iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakde……rangkaian peluncuran motor listrik dari Viar akhirnya mencapai puncaknya. Bersama Bosch….mereka merilis Q1 dengan jaminan teknologi tinggi. Bahkan dalam rilisnya…Viar-Bosch menjamin keamanan baterei yang tahan air walau dalam kondisi ekstrim sekalipun. Waaaa ikiiiii….menarik ki !….

Viar-Bosch resmi memasarkan motor listrik berlabel Q1. Secara produk mereka menjamin legalitas dijalan raya sehingga Q1 sudah dibekali dengan STNK. Presiden Direktur PT Triangle Motorindo, Ignatius Kartiman mengungkapkan bahwa hadirnya Viar Q1 merupakan inovasi terbaru PT Triangle Motorindo berperan serta mendukung program pemerintah mengurangi dampak pemanasan global…..

Sebagai informasi…e-Scooter driving system dari Bosch yang diaplikasikan dalam unit skuter listrik Viar Q1 terdiri atas Electronic Control Unit (ECU) dan e-Motor. Biasa juga disebut controller, ECU merupakan peranti lunak yang berfungsi mengontrol performa komponen penggerak motor listrik (power train) – termasuk eMotor dan baterai….

iklan iwb

President and Head of Business Unit e-Scooter, Bosch Automotive Products, Co., Ltd., Joerg Kretzschmar menjelaskan keunggulan ECU Bosch diperkuat teknologi intelligent recuperation yang melindungi baterai menjadi lebih aman dan awet, juga water protection hingga standar IPx4 (baca: IP four), dan memiliki ketahanan yang mumpuni….

E-Motor Bosch sebagai penggerak skuter listrik Viar Q1, diklaim mempunyai daya tahan tinggi dengan tingkat efisiensi mencapai 88% sehingga performa optimal tetap terjaga dan pemakaian baterai lebih tahan lama. “Dengan demikian, jarak tempuh Viar Q1 bisa menjangkau 10% lebih jauh, sedangkan baterai memiliki ketahanan bisa menambah usia pakai hingga 20%….

” SPLU PLN untuk sarana pengisian motor listrik…”

Kelebihan lainnya, e-Motor Bosch memiliki torsi 10% lebih tinggi sehingga laju kendaraan tetap bertenaga saat menanjak dengan akselerasi prima. Kombinasi dari kinerja ECU dan e-Motor menghasilkan performa yang maksimal,” papar Joerg. Ketua Innovation Center for Automotive (ICA) Universitas Gadjah Mada, Dr. Jayan Sentanuhady menjelaskan….

Proses pengembangan dan pengujian sepeda motor Listrik Viar Q1 melalui serangkaian pengujian struktur, on road test dan kelistrikan termasuk didalamnya rekomendasi desain kelistrikan dibawah pengawasan Dr. Eka Firmansyah, ahli controller motor listrik di Innovation Center for Automotive UGM….

Kedepan, ICA UGM akan melakukan upaya untuk mendorong lokalisasi komponen terutama pada bagian frame structure dan sistem kelistrikan” ujar Dr. Jayan Sentanuhady. Leo Basuki, Commerce & Customer Service Manager PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya mengutarakan dukungannya dari segi penyediaan listrik dan infrastruktur pengisian baterai motor listrik Viar Q1….

PLN Disjaya meluncurkan inovasi dalam rangka menyediakan kebutuhan listrik ditempat umum dengan meluncurkan Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) yang akan memberikan solusi demi memfasilitasi pengguna motor listrik Viar Q1 khususnya dan masyarakat pada umumnya dalam mendapatkan sumber listrik yang legal dan aman di tempat umum….

“Saat ini di DKI Jakarta saja sudah ada sekitar 369 titik SPLU dan sudah beroperasi dimanfaatkan untuk usaha kecil dan akan terus ditambah untuk menampung kebutuhan motor listrik Viar” ujar Leo Basuki. Weleh-weleh…kayaknya bener-bener serius ki cak gebrakane. Emang kelebihan Q1 opo sihhh ??….

Skuter listrik Viar Q1 konon mengusung desain konsep ‘smart urban scooter’. Motor listrik ini sudah dilengkapi soket USB, bagasi dengan kapasitas besar, baterai tipe Lithium-Ion berkapasitas 60V 20Ah yang mampu memuntahkan daya sebesar 800 watt. Pengisian daya baterai hingga terisi penuh memerlukan waktu kurang lebih 5 jam yang bisa dipakai dengan jarak 70 km. Top speed motor mencapa 60 km/jam. Lumayan cak emang….

Last…..Q1 diklaim tidak membutuhkan perawatan berkala seperti motor konvensional.  PT Triangle Motorindo (Viar) memberikan garansi motor penggerak, controller dan battery selama 12 bulan sejak tanggal pembelian. Harga Q1 dijual pada kisaran angka 14 jutaan dan tentu banderol akan berbeda mengikuti BBN daerah. So….Viar Q1 ??. Iki baru Zero emission alias ora usah Euro-euro-an :mrgreen: …….(iwb)

iklan iwb
Previous articleYamaha rilis 6 pilihan warna new Vixion 2017…..berikut sosoknya !…
Next articleDebt collector makin menjadi….polisi-pun disikat !!. Ngeriiiiii…….
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!