iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro….balap Sachsenring Jerman mungkin akan menjadi tonggak sejarah balap roda dua Motogp sebab Dorna secara resmi akan melakukan uji coba pesan text singkat (SMS) pada speedometer Motogp bike menggantikan PIT board. Uji coba ini termasuk pesan dari race direction dan tim dengan 7 pesan singkat yang digunakan untuk sementara waktu….

Instrumen panel speedometer Motogp bike kedepan akan berubah. Menggunakan kecanggihan teknologi…..GP Sachsenring Jerman bakal menjadi tonggak sejarah sebab Dorna sudah mulai melakukan uji coba disini. Secara umum untuk sementara akan ada 7 pesan singkat yang bisa digunakan pada pembukaan uji coba…

Pertama adalah red flag, black flag, blue flag, black flag dengan orange disc, ride through, drop a position dan exceeding track limit. Masing-masing nanti akan terpampang dilayar speedometer saat pembalap turun disirkuit dengan singkatan yang bisa sampeyan intip pada lampiran paling bawah…

iklan iwb

So…..uji coba ini sebagai bekal untuk musim 2018 dimana rencananya sms bakal digunakan secara wajib ditahun depan untuk para tim. Dari info yang dishare Gpone…uji coba mungkin belum semua tim sebab Yamaha belum siap hingga tahun depan…

Nah..untuk musim 2018 nanti pesan bisa lebih variatif dan lengkap. Tim bisa menginformasikan ketika pembalap lain mulai mendekat, atau lap time ngedrop, lebih baik ganti motor dsb. Mereka menyebutnya “key communication tool race management”. Canggih cak….

Dengan segala kelebihan yang ditawarkan, sistem ini juga dikritik pembalap seperti Cal dan Aleix. Mereka menganggap teknologi ini berbahaya karena bisa membuat konsentrasi pembalap pecah. Begitu juga Marquez yang mengaku lebih suka papan pit board klasik ketimbang ngintip dari speedometer….

Namun mengintip kecenderungan teknologi….disinyalir Short message Motogp memang benar-benar bisa membuat  papan pit board hanya tinggal kenangan. Lawong canggihhhh. Kalau menurut sampeyan piye cak?….(iwb)

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!