iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro…..siapa menyangka harga BBM di Malaysia yang notabene memiliki pendapatan perkapita lebih besar dari Indonesia mampu menjual dengan banderol yang cukup terjangkau. Update harga terbaru dinegeri Jiran membuat mata kita terbuka bahwa BBM di Indonesia ternyata masih cukup mahal. Weleh-weleh…..

Malaysia memiliki perusahaan minyak bernama Petronas. Dan harga paling baru yang dishare oleh hargapetrol.my yang diatur oleh menteri perdagangan Malaysia, kita bisa lihat fakta mengejutkan tentang banderol BBM yang termasuk cukup terjangkau. Contohnya untuk bensin Ron 95 (setara Pertamaxplus)…..

Bensin RON 95 Malaysia menjual diangka RM 2.05/liter atau kalau kita rupiahkan sekitar Rp. 6.390/liter. Padahal bensin dengan oktan 90 (Pertalite) ditanah air dijual Rp. 7,500/liter. Dari sini sudah terjadi gap yang sangat mengejutkan. Yang kedua adalah bensin oktan 97. Dimalaysia Ron ini dijual diangka RM 2.31 kalau dirupiahkan hanya 7,200 rupiah/liter…

iklan iwb
iklan iwb

Sebagai informasi di tanah air, Pertamax Turbo yang memiliki Ron satu tingkat lebih tinggi yakni 98 dijual 9,250 rupiah/liter. Gapnya edian to. Termasuk diesel dimana Malaysia menjual hanya RM 1.94/liter (Rp. 6.000/liter). Diesel yang dijual dinegeri tetangga ini grade sudah seperti Pertamina Dex yang saat ini dijual 8.500 rupiah/liter. Duh, murahnya harga BBM di Malaysia euy. Nahhh…doweh to cak….

Last…..dari sodoran diatas bisa disimpulkan apapun alasannya, harga BBM di Malaysia jauh lebih murah dibandingkan Indonesia. Padahal tingkat kesejahteraan dan gaji lebih baik dibandingkan Indenesia. Artinya RM 2 bagai mereka seperti beli Aqua murahnya. Semoga saja kita bisa nyusul mereka kedepan kangbro. Semoga saja (sambil garuk-garuk bathuk)……(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

149 COMMENTS

    • Kalo ga mau bayar listrik mahal pake genset sendiri bos, minyak lu bor sendiri lu olah sendiri, gitu aja kok repot

      • Karena monopoli PLN…. Juga pertamina masih anak emas… Ya gini… Konsumen dirugikan

        Mikir bro, bukan nrimo aja

        • Jangan khawatir bentar lagi afta. Semua bumn dibeli asing, soalnya g efisien. Kalah manajemen ma asing curiganya.

      • Bro kmu kan marine engineer officer,cuman mau nanya knapa kapal titanic gara2 nabrak gunung es kok bocor hingga patah mengakibatkan tenggelam,jika kamu bisa mnjawab brarti jos klo ga bsa ngejawab,klo dibaca komen2mu kmu blagu dan naif.

        • Sama kayak ketika lu nglempar kerikil ke kaca bus yang lagi lari 100km/jam lebih.
          Gak usah besar2 lah kerikilnya. Maksimal sebesar ibu jari kaki

        • Gini bro, jangan salah paham dulu
          Biasanya org kalo baca kata engineer, pikiran mereka langsung berasumsi ke insinyur / pembuat kapal
          Benar/salah tebakan saya?

          Biar saya klarifikasi dulu
          Arti kata engineer disini punya banyak arti, dan profesi yg saya tekuni adalah “marine engineer officer” yaitu perwira masinis kapal, org yg bertanggung jawab atas permesinan dia atas kapal, kalo captain/nahkoda itu “deck officer”, saya “engineer officer”.
          Semoga smpe sini anda gak bingung.

          Dan masalah kenapa titanic bisa tenggelam setelah bocor, sebenarnya itu bukan bidang saya, itu lebih ke pada insinyur konstruksi dan stabilitas kapal (engginer of ship’s construction and stability)
          Tp disini saya akan berusaha menjawabnya…

          Setau saya,
          Konstruksi titanik belum menggunakan sistem double bottom for ballast tank, double plate for even keel, dan sekat2 pemisah antar palka (saya lupa istilahnya)
          Jd setau saya, kapal titanic msh bisa di katakan kaleng kosong (tanpa sekat), makanya ketika dia bocor di haluan, semua ruangan palka akan kemasukan air (karena ga ada sekat pemisah antar palka tadi)
          Lalu ketika haluan mulai tenggelam, draft tengah kapal tidak mampu menyangga bagian buritan dan akhirnya kapal patah jd 2 bagian.

