iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakde….jaman sudah berubah. Pergeseran dan kebutuhan membuat seluruh pabrikan berlomba-lomba memberikan yang terbaik. Seperti halnya Suzuki. Walau mungkin sudah cukup lama namun tidak banyak yang tahu  bahwa Suzuki juga memiliki part catalogue online. Jadi harga dan detil komponen bisa sampeyan akses disana. Ahhh seriusan??..

Intip wae di website Suzuki disini. Disana kita akan disodori menu Suzuki E part. Namun beda dengan pabrikan lain, Suzuki menawarkan Electronic Part menu berbarengan dengan komponen mobil. Saat membuka web tersebut kita juga bakal menjumpai sebuah note atau keterangan berbunyi…

Website ini hanya mendukung untuk pencarian parts untuk kendaraan keluaran tahun 2000 keatas dan harga sewaktu-waktu bisa berubah“. Yup…..hanya untuk motor keluaran 2000 keatas. Artinya kalau sampeyan punya RGR150SSS atau Crystal wis ora ono cak. Cukup dimaklumi karena tidak hanya Suzuki, seluruh pabrikan batas tanggungan yang diberikan terhadap komponen motor discontinue adalah 10 tahun….

iklan iwb

Microsite yang berisi part Suzuki ini juga menjabarkan cukup gamblang harga-harga komponen produk mereka. IWB coba ambil contoh GSX-R150. Untuk frame Suzuki memberi label kode part 41100-23K00-000. Komponen ini dijual 1,1 juta. Wehhh….termasuk murah cak secara umumnya diatas 1,5 juta. Lalu sampel lain adalah speedometer…

Speedometer full digital GSX-R/S150 dilepas diangka 630ribuan diluar baut-baut yang juga dijual hanya kisaran ribuan. Termasuk sensor speed dipatok 82 ribuan. Tidak puas dari sana IWB coba cek banderol headlamp. Mengusung kode part 35100-23KA0-000….headlamp assy LED dari motor terbaru Suzuki ini dijual sangat terjangkau. Awalnya IWB nggak percaya namun walau mata berkedip-kedip angka tidak berubah yakni…850 ribuan. Wowww….miring cakkkk….!!!

Sepertinya Suzuki ingin menegaskan bahwa part mahal hanya isu belaka. Dibuktikan dari website resmi dan diperoleh fakta komponen mereka cukup miring. Monggo sampeyan buktikan saja dan adu dengan produk sejenis. Bisa IWB pastikan harga paling value. Asyiknya walau paling terjangkau, kualitas material diatas rata-rata. Mantap wisss…

Last….dalam pandangan IWB E-Part yang disodorkan Suzuki masih terlalu sederhana. Tapi untuk awal lumayanlah. Yang penting harus terus dikembangkan agar makin canggih. Sebab saat ini masih terkesan seperti lembaran kertas JPEG yang tidak bisa digunakan untuk menghitung langsung disistem. Soal ini mungkin Yamaha bisa dijadikan acuan. So….Pengen tahu harga Part Suzuki ??. Tenang cak, sudah bisa dicek online tuh. Ora mumet manehhhh :mrgreen: ……(iwb)

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!