iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Bro dan sis sekalian…. IWB cukup tertarik dengan diskusi pada sebuah grup yang menyoroti adanya keluhan retak halus dibagian crankcase atau pun housing CVT salah satu motor. Setelah IWB perhatikan disana juga disodorin beberapa foto yang memuat secara detil sosoknya….

Cak Perwanto cukup terkejut ketika menemukan ada nya gulatan atau seperti retak halus pada rumah CVT atau pada umumnya retak ini juga hadir pada crankcase engine. Berikut status dan kegalauan doi….

#Help
Kronologis: karna tempat cuci motor masih pada tutup akhirnya saya berinisyatif cuci motor sendiri. Pas nyuci bagian block mesin (terlampir pada gambar) ko pada retak…kira2 bahaya gak ya? Apakah bisa di claim garansi? Service rutin motor baru 2 bulan….

iklan iwb

Thanks….

Itulah curhatan doi via sosial media. Dan bisa IWB pastikan kondisi tersebut normal dan tidak perlu di kwatirkan. Kenapa? sebab sebenarnya itu bukan retak atau crack namun hadirnya guratan karena hasil dari cetakan atau moulding…

Biasanya pola guratan kayak retak ini nongol karena pada saat proses cetak, cetakan sudah ada crack (akibat diguyur panas dan dingin) yang pada akhirnya ketika kita menggunakannya untuk mencetak…maka menyisakan guratan pada hasil moulding…

So….pola crack (bukan retak sesungguhnya) ini sebenarnya hanya pada sisi luar dan tidak mempengaruhi ketebalan atau kekuatan dinding crankcase. Jadi ora perlu kuatir pakde….kuwi bukan cacat atau reject..

Last….retak halus pada sisi luar crankcase vanbelt ataupun engine pasti hadir pada semua brand motor. Tidak perduli Honda, Yamaha, Kawasaki ataupun Suzuki. Hanya saja memang pada beberapa kasus standartnya guratan atau “crack” ini diamplas supaya terlihat lebih rapi. Kecuali pada posisi tertentu khususnya tempat yang tersembunyi. Jadi ngono ya cak…aman yoo ora usah kuatir! (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!