iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Santai dan ora perduli….mungkin itu yang IWB tangkap dari Kawasaki. Geng ijo ini terkesan tidak terlalu fokus dengan market share dan lebih sibuk membuka kelas tersendiri. Monggo intip saja KSR ataupun Z125, Estrella 250…….motor ini boleh dibilang bukanlah pencetak uang karena hanya terjual segelintir alias jauh dibandingkan segmen-segmen lain. Tapi kenapa Kawasaki mau bersusah payah kesana?….

Kawasaki memang beda soal strategi marketing. Mereka tidak terpengaruh pabrikan lain kalau nggak malah cenderung menghindari pertempuran panas. Rasa enggan dan differensiasi ini tidaklah instan. Mereka belajar dan mengamati dengan seksama berdasarkan kegagalan. Intip saja beberapa produk panas yang coba bertempur dengan pabrikan lain disegmen bebek. Nyaris semua tidak banyak bergerak…..

Lalu mereka mulai mengalihkan perhatian pada pasar yang segmented seperti sport 250cc 2 silinder. Dan diakui atau tidak berkat Ninjalah Kawasaki disegani. Mereka sukses mendulang penjualan dengan cukup bagus. Termasuk trail dan segmen big bike. Tapi tahukah sampeyan bahwa angka bukanlah segalanya bagi geng ijo?. Yup…dari obrolan dengan beberapa pejabat tinggi PT KMI, market share memang penting tapi tidaklah utama….

iklan iwb

Yang paling penting bagaimana Kawasaki hadir dengan produk-produk ber-image premium. Tetap memiliki ciri khas tersendiri dan memang mereka mengaku bukanlah follower. Mereka justru paling suka membuka kelas atau segmen baru dan itulah ciri Kawasaki. Makanya ketika ada pasar atau segmen yang terlihat panas mereka seperti enggan nyemplung. Contohnya pasar sport fairing 150cc 4 tak …..nggak tertarik cak katanya…

Last…Kawasaki memang tipe pabrikan yang tidak terlalu berambisi soal jualan. Tapi untuk segmen yang sudah melekat menjadi ladangnya seperti kelas 250cc bisa jadi karakter dan gaya tersebut berubah. Apalagi ketika yang dibicarakan adalah segmen Ninja 250 twin silinder….ngacak-ngacak singgasananya maka wajib dilawan. Apakah ini artinya Kawi bakal tampil all out pada new Ninja 250 Facelift?. Kita tunggu saja gerakan mereka cak…..(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!