          Sekian apa yg bisa saya jawab. Maaf jika banyak kesalahan karena memang itu bukan bidang saya.
          Terimakasih.

      • Sekalian aja gensetnya produksi sendiri.
        Jangan kayak orang susah lah hifup itu.
        Kelihatan banget gak bersyukur

      • ini orang pake main sendiri sendiri emang BUMN kita ini milik sendiri kok enak banget asal ngomong sendiri, bobroknya negeri ini karena ulah oknum pejabat dan pengemban amanah dinegeri ini yang khianat makanya rakyat melarat, negeri ini milik seluruh rakyat Indonesia bkn milik segelintir orang jadi klo ada yg protes dgn pemerintah ya bukan nyeplak suruh bikin negeri sendiri, suruh nanam cabe sendiri suruh gali minyak sndiri, suruh pake genset sendiri….ini orang pigimana ya pola pikirnya

      • Lu psti fanatik rezim nih yak wkwkwkwk, coba kalau lu trmsuk kaum bawah, rasain dah tu listrik mahal, elpji langka, pajak mahal, ingat bro, ga selamanya kita diatas, jg trlalu sering nonton media munafik

    • Nah wong2 model ngene iki sing perlu di budi dayakan dan di lestarikan, wong2 sing duwe semangat udu wong tukang sambat.
      Indonesia ra butuh wong tukang sambat.

      • Disyukuri, dinikmati yo kang??
        Seng penting gelem usaha, gk mung ngimpi ????
        Mangan telo nang Negoro e dw warek, timbang mung nyawang pizza nang Itali kono??

        • awalnya nyawang Pizza di itali bisa menginspirasi

          buat Pizza di Indonesia
          Mangan telo ning negoro dewe warek ra tau bayangin Italy ya diajak bicara soal dunia luar yo lolak lolok, emang sih klo soal dikandang (seputar tello) sih jago tapi klo hubungan luar negeri plonga plongo, dikala orang sudah jauh kemana dia masih bangga dengan tellonya dimana didunia lain telo sudah digunakan juga sebagai sumber energi dia masih seputar konsumsi (bak katak dalam tempurung) di tempurungnya suranya menggema diluar suaranya menghilang tak terdengar.
          Malaysia dan Italy sudah di Motogp, F1 dan WSBK di negerinya masih kelas capung tapi katanya kelas capung itu diatas F1, Motogp dan WSBK karena ning negorone dewe
          Cinta Negera itu wajib tapi kudu realistis sebagai rujukan memajukan negera yang kita cintai

          • Jadi orang yg pinter, jangan mental dijajah. Kl loe paham arti kata2 gw, artinya cukup dalam

          • Ane paham maksud lu.
            Tpi ane juga nyaranin. Kalo mau protes sekalian solusinya.
            Jadi gak cuma protes ini itu tanpa ngasih solusi.
            Kalo lu gak paham cara menyelesaikan permasalahan mending diam saja sampai lu bisa ngasih solusi baru lu protes.

        • Trus klo orang yang kritis tp cmn di kolom komentar ? Kritik pemerintah ini itu tapi kenyataanya males kerja, gak mau usaha? Bedain legowo sama realistis , kalo ente pinter seharusnya ngerti maksudnya, hidup di jalani bukan cmn buat ngeluh ini itu, buktinya ada orang miskin jadi kaya karna usaha dia kerja bukan bacot

          • Tau apa ente bos ttg gw, tp gw kecewa kl lihat orang bodoh yg hanya pasrah keadaan. Pemerintah jg ign harga bs turun, tp trlalu byk ktidakmampuan dan ketergantungan ke asing. Lha kl lihat ente pasrah, ya pantes indonesia gak maju2

          • Membantu kan? Bukan protes doank?
            Berarti situ sudah punya solusi? Apa coba solusinya biar bbm bisa murah?

