuat sistem transportasi masal kususnya di Jakarta biar gak super macet seperti sekarang ini. Kalo angkutan umumnya aman nyaman ngapain nyusain bawa mobil apalagi motor dari Cibubur ke Sudirman misalnya…Tokyo yg Mbahnya mobil/motor aja kalah macet sama Jakarta…heran..

    • Itulah liciknya mereka bro, negara sendiri ga boleh macet, tpi negara lain khususnya negara berkembang dijadikan sasaran hahaha

  3. Hanoi lho parah banget.. tak lihat2, tata kotanya kotanya mirip makassar.. ruwet dan semrawut..
    Ga ada transportasi masal.
    Kalo ga dibangun transportasi masal, pada mau naik apa mereka?

  4. Susah sih di vietnam, bukan negara demokrasi soalnya, jadi peraturannya gak bisa diprotes sama penduduknya.

    Kalo indonesia sih agak susah ya kalo mau diberlakukan pelarangan serupa, kecuali rezim politik kedepannya beda ya ???

  5. Coba buat peraturan baru d jkt.. Hari senin khusus kendaraan r4 plat kuning & r2 saja..

    Yakin macet bakal berkurang signifikan

  6. Yg bagusnya gini, stiap kluarga itu maksimal punya mobil itu hanya 2, ga boleh lebih, dan stiap kluarga punya motor maksimal hanya 3, yg melanggar ya kenain denda pajak yg lebih mahal 300% diseluruh motor/mobilnya, gitu aja, transportasi umum dah baik kok di ibukota

  7. Memang sdh seharusnya begitu krn sepeda motor itu skrg ibarat hama yg mewabah dgn populasi tak terkendali dan jgn lupa saat ini dikota besar seperti Jakarta sepeda motor itu salah satu biang kerok semrawutnya lalulintas selain angkutan umum,tapi idealnya utk indonesia diberlakukan pembatasan usia kendaraan max 10thn dan membatasi produksi dan pemasaran dlm negeri.

    • emang berapa sih besarnya motor ?
      lah kalo ada orang pake pajero apa fortuner, dan isinya cuma sang supir, ngabisin jalan pa gak ?
      mikir om sebelum komen.

      • Motornya kecil tapi kalo dijalan sradak sruduknya yg jadi masalah besar jalanan udah kayak milik mbah moyangnya,mikir om sblm nyamber .

        • jalan srudak sruduk tuh pasti ada sebabnya…
          lah tau ndiri di kota gede sela antar mobil rapet banget, kalo gak srudak sruduk nunggu mobilnya jalan, kapan nyampenya ?
          ane sendiri yang make keduanya cukup memaklumi kalo ada motor srudak sruduk di jam sibuk.

  8. Yang bikin macet sih perilaku pengendara motor dan mobil yg suka sruntulan.. Jalur kiri keliatan kosong aja lgsg diisi pdhl kalo sabar ngantri sesuai jalur malah gak macet.. Masih pada nyetir kek angkot sih. Sebaiknya angkot dikasih jalur khusus/diganti monorel. Terus jalur sebelah kiri dibikin khusus sepeda motor. Dikasih pembatas yg tegas jgn kek pembatas transjakarta biar gak seenaknya sendiri keluar masuk..

  9. Klo di Indonesia orang/developer (bandung) pada bangun rumah2 diperbukitan ngabisin sawah kebun ngakunya udh dapat ijin, jln’nya kecil2 akses kejalan utama jauh bener jdi gk mungkin motor dihilangin, angkutan umum dperbukitan gk mungkin!!, orang baru bisa beli mobil bagus pengen gaya, orang yg blm lancar nyetir mobil itu semua yg bikin macet..cet..cet

  10. Kok bisa seperti itu keputusannya? Bakal turun omset motor disana. Benar klo motor lbh bnyk dan terlihat bejubel, tp jaminan minim macet, cepat terurai. Justru roda 4 ato lebih itu yg makan ruang & ngerusak aspal. Apa niatnya biar di ibukota nya kelihatan pake mobil semua ya?

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama