Iwanbanaran.com – Cakkkkk….IWB akhirnya kelar juga melakukan editing ngeVlog nunggang Yamaha R15 VVA MY2017. Perjuangan dlosor njengking mlumah murep sampai mata perih terbayarkan setelah video sukes tayang di Youtube. Dalam videoVlog IWB jabarkan secara gamblang kelebihan dan kekurangan sang kuda besi. Tujuannya satu…..supaya sampeyan mendapatkan referensi sahih. Dan memang harus IWB tekankan lagi…handling paling menonjol pada new R15VVA ini. Nah…gimana detilnya ?. Yuk kita kupas secara detil…

Ergonomi riding

Berani….IWB cukup salut dengan keberanian Yamaha yang ogah terpasung dalam kotak. Walau memiliki mesin 150cc, pabrikan garputala menyodorkan feeling berkendara super racy dikelasnya. Bahkan dibandingkan GSX-R150 yang sama-sama underyoke….R15 VVA MY2017 masih sedikit lebih nunduk. Awalnya IWB cukup terkejut karena desain stang yang memiliki tekukan keatas seharusnya bisa lebih rileks…

Namun karena jarak stang lumayan jauh (tanki panjang)….maka sampeyan harus meraih dengan agak dlosor. Disinilah pressure terasa ditelapak tangan saat diperjalanan jarak jauh atau kemacetan. Namun pada high speed…ergonomi ini ternyata memberikan impressi mantap. IWB seperti memeluk motor dan feelnya menyatu kangbro. Ergonomi R15VVA bisa IWB pastikan lebih ke race oriented ketimbang harian….

Terus sampeyan juga jangan kaget kalau motor termasuk tinggi. Dengan ketinggian badan 170cm….IWB mundurin motor wae kaki kudu jinjit dan agak butuh ekstra effort. Solusinya bisa diturunin menggunakan lowering kit link cushion resmi Yamaha. Ada koq kangbro. Jok new R15 ini juga masuk kategori empuk dan nyaman. Terus boncengan juga sudah rada bersahabat kendati masih tetap terasa nungging dibagian belakang. Namanya wae motor fairing pakde….

Engine

Yamaha berhasil membuang feel mesin lama yang terasa ngayun. New gen hilang cak. Dengan label VVA (variable Valve actuation)…..kelemahan karakter SOHC pada umumnya yang lemah pada putaran atas terkoreksi di mesin baru. Feelnya ledakan tenaga IWB rasakan ditiap putaran. Alhasil dibanding gen lawas…..new R15VVA meningkat cukup signifikan. Jadi gas diputar…torsi langsung nonjok. Piye putaran atas?….

Tetap terjaga dengan baik. Krakter mesin baru seperti tidak ditemui gejala ngedrop walau mendekati limiter. Hanya saja saking cepetnya kadang nggak terasa sudah nabrak limiter sehingga harus segera oper gigi. Piye soal getaran?. Nah….untuk vibrasi engine….Yamaha sukses melakukan perannya diputaran bawah khususnya ketika idle. Feelnya alus banget kangbro. Peredaman bekerja dengan sangat baik di rentang RPM 5000 kebawah…

Sayang…getaran alus tersebut hilang saat motor kita geber. Vibrasi distang serta foot step depan lumayan terasa. IWB menduga hal ini karena desain baru knalpot diikat pada footpeg depan bukan belakang seperti gen V2 sehingga vibrasi dari exhaust tersalur kekaki depan. Tapi jangan kuatir cak….vibrasi masih dalam batas toleransi. Hanya saja perbedaan saat idle vs dibetot memang cukup signifikan. Seandainya saja Yamaha bisa menularkan alusnya getaran saat low ke high RPM pasti makin mantap…

Sisi positif lain dari new R15 adalah kopling yang empuk berkat fitur assist & slipper clutch. Oper gigi terasa lebih presisi minim missed gear. Banyak yang bertanya….opo sih maksude slipper clutch?. Enaknya biar gampang cak…..minim engine brake saat sampeyan down shift. Jadi feelnya ngeloyor kayak matic. Slipper clutch ini meminimize gejala slip ketika downshift ekstrim. Mungkin buat harian fungsi nggak terlalu terasa. Namun kalau sudah turun disirkuit…baru tuh sumbangsihnya lumayan….

Dalam pengetesan saat disirkuit…new R15 ditangan IWB dengan badan gambot mampu tembus 141 km/jam. Sayang pada tes harian kali ini IWB nggak sempet ngetes BBM. Tapi kalau melihat dari MID terlihat 1 liter bensin bermain dikisaran 39-41 km/liter. Yah…irit cak kalau melihat bobot dan bannya yang besar…

Handling

Nahhhh….iki cak sing istimewa. IWB berikan jempol untuk masalah kestabilan pada new R15VVA. Handling termasuk superb dikelasnya. Selama sampeyan punya nyali….R15 akan melayani keinginan hasrat untuk rebahan. Dengan suspensi USD, swing arm banana serta ban besar (100 dan 140)…feelnya mantap. Bahkan ketika motor menjelajah pada kecepatan 100 km/jam….ban depan masih terkontrol dengan sangat baik. Tidak IWB temui gejala geser atau nervous. IWB harus berikan nilai tertinggi soal handling pada new gen VVA ini. Welldone Yamaha !

Braking

Ora complaint juga soal ini. IWB berikan nilai positif sebab sejak dulu Yamaha mampu mempertahankan performa braking yang bisa dikatakan konsisten. Pakem, terkontrol dan tidak ditemukan gejala limbung pada motor….

Material dan finishing

Nahhh….iki sing rodo garuk-garuk bathuk. Disini IWB sedikit mengerutkan dahi. Kenapa?. Sebab harus jujur IWB akui, terjadi penurunan kualitas material dibandingkan dengan gen V2. Khususnya ketebalan casing. baik pada fairing ataupun bagian kondom tanki. IWB sendiri memiliki Yamaha Byson gen awal dan perbedaan ketebalan material lumayan terjadi gap….

Tapi memang, pabrikan harus memutar otak agar pricing tetap terjangkau. Dengan segudang fitur yang diberikan banderol yang dipasang oleh Yamaha hanya 34,5 juta….murah kuwi cak. Tentu bukan perkara mudah. Lha semua minta perfect….mau dibanderol piro?. Lha sampeyan rada tinggi dikit nanti protesssss…iyo to :mrgreen: . Namun jangan kuatir….

Secara umum, material masih wajar dan cukup bagus. Komparasi IWB diatas pada produk Yamaha lain yakni R15 V2. Maklum pakde….IWB juga sempat punya R15 V2 jadi tahu betul tiap jengkap material yang dipasang. Disini IWB melihat….Yamaha masih berjuang keras untuk memberikan yang terbaik untuk biker tanah air. Walau tentu tidak semuanya bisa sempurna karena terbentur masalah pricing dan value akibat fitur yang seabreg…

Speedometer

Speedometer new R15 termasuk lengkap. Sapaan pada rider (greeting), pengaturan cahaya display hingga shifting light. Disiang hari sekalipun angka terbaca dengan jelas termasuk tendangan RPM. Yang menarik…kalimat sapaan ketika speedometer dinyalakan bisa diganti dengan nama sampeyan….

Desain

Soal desain masalah selera. Tapi dari sisi pribadi…IWB paling suka melihat area tanki dari atas….feelnya seperti big bike. Dari depan juga keren. Sayang….dimata IWB yang agak kaku ketika diintip dari samping. Karena wheelbase lebih pendek praktis posisi ban belakang seperti terlalu mepet kedalam. Tindakan ini mengurangi kegagahan karena buritan jadi terkesan menjorok kebelakang. Selebihnya…top !

Kesimpulan

Yamaha new R15 VVA merupakan hasil pengembangan selama bertahun-tahun guna menggantikan eksistensi R15V2. Mengusung konsep desain R series….tidak bisa diingkari perbedaan feeling cukup signifikan. Dan berikut penilaian IWB terhadap new gen VVA….

Kelebihan

1. Handling superb
2. Engine lebih bertenaga dan powerband merata dari low, middle dan high
3. Kopling empuk
4. Braking pakem
5. Jok nyaman dan empuk
6. Fitur terlengkap dikelasnya (USD, hazzard, assist slipper clutch dll)

Kekurangan

1. Material bisa lebih ditingkatkan
2. Vibrasi high RPM cukup terasa
3. Seat height tinggi sehingga butuh usaha lebih bagi biker tinggi rata-rata
4. Posisi ergonomi super racy sehingga bagi yang nggak biasa lumayan terasa capek ditelapak atau pergelangan tangan

Yup…itulah beberapa poin tentang Yamaha new R15VVA dimata IWB. Untuk melengkapi ulasan artikel ini IWB sudah meracik Vlog…..kuwi cak, jadi Motovlogger…..biar kekinian :mrgreen: . Videonya bisa sampeyan intip dibawah ini. Eh..subscribe yo. Ora sampluk sandal swallow pokoke. New R15 ??. Handlingnya memang stabil puolllll !! (iwb)

Video Motovlogger IWB (new R15)

HP klik disini

Advertisements