          • Brarti loe nggk paham yg gw sampaiin, belum nyampek cui pemikiran loe. Masalah itu nggk simple, dr hulu hilir kita itu ktergantungan. Orang2 pasrah ini yg bikin kita nggk maju2, ktergantungan terus

          • Iyaa.. otak ane gak nyampai.
            Trus solusinya gimana?
            Ente kan cerdas, pasti bisa lah memecahkan masalah ini

          • Oke2 berarti salah paham iki.wes ca
            K. Sing penting sing duwur diawasi. Yen celuthak samplok sandal melly wae

          • Bukan bacot bro. Yg disajikan adalah data, dan disini butuh analisa, knp ada perbedaan? Nah prbedaan muncul krn ada biaya2, dari proses eksploitasi minyak sampai ke konsumen. Bukan jawaban, ngeluh? Jawaban opo iki cak, gak berbobot blas. Mental dijajah, cm legowo tnp menganalisa permasalahan

      • semakin pasrah rakyatnya semakin semangat koruptornya…. koruptor ki aslinya seneng liat komen komen model kayak sampeyan ini mas, ga perlu kritis, liat kebaikan yo pasrah liat kebobrokan yo pasrah terserah, sing penting manut

        • Setuju, sebenernya sah” aja kita sebagai WNI protes sama harga BBM, selama dalam koridor yg benar.. Toh misal BBM turun yg enak juga rakyat Indonesia.. Legowo boleh tapi jangan terus pasrah total sama keadaan, jadi orang baik bukan berarti jadi orang yg lemah..

          • Sing ngomong aku lagi protes ki sopooo?
            Aku cuma ngomong yg mau protes monggo tapi koridornya harus benar.. Maksudku jangan membabi buta tanpa data dan bukti yg riil alias asal mangap nyalahin pihak terkait sana sini..
            Terus iki cuma misal wae dana BBM terbukti dikorupsi, apa sampeyan sebagai warga negara yg baik mau diam aja? Apa ya gak kasihan sama wong cilik yang mampunya cuma bisa beli motor mio, beat, revo, vega, smash, nex dsb itupun masih kridit? Belum lagi nelayan” yg butuh BBM buat nyari ikan dilaut sehari-hari..
            Kita coba berfikir luas mas bro..

        • Trus sampean bisa apa?
          Apa yg sampean lakukan untuk kemajuan negeri ini?

          Saya sudah tekankan diatas “wong sing duwe semangat” bukan “org yg pasrah”

  1. Kok sampean dadi tukang sambat lek?
    Tuku pajero ae kuat mosok bensin sing gap.e mung ewon (seribuan) di sambatno…

    • Eeejluuuupp????
      Sampean joooss tnan kang??
      Kuis BERKAH RAMADHAN hadiah e sandal swallow ae yo mung jas jes jos ae ?

      • Iseh enak gaya patek ketimbang gaya wong susah
        Nek ra pengen susah usaha ndes, ora mung modal sambat
        Cangkem nek mung dinggo sambat yo mbok sak modare ra bakal makmur

        • Guayamu gaya wong sugih, mangan sik nyadong wong tuo, koen gak usa ngelengno wong liyo, awakmu dewe urip sik ngampung. Lanang2 lambe setengan. Endi omahmu?

  2. Kalo BBM di Indonesia murah, petinggi ……….
    Gak bisa beli …….. Nanti kang, hahaha
    #just kidding

    Sebenernya bisa murah, tapi …………….
    Gak tau kenapa kok gak bisa murah.
    Apa mungkin …………………………..
    Maka dari itu bbm di Indonesia…………………
    Kita sebagai rakyat kecil ya cuma bisa nerimo dan legowo, penting iseh mampu isi bbm motor buat aktivitas harian.
    (Itu titik2 di isi kesimpulan masing2)

    • Ada peribahasa, dibalik bercandaan teman ada benarnya meski sedikit. Yang di atas sudah buta dan tuli karena uang.

  3. Opo ngene ae lek, sampean import BBM teko Malaysia trus dol sak ngisor e BBM Indonesia nang kene???
    Untung e okeh, kipas2 rupiah ?????
    Wes gksah sambat mneh?

  4. kalau disana bbmnya disubsidi dimana yang disubsidi itu setara dengan pertamaxplus lah kalau disini yang disubsidi bbmnya kualitas jelek mana lagi subsidinya di cabut

  5. Haiyyaaa disini semua yg disubsidi skrg dicabut semua
    Waaa
    Trus hasil subsidi jg gk tau kemana tu duit , pusinglah kita ouwlang
    Lama2 aku balik ke namec dagh

  6. Malaysia bensin murah tp banyu larang,nek ngelak ngombe bensin(guyon). Aku tak ra ngiler tonggo sebelah bensin regane murah jg. Narimo ingin pandum,,,,dongane mugo2 wong sing dho due kepentingan neng negoro Indonesia mikirke kesejahteraan wong cilik

  7. Koyok gak tau eroh berita kang smean iku… lha biyen bbm ndek indonesia luweh murang teko malay kang… gara2 murah mangkane biyen akeh sing nyludupno nang malay iso untung gede gara2 biyen bbm malay larang. hadeeewww…. kakean urip ndek guo smean kang…kang…

  8. Bbm mahal
    Listrik apalagi.naiknya ugal ugallan
    Udahh biarrin ajaa.lama2 juga mati sendiri ???
    Nrimo ing pandum.urip mung mampir ngombe

  9. Rezim ini sdh sedemikian kerenya. Dia tidak hanya cabut subsidi BBM, tetapi juga minta rakyat subsidi rezim melalui kelebihan bayar dari harga BBM yg seharusnya. ( Selama ini Pertamina tidak berani buka2an soal penetapan harga BBM)

  10. Bukan sambat cak. Sampeyan berarti salah tangkap. Lha koq malah nyinggung pajero…somplak sampeyan. Cetek mikire. Kono…semedi sik kono biar adem kepalanya. Ini adalah rasa keingin tahuan kita sebagai warga negara secara gap gede banget. btw penyamaan harga BBM kan barusan aja tapi gap ini udah lama. Btw gitu amat yak komennya hahaha. Toh Sampeyan pun hanya menggunakan asumsi to….karena nggak ada transparasi emang selama ini formula penetapan tarif BBM. Judule hanya heran pakde…jangan merembet kemana-kemana. Wadeehhhh

    • lombok larang jare pemerintah gaksah nguntal lombok!!

      bawang larang jare pemerintah masyarakat dikongkon icer bawang dewe!!

      lha nek bbm larang nggali’o sumur minyak dewe, disuleng” dewe!!!

      ojo kakean ngeloh lek, kon engko di user karo panastak kapok kon!!

      ndukure sampean iku nastak lek, ti ati!!

    • Itu yg ngomongin distribusi, pertanyaannya, samakah konsumsi bbm di kota dan si pelosok? Emangnya gap 2000 rupiah tidak terlalu banyak klo cuma masalah distribusi? Naik 500 rupiah aja pemasukan pertamina sudah milyaran pertambahannya pertahun. Ekekekek

    • Yg dewasa berpikir tentang perbaikan yg bocah pasti mikir yg aneh2 udah biasa. Mending dengerin yg dewasa yg bocah sono suruh main aja, g usah didengerin. Namanya aja bocah

    • Yang jelas harga BBM di Malaysia lebih murah dari harga minyak dunia. Jelas Malaysia menerapkan subsidi BBM di sana, selain masalah distribusi, penduduk di sana juga ga seberapa di banding Indonesia, artinya konsumsi BBM juga jauh lebih sedikit, jadi subsidi perkapita disana ga terlalu besar. Kalo Indonesia, mau gitu, bisa, alihkan semua biaya buat subsidi BBM, tapi sektor lain akan hancur. Kasian rakyat yang di luar pulau Jawa yang pembangunan nya masih belum maju..

      • Ohhh harga bbm naik gegara subsidi dialihkan ke sektor lain.. Ane tanya, didaerah ente aja, jalanan di daerah ente udah nggada yg berlubang? Atau paling nggak, pembuatan jalannya udah benner gak (rata)? Lampu merah nggada yg rusak? Udah tambah benner gak nih negeri? Gini, duit tambah banyak ke sektor lain malah di korupsi aja bosss, laahh ente kayak nggak tau aja otak2 pejabat indon, atau memang kagak tau 😀

        • Ya mending lah, daripada semua buat subsidi BBM, paling ga alokasi buat pembangunan sektor lain ada.. Bukan dihabiskan dengan subsidi BBM. Pembangunan ga bisa sekejap mata. Dan tentu saja watak pejabat nya harus dirubah dulu. Makanya kalo Pemilu atau Pilkada, pilih yang jujur. Jangan suka yang instan-instan gitu pikiran nya

    • Klo Bensin disini harga nya sama kayak Malaysia, Makin Banyak kang yang bawa motor..

      Uang Saku Anak SD/SMP aja bisa beli 1Liter. 😀

      Skarang aja tiap rumah banyak yang punya motor lebih dari 1. apalagi jumlah penduduk Indonesia lebih banyak.

    • Sing slow lan sabar lek,pembaca di warunge sampean iku persepsi dan perspektif dlm memahami artikele sampean iku bedo2

    • Petronas sdh bisa produksi bbm kang, lah kita bbm msh impor. Lanjut, dgn pendapatan per kapita yg lebih tinggi, pemerintah malaysia lebih leluasa menentukan harga bbm (lebih murah).
      Nah klo pemerintah kita maksain bbm harga murah yo tekor bandar kang wkwkwkwk….

    • Sabar lek, Bagus iki pancen njaluk ditungkak lambene.. ??
      Disini bensin mahal karena banyak faktor, bisa diliat dari sisi positif dan negatif. Contoh dari sisi positif: negara kita rutin import BBM RON tinggi sejak awal (BBM matang yg dijual didunia sekarang paling rendah RON 92) dan sebagian lagi minyak mentah dengan kurs dan harga normal standar internasional.
      Lalu kita liat teknologi kilang minyak negara kita yg belum pernah kena update signifikan sejak era presiden ke 2, yaitu mayoritas hanya mampu menciptakan BBM kualitas rendah, lebih rendah dari RON 88 (Premium).
      Lalu karena kebutuhan RON 88 (sekarang 90) masih tinggi, terpaksa pertamina menurunkan kualitas BBM yg udah diimpor (RON 92 jadi 88 dan 90). Dan tau kan artinya ada penambahan biaya lagi yg berdampak sama harga jual sebelum biaya” dan pajak”..
      CMIIW

  11. Makan uang subsidi dengkulmu mlocot. Iki koq jadi merembet kemana-mana lawong penyamaan harga bbm juga barusan. Sorry cak…saya selalui pakai “kerang diesel” ….sejak dahulu kala…sejak jaman empu gandring dan brama kumbara bertemu. Jadi nggak usah ngomongin subsidi ah. Haiyaahhh. Wis, ora usah cekot2. Reaktif banget komennya…puasa ki :mrgreen: ….

  12. Dr jaman nabi adam kan pertamina anti audit, mentri ama bpk aja g bisa masuk, bayangin petronas aja bisa bikin twin tower… Pertamina….???? Tanya kenapa?

  13. Di sini kakean korupsi bro….sama petamina ga pinter ngelola BBM…apa apa harus minta bantuan eropa untuk buat pertalite pertamax pertamax turbo….tau sendiri kan…sebelom pertamax turbo di jual di indo dia sudah jadi ajang BBM resmi balapan di eropa…trus jadi sponsor lambo..tes nya aja di eropa..yg buat formula juga orang eropa..jadi belom apa apa dah di ambil untung ma orang eropa…baru lah di kasih ke rakyatnya sendiri…wkek..payah pertamina…

  14. Yg salah itu tafsir Undang2 Lik, karena bumi air dan kekayaan yg terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara, dan digunakan sebesar2 kemakmuran rakyat.
    Jadinya yo semua dimonopoli BUMN, Pertamina, PLN, Telkom, dll.. akhirnya kita bukan merasakan kompetisi, sedangkan saat pejabat2 BUMN nya bermental maling, ya kita juga yg menanggungnya..

  15. Dimari pake mbit isi bensin 5000 di POM dah bangga lek, lirik mbiters…. Ekekekeke

  16. Saya bangga dengan anda, jujur merasakan hal yang sama. Tapi apa daya, yang kritis di sini ditindas cepet. Mungkin harus pikir-pikir pindah negara aja kang kalau ga bisa terima terus begini. Negeri yang kaya dipimpin oleh para pemimpin rakus.

  17. Kondisi warung sedang tidak kondusif…
    Kebakaran di mana2…
    Pembunuhan karakter di mana2…
    Saling tuduh di mana2…
    Merasa paling benar di mana2…
    Merasa paling pintar di mana2…
    Haddeeeeeuuuuhh????????????

  18. Waah, masalah perminyakan itu gk bisa disamakan sa komoditas laen broo..
    Bukan cm masalah distribusi, ada faktor biaya import, pengilangan, acuan harga, kurs, dll. Blm lg para pihak yang ambil untung dari situ. Ws gk usa disebut, yg pasti banyak pihak/oknum.
    Trs masalah sambat dan syukur, tak dungakno ae sampean Istiqomah mas.

    Salam, saya Wildan, Mebel Jati

  19. Komennya pada bagus bagus mirip politikus di tivi tivi, cuma dari yang komen disini sampe yang asli politikus di tivi tivi kok ga bahas mahalnya semua kebutuhan di negeri kita termasuk BBM itu karena Kosupsi Berjamaahnya ga ketulungan, Koruptor di negeri ini Mulyo itu yang bikin rakyat makin sengsara di negeri yang konon kaya raya

  20. Komennya pada bagus bagus mirip politikus di tivi tivi, cuma dari yang
    komen disini sampe yang asli politikus di tivi tivi kok ga bahas
    mahalnya semua kebutuhan di negeri kita termasuk BBM itu karena Kosupsi
    Berjamaahnya ga ketulungan, Koruptor di negeri ini Mulyo itu yang bikin
    rakyat makin sengsara di negeri yang konon kaya raya.
    mental
    pejabatnya yang doyan memperkaya diri adalah sumber utama kemiskinan dan
    meningkatnya kebutuhan utama negeri ini karena uang negara yang
    harusnya digunakan untuk mensejahterakan rakyatnya tapi dirampok masuk
    kantong pribadi

  21. Sumber saya alam dijual ke asing dan aseng sih…. Coba kalo dikelola sendiri, pasti bisa sangat sangat murah, wong tenaga kerjanya orang orang kita kom

  22. Nah ente mikirnya rasional, gk main judge kya yg komen di atas mentang” mahal dibilang korup, dikasi murah dibilang jelek, kesian sama negara indonesia kadang” disalahin mulu

  23. Sindirian keras buat rezim skrg, rezim dagelan, kejer infrastruktur bidang lain dikerjakan seadanya wkwkwkkwkw

    • Iya kang. Semakin kesini pembangunan kualitasnya semakin ngasal zaza.
      Padahal APBN tiap tahun nambah

      • Yg parah itu lho, masa pake dana haji utk infrastruktur, & kasus kmren yg hampir pake dana zakat buat infrastruktur itu lho yg bikn ane ketawa, sebegitu miskinkah pemerintah kita ampe perlu dana zakat wkwkwkwkwk

      • Sbnrnya sih saya khawatir jg secara skrg papua yg dikejer pembangunannya soalnya, papua aja blm trlalu kondusif, jdi msh rawan lah konsipirasi, apalagi disana msh ada rombongan santoso, opm, blm lgi pngruh mamarika yg nguasai freeport, bisa” ny yg ga enaknya keulang lgi ntar kasus merdekanya timor leste, itu aja sih yg ane ga yakin. Soalny presiden kita yah opini saya kurang tegas gitu lho, apalagi kalau udah brhadapan sama aseng

  24. Haiyyaaa liat dong pln klo rugi pst koar koar trus minta tarif naik, tp msh z sering mati lampu waaa
    Kalo tol tu dari hasil apbn khususnya pajak
    Ah elaaah kudet

  25. Ups jadi ingat ada yg waktu debat presiden janji gak naikkan harga BBM, dan TDL PLN. Nyatanya BBM naik dua kali, TDL untuk 2017 saja sudah naik 4x, katanya habis lebaran mau naik lg

  26. Yah mau gmn lagi … Kebanyakan minyak mentahnya di jual ke luar … Diolah diluar di beli lagi saat sudah menjadi beberapa varian … Petronas kan ngolah sendiri minyaknya … Disini premium harus hapus total. Pertalite hapus minimal pertamax 92 max pertamax turbo .

  27. Rezim ini sdh sedemikian kerenya. Dia tidak hanya cabut subsidi BBM, tetapi juga minta rakyat subsidi rezim melalui kelebihan bayar dari harga BBM yg seharusnya. ( Selama ini Pertamina tidak berani buka2an soal penetapan harga BBM)

  28. Dipikir pikir Arahnya koq ada kesana yah
    Di komplen bilange pakai kerang tanda org mampu, tp koq kompor gk liat hal lain

  29. Wah… Warunge sampean kobongan om. Gimana kalo selanjutnya bikin artikel ‘kenapa bbm di malay bisa murah’ sama ‘kenapa bbm di indo mahal’. Makin kobongan warunge njenengan om. Wkwkland

  30. Alasanya sederhana,karena sampai hari ini minyak kita msh mengalir kesana dari sumber yg anonim dan harga yg minim..